Rahasia Traveling Hemat di Maldives: Ternyata Bisa Murah lho!

By December 16, 2014Maldives
Pantai nan menggoda di Gulhi

Informasi baru:Β Baca Maldives FAQ kami untuk jawaban atas semua pertanyaan yang sering kalian tanyakan!

Apa yang kalian bayangkan begitu mendengar kata “Maldives”? Selain sosok seorang politisi yang liburan ke sana bersama 2 artis ibu kota dan boneka beruang kesayangannya, pastinya ada bayangan pantai pasir putih dengan warna biru muda yang jernih dan bersih serta pohon-pohon kelapa yang daunnya melambai-lambai cantik. Gambaran resort mewah dengan bungalow-bungalow di atas air pun pastinya langsung melintas di kepala. Namun dari sana gambaran berubah menjadi puluhan juta rupiah yang harus dikeluarkan untuk menikmati semua keindahan itu. Apakah mungkin traveling ke Maldives dengan budget rendah? Oh tentu saja bisa! Penasaran banget kan pengin tahu caranya? Kami akan beritahukan rahasianya karena kami baru saja mengunjungi Maldives dengan budget hemat πŸ™‚

Wajib selfie dengan latar belakang air biru jernih khas Maldives

Wajib selfie dengan latar belakang air biru jernih khas Maldives

Sebelum tahun 2009, Maldives tertutup bagi wisatawan asing yang mau berkunjung ke negaranya tanpa melalui resort. Maksudnya, dulu semua turis hanya boleh masuk Maldives dan menginap di resort karena tidak ada penginapan lain yang tersedia di luar resort. Dan seperti yang kita bayangkan, biaya menginap di resort rata-rata 10 juta ke atas. Kemarin ini saya pernah browsing-browsing cari penginapan di sebuah pulau, ternyata ada resort yang terdaftar sebagai bagian dari pulau tersebut. Saat melihat tarifnya, nominalnya bikin pusing kepala, sekitar 13-15 juta per malam, ada juga yang 50 juta untuk 2-3 malam.

Nah, untungnya sejak tahun 2009 ada regulasi baru yang memperbolehkan pulau-pulau non-resort untuk membuka diri dan menerima tamu asing. Oleh karena itu sekarang guesthouse-guesthouse sudah banyak bermunculan di berbagai pulau lokal. Sepertinya situasi ini akan terus berkembang semakin pesat. Saat ini salah satu pulau lokal yang kemarin kami kunjungi sudah cukup ramai dikunjungi turis. Makanya kalian yang mau ke Maldives harus segera sebelum pulau-pulau lokalnya diserbu oleh turis dan jadi terlalu ramai.

Oh ya, untuk yang belum tahu. Maldives merupakan negara yang menganut agama Islam yang kuat. Ada beberapa aturan keras yang wajib dipatuhi sebelum memasuki Maldives, yakni dilarang membawa barang-barang:

  1. Narkotik, obat terlarang & psikotropika
  2. Barang-barang yang mengandung unsur pornografi
  3. Barang-barang yang bertentangan dengan kepercayaan Islam
  4. Barang yang dipakai untuk pemujaan
  5. Babi dan barang-barang yang mengandung babi
  6. Alkohol
  7. Anjing
  8. Binatang yang berbahaya
  9. Bubuk senapan dan bahan peledak
  10. Senjata, senapan dan amunisi
  11. Senapan tombak untuk menangkap ikan
  12. Bahan kimia
    Daftar barang-barang yang dilarang masuk Maldives

    Daftar barang-barang yang dilarang masuk Maldives

Visa

Untuk masuk Maldives tidak perlu visa, baik WNI maupun warga negara lain. Semua warga negara berhak masuk Maldives sebagai turis tanpa harus apply visa dan dapat maksimal 30 hari. Yay!! πŸ™‚

Penerbangan

Kami dapat tiket murah seharga 200 USD per orang (one way) dari Singapura dengan menggunakan Tiger Air. Kalau PP kemungkinan bisa dapat 3.5 juta rupiah. Sepertinya airline tersebut jadi salah satu pilihan penerbangan murah ke Maldives. Rajin-rajin deh cek promo tiket Singapura-Maldives.

Mata Uang Lokal

Mata uang resmi di Maldives disebut Rufiyaa (Rf), mirip banget ya namanya dengan mata uang Indonesia πŸ™‚ Nilai tukar Rufiyaa dengan Rupiah saat ini 1 Rufiyaa = Rp 827,-. Pastikan cek lagi nilai tukarnya saat planning budget nanti.

Urusan uang di Maldives ini agak rumit karena tidak ada mesin ATM di pulau lokal dan tidak semua hotel/restoran terima pembayaran dengan kartu kredit. Hotel besar serta restoran yang dimiliki oleh hotel tersebut biasanya bisa terima kartu kredit, tapi selebihnya cuma terima uang tunai. Mereka terima Rufiyaa maupun dolar Amerika (USD), tapi ya nilai tukarnya mungkin beda-beda. Jadi ketika kamu mendarat di Male, kamu harus sudah tahu mau tarik tunai dari ATM berapa banyak untuk kebutuhan kamu selama di Maldives.

FYI, kami biasanya kalau traveling memang lebih sering tarik tunai dari ATM karena kebanyakan kami long term sehingga tidak mungkin kami bawa segepok uang kemana-mana. Untuk ratenya kami pasrah saja karena saja cuma punya kartu debit BCA yang bisa digunakan hampir di semua negara. Kadang-kadang kami pakai kartu kredit HSBC Adam Β juga sih yang katanya tidak kena charge di negara mana pun. Mungkin kalian bisa tarik ATM di Male atau kalau mau bawa dolar bisa tukar di bandara. Mohon maaf kami tidak bisa info paling bagus rate tukar uang di mana karena kami tidak pernah tukar uang selama di Maldives.

Untuk kebutuhan selama 9 hari 8 malam, kami tarik tunai uang lokal senilai 5000 Rufiyaa (Rp 4.137.000,-) dengan tambahan charge 100 Rufiyaa (Rp 82.700,-) dari ATMnya. Namun di luar itu kami juga ada beberapa pengeluaran untuk akomodasi selama di sana (ada yang pesan dan bayar via Agoda sebelumnya, ada yang bayar pakai kartu kredit di hotelnya karena ada extension mendadak). Selain itu kami juga menyiapkan sejumlah dolar Amerika untuk jaga-jaga jika ada kebutuhan mendadak. Tips: Hati-hati saat menarik/tukar uang ke mata uang lokal karena jika terlalu banyak akan sulit ditukar kembali ke USD dan tidak laku ditukar di luar Maldives. Jadi pastikan pegang mata uang lokal secukupnya saja.

Rufiyaa - mata uang lokal di Maldives

Rufiyaa – mata uang lokal di Maldives

Bahasa

Bahasa resmi diΒ Maldives adalah Dhivehi, tapi banyak juga yang bisa bahasa Inggris patah-patah. Di beberapa pulau yang populer serta resort biasanya banyak yang berbahasa Inggris dengan lancar, namun di pulau-pulau yang masih sepi pengunjungnya agak sulit untuk berkomunikasi dengan orang-orang lokal karena mereka tidak bisa bahasa Inggris. Pakai bahasa tubuh saja πŸ™‚

Note:Β Cara pelafalan MaldivesΒ –> molldifs

Informasi Saat Tiba di Male

Tiba di Bandara Ibrahim Nasir mungkin akan membuat kamu sedikit bingung karena bandara itu berlokasi di sebuah pulau yang isinya cuma bandara tok. Jadi untuk ke mana-mana harus menggunakan transportasi lain dan tidak bisa jalan kaki. Beberapa pilihan transportasi yang tersedia:

