10 Tempat Ngopi di Bandung yang Recommended


First published: 29/9/14

[BARU] Baca juga daftar coffee shop baru di 2016! – Semua cafe/coffee shop baru di Bandung yang dikunjungi kami pada 2016!

Dalam beberapa tahun terakhir ini perkembangan coffee shop di Bandung bisa dibilang cukup pesat. Mulai dari yang hanya khusus untuk ngopi sambil nyemil kue sampai yang menyediakan makanan berat. Saya memang lebih suka minum teh dibandingkan ngopi, tapi dari Adam saya belajar menikmati berbagai atmosfer coffee shop yang tersebar di kota Bandung ini. Berikut ini adalah 10 tempat ngopi di Bandung yang populer, saya susun semata-mata berdasarkan kronologis kunjungan kami 😉 Oh ya, daftar ini mungkin berbeda tergantung masing-masing personal, namun yang pasti kesemuanya mengingatkan kami akan coffee shop – coffee shop yang ada di Australia, khususnya Melbourne yang memang merupakan salah satu pusat ngopi dunia!

One of the best coffee places in Melbourne

1. Noah’s Barn Coffeenery

Alamat: Jalan Garuda (Laks. Nurtanio) no. 39
Tempat ini sebenarnya sudah pernah kami review waktu kami pertama kali ke sana. Sejujurnya Noah’s Barn ini coffee shop modern pertama yang kami temukan sekitar tahun 2013. Lokasinya di Bandung Barat kebetulan paling dekat dengan rumah kami sehingga menjadi salah satu pilihan favorit untuk ngopi di Bandung. Di sini jugalah Adam memperkenalkan istilah ‘magic’ kepada barista-baristanya. Desain interiornya pun semakin berkembang sehingga atmosfernya semakin menyenangkan. Favorit saya saat ini adalah Ice Taro yang mantap banget rasanya. Selain itu walaupun belum banyak makanan berat, namun cemilan yang tersedia sudah semakin bervariasi dan berkualitas. Kalau mau ngopi sekalian makan berat, bisa datang ke Noah’s Barn yang ada di Jalan Dayang Sumbi no 2, daerah Dago. Di sana tempatnya jauh lebih luas dan bisa dipakai buat acara ultah/arisan/dll.

Noah's Barn

2. Two Hands Full

Alamat: Jalan Sukajadi 198A (bergeser sedikit dari tempat yang dulu)
Jarak antara ditemukannya Noah’s Barn dan Two Hands Full cukup jauh, mungkin hampir setahun. Konon katanya ownernya juga pernah training barista di Noah’s Barn. Yang kami sukai dari Two Hands Full ini adalah desainnya yang industrial banget, berbentuk bangunan yang unfinished dengan dekorasi yang cukup unik. Selain itu mereka juga menyediakan menu makanan Western yang mirip dengan cafe-cafe di Australia. Menunya berupa breakfast all day, favorit kami adalah Big Brekky yang isinya telur (bisa pilih scrambled, omelette, sunny side up), sosis, bacon, hash brown, tomat panggang dan daun bayam. Coffeeshop ini hampir selalu penuh baik di hari biasa maupun akhir pekan. Banyak mamih-mamih muda yang arisan ataupun sekedar kumpul-kumpul temu kangen. Atmosfernya memang enak banget sih buat ngumpul-ngumpul.

Two Hands Full

 3. Lacamera Coffee

Alamat: Jalan Naripan no. 79
Salah satu alasan kami ke sini awalnya adalah karena katanya di sini ada wifi super kencang. Dan ternyata memang benar…hehe. Tapi selain itu kopinya memang enak. Di sini juga banyak tersedia makanan berat mulai dari berbagai menu nasi, pasta sampai ke waffle. Ruangannya yang besar agak terkesan kosong sehingga tidak terasa suasana cozy seperti coffee shop pada umumnya. Makanannya pun buat kami agak kurang cocok untuk teman ngopi. Tapi kami masih rajin ke sana koq….kalau sedang butuh wifi ngebut 🙂 Oh ya, buat penggemar green tea, di sini ada Waffle Green Tea loh, siapa tau mau coba salah satu yang termasuk 10 Kuliner Green Tea yang lagi Hits di Bandung ini.

