Sunflower Festival di Lopburi, Thailand

By February 10, 2016Thailand
Sunflower festival di Lopburi

Kalau bulan November 2014 yang lalu kami pernah mengunjungi Festival Bunga Matahari di Propinsi Mae Hong Son, Thailand Utara, bulan Desember 2015 kemarin kami mengunjungi lokasi berbeda yang juga memiliki padang bunga matahari yang luas. Kali ini lokasinya di Lopburi, tidak jauh dari Bangkok, hanya sekitar 3 jam naik kereta atau 2-3 jam naik mobil.

Kalau yang di Mae Hong Son kami sempat diprotes karena katanya itu bukan bunga matahari karena kecil-kecil (padahal jenisnya berbeda, Mexican Sunflower), yang di Lopburi ini sih jenisnya yang besar-besar seperti bunga matahari yang kita tahu pada umumnya.IMG_8288Kami ke Lopburi sebenarnya bukan cuma untuk melihat bunga matahari, namun memang mau melihat kota Lopburi yang katanya menarik karena ada banyak peninggalan candi-candi dari masa pemerintahan Khmer sehingga gayanya serupa candi-candi di Angkor Wat, Kamboja. Selain beberapa reruntuhan candi yang masih ada di pusat kota tua Lopburi, sebenarnya Lopburi sendiri kotanya cukup menyenangkan. Trotoarnya nyaman untuk dipakai jalan kaki dan banyak jajanan murah meriah di pinggir jalan.Senja di salah satu temple di LopburiYang uniknya lagi, di kota tua Lopburi ada yang disebut Monkey Zone, literally area yang dihuni oleh banyak sekali monyet-monyet jenis macaque yang terkenal nakal seperti di Bali. Beberapa banyak yang suka, namun saya pribadi sih agak takut karena mereka cukup ganas. Saya lihat sendiri ada ibu-ibu lokal yang baru sedang jalan kaki sambil bawa bungkusan yang kemungkinan berisi makanan. Sang monyet langsung menyerang tangan si ibu hingga akhirnya si ibu itu lemparkan saja bungkusan makanannya daripada digigit.

Tapi buat yang suka monyet sih justru malah senang karena banyak sekali monyet yang berkeliaran di tengah kota, bahkan di luar jendela kamar hotel kamu. Oh ya, setiap akhir bulan November ada Monkey Festival di mana monyet-monyet itu disuguhi makanan di sekitar candi sehingga jadi tontonan besar. Tanggalnya harus cek lagi karena setiap tahun berbeda-beda.Monkey Zone di LopburiSempat baca beberapa referensi, sepertinya lokasi bunga matahari ini bisa jadi lebih dari satu dan berbeda-beda setiap tahunnya. Pastikan dulu lokasinya di mana dengan bertanya pada Tourism Information yang ada di dalam stasiun kereta Lopburi. Lokasi yang kami datangi ini tidak memungut bayaran sama sekali, bahkan parkir pun gratis. Di kiri kanan jalannya ada banyak penjual makanan, minuman, topi, suvenir, dll. Sepertinya cara yang bagus untuk meningkatkan ekonomi di suatu daerah tanpa mengganggu kenyamanan turis.Sunflower Blooming FestivalDi antara padang bunga matahari yang luas terbentang, ada beberapa prop yang sengaja diletakkan di sana supaya turis bisa foto-foto, seperti bunga matahari raksasa, kursi dengan background cantik, kincir, dll. Pokoknya sengaja dibuat supaya instagrammable gitu deh. Oh ya, meskipun terlihat padat, namun rupanya di antara deretan bunga matahari tersebut ada jalur sempit yang sengaja dibuat untuk dilewati pengunjung. Jadi ga ada itu yang namanya injak-injak bunga demi selfie di tengah bunga.Selfie dulu di kebun bunga matahariSama seperti yang di Mae Hong Son, di Lopburi ini juga katanya musim mekarnya sekitar bulan November sampai akhir Januari. Namun tanggal pastinya tentu sulit ditentukan karena ini kan bunga alami, bukan dibuat-buat mekarnya. Jadi mekar/layunya bunga tergantung faktor cuaca, ketersediaan air, dll.