  1. Langsung naik pesawat domestik jika mau terbang langsung ke pulau resort mewah
  2. Naik speedboat menuju resort
  3. Naik ferry lokal yang berangkat setiap 10 menit menuju ibu kota (Male) untuk sambung lagi naik ferry ke tujuan berikutnya. Harga tiket ferry bandara-Male Rf 10 / Rp 8.270,-
  4. Naik bis ke pulau terdekat Hulhumale jika mau menginap di sana sambil menunggu keberangkatan ke pulau selanjutnya. Harga tiket bis Rf 16 / Rp 13.200,- dengan frekuensi setiap jam. (Info: harga hotel di Hulhumale lebih murah dibandingkan hotel di Male)

Keputusan harus naik transport apa itu sebenarnya tergantung destinasi kamu selanjutnya. Kalau bisa langsung jalan ke pulau lebih baik langsung saja sih. Kemarin kami menginap semalam di Hulhumale karena salah perencanaan akibat kurang teliti lihat jadwal ferry. Kami pikir ferry yang kami mau naiki tidak jalan setiap hari sehingga harus tunggu keesokan harinya. Di Hulhumale sepi dan tidak ada fasilitas apa-apa. Hulhumale itu pulau buatan yang masih sangat baru dan sedang terus diperluas. Kami tidak menginap di Male, namun dari hasil pengamatan sekilas selama di Male, sepertinya di Male terlalu crowded juga dan tidak terlalu banyak yang bisa dilihat.

Baru mendarat di Bandara Male sudah langsung disambut pemandangan ini

Baru mendarat di Bandara Male sudah langsung disambut pemandangan ini

Transportasi

Karena Maldives merupakan negara kepulauan, transportasi utamanya berupa kapal ferry. Di darat transportasinya berupa taksi dan bis.Taksi di Male rata-rata harganya 25 Rufiyaa (Rp 20.000,-) plus biaya bagasi 5 Rufiyaa (Rp 4.000,-). Kamu akan harus naik taksi dari terminal ferry Male yang dari bandara ke Villingili Ferry Terminal untuk naik ferry ke pulau lokal, jaraknya sekitar 6 km.

Ongkos ferry antar pulau sangat murah. Ferry dari Male ke Villingili island yang ada di seberang cuma 3.25 Rufiyaa (Rp 2.700,-) sekali jalan. Sedangkan ferry ke pulau lokal yang kami datangi (Maafushi dan Gulhi) 22 Rufiyaa (Rp 18.000,-). Harganya jauh dekat sama saja. Rutenya Male-Gulhi-Maafushi-Guraidhoo. Jadi mau berhenti di Gulhi ataupun Maafushi ya sama-sama bayar segitu. Yang jadi pe-er adalah mencocokkan jadwalnya.

Kebanyakan ferry yang menuju ke pulau-pulau lokal berangkat dari Villingili Ferry Terminal. Dari sana ada banyak rute yang berupa sirkuit beberapa pulau. Misalnya yang kami sebutkan tadi, sirkuitnya Male-Gulhi-Maafushi-Guraidhoo kemudian keesokan harinya balik lagi Guraidhoo-Maafushi-Gulhi-Male. Selain sirkuit yang itu masih banyak lagi sirkuit ke pulau-pulau lokal lainnya. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja cek jadwal resmi ferry di Maldives yang dikelola oleh pemerintah diΒ website ini. Sejauh ini katanya pulau lokal yang paling ramai dikunjungi turis adalah Maafushi, jaraknya sekitar 1.5 jam naik ferry dari Male.

Ferry lokal dengan rute Hulhumale-Male

Ferry lokal dengan rute Hulhumale-Male

Perlu diingat (terutama kalau mau ke Maafushi):

  1. Tidak ada ferry yang beroperasi sama sekali setiap hari Jumat.
  2. Di luar jadwal yang tercantum di website resmi milik pemerintah tersebut, ada ferry yang dikelola oleh perusahaan privat yang jalan setiap jam 3 sore (kecuali hari Jumat) berangkat dari Male ke Maafushi.
  3. Berdasarkan pengalaman pribadi dan info yang didapat, ferry jam 10 pagi dari Male ke Maafushi di hari Kamis seringkali penuh karena banyak warga lokal yang weekend-an. Waktu itu kami terpaksa harus menunggu jadwal ferry yang berikutnya (jam 3 sore). Jadi kalau bisa jangan berangkat hari Kamis pagi.
  4. Kalau sampai di Maldives sebelum jam 13.30, lebih baik langsung saja coba naik ferry yang jam 3 sore. Tidak usah menginap di Male atau Hulhumale dulu.
    Suasana padat tapi semua penumpang duduk rapih di ferry

    Suasana padat tapi semua penumpang duduk rapih di ferry

Pulau Lokal yang Recommended

Setelah melototin dan mengobrak-abrik jadwal ferry, sepertinya jadwal ferry yang paling bersahabat adalah sirkuit Gulhi-Maafushi-Guraidhoo karena ferry-nya jalan setiap hari (kecuali Jumat). Dan memang pulau-pulau tersebut lokasinya paling dekat dengan Male sehingga tidak perlu terlalu lama naik ferry. Dari pengalaman kami, Maafushi dan Gulhi adalah pulau lokal yang sangat menyenangkan. Dua-duanya recommended.

Everything is so blue

Everything is so blue

Maafushi memiliki tourist beach yang aduhai cantiknya, airnya sangat jernih dan pantainya dangkal sampai beberapa puluh meter ke depan. Sangat menyenangkan khususnya buat saya yang memang tidak bisa berenang dan cuma bisa main air untuk sekedar celup-celup basah. Pilihan hotelnya pun banyak, semuanya menawarkan fasilitas kamar yang nyaman, alat snorkel, buffet breakfast dan (beberapa) bisa bayar pakai kartu kredit.

Yang jadi dilema adalah, kalau sedang high season Maafushi akan terasa cukup padat. Waktu kunjungan kami kemarin di tourist beachnya bisa ada sekitar 40 orang. Padahal waktu teman kamiΒ DaveΒ danΒ LaurenΒ ke sana di bulan September katanya mereka cuma lihat paling banyak 10 orang turis di pulau itu. Senangnya bisa menikmati pantai serasa milik priadi. Harga guesthouse mulai sekitar 40 USD per malam, dan itu harga yang sangat bagus karena kamarnya memiliki AC, hot shower, TV cable, sarapan besar dan WiFi. Kami menginap di Ocean Vista dengan hargaΒ 43 USD per malam dan sangat recommended! —Β Cek rate saat ini di sini.

Pantai pasir putih dengan warna biru jernih di Maafushi

Pantai pasir putih dengan warna biru jernih di Maafushi

Gulhi adalah pulau kecil yang sangat sepi dan hampir tidak ada turis di sana. Penduduk lokalnya cuma sekitar 800 orang. Kami cuma lihat sepasang turis lain selama 2 hari di sana. Pantai di sini sebenarnya lebih keren penampakannya dibandingkan Maafushi. Di sini tidak ada yang namanya tourist beach, mungkin karena belum banyak turis yang datang jadinya belum ada aturan “Tidak boleh pakai bikini selain di tourist beach” seperti di Maafushi. Tapi karena masih sangat ‘lokal’, kalau berenang pakai bikini ya wajar saja kalau ada beberapa mata yang memandang dari kejauhan.

Karena masih sangat baru terbuka, di Gulhi belum terlalu banyak fasilitas penginapan dan tidak punya restoran ataupun toko suvenir. Gulhi Beach Villa (dimiliki dan dikelola oleh pasangan Singaporean/Chinese) punya kursi pantai yang bisa dibawa ke pinggir pantai, tapi yang lainnya tidak punya. Sebenarnya cuma ada 3 pilihan akomodasi di Gulhi yang berarti pilihannya cukup terbatas. Kami menginap di penginapan yang paling murah bernamaΒ Silver Shade dengan harga 57 USD per malam (sudah termasuk sarapan, AC, hot shower) — cek rate saat ini di sini. Tapi mereka tidak punya wifi sehingga kami harus bayar Rf 55 (Rp 45.000,-) per 24 jam untuk mendapatkan akses internet dari provider lokal. Jika kamu lebih suka pantai yang sepi, Gulhi bisa jadi pilihan bagus.