Lacamera

4. Cups

Alamat: Jalan Trunojoyo 25
Awalnya tahu tentang coffee shop ini adalah dari teman yang posting foto Instagram. Kemudian dari foto itu kami lihat ada quote yang biasanya kami lihat di Market Lane Coffee, Queen Victoria Melbourne. Maka itu kami penasaran. Rupanya Cups memang baru dibuka ulang karena sebelumnya sempat tutup untuk berganti konsep. Bangunan dalamnya sangat menyenangkan, ada sinar matahari alami yang menembus atap, dihiasi berbagai tanaman yang bertengger di salah satu tembok utama. Kesan paling mendalam tentang Cups ini adalah: segalanya instagramable banget deh pokoknya! Mulai dari tatakan kertas, tatakan gelas, gelas keramik, sendok kayu, sampai kaktus mininya pun cantik. Mereka juga punya menu makanan yang lumayan pas buat menemani ngopi, seperti sandwich, burger, hotdog dan pancake.

Cups


5. Blue Doors

Alamat: Jalan Gandapura 61
Penasaran tentang tempat ini karena sempat melihat foto-foto Blue Doors dari para penikmat kopi asal Jakarta yang ramai-ramai ke sana saat main ke Bandung. Lokasinya memang agak nyempil sehingga agak sulit mencarinya. Pokoknya cari saja bangunan yang bagian depannya ada beberapa set meja dan kursi besi serta dipenuhi oleh orang-orang yang ngopi sambil merokok. Bagian dalamnya khusus untuk non-smoking area saja. Interiornya sangat cantik dengan lukisan-lukisan terpampang di tembok serta kaca panjang di salah satu sudut atas (mirip seperti Dukes di Melbourne). Ruangannya agak sempit memanjang, sehingga kadang agak berisik kalau sedang penuh dan ramai. Selain kopi enak, mereka juga menyediakan teh, berbagai racikan minuman segar termasuk Green Juice dan juga berbagai makanan yang mudah disajikan mulai dari Apple Crumble sampai makanan berat.

Blue Doors

6. Jack Runner Roastery

Alamat: Jalan Ciumbuleuit 42
Lagi-lagi tahu nama ini dari orang Jakarta. Bahkan namanya sudah tersebar sebelum mereka grand opening. Waktu kami ke sana mereka masih ‘trial opening’ katanya. Ternyata di sana kami ketemu barista yang dulunya sempat di Noah’s Barn. Dia sekarang bertugas meracik dan roasting biji kopi sendiri. Hasilnya memang maknyus. Kata Adam dan temannya yang juga dari Australia, katanya racikan kopi mereka yang paling kuat dan mantap. Eh tapi ga semua orang suka kopi yang ‘strong’ juga sih ya. Dekorasi dan interiornya cukup unik, dibuat sendiri dari kayu dan pipa-pipa. Lantai 2 digunakan untuk smoking area. Jika lapar, selain kue kecil mereka juga punya nasi goreng dan berbagai menu berat lainnya.

Jack Runner

7. Yellow Truck Coffee & Tea

Alamat: Jalan Linggawastu 11 (area Wastukencana)
Sebenarnya Yellow Truck sudah ada sejak lama di Jalan Pajajaran. Namun sejak 15 Desember 2014 mereka membuka lokasi baru di Linggawastu. Tempatnya menyenangkan sekali karena ramah buat para pekerja dengan laptop, wifinya lumayan kencang dan colokan listrik tersebar di mana-mana. Desainnya minimalis kreatif dengan nuansa kayu. Ada ruangan terpisah untuk smoking dan non-smoking tapi sayangnya asap rokok masih tercium di ruangan non-smoking karena ruangannya bersebelahan dan tidak ada pintu pemisah. Kopinya cukup murah, cuma Rp 18.000,- per gelas, ada juga berbagai cemilan kecil seperti kue-kue sebagai teman minum kopi/teh. Update: sekarang sudah ada banyak cabang Yellow Truck lainnya di Bandung. Di antaranya Yellow Truck Jalan Patuha 29, Jalan Garuda 66 dan Jalan Sunda 65. Tinggal dipilih saja yang paling dekat & nyaman lokasinya.