Makanya, kami sarankan sih kalau mau lihat Sunflower Festival di Lopburi sekalian saja menginap setidaknya 1 malam di Lopburi supaya bisa sekalian menikmati objek wisata yang lain. Daripada ke sana cuma mau ngejar bunga matahari terus pas ke sana belum mekar atau sudah layu.I feel free di kebun bunga matahari

Cara Menuju Lopburi dari Bangkok

  1. Naik kereta dari Stasiun Hualamphong. Ambil yang Northern Line, setiap hari ada banyak kereta yang ke sana, lewat Ayutthaya juga. Paling murah kelas 3, harganya 28ย THB/orang. Perjalanannya sekitar 3.5 jam. Kalau ambil kelas 3 & tidak ada nomor kursi, bisa jadi berdiri terus sepanjang jalan kalau keretanya sedang ramai. Jadwal kereta selengkapnya bisa dicek di website ini.
  2. Naik bis. Dulu sih katanya ada bis dari Terminal Mo Chit, tapi katanya sekarang bisnya diganti jadi pakai minivan.
  3. Naik minivan dari Victory Monument. Kami sih kemarin naik minivan dari Lopburi ke Bangkok. Harganya 120 THB per orang. Namun kami kurang nyaman karena supirnya seperti pembalap Formula One, tak jarang sampai lebih dari 150 km/jam dan sangat berbahaya. Daripada sport jantung saya lebih memilih memejamkan mata di hampir sepanjang perjalanan. Untungnya kami waktu itu turun agak jauh sebelum Victory Monument. Lumayan, hemat nyawa. Baca-baca dari website lain sih katanya memang kebanyakan supir minivan di Thailand memang seperti itu cara nyetirnya.

NOTE: Kalau sudah berada di Ayutthaya dan mau mampir ke Lopburi gampang sekali. Ada banyak minivan yang ngetem di area Chao Phrom market. Cari saja yang tujuannya ke Lopburi, biasanya jalan kalau sudah penuh. Harga 80 THB/org dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Dari Ayutthaya ke Lopburi juga bisa naik kereta. Cek jadwal kereta selengkapnya diย website ini.Pose-pose ala model di sunflower field


Cara Menuju Lokasi Festival Bunga Matahari di Lopburi

Lokasi padang bunga matahari sebenarnya ada di distrik Pattana Nikhom yang berjarak kurang lebih 10 km atau sekitar 30 menit berkendaraan dari pusat kota Lopburi. Jika menginap di Lopburi, ada beberapa pilihan untuk menuju ke lokasi bunga matahari tersebut:

  1. Ambil paket tur dari guesthouse. Ini opsi yang paling gampang. Jika memang sedang musim mekar, guesthouse di Lopburi akan menawarkan paket tur setengah hari untuk ke kebun bunga matahari. Paketnya sekitar 800 THB per orang, tapi sekalian juga diajak mengunjungi Peacock Temple, Danau Ang Sub Lek & Bat Cave, jadi hitung-hitung ambil paket day tour komplit.
  2. Sewa motor. Ini yang kami lakukan karena kami suka fleksibilitas & kebebasan. Harga sewa motor waktu itu 300 THB/hari (24 jam). Kami tidak sempat ke Ang Sub Lek & Bat Cave karena malas menunggu sunset untuk lihat ribuan kelelawar terbang keluar dari gua, namun sebenarnya kalau naik motor bisa ke semua tempat yang ditawarkan oleh paket tur. Jarak terjauhnya cuma sekitar 19 km.
  3. Naik kendaraan umum. Kami belum pernah melakukan ini, tapi katanya bisa naik bisย (kemungkinan harus ganti bis/kendaraan) untuk sampai ke lokasi. Pernah baca salah satu website katanya dia naik bis 2 kali kemudian bisnya berhenti dan suruh dia turun. Akhirnya dia jalan kaki 1 km sampai ke lokasi. Memang sulit karena lokasi padang bunga matahari biasanya bukan di jalur-jalur yang dilewati kendaraan umum. Note: Sebelum berangkat, pastikan dulu lokasinya di mana dengan bertanya pada Tourism Information yang ada di dalam stasiun kereta Lopburi.Merak Putih di Peacock Temple yang katanya musuhnya Kungfu Panda