Banyak heron di pantai-pantai di Maldives

Banyak heron di pantai-pantai di Maldives

Teman kami, Dave dan Lauren sempat mengunjungi Guraidhoo (sekitar 30 menit dari Maafushi) dan Fulidhoo (2 jam dari Maafushi dengan jadwal sirkuit ferry yang berbeda dan cuma jalan 2 hari sekali). Katanya Guraidhoo pantainya cocok untuk surfing tapi kurang cantik untuk celup-celup manja. Sedangkan Fulidhoo katanya lumayan bagus tapi fasilitas minim sehingga makanan agak sulit, harus bergantung pada hotel. Kedengarannya sih situasi Fulidhoo agak mirip dengan Gulhi. Anyway, rekomendasi kami adalah kunjungi dulu Maafushi, baru dari sana putuskan lagi mau ke mana selanjutnya.

Rekomendasi Penginapan

Sesuai dengan namanya, traveling hemat ini mengharuskan kita untuk menginap di pulau lokal dan bukan di resort-resort mewah. Oleh karena itu harap dimaklumi kalau standar akomodasinya tentu tidak semewah bungalow yang berada di atas perairan dangkal yang kalau buka pintu kamar langsung tinggal menceburkan diri ke air. Akomodasi hemat yang dimaksud di sini biasanya berupa hotel kecil yang kapasitasnya cuma 4-20 kamar dengan menawarkan menu makanan yang simple serta staff yang cuma beberapa orang.

Ada beberapa cara untuk booking akomodasi di Maldives, dua di antaranya adalah lewat AirBnB dan Agoda/Booking.com. Kalau belum daftar AirBnB, kamu bisa daftar sekarang dan dapat diskon 20 USD untuk penggunaan pertama.

Daftar akomodasi yang kami gunakan:

  • Ocean Vista di Maafushi: Harga 43 USD per malam, Free WiFi, AC, TV cable, hot shower, sarapannya besar sekali sehingga kami tidak perlu makan siang, staffnya super ramah, kamar dibersihkan setiap hari. Mereka cuma punya 5 kamar sehingga suasana hotelnya sangat tenang dan menyenangkan.Β  Sangat recommended untuk akomodasi hemat di Maafushi.
  • Silver Shade di Gulhi: Harga 57 USD per malam, AC, hot shower, TV cable, sarapan besar homemade oleh orang-orang lokal. Staff yang kami temui cuma 2 orang, yaitu Kerey dan Bomba. Mereka amat sangat memastikan kalau kami benar-benar menikmati waktu kami di sana. Saat itu kami satu-satunya tamu yang menginap di sana. Kemungkinan mereka suka ada diskon harga di waktu-waktu tertentu. Recommended banget!
    Kamar di Ocean Vista - Maafushi

    Kamar di Ocean Vista – Maafushi

Satu lagi. Ada banyak orang yang tanya tentang resort yang paling recommended untuk honeymoon atau liburan mewah. Kami merekomendasikan resort berikut ini:

  1. Kurumba Maldives – dari Rp.2,915,714 (sangat recommended karena tidak terlalu mahal untuk resort dan dekat bandara)Β Β  Cek Harga
  2. Kuredu Island Resort and Spa – dari Rp.3,399,805Β Β  Cek Harga
  3. Meeru Island Resort & Spa – dari Rp.4,201,132Β Β  Cek Harga
  4. Velassaru Maldives Resort – dari Rp.4,430,226Β Β  Cek Harga
  5. Taj Exotica Resort & Spa – dari Rp.10,111,097Β Β  Cek Harga
  6. Constance Halaveli – dari Rp.14,398,632Β Β  Cek Harga

Aktivitas

Karena bentuknya kepulauan yang dikelilingi oleh sebagian besar perairan, aktivitas yang tersedia tentunya berkaitan dengan air.
Pilihannya:

  1. Snorkeling di pantai – bisa sewa alat atau kadang ada hotel yang meminjamkan gratis
  2. Snorkeling di home reef – minta antar boat lokal, ongkosnya mulai dari 10 USD tergantung jauh/dekat.
  3. Diving – kalau tidak salah 40 USD per dive
  4. Sewa kayak – 10 USD per jam
  5. Paddle boarding dan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya
  6. Piknik ke pulau resort – 150 USD dan katanya bisa menikmati fasilitas disana senilai 100 USD

Daftar aktivitas tersebut harganya tidak mutlak. Kami mengutip dari beberapa info yang sempat kami tanyakan saja. Kemungkinan beda hotel beda penawaran. Selain itu masih banyak sih paket aktivitas lain yang ditawarkan oleh pihak hotel, seperti dolphin watching, night fishing, berenang bersama manta, lihat whale shark (kalau lagi pas musimnya), dll. Kalau tidak tertarik dengan aktivitas air, ya tinggal berjemur atau main-main air saja di pantai nan jernih biru menggoda. Kami tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk biaya aktivitas karena lebih memilih leyeh-leyeh saja menikmati sunset.

Santai dulu di Maafushi

Santai dulu di Maafushi

Makanan

Makanan di Maldives cukup menarik dan enak. Penyuka ikan pastinya akan dimanjakan dengan banyaknya menu ikan. Kalau seafood lain seperti udang belum tentu ada setiap hari. Menu lokal lainnya biasanya ada chapatti, curry dan sarapan khas Maldives bernama mas huni yang berupa tuna, bawang bombay mentah, cabai dan kelapa parut yang dicincang halus dan diaduk rata.

Kami berhemat dengan tidak makan siang karena sarapannya besar dan kami biasanya selesai sarapan sekitar jam 10.30 sehingga jam 12 belum lapar. Untuk mengganjal sampai makan malam biasanya kami ngemil-ngemil saja. Di sana ada banyak warung lokal. Tidak sampai kelaparan koq karena biasanya kami masih ada stok yoghurt yang dikasih waktu sarapan (untungnya hotel kami punya kulkas!) πŸ˜‰ Pernah suatu hari sehabis melihat sunrise kami menemukan hotel kecil yang isinya semua penduduk lokal yang sedang sarapan. Kami masuk dan ikut sarapan ala mereka dengan menu berbagai gorengan seperti samosa, pastel, serta french toast sederhana dan ngopi/ngeteh. Kalau mau makan siang tidak perlu khawatir karenaΒ setiap hotel/guesthouse biasanya punya dapur dan menu sendiri.

Mas huni - sarapan khas Maldives

Mas huni – sarapan khas Maldives

Untuk makan malam di Maafushi bisa di guesthouse/hotel ataupun di restoran lainnya. Kebanyakan turis asing biasanya makan bergaya romantis dengan meja kursi yang dipasang di atas pasir di pinggir pantai. Kami pernah coba makan romantis satu kali di pinggir pantai waktu ulang tahun saya (ehem!) tapi kurang sreg dengan makanannya. Kami suka cafe lokal bernama Sunset Cove. Di sana kami hanya menghabiskan tidak sampai Rp 100.000,- per orang setiap kali makan malam. Jangan kaget dulu, segitu termasuk murah karena harga menu di sana memang mahal-mahal, apalagi charge-nya kebanyakan pakai USD plus pajak ini itu.

Di Gulhi situasinya berbeda. Karena tidak ada restoran lain, maka makan malam ataupun makan siang kami tergantung pada pihak guetshouse. Mereka menyediakan makanan seharga 10 USD untuk setiap kali makan siang ataupun makan malam. Mungkin terdengar mahal, tapi karena tidak ada pilihan lagi ya apa boleh buat. Tapi makanan yang disajikan tidak pelit koq, bahkan sangat berlimpah sampai kami tidak enak hati karena banyak sekali sisanya. Dengan strategi yang sama, kami berhemat dengan tidak makan siang karena lagi-lagi sarapannya besar.