Yellow Truck Coffee Bandung

8. SF Roastery

Alamat: Ruko Rajawali Plaza 19, Jalan Rajawali Timur 18
Kami menemukan coffee shop ini di bulan Januari 2015 dan sepertinya memang belum terlalu lama buka. Lokasinya agak di luar tempat gaul Bandung karena terletak di sebuah kompleks ruko dan tidak terlihat dari jalan utama Rajawali, dekat pasar Andir. Namun ambience tempatnya sendiri cukup menyenangkan. Desain kayu sebagai hiasan tembok dan beberapa meja yang dibuat dari tutup tong jaman dahulu terlihat di ruangan ruko yang cukup kecil tersebut. 2 set meja kursi juga ada di depan ruko sebagai smoking area. Selain kopi dan ice matcha yang enak, mereka juga menyediakan beberapa menu pengganjal perut seperti banana cake, fettucini carbonara, nasi goreng dan roti bakar.

SF Roastery Bandung


9. Common Grounds Bandung

Alamat: Jalan Dr. Setiabudhi 49 (di kompleks ruko, setelah pom bensin kalau dari arah bawah)
Setelah beberapa kali menjambangi Common Grounds Jakarta, tentunya penasaran dong dengan Common Grounds Bandung. Bangunannya terletak di pojok area ruko, terlihat jelas karena berwarna putih dan cukup mencolok. Bergaya modern dan minimalis, sama dengan Common Grounds Jakarta, interiornya bernuansa tembok bata merah & putih serta lantai keramik kecil-kecil yang dipadukan dengan unsur kayu. Urusan kopi tentunya tidak usah diragukan lagi secara nama Common Grounds disebut-sebut sudah menghasilkan barista-barista yang memenangkan berbagai lomba kopi. Sama seperti di Jakarta, di sini juga mereka menyajikan makanan berat dan berbagai cake. Sayangnya harga yang dipakai di sini terasa sama seperti harga di Jakarta, jadinya untuk ukuran Bandung sangat terasa mahal. Menu breakfast all day mulai dari Rp 50.000,- dan cafe latte Rp 32.000,- belum termasuk pajak.Common Grounds Bandung


10. Southville Coffee

Alamat: Jalan Peta 249 (tidak jauh sesudah Mal Festival City Link)
Ini tempat ngopi terbaru yang kami datangi sebelum berangkat Europe Trip 2016. Kami seneng banget begitu dengar ada coffee shop di daerah selatan Bandung karena sebelumnya buat kami yang tinggal di selatan agak repot kalau mau ngopi enak. Salah satu hal lagi yang bikin kami senang adalah tempat ini selain menyajikan kopi enak juga menyajikan makanan enak. Makanannya bergaya Western sih, jadi memang cocok banget dengan selera Adam. Tapi buat Adam yang standar makanannya tinggi, ternyata Southville berhasil menyajikan makanan yang memuaskan melalui Cheese Burger dan Pork Benedict yang sudah kami coba. Untuk kopi, seperti biasa Adam pesan ‘magic’ dan rasanya bisa disejajarkan dengan favorit Adam lainnya: Noah’s Barn, Two Hands Full & Common Grounds. Buat yang tidak suka kopi di sana juga ada cold pressed juice dan berbagai minuman non-coffee lainnya.Southville Bandung

So….kalian paling suka coffee shop yang mana? Silakan share di kolom komentar Kalau ada tempat ngopi lain di Bandung yang kalian suka juga boleh share (asal jangan numpang ngiklan!), siapa tahu ada yang belum sempat kami satroni. Oh ya, FYI aja sih, semua tempat kopi ini kami datangi secara independen dan tidak ada unsur endorsement sama sekali. Kemudian jika kalian berpikir daftar ini isinya coffee shop mahal semua, memang sengaja dibuat yang style-ya serupa. Istilahnya mungkin lebih tepat tempat-tempat yang menyajikan ‘specialty coffee’. Ga enak toh kalau membandingan sesuatu yang tidak apple-to-apple.  Jangan khawatir, untuk daftar tempat ngopi murah di Bandung, tunggu postingan kami berikutnya ya 🙂

Kalau perlu akomodasi di Bandung, cek daftar penginapan berikut ini.

