Tips Nyaman Tinggal di Dorm Hostel

Fasilitas Buku Panduan Tur dan Peta di Hostelle, Amsterdam

April adalah guest writer untuk Pergi Dulu. You can follow her on twitter @ahartami and her blog thelovecode.wordpress.com

Tinggal di kamar berbentuk asrama (dorm) ala hostel seringkali menjadi pilihan bagi traveler. Harganya tentu lebih murah dari kamar hotel. Dalam satu kamar dorm biasanya berisi 4, 6, 8 atau bahkan lebih dari 10 tempat tidur. Kamar mandinya pun biasanya harus di-share. Dengan kata lain, traveler harus pintar berbagi dengan penghuni lain. Berikut beberapa tips nyaman tinggal di dorm hostel yang mungkin bisa berguna:

Fasilitas Breakfast di Hostel Inout, Barcelona

Fasilitas Breakfast di Hostel Inout, Barcelona

1. Lihat review terhadap hostel

Sebelum melakukan reservasi kamar sebaiknya cermati review atau penilaian terhadap hotel.  Biasanya situs-situs yang melayani pencarian dan reservasi hostel menampilkan hasil review dari para penghuni kamar sebelumnya. Review bisa berupa rating terhadap kebersihan, ketenangan, keramahan staf, atau lokasi hostel. Dari situ, kita bisa mencermati kepuasan mereka. Apabila ada keluhan terhadap layanan atau fasilitas hostel, kita bisa mempertimbangkan kembali atau bisa menerimanya.

2. Perhatikan kelompok gender dan jumlah penghuni kamar

Kapasitas kamar dorm biasanya disebutkan dalam situs. Yang paling umum format dorm dengan 6, 8, atau 10 tempat tidur. Pastinya satu penghuni dapat satu tempat tidur. Biasanya semakin besar kapasitasnya, semakin murah harganya.  Kamar dorm bisa jadi hanya khusus cewek, khusus cowok, atau boleh campur (mixed). Biasanya kamar mixed lebih murah. Ada juga jenis kamar dorm yang bisa disewa secara private untuk rombongan traveler. Jadi, pintar-pintar saja memilih kamar dengan selera, keadaan, dan budget yang sesuai.


Fasilitas Buku Panduan Tur dan Peta di Hostelle, Amsterdam

Fasilitas Buku Panduan Tur dan Peta di Hostelle, Amsterdam

3. Cermati dan manfaatkan fasilitas

Fasilitas kamar hostel tentu tidak semewah hotel. Di hostel, mungkin ada fasilitas penunjang seperti wi-fi, dapur umum, atau tempat parkir yang biasanya disebutkan dalam situs. Kadang ada fasilitas sarapan gratis, kadang tidak. Kalau ada fasilitas gratis yang disedikan kamar hostel, jangan lupa untuk dimanfaatkan.

4. Amankan dan jaga barang-barang bawaan

Selain cermat memilih hostel, penghuni harus tetap berhati-hati dalam menjaga barang bawaannya. Biasanya, hostel akan memberikan fasilitas loker untuk menaruh barang berharga. Terkadang loker rusak atau malah tidak ada, jadi barang berharga harus dibawa terus.

5. Bawa handuk dan alat mandi sendiri

Di kamar dorm belum tentu dilengkapi peralatan mandi dan handuk. Sebagai antisipasi, sebaiknya bawa sabun dan pasta gigi sendiri. Kalau meminta handuk, mungkin akan dikenakan biaya lagi. Agar lebih berhemat, sebaiknya bawa handuk sendiri yang ringan dan ukuran sedang.

6. Saling Menghargai

Tinggal sekamar dengan orang lain tentu menuntut kita untuk lebih sopan dan jaga sikap. Jangan sampai menganggu penghuni lain. Bisa jadi mereka terganggu dengan hal-hal sepele yang kita lakukan, seperti menyalakan lampu saat sedang tidur atau berbicara keras.

Kalau beruntung, bisa dapat shared bathroom yang nyaman

Kalau beruntung, bisa dapat shared bathroom yang nyaman

7. Ramah dan Gaul

Walaupun cuma tinggal beberapa hari di kamar dorm, nggak ada salahnya bergaul dengan penghuni kamar lain atau pun staf hostel. Bukalah obrolan-obrolan ringan seputar pengenalan diri, negara asal, dan tempat-tempat yang pernah dikunjungi.  Mungkin hanya sekedar basa-basi, tapi siapa tahu bisa jadi teman traveling.

8. Manfaatkan diskon dengan kartu pelajar

Hostel atau situs tertentu biasanya memberi diskon untuk pelajar/mahasiswa. Misalnya situs HostelWorld.com tidak mengenakan biaya administrasi reservasi untuk pemesan yang memiliki kartu pelajar internasional.

Nah, setelah membaca tips nyaman tinggal di dorm hostel tersebut, sekarang tidak takut lagi kan untuk sekali-kali menginap di dorm? 🙂

Join the discussion One Comment

Leave a Reply