Makan malam berlimpah di Silver Shade - Gulhi

Makan malam berlimpah di Silver Shade – Gulhi

Total Budget Liburan Hemat di Maldives

Nah…setelah semua penjelasan yang panjang lebar sekarang penasaran banget kan dengan total budget traveling ke Maldives-nya? Ok, singkatnya kami menghabiskan tidak sampai 70 USD (Rp 900.000,-) per hari UNTUK 2 ORANG! Kalau dibilang murah karena tidak melakukan ini itu dan berhemat makan siang…bisa jadi. Sebenarnya pengeluaran terbesar adalah untuk akomodasi dan aktivitas. Kadang harga di Maldives terasa jadi lebih mahal karena adanya pajak ini itu, terutama di akomodasi dan restoran. Selain itu beda pulau bisa jadi beda pula budgetnya. Itu adalah budget yang kami habiskan di Maafushi dan Gulhi.

Tapi dari sana bisa dilihat perkiraan budget di pulau lokal Maldives untuk 2 orang per hari memiliki asumsi sbb:
– 50 USD untuk akomodasi
– 20 USD untuk makan malam
– 10 USD untuk snack
– 2 USD untuk transportasi (ferry, bis, taksi) -ini pun sebenarnya tidak setiap hari
– tambahan 3 USD untuk back up nongkrong di cafe saat menunggu ferry di Male (sebenarnya budgetnya 20 USD, tapi karena terjadi cuma 1 kali, maka bebannya didistribusikan ke biaya per hari)

Totalnya masih 85 USD (Rp 1.095.000,-) per hari untuk 2 orang di Maldives.

Tentunya setiap orang punya standar masing-masing sehingga dari budget tersebut ada yang bisa lebih murah atau bisa jadi lebih mahal kalau mau melakukan banyak aktivitas.

Sisanya tinggal pe-er cari penerbangan murah ke Maldives!

Jadi, sekian sharing pengalaman dan informasi kami traveling ke Maldives dengan budget hemat. Maldives sekarang bukan cuma destinasi bagi orang-orang kaya ataupun selebriti saja, tapi juga bisa untuk flashpacker ataupun backpacker. Ayo siap-siap nabung buat yang pengen ke sana tapi takut mahal. Jangan sampai tunggu pulau-pulau lokalnya keburu diserbu turis-turis lain πŸ™‚

Jika masih ada yang mau ditanyakan silakan tinggalkan komentar dan jangan sungkan-sungkan untuk sharing artikel ini supaya rahasia traveling hemat Maldives bisa tersebar luas! Enjoy foto-foto cantik di Maldives berikut ini πŸ™‚

 

Ini pantai publik – dilarang pakai bikini

 

Nah…kalau ini baru tourist beach-nya Maafushi

 

Bersama anak-anak lokal yang super friendly di Maafushi

 

Sunset yang keren di Maafushi

 

Rumah lokal yang dilengkapi dengan hammock khas Maldives

 

Tanda tangan dulu di pantainya Maldives

1
1

Join the discussion 263 Comments

  • Tapinyaaa kak tapinyaaa…..aku merasa gagal kl gak nyobain villa di atas air itu kakkk kikikikkk

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Hahaha…silahkan kak..silahkan banget kalau mau nginep di resort.
      Sekarang kami cuma mampu di pulau lokalnya ajah. Mudah2an ke depannya ada rejeki bisa nginep di resort πŸ˜‰ *AAMIINN*

    • ?obby Lim says:

      Ohhhh sperti itu mbak…klo semisalnya saya memutuskan utk stay 1malam dl di male dan bsk pagi nya lanjut ke pulau local,apa terminalnya tetap sama di male/vilinggili y mbak?
      Ohhhh iya,utk makan kok mahal y mbak.sekali makan $10.ud 140rb donk.apa ada alternatif lain?

      • Susan Natalia Poskitt says:

        iya, terminal ferry pulau lokal di Male letaknya di terminal yang mau ke Vilinggili.
        untuk 10-14 USD itu biasanya ikan bakar. Ada juga sih yang lebih murah, kayak daal (sejenis makanan india) atau bisa juga sharing pizza. Tidak ada banyak alternatif tempat makan di pulau lokal. Rata2 harga makanan hampir sama di seluruh pulau. Bahkan di hotel2 yang lebih bagus ya lebih mahal makanannya.

        • kiki says:

          kk, aku mau kesana… hebat kk, pola pikir kita sama dah. hehee, rncna ny next trip mau k phuket lg . tp krna ad sharing dr kk jd pgn k maldives aj dah . sya tipe ny gk backpack dan jg gk tourist royal kk. mirip dah klau d lihat dr pola pikir kk . hahaa . oh ya kk, kalau bawa mata uang dolar aj bisa kk ? tnpa bawa uang maldives . soal ny d lihat dr blog kk ini sistim pembayaran ny gunain USD semua .

          • Adam says:

            Kayaknya sih mereka nerima2 aja kalo dibayar pake USD. cuma repotnya kan kalo mereka charge pake rufiyah terus kamu bayar pake USD terus ada kembalian kan tetep aja berarti kamu akan dikasih rufiyah πŸ˜‰

    • nisa says:

      Kak boleh minta email atau WA nya? Mau nanya nanya langsung boleh?

  • seruu ceritanya , bookmark dulu kali aja nanti bisa kesampaian nyusul kesana hehe :p

  • Baru tahu kalau Maldives negara yang banyak muslimnya, hahaha.
    Nice sharing, dan lengkap banget infonya, mbasus!

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Haha…iya justru malah Muslim banget, liat aja benderanya mereka πŸ™‚
      Thanks for mampiring and sharing ;))

  • ocha says:

    banyak yg bilang buat apa jauh jauh ke maldives paling sama saja dengan pulau seribu . Tolong share dong apa yg membedakannya sehingga kita perlu mengunjungi maldives walau tidak tinggal di resort

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Jangan percaya kata orang kalau belum merasakan sendiri πŸ˜‰
      Masing2 tempat pastinya punya keunikannya dan tidak ada yang sama.
      Kami baru saja sharing pengalaman pribadi kami tentang Maldives dalam bentuk blog post di atas. Negara yang berbeda pasti punya kebudayaan dan seluruh aspek kehidupan yang berbeda. Yang kita bicarakan di sini bukan cuma masalah pemandangan pantai. Setiap pengalaman di setiap tempat yang berbeda pasti unik. Dijamin! πŸ™‚

  • Aaaaa mbak Susan dan mas Adam makasih sudah berbagi ceritaaa. Seneng deh mbacanya lengkap banget dan jadi ada gambaran tentang di sana selalin daripada resort-tinggal-nyemplung yang kaya udah jadi trademarknya Maldives hehehe. Awalnya juga aku banyam denger “ngapain ke Maldives sama kaya di Indonesia” tapi kayanya sekarang udah ngerti dan memutuskan tetap pengen ke Maldives!

    Semoga beberapa tahun lagi kami punya kesempatan ke sana dan nyobain budget traveling kaya gini hehe

    Btw mampir-mampir ya mba ke http://coretanpejalan.blogspot.com πŸ™‚

  • sudrajat says:

    Terima kasih bgt ya mbak postingannya berguna bgt….
    Tinggal copy paste aja ya itinerary nya.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Kabari kalo udah kesampean ke sana ya πŸ™‚

      • efan says:

        mbak sori aq mau nanya kalo aq renvana mau ke taj exotic yang letak nya di maafushi juga gmn? aq lihat ferry adanya ke maafushi. kalo dari male da nya ya yg langsung ke resort taj exotic? makasih banyak ya. nama sy efan salam kenal mbak.

        • Adam says:

          kalo resort berarti bukan di maafushi karena di maafushi tidak ada resort. mungkin letaknya ga terlalu jauh dari maafushi. Tapi untuk ke resort tidak ada ferry lokal, harus urus transport sendiri dari male (sewa speedboat) atau urus dengan pihak resortnya.