Join the discussion 34 Comments

  • Sharon Loh says:

    Whoaaaa setuju sm yg terakhir! Aku kmrn iseng nyobain krn liat di instagram pergidulu.
    Terus psen take away. Pas minum……… enak bgt! Kmrn psen cappuccino dan emg strong (plus wangi!) :9

  • kalo baca postingan ttg kopi rasa2nya pgn ngopi lagi… tp udh 2 thn ini mncoba ga minum kopi mba 🙂 Tapi pas masih doyan dulu, aku mah ngopi, ngopi aja…jd ga ngerti jg istilah2 kopi ato jenisnya gitu ;p… Biar gmn, kopi itu temen kompaknya rokok 😀 secara dulu masih ngerokok, jd ga komplit kalo ga ada kopi

  • Pryta says:

    Aku baru nyoba Cups sama Two Cents.. For me Cups is way better.. Pengeng banget nyobain Noah’s Barn tapiiiii dari rumahku jauh bangeeeettt.. kutaksukaaa macetnya Bandung apalagi weekend, bikin males pergi jauh2, hahaa..
    Aku suka ngopi di Toko Coklat (Cimanuk), soalnya sepii, hahaaa..
    Anyway thanks for share yaa, semuanya jadi masuk daftar kunjungan ngopi cantik berikutnya deh.. 🙂

  • thank for nice info
    try koffielosophy Jl. Anggrek 🙂

  • Anita says:

    Wah postingannya cukup menarik. Setelah membacanya, kami merasa wawasan kami bertambah luas. Terima kasih banyak ya! Indonesia butuh banyak org seperti anda!:)

  • IRma says:

    Patut dicoba, thanks for posting.
    Dan aku baru tau nih webnya, wajib untuk baca posting2annya.
    Aku pernah coba minum blended coffeenya di Stranough Cafe Jalan Suci, dan itu enyaaak banget. Blendnya pas pass banget

  • Bembi Finsi says:

    mungkin ada beberapa tempat ngopi yg mesti dicoba :
    -Yellow Truck
    -Society Coffee
    -G Food & Coffee Factory
    -Meeting Point
    -Morning Glory
    -Celebrity Coffee
    -Booster Society
    -Redlong Gayo Coffee
    -Kopi Kamu
    hehehe 🙂

    • Pryta says:

      Ohyaaa.. G di Dipa Junction ya? Iya itu ok juga, banyak variant brewing yang kita bisa pilih di sana..

      Tempat-tempat lainnya masukin list aahh.. siapa tau bisa dikunjungi dalam waktu dekat, hehee.. thanks for share yaa.. 🙂

  • andre says:

    coba yellow truck coffee, roemah kopi, kopi ireng.

  • Gilang says:

    Halo salam kenal! 😀

    Menarik nih baca ceritanya, kebetulan saya baru nyoba-nyoba nih jadi penikmat kopi hehe tapi bukan dari rasa kopi aja sih tapi dari tempatnya juga. Sepengalaman saya nomor satu itu paling berkesan sih, iya Noah’s Barn. Suasananya cozy, interiornya juga bagus. Cuma sayangnya untuk smoking areanya sepertinya belum dipermak karena suasananya sangat beda sekali sama bagian depan (non smoking), yah walaupun saya bukan perokok tapi waktu kesempatan kesana bareng teman-teman jadi pilih area belakang hehe.
    Tempat ngopi lain sih bisa coba juga Java Coffee Preanger, harganya terjangkau dan kualitasnya juga bagus. Menurut orang sananya sih memang kopi yang terbuat disana diambil dari tujuh gunung di Jawa Barat, suananya juga berbeda karena masih mempertahankan kesan heritagenya 😀
    Sisanya yang pernah paling Society Coffee cocok buat kongkow anak muda, Traffic Coffee juga seru tuh soalnya bisa milih mau sama cara apa untuk penyajiannya 🙂

  • shanti ip says:

    Mau nambahin, coba di Yellow Truk jl linkawastu, disana juga kopinya enak ????