Akomodasi di Lopburi

Kalau mau menginap di Lopburi, sebaiknya menginap di area kota tuanya karena di sanalah pusat wisatanya serta trasportasinya. Jadi untuk ke candi-candi ataupun ke stasiun kereta cuma butuh jalan kaki saja.


  • Nett Hotel. Bangunan besar 3-4 lantai di Ratchadamnoen Rd. Harga 400 THB/kamar. Ada TV tua, AC besar, kamar mandi dalam air panas, tidak ada cahaya alami di dalam kamar karena jendela dikunci (hotel ini berlokasi di Monkey Zone). Kemarin kami menginap di sana 2 malam. It’s ok, cuma kesannya saja hotel tua. Sedia sewa motor (300B). Cek harga Nett Hotel lewat Agoda.
  • Noom Guesthouse. Bangunan kayu 2 lantai Harga 500 THB/kamar, ada AC dan jendela, tapi semua kamar di sini shared bathroom. Dinding & lantainya terbuat dari kayu, jadi kemungkinan kurang kedap suara. Tapi guesthouse ini sepertinya favorit pada foreign turis di Lopburi karena mereka punya informasi lengkap tentang transportasi, punya paket (sunflower) tour, sedia sewa motor (300B), dll. Selain itu makanan yang ada di cafenya pun sangat beragam, mulai dari Thai food sampai Western food dengan menu berbahasa Inggris. Kalau mau booking Noom guesthouse langsung saja cek harganya lewat noomguesthouse.com.

Monyet-monyet di ujung koridor hotel kami

Lopburi terkenal akan bunga matahari dan rock climbing

Kebun bunga matahari di Lopburi

Ada berapa bunga matahari di sini

Join the discussion 7 Comments

  • Haha, jd inget dulu ke sini cuma pengen ngeliat bunga mataharinya saja … Perjalanan ke sini naik minivan dari Victory Monument sekitar 3 jam-an lebih ke terminal, trus sambung lagi minivan ke sini. Ehh … kita di sini ga sampe 30 menit haha, karena udah kesorean, takut ga ada minivan lagi haha! Tp dulu dibantuin sama Ibu2 penjual kelapa muda di dkt perkebunan itu, nyariin minivan ke terminal bus sih.

    ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  • sangat mengesankan, romantis dan tentunya kompak untuk berkunjung ke banyak tempat di dunia. salam hangat untuk kalian berdua ๐Ÿ™‚

  • BaRT says:

    Cantik banget ya ladang bunga mataharinya di saat festival. Siip, jadi punya tambahan tujuan jalan-jalan kalau balik lagi ke Thailand. Btw bagus juga itu ide dari Ayutthaya nya, jadi bisa sekalian wisata sejarah dan bangunan tua, selain melihat bunga matahari bermekaran. Dan rasanya jauh lebih dekat dari Bangkok, ketimbang kalau harus ke Mae Hong Son di utara.

  • melati says:

    halooo boleh tau gak? beli paket tour dibangkok dimana yaa?

    • Susan Natalia Poskitt says:

      coba aja tanya2 hotel tempat nginap, soalnya banyak banget pasti yg nawarin tur. Kami ga pernah pake tur jadi ga bisa rekomen, takut salah.

  • arie says:

    Halo, mau tnya nih…. klo sekitar bulan april lopburi gmn ya? Layu atau masih tetap mekar bunganya ? Thanks

Leave a Reply