          • Riris says:

            Mas Adam, kalau ke sana July kira2 musim hujan banget ga ya?
            Kalau prediksi tsunami liatnya di website mana ya?
            Rencananya sih ke Maafushi naik airasia, cukup murah per orang 7juta.
            Tapi mau lihat juga siapa tahu tiger lebih murah.

            Thanks,
            Riris

          • Adam says:

            untuk prediksi musim lebih baik google saja supaya infonya lebih akurat.
            website untuk tsunami kurang tahu.

  • Terharu sharingnya lengkap banget….duuh, jadi pengen Cari jodoh dulu, Dari pada Cari promo, buat dibawa ke Maldives. Aamiinin, kak. :’)))

  • sheni says:

    aaa…mupeng banget, rasanya langsung pengen nyebur aja ke laut. Tengkyu infonya coz selama ini yang ada dipikiran kalo ke maldives pasti mahal poll, semoga bisa kesana…

  • Ernawaty wijaya says:

    Amen mudah2 an kami sekeluarga bisa jalan2 kesana !

  • Rangga says:

    Malam gini enak banget ya buat baca artikel sharing yg kaya gini, serasa pas bangun tidur besok pagi udah ada di Maldives.

    If we can dream it, we can do it. Aaamiin.

    Makasih banyak mbak untuk sharing yg bermanfaat ini. Semoga kita selalu sehat dan banyak rezekinya, biar bisa traveling ke banyak tempat berikutnya! πŸ™‚

    @rizqirangga

  • wah, catettt ahh ini berguna bgt…udah dari 3 tahun yl pengen bgt ke maldives tapi gagal mulu, sempet angus loh tiket kita kesana gegara kerjaan di ktr ga bisa ditinggal.
    eniwei itu baca balada soal tarik tunai di luar negeri, kalo boleh saran buka rekening citibank aja, rekening tabungan lho ya bukan kartu kredit, bisa withdrawal dimanapun seluruh dunia itu gratis selama ada visa logo di atmnya.

  • aven says:

    Wah seneng bgt baca kisah traveling yg luar biasa ke maldives dan lsg aku ngecek di agoda rates hotel ocean divas yg disaranin tp koq harganya usd 89 ya. Apa sdh naik…. hihihi
    Klo arora inn recommen ga kak??

  • aaaghhhhh…maldives ini udh jd inceranku dlm wkt deket mba… soalnya aku baca, ini pulau bakal musnah krn tsunami besar dlm 100thn kedepan πŸ™ Moga2 ga bener..makanya jd ambisi bgt hrs cepet kesini ^o^

  • lia mani3z says:

    Tx bgt infonya mbak. Cukup berguna bgt krn bayangan saya ksana pasti mahal.. pgn bgt ksana dr dulu n menikmati pantai n lautnyaa.. suatu saat pasti bisa. Amin.. ohh indahnya dunia..

  • Arief Fathulah says:

    Wihhh mantap banget..
    Kalo tiket pesawat ke maldives yang murah biasanya bulan apa yah ?

  • gunawan says:

    Tips2nya mantpah Mbak !
    saya mau nanya..untuk snorkling sama whaleshark disana ada yang local ga ya? maksudnya ga via resort.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Harga yang cantumkan di bagian aktivitas wisata itu harga lokal. Mereka bisa arrange snorkling dan whale shark juga. Kami justru ga tau harga paket aktivitas resort berapa karena ga tinggal di resort sama sekali. Biasanya pulau resort itu beda dgn pulau lokal, maksudnya kalau kamu nginap di pulau lokal tidak akan ada resort sama sekali di pulau itu. Jadi aktivitas yang ditawarkan ya dari hotel/guesthouse lokal saja. Resort biasanya ada di pulau pribadi.

  • agus says:

    Nice info mba,
    Saya rencana ke Maldives tgl 27-30 Maret 2015, nah tgl 27 Maret itu hari Jumat, gimana yah caranya ke maafushi island ? sedang ferry hari Jumat kan off. Speedboad udh pasti mahal. Saya tiba jumat jam 11 pagi. Maunya saya nginap 2 malam di Maafushi dan 1 malam di Gulhi island.
    Apa harus nginep jumatnya di Male atau hulhumale ?

    • Susan Natalia Poskitt says:

      iya….ga ada cara lain. hari jumat memang ga ada ferry ke pulau lokal yang jalan. nginap bisa di Male atau Hulhumale terserah.

  • dWi says:

    skrg tigerair kalo ke MLE kudu lewat Spore ya, dulu prnh ada flight Sub-MLE dan sempet promo PP cmn 4jt…btw informasinya lgkp bgt, someday…..huhuhu aamiin ^^

    • Susan Natalia Poskitt says:

      woalah…malah ga tau kalau dulu ada yg lsg. ini yg mengoperasikan mmg Tiger Air Singapore sih, jadi berangkatnya dari Singapore.

  • Yuli Firmanto says:

    Pergi ketempat wisata gak heboh kalau gak belanja souvenir apakah pakaian, makanan dsb. untuk biaya segitu hanya dapat pantai, rugi. Mending cari destinasi sekali kunjung dapat semua, pantai, gunung, budaya, makanan, shopping, dsb. semisal Thailand, China, Vietnam.

  • aimee says:

    Ya ampun ya ampuunn..cuma dg baca artikel ini udh bikin happyyy bgt ..apalagi kl bener2 bisa nyampe sana yaa.. Tengkiu sharingnya, sangat detail, unyu, dan menggowdaahh abiss..????

  • Panji says:

    Makasi buat artikel nyaaaa… Manfaat bgt.. Makasiiii…

  • Dini Doank says:

    Hai kak…
    salam kenall ya…

    Baca blog-nya malah jadi ingin ke maldives..

    Boleh saya tau itinerarynya kah???

    Kalau ke tourist beach itu pantai yang bs di kunjungi oleh umum???

    • Susan Natalia Poskitt says:

      itu sudah tersirat itinerary-nya. kami cuma ke 2 pulau koq (Maafushi & Gulhi), ga pake itinerary πŸ™‚
      Turis beach itu pantai yang boleh pakai bikini. Pantai lain juga boleh dikunjungi umum, tapi kalau mau berenang dilarang pakai bikini.

  • Dini Doank says:

    Oke sistt.. info-nya berguna.. blognya jd pengen buat aq ke maldives… ????walau sempet galau mau ke korsel atau maldives????

  • rizka says:

    Kak, sempet nyobain tour ke pulau resortnya gak?? Penasaran kalau cuma one day tour gitu bisa ngapain aja di sana, lumayan kayaknya kalau bisa begitu. Budget tetap irit tapi bisa foto gaya ala seleb #daydreaming :))
    Btw, postingan yg ini menginspirasi banget loh buat wujudin mimpi jalan-jalan ke maldives. Thank you for sharing!

    • Susan Natalia Poskitt says:

      ga ambil tur ke pulau resornya. soalnya waktu itu cuma pengen leyeh2 aja πŸ˜‰ One day tour katanya sih ya leyeh2 di resort sambil menikmati fasilitas di sana. bisa makan & minum di sana juga. beda aja suasananya karena lebih private kayaknya.

  • Luar biasa… keren sekali pemandangannya. Dengan harga yang terjangkau ternyata bisa menikmati tempat wisata eksotis di negara kecil Maladewa. Jauh dari keramaian kota, impian liburan setiap orang tentunya… dahsyat !

  • Ayu citra resmi says:

    Mba susannnn…. Mantep banget post nya. Semakin pengen kesana. Padahal dulu mikirnya cuma mimpi aja. Mikirknya budget yg disiapin jg mesti berapa. Kayanya ga mungkin. Tp setelah baca ini, ternyata bisa juga yaaa… Cuma yang bingung aq sama suami ga bs bahasa inggris, ya cuma secukupnya aja hahahhahaha… Apa ada guide yg bs bahasa indonesia? Apa qt PD aja? Tp serem juga… Hahahaha.. Mksh mba susan

    • Susan Natalia Poskitt says:

      santai aja…merekanya juga ga lancar koq bahasa inggrisnya. Ga usah pake guide. Traveling di mana pun sebenernya ga perlu takut sama kendala bahasa. Asal kedua pihak punya niat baik pasti ga akan ada masalah πŸ™‚

  • Dini Doank says:

    Kak susan…

    Kalau oneday tour ke resort kena harga per org ya ???

    • Susan Natalia Poskitt says:

      coba dibaca lagi artikelnya ya πŸ™‚

      • Robby Lim says:

        Mbak klo flight kita malam bgmn y?apa masi ada ferry yg beroperasi?apa lbh baik menginap dl di sekitar airport?

        • Susan Natalia Poskitt says:

          biasanya ferry yang beroperasi paling ferry yang dari bandara ke Male.
          Kalau ferry yang ke pulau lokal tidak ada yang jalan kalau malam.
          jadi ada 2 opsi: menginap di Hulhumale (pulau yang nyambung dengan bandara, cuma perlu naik shuttle bus dari bandara) atau menginap di Male (jaraknya paling cuma 5-10 menit naik ferry dari bandara).

  • Aurora says:

    Hallo ka susan..
    Rencanaya bulain mei mau ke Maldives dan berencana menginap 2 malam di resort nah karena kayanya telalu cepat hanya 2 malam kendala biaya per/night nya mahal, jadi apakah bisa setelah menginap diresort dan di antar ke airport lalu ke pulau maafushi atau yg ka susan rekomendasikan? Thankyou for The information, very helpful..bytheway!:))

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Dari airport bisa naik ferry ke Male dan dari sana naik ferry ke Maafushi. Pastikan jadwalnya pas (cek di web ferry) dan pastikan bukan hari Jumat.

  • Ferita says:

    Tq infonya..

    Jd pinginbgt ksana.. Jd kita dr male ke mafushi lsg cari ferry lokal aja yah..

  • Hey Mbak Pergi Dulu,

    Saya @ranselahok, salam kenal yaa..

    Saya rencana ke Maldives bulan Juli 2015 ini. Saya sudah ubek- ubek bolak- balik artikel diatas, baca satu persatu, uda berulang- ulang. Ulasannya lengkap , padat dan detail abiz. Informasinya sangat membantu.

    Saya boleh email secara pribadi gak ya ke mbak, mau tanya- tanya lebih lanjut, ya kalau berkenan dan tidak mengganggu saja. Soalnya ada yang masih menjadi tanda tanya buat saya. Hahahaa…

    Saya tunggu ya mbak Pergi Dulu yang keren sudah ada di Maldives…

    Terima kasih

    @ranselahok

  • Gege says:

    Beberapa bulan trakir ini aku lagi ngikutin IG pergidulu. Gatau kenapa hari ini pengen aja baca blognyaa. Daaaannn, jeng jeng jeng! Aku nemuin postingannya yang mencerahkan pikiran banget. Selama ini aku cuma tau Maldives mahal, tapi gatau semahal apa (tadi cek di Agoda kaget ngeliat biaya penginapan 100 juta lebih/malem! LOL). Thank you banget ya Ka Susaaaan sharingnya. Jadi semanget nabung supaya bisa kesana nih hihihi. Percaya ga percaya, aku langsung bikin perhitungan budget kasar loh hahaha. Sapatau aja bisa honeymoon kesana kan *AMIINNN*

    Terus sharing-sharing rangkaian perjalanan kalian di IG dan blog ya kaaa! πŸ™‚

  • Tiqa says:

    Thanks for the info. Tapi mau tanya, kalo misalnya rencana hari kamis tuh nginap di kota Male nya, Jum’at baru flight ke singapur, apa ada transportasi Jum’at pagi nya utk ke airport? Makasih sebelumnya.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Ferry dari dan ke bandara sepertinya jalan terus. Yg libur hari Jumat itu ferry antar pulau dari Male.

  • dela says:

    Gimana cara cari tiket murah ke maldives mbaa

  • Andreas says:

    Saya udh pesen tiket k maldives pk tiger, yg mau saya tnykan kok nginep d hotel sprti holiday inn, ada charge fee transport y? Apa bisa kl g pk fee transport dr hotel? Krn bc2 d blog org biaya jd bengkak kena tmbhan fee sprti itu.. Gmn y caranya utk nginep d hotel sprti holiday inn tnpa fee tmbhan? Krn kl tnpa fee hrga skitar 4jt an aja.. Fee transportnya sndiri 5jt, jd total 10jt, pdhal kl kita psen d agoda hotel di indonesia g ada fee tmbhan lg krn udh trmsk pajak.. Thx kak

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Maaf kami kurang tau karena ga pernah nginep di hotel spt itu. Mungkin pembaca lain ada yg bisa bantu?

    • Diana says:

      Iya, selalu ada fee transport yang mahal untuk ke resort. Kalo mau murah, pilih yang naik boat ke resort nya jangan yang sea-plane, lebih muahaaal. Kadang kalo harga resortnya murah, mesti curiga.. biasanya transport nya yg mahal.

      • Andreas says:

        Lalu gmn y untuk spy g pk fee transport dr resort? Krn d agoda dan booking smua udh trmsk ada tulisan exclude transport fee 5jt ckckck.. Pesen hotel dmn y yg cm nginep nya aja tnpa transport.. Krn transport kita bisa naik ferry umum kan ato speedboat umum yg jauh lbh murah drpd d hotel pk sea plane, tlg pencerahannya sist.. Thxxx

        • Adam says:

          1. Cek dulu jarak resor dari bandara.
          2. Kalau resornya dekat dan fee transportasi mahal, coba nego speedboat sendiri di bandara. Kalau resornya jauh banget dan tidak mau bayar fee transportasi, jangan bikin reservasi di resor itu. Pilih yang lain.
          3. Kalau tidak ada cukup uang untuk resor-resor mahal, ikut tips kami. Menginap di pulau biasa, di hotel biasa dengan harga biasa. Pulau2 ini masih bagus banget dan bisa daytrip ke resor untuk harga murah. Anda juga bisa naik speedboat dari pulau lokal itu ke resort mahal dan menginap satu malam.

          Jadi, mau menginap di mana? Kalau pasti mau menginap di resor, pilih yang dekat dan coba sewa speedboat dari bandara. Tapi untuk kebanyakan orang, resor seperti itu terlalu mahal!

          Hope this helps! πŸ™‚

          • Andreas says:

            Saya g ada mslh dgn harga resort, mslh nya d fee transport yg sangat mahal, mksd saya pesen voucher hotel dmn yg cm bisa pesan menginap tnpa ada biaya fee transport? D agoda n booking sll d mskan fee transport, yg akhirnya membengkak wktu d maldivesnya krn d chas transport.. Saya ingin menginap d resort tp naik speedboat umum/ferry umum jd g d charge biasa transport wktu d maldivesnya.. Pesan hotel dmn y yg bisa cm pesan buat nginap tanpa kena fee transport.. Holiday inn bisa kena 5jt sendiri d transport krn jauh dr bandara kah? Kl resort deket bandara jd g ada charge fee transport? Mohon pencerahannya.. Thx

          • Adam says:

            Tidak ada transportasi umum ke resort… Jadi kalau tidak mau transportasi dari hotel dan tidak ada umum, harusnya sewa sendiri. Kalau resort itu jauh sekali dari bandara, pasti Anda akan ada masalah besar…

            Jadi, cari resort yang lumayan dekat bandara dan tidak ada charge untuk transportasi. Untuk saya sendiri, saya lebih prefer Agoda, tapi mungkin bida contact resort lewat website mereka dan nego deal khusus.

          • Adam says:

            Also, waktu kami menginap di Hulhumale, hotel itu mau flight details kami karena mereka mau jemput kami dari bandara. Juga ada informasi dari Agoda yang kata kami harus kasihtahu flight info kami kepada hotelnya… Kami tidak kasih info itu kepada hotelnya dan naik bis saja… Gpp. Fee transportasi itu tidak termasuk booking hotel lewat Agoda. Fee itu dipisah…

            Note: kami dikasihtahu feenya untuk charter speedboat US$175 untuk trip 30 minit.