  • Synta says:

    Kalo aku suka Kopi Anjis di Jln Bengawan karena pilihan menu kopinya khas, belum pernah aku temui di kafe2 lainnya. Trus aku jg suka Sugar Tribe di Jln Trunojoyo soalnya cemilan2 manisnya enak2 *slurp*

  • Asoka says:

    hai… Kebetulan saya sudah mencoba semua trmpat yang disebut diatas 😉 dan reviewnya passsss banget hahahahah #sehati

    Berkesan itu waktu saya ke SF roastery, saya banyak ngobrol dengan pemiliknya dan diceritain banyak sekali soal kopi.. Rata2 pengusaha kopi muda di bandung juga gaul2 nya ya mreka2 juga waktu mreka kuliah di Aussie kali itu yah makanya designya mirip2 disana (saya ga tau design di Oz), dan mreka juga kopi lokal (jawa barat). Anw kalo boleh nambahin, saya suka di Booster Society (dago), Society di jln. trunojoy (gabung dengan distro), Morning Glory Cafe di Jln. bahureksa samaaa di Miss Bee Providore cimbeuleuit (saya biasanya suka ragu sama kualitas kopi di tempat makan dgn konsep “family” tapi disini saya ga kecewa) ayo hunting kopi!

  • Jujur, apa karena setiap ke Bandung selalu ada urusan keluarga atau kampus sehingga lebih banyak terakomodir dan tak pernah mencicipi salah satu tempat ngopi di Bandung tersebut ya? Kayaknya saya perlu mengikuti anjuran njenengan untuk ngopi sejenak di salah satu tempat tersebut. Kayaknya “Cups” yang paling menggoda deh 😀

  • Tryono Taufik says:

    Datang juga ke kedai kopi di Jl. Natuna nama kedai kopinya Cup of Joy, tempatnya cozy. Bisa nanya-nanya seputar kopi.

  • Yonathan says:

    Dulu paling sering ke noah’s barn, tapi terakhir” ini rasa kopinya berubah, encer ga karuan lagi, pengaruh barista x ya, harus ownernya yg buat hahaha.. Kadang suka ke 2 cent, cukup cocok rasanya. klo lacamera ga cocok makanannya. Yellow truck pernah ke yg pjajaran, ga cocok rasa kopinya*bukan berarti ga enak ya, dl sih cm pake 1 jenis kopi, dan tempatnya agak gmn gitu hahaha, tempat baru blm pernah berkunjung. Sisanya belum pernah berkunjung… Harus dicoba nih..

  • Valerie says:

    Thank you for the list!!
    I’m excited to visit and check these places out when I head over! 🙂

    Sorry my writing in indo is not very good.. I was born and raised in Sydney but am going over to visit family relatives in July.

    You guys wouldn’t happen to have recommendation lists for Jakarta and Bogor as well would you?

    • Adam says:

      Hi Valerie. Bandung has a lot of cafes that would also feel at home in Sydney. The places we listed here specialise in great coffee, but there are lots of other cafes who focus more on food rather than restaurants. What sort of food are you after? Are you worried about the food situation at all?

      We don’t know too much about Bogor except that the food scene isn’t as developed as it is in Bandung. That’s not to say there aren’t good places to eat there. There are — just not as many as Bandung. We don’t have specific places!

      As for Jakarta, it’s difficult because where you eat is primarily going to be determined by where you’re staying due to traffic “issues”. Having said that, there are heaps of great cafes which serve great coffee. Very few of them also do good food, but we think Monolog and Common Grounds are the best we’ve tried and meet Aussie standards no problem at all.

