5 Temple Unik di Chiang Mai

5 Temple Unik di Chiang Mai

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Budha, pastinya baik di Chiang Mai maupun di kota-kota lainnya di seluruh Thailand ada banyak sekali temple. Dalam bahasa Thailand, temple (kuil) disebut dengan istilah ‘Wat’. Di Chiang Mai juga ada banyak sekali temple yang tersebar baik di dalam area tembok kota tua (old city) maupun di luarnya. Kami bagikan rekomendasi 5 temple unik di Chiang Mai versi PergiDulu:

1. Wat Chiang Man

Disebut-sebut sebagai temple yang paling tua di Chiang Mai, Wat Chiang Man dibangun oleh King Mengrai tahun 1296. Di dalamnya bangunan utamanya ada Crystal Buddha dan Marble Buddha. Di bagian belakang bangunan utama ada stupa tua dengan dekorasi berbentuk gajah di sekelilingnya. Lokasi: Soi Ratchapakinai di dalam old city, dekat tembok sebelah utara.


Hampir senja di Wat Chiang Man

Hampir senja di Wat Chiang Man

2. Wat Chedi Luang

Dibangun sekitar tahun 1400 dan dengan sedikit renovasi di sana sini, Wat Chedi Luang berdiri sekitar 90 meter tingginya dan menjadi temple yang memiliki struktur terbesar di kerajaan Lanna. Namun akibat gempa di abad 16, tingginya berkurang jadi sekitar 60 meter. Saat ini bangunan tersebut tidak boleh dimasuki oleh umum, namun Wat Chedi Luang masih jadi salah satu pemandangan yang spektakuler di Chiang Mai. Lokasi: Ratchamaka Road, di tengah-tengah old city.

Pengunjung berdoa di Wat Chedi Luang

Pengunjung berdoa di Wat Chedi Luang

3. Wat Umong

Berbeda dari temple pada umumnya, Wat Umong ini berupa terowongan bawah tanah yang berada di bawah bukit. Bagian atas bukit diratakan dan ada stupa raksasa di atasnya. Suasana di sana sangat tenang dan sejuk karena banyak pepohonan. Di bagian halaman juga banyak dipajang patung-patung yang berusia tua dan termakan usia. Di sekeliling kompleks ada kata-kata bijak yang tertulis dalam bahasa Inggris dan Thai. Lokasi: 135 Moo 10 Suthep Road, di luar old city.

Stupa di atas Wat Umong

Stupa di atas Wat Umong

4. Wat Srisuphan

Pertama kali dibangun tahun 1502, temple ini didesain ulang untuk menunjukkan identitas area tersebut yang memiliki banyak pengrajin perak. Saat ini seringkali disebut ‘silver temple’ karena sebagian besar bangunannya baik interior maupun eksterior dilapisi oleh perak. Bangunan utama yang terbuat dari perak tersebut tidak boleh dimasuki oleh wanita. Lokasi: Wualai Road. di luar old city, dekat tembok sebelah selatan.

Wat Srisuphan - silver temple di Chiang Mai

Wat Srisuphan – silver temple di Chiang Mai

5. Wat Suan Dok

Berlokasi kira-kira 1 km di sebelah barat Suandok City Gate, dulunya tanah Wat Suan Dok merupakan kebun raya yang diberikan oleh raja kepada para biksu dari Sukhothai. Di dalam bangunan utamanya ada patung Bronze Buddha besar berumur 500 tahun, salah satu yang terbesar di Thailand. Di bagian depannya ada banyak stupa putih yang juga merupakan makam dari beberapa anggota kerajaan Chiang Mai. Pemandangan di sini cantik saat sunset karena banyak area terbukanya. Lokasi: Masuk dari Soi Suthep, di luar old city.

Wat Suan Dok di kala senja

Wat Suan Dok di kala senja

Bonus:

Kalau belum puas juga mengunjungi temple-temple unik di Chiang Mai, bisa jalan-jalan naik song thaew merah ke Wat Phra That Doi Suthep. Bisa dibilang Wat Phra That Doi Suthep adalah temple yang paling terkenal di Chiang Mai. Tapi lokasinya agak jauh dari pusat kota, di dataran tinggi Doi Suthep. Temple ini dibangun sekitar tahun 1383 dan menyimpan relik Budha yang sakral. Selain itu di bangunan utamanya juga ada replika Emerald Buddha seperti yang ada di Bangkok. Untuk mencapai temple harus naik 300 anak tangga yang dihiasi naga di sisi kiri kanannya. Biasanya kalau ke Doi Suthep bisa sekalian day trip ke Huay Kaew Waterfall atau ke Hill Tribe Village tidak jauh dari sana.

Join the discussion 3 Comments

Leave a Reply