          • Adam says:

            Satu lagi! Saya baru lihat lokasi Holiday Inn Kandooma. Pulau itu sekitar 150m (!!!) dari sebuah pulau yang saya tahu bisa naik ferry lokal. Dari Pulau Guraidhoo pasti ada speedboat yang murah (sekitar $20).

            Jadi… Cek jadwal ferry ke Guraidhoo. Harus pastikan jadwal cocok dengan jam kedatangan pesawat Anda. Kalau tidak cocok, booking 1 malam di Male City.

            Book Holiday Inn – http://www.agoda.com/holiday-inn-resort-kandooma-maldives/hotel/maldives-islands-mv.html?cid=1516304

            E-mail hotel itu dan kasihtahu mereka “tidak usah pake transportasi Anda karena kami punya transportasi sendiri”

            Kalau mau cek suasana di pulau lokal juga, cek Agoda untuk hotel di Guraidhoo atau AirBnB juga (https://www.airbnb.com/s/Guraidhoo–South-Central-Province–Maldives?af=351740)

            Yang ini solusi yang paling bagus…

          • Andreas says:

            Trima kasih byk ats bantuannya.. Ada rekomend resort yg mudah dlm hal transportasi? Budget skitar 2.5-4.5.. Krn saya cm 3hr 2mlm jd sia2 kl hrs mnginap d male city dulu.. Krn saya flight pulangnya jam12 siang, jd k bandara hrus pagi.. Jd skitar 1.5 mlm saja saya d maldives.. Brti sistemnya, pesen hotel d agoda dl br email k hotelny? Atau email k hotelnya dl br pesen d agoda? Utk mengetahui Email hotel ada d agodanya y? Saya k maldives utk honeymoon jd ingin benar2 menikmati suasa resort bkn d male city.. Oya utk mkn smua ok usd kan? Utk transport saja yg pake mrv? Thx sangat membantu ini blog.. Buat org yg blmm prnh k maldives kyk saya.. ????

          • Adam says:

            Andreas. Saya sudah banyak berpikir tentang situasi Anda. Dan saya pikir Anda tidak ada pilihan selain bayar fee transportasi karena jika naik transportasi umum, waktunya lama sekali dan jadwalnya tidak reliable. Bisa jadi terlambat ke bandara. Juga, saya pikir fee transportasi kalau sewa sendiri akan mahal juga. Lebih praktis diurus lewat hotel walaupun feenya mungkin terasa mahal (memang mahal!)

            Oleh karena itu, saya pikir untuk situasi Anda, anda sebaiknya pilih resort yang cukup dekat bandara supaya tidak lama waktunya di jalan. Dalam rentang harga Anda, tidak ada banyak pilihan dan memang semua di atas 4jt. Tapi, karena tidak ada banyak waktu, tidak ada banyak pilihan lain. Saya merekomendasikan hotel-hotel berikut:

            Centara Ras – 5jt/malam. 1jt/orang untuk transportasi pp –Β http://www.agoda.com/centara-ras-fushi-resort-spa-maldives/hotel/maldives-islands-mv.html?cid=1516304
            Kurumba – 5,5jt/malam. Fee transportasi kurang tahu –Β http://www.agoda.com/kurumba-maldives/hotel/maldives-islands-mv.html?cid=1516304
            Sheraton Maldives Full Moon Resort – 5.1jt/malam. 1.5jt/orang untuk transportasi pp –Β http://www.agoda.com/sheraton-maldives-full-moon-resort-spa/hotel/maldives-islands-mv.html?cid=1516304

          • Andreas says:

            Utk speedboat itu sewa dmn y? Ada tmpt persewaan kah d bandara? Lalu utk jadwal ferry lihat d web mn y? Smua pembayaran transportasi pk mvr saja y? Utk harga sewa speedboat $175? Mahal amat..

          • Andreas says:

            Oke mkasih ats solusinya pak.. Hotel yg d ats tersebut bisa d cek fee transportasi dr mn y? Apa ada d agodanya? Kl 2 org brti d kali kan 2 ya? Krn hrga transport per org? Apa setelah pesan d agoda pasti d tny melalui email utk jadwal flight kita? Akhirnya saya pny gambaran kalau d maldives hrs seperti itu utk ke resort.. Thx2

          • Adam says:

            Andreas, beberapa hotel di Agoda menampilkan fee transportasi. Yang di list di atas, saya sudah cek lewat Agoda. Fee itu per orang pulang pergi. Setelah pesan lewat Agoda, mereka (Agoda) minta informasi tentang jadwal flight dll… Mereka kasih daftar instruksi setelah pesan hotel, tapi prosesnya gampang diikuti.

            Semoga honeymoon Anda lancar!

          • Andreas says:

            Makasih pak.. Last question nih, transport fee itu oer pulang pergi atau per stay? Jd saya stay 2mlm kena chas 2mlm? Atau per pp dan per org? Utk rekomend 3 resort yg anda tunjukan yg paling better yg mn? Dgn suasana yg cocok utk honeymoon.. Krn saya rencana mengikuti solusi yg anda brikan pak.. Jd saya pilih dr 3rsort tsb..thx

          • Adam says:

            Transport fee itu untuk pulang pergi satu kali dari bandara ke resort pulang ke bandara. Kena chas 1 kali per orang. Menurut Agoda, chas itu seharusnya $200 total untuk 2 orang PP.

            Saya belum mengunjungi resort tersebut, tapi nomor 1 dari list itu cocok banget karena dekat sekali dari bandara. Berarti, lebih banyak waktu di resort. Juga, rating di Agoda 8.7. Menurut saya, kalau ada akomodasi dengan rating di atas 8, sudah bagus sekali. Kalau, 8.7, pasti bagus banget.

            Kalau ada pertanyaan lain, silakan.

          • Andreas says:

            Ok d brti diantara 3 itu mnding yg no1 y? Brti kl gt bawa uang full usd aja y? D bandara maldives ada money changer g sih? sdh g sabar menunggu bln dpn nih.. Haha

    • Diana says:

      Kapan mau perginya ? Saya akhir bulan depan, stay di Adaaran Club Rannalhi. Mungkin bisa jadi pilihan. Sudah all inclusive untuk makan, jadi ga repot. Langsung book di website hotelnya saja, lebih murah karena banyak diskon. Nanti kalo sudah pulang pasti kami akan share ceritanya di http://www.pasangantraveling.com

  • Endah Gouw Suwanda says:

    Hi Teman, mungkin ada yang mau ke Maldives ?, Saya ada 250 Rufiyaa (masih berlaku), saya mau lepas Rp. 208.000. Saya sudah gak butuh Rufiyaa lagi. Plis E-Mail saya ya?, kalau ada yang berminat : endahteya@yahoo.com Terima kasih sangat.

  • Diana says:

    Kami mau ke Maldives nih bulan depan.. Mau tanya, di airport apakah ada pilihan fast food untuk lunch ? Soalnya saya browsing ga dapat info lengkap tentang isi airport Male. Kebanyakan bilangnya airport kecil dan ga ada apa2.

    • Adam says:

      Ya, ada di bandara. Ada beberapa toko kecil di sana juga dan bisa langsung naik public ferry, naik transportasi pribadi (seperti speedboat atau seaplane) atau makan/belanja dulu. Tapi iya, bandaranya agak kecil.

  • Joey says:

    Mas n mbak
    kalau resort Kandooma bisa kasih komen enggak ….karena kita ada rencana nih mau ke Maldives tapi masih gelaaap info ..
    thx
    Joey.-

  • lutan says:

    Makasiiiiiiiiiiiiiih bgttttttttttttttt informasiiiiiiiiiinya ya mba πŸ™‚
    Salam buat mas adam juga.

  • Davin says:

    Hai Susan & Davin
    Juni ini saya bakal mengunjungi Maafushi dan Gulhi. Akomodasinya pengennya naik ferry aja supaya murah. Kalo dari Maafushi mau ke Gulhi harus nungguin ferry jam 7 Pagi, apakah benar? Kalo dari Gulhi mau balik ke Male harus nunggu ferry nya jam 8 pagi, apakah benar? itu dari info saya browsing2. Trus ongkos ferry nya langsung bayar waktu di ferry atau harus beli tiket dulu ( klo naiknya dari Maafushi dan Gulhi)… Thanks ya atas sharing dan infonya

    • Susan Natalia Poskitt says:

      untuk info jadwal, sepertinya benar. Kami juga tidak ingat sih. Tapi untuk amannya, tanya2 lagi saja sama orang kapalnya waktu di sana. Sementara ini pegangannya info yang ada di website mereka saja. Tiket bayar langsung di atas ferry (nanti ada asisten yang nagihin). ENJOY! πŸ™‚

  • Davin says:

    Hai Susan dan Adam maksud saya, maaf salah ketik πŸ™‚

  • Vaulinne Basyir says:

    Makasih sekali mbak Susan info tentang Maldivesnya..saya ingin sekali kesana, kalo ke pulau2 itu kita boleh bawa makanan kita sendiri kan ya?

  • Caroline says:

    Hallo Susan dan Adam
    Thank you for sharing the superb-complete info about budget trip to Maldives.
    Bookmark dulu ya untuk jadi referensi trip kesana πŸ™‚

  • tia says:

    kak, tanya dong. kakak dari Gulhi kembali ke Male hari apa jam brp? perlu menginap di Male dulu ga kalo flight ke Jkt jam 12 siang? terima kasih

  • Aulia says:

    Awwwww sweet..

    Jadi semangat.. harus nihhh ke maldives
    mba susan ditunggu info trip murah lainnya yaahh

  • Elly says:

    thanks banget sharingnya…satu hari saya pasti akan menginjakkan kaki disana..nice view…

  • Bendi says:

    mantap.. terima kasih sharingnya mbaksus.. saya dapat tiket PP SIN MLE nya 2jt. Alhamdulillah.. awalnya takut loh mau nyiapin budget berapa buat di sana. Aaaah, ternyata bisa juga buat budget travelling ke Maldaifs. (eh Moldiffs).. telimi kicihhh.. πŸ˜€

    • Adam says:

      Wow! Harganya mruah banget!

    • Setia says:

      Waaah, murah tuh pak bendi, search dimn tuh ticket nya , Kira Kira msh Ada g ya?

      • Bendi says:

        Hehehe, iya beruntung bgt bs dapet murah segitu, eh malah 1,6jt ding pp nya dr singapur, bukan 2jt.. saya belinya februari kemaren buat flight juli habis lebaran ntar.. rajin2 buka promo tigerflash tiap kamis aja mas πŸ˜€
        Good luck ^^

  • Patricia says:

    Hello authornya PergiDulu. Saya mau berterima kasih atas informasi yang bener-bener berguna, membuka kesempatan buat saya banget bahwa Maldives itu ternyata gak se-luxurious dan super mahal seperti yang selama ini saya kira.
    Semua informasinya bagus sekali dan saya sudah cek tiket pesawat dan hotel memang sekitaran yang anda tulis di blog.
    Terima kasih banyak ya Mbak.
    Have a very good day !

  • Saniah Herlina says:

    Wah baru kali ini saya baca dari atas sampe abis dengan mata berbinar2 dan senyum2, ngebayangin apa yg ditulis Mba udah bikin seneng, apalagi kesampaian kesana, amin. Makasig banyak atas informasinya yang seabrek2 ini, seakan2 Tuhan denger doa2 saya hehehe. Kebetulan saya memang pengen kesana tapi gak ngerti sama sekali, dan saya cukup dengan hotel2 biasa yg penting ada ac dan breakfast serta restoran, kegiatan palingan cuman pengen basah2 cantik, berjemur2 dan snorkling palingan… Kita bisa ga bawa P*pmie ga atau snack2 fave kita? Lumayan hemat kan hahaha… Aduh sekali lagi makasih banyak yah atas informasinya, semoga Tuhan ngabulin my dreams, amin. Sukses dan bahagia selalu yah Mba :))

  • kiong_lee says:

    Halo selamat malam..
    Mbak n mas yg pny blog, juga teman2 yg eksis semua..
    Senang nih dpt blog kek begini..
    Pengen ke maldives, tp br rencana.. ngumpulin modal dl.. :p
    Maklum.. gaji pas2an.. jd ngumpulin pelan2.. πŸ˜€
    Mau tanya donk mas2 n mbak2 sekalian,
    1.Yg lebih bagus itu tukar rufiya langsung atau bawa dolar ke sana aja ya?
    2.Lalu harga hotel yg disebut diatas,harga per malam itu utk 2 org ato per org ya?
    3. Lalu seperti yg ada ditny ama mas/mbak diatas, boleh gk ya bawa snack ato mie instan gitu dari indo kesana sebagai bekal kita? πŸ˜€
    4. Utk pulau yg recomended apa 2 pulau itu saja ya yg murah?
    Tlg share donk.. email k_10_ng@yahoo.com
    Trims

    • Adam says:

      1. Bawa dolar Amerika dan jangan tukar semua langsung. Mungkin setengah dulu terus sisa waktu di pulau.
      2. Per kamar.
      3. Boleh.
      4. Ada banyak sekali pulau yang murah, tapi 2 pulau tersebut yang paling gampang dikunjungi. Kalau ada banyak waktu, pasti ada kesempatan untuk kunjungi banyak pulau lain.

      • kiong_lee says:

        Ooww.. oke mas adam..
        Lalu apa hanya resort2 mahal yang pny bungalow diatas air gitu ya?
        Pengen tes bungalow yg diblg pasangantravel katanya murah.. cmn pas baca lmyn mahal jg..
        Hahaha..
        Pengen banget kesana.. apa ada yg mw kumpul trus bareng2 kesana yah? Hahaha..

  • Petzie says:

    Infonya menarik, catchy dan lengkap banget kak! Ak duka cara penyajian dan foto-foto yg menggodaaaa~~ hihiy

    Ak dpt link kakak dr cowo ak, kebetulan krn kt mw merid tahun ini,, doi kaenya mengusulkan utk ke maldived setelah liat post kakak d fb haaha., ak si gapapa, krn kt b2 suka laut,, walaupun ak orgnya lebi suka keramaian yak.., mw nanya ajah ni kak, banyak nyamuk gak klo malem / siang pas dsana? Trs kudu super extra hati2 ama tas atau aman ga si dsana? Kan klo mw berenang kt was2 trs jg capek yak., ga bs tenang,,

    Kakak perna k belitung ga ya? Apa lautnya maldives sama ama d belitung?
    Ditunggu yak jawabannya kak.., moga2 aj ak bs ketularan buat ke maldives for honeymoon ., hihihi., arigatou!

  • Terima kasih banyak mbak sus buat info nya. Ternyata di balik kemewahan maldives, masih bisa di akalin buat dapetin yg murah ya… Mudah2an sy bisa kesana. Amin…

  • frandi phang says:

    Ada plan buat memandu tur ke maldives ga?kami rencana ingin mengadakan gruptour kesana. Tq.

  • ditto says:

    Hai mas adam. What a trip!!! Saya suka skali dgn site ini. Benar2 rinci dan membantu. Satu hal ingin saya tanyakan. Apakah bila prgi ke maldives harus booking hotel trlebih dahulu ? Atau bisa ktika sampai baru ke hotel dan lgsg pesan ? Dan kapan kira kira musim ramai turis disana ? Krn saya rencana mau solo ksana dan tdk mempermasalahkan penginapan yg bintang lima. Thx before.

    • Adam says:

      Well, tidak usah booking hotel