      • Valerie says:

        Thanks Adam.

        I’m always up for a good cup of coffee accompanied with an all day brunch or breakfast menu when I haven’t eaten yet, if not just the coffee is good!
        Not worried about food situation at all, my family takes good care of me there and warns me about what things to be careful in consuming if I don’t want an upset stomach.

        Thanks for those recommendations in Jakarta, will try to check those out.
        Majority of my stay will be in Bandung anyways. The last time I went over was in 2008 and was too young to go out and about exploring but this time I’m looking forward to giving these places, in the list, a visit and any others you would recommend for brunch food?

        Cheers mate!

        • Qki says:

          Hi Valerie,

          If you still stay in Indonesia n visit bogor… there’s “Kopi Ranin” in Bangbarung area that you should try out for coffee lovers.

          • Valerie says:

            Thanks for the recommendation but I’m not in Bogor anymore..
            There was a couple of places I got to try while I was there though. 🙂

            – lemongrass
            – monarchy
            – two stories

  • dea garmeina says:

    rekomendasi saya moz story coffee shop di jl. supratman satu bangunan sama rumah musik hari roesli sebrangnya rumah buku.tempatnya ga terlalu keliatan kaya coffee shop pas masuk ada kejutan disana. kopinya buat saya sih enak. tehniknya manual. harganya bersahabat.
    kalo yang mau kopi cantik ke traveler barista di jl. pajajaran sejajaran sama istana plaza tulisannya sih YM Project (ralat kalau salah) untuk kopi dengan lattee art yang cntik harga masih masuk akal
    ada juga kopi bara cuman saya lupa di jalan apa.

  • jumbo says:

    baca website yang ini jadi pingin berbagi..saya biasa ngopi di purnama jalan alkateri, kopi susu panasnya makyosss ditambah roti srikaya..kalau kesana pagi, ada yang jual bubur ayam depat kedainya..banyak yang beli and recomended..slamat mencoba :))

  • Danty Demita says:

    Aku suka noah’s barn. Lokasinya cocok untuk yg mau menjauh sejenak dr keramaian bandung. Coffee shopnya ga terlalu luas tp nyaman n cocok buat chit chat bareng pasangan. Fav ku disana capucinnonya ditambah atmosfernya yang kopi banget hmm… harumm & refreshing bgt

  • Ah bandung selalu menarik untuk jadi tempat nongkrong 🙂

  • dhafin says:

    enak nya ngopi sambil trading….. coba kalo ada tempat ngopi ada fasilitas trading pasti lebih mantap semua trader bisa ngumpul sambil ngopi……

  • Asri Anugerah G. says:

    Sekarang ESP ganti nama jadi Coffee Cult, bisa cek IGnya: @coffeecult_

  • Art says:

    Mau ikutan share aja nih siapa tau bermanfaat (y)
    Aku sih biasanya kalo nyari tempat ngopi sekalian sambil nongkrong nebeng wifian :p
    dan sejauh ini yang menyediakan kopi, tempatnya enak, wifinya kenceng itu di:
    – cups <3 suka banget sama tempat ini. mas-mas mba-mbanya raman sekali, makanan minumannya gak ada yang gak enak hahaha
    – caffe bene. suasana dan lagu yang diputernya korea-korea gitu. tp wifinya super ngebutsss, dan tempatnya pewe.
    tempat lain yang wifinya biasa-biasa aja palingan:
    – blue doors
    – two cents
    – kopi progo
    – noah's barn

  • Zakiy says:

    Ada rekomendasi untuk Coffeeshop dengan manual brew atau non espresso based kah?
    Tentu saja yang tempatnya nyaman untuk belajar atau sekedar membaca buku.
    Salam Coffee Lovers.

    Thanks and Regards
    Zakiy

  • Chandra says:

    Thanks untuk listnya, saya belum pernah sekalipun ketempat yang ada dalam list tersebut 🙁

  • Indra Djodikusumo says:

    Kopi, jadilah tuan rmh di negara sendiri.

Leave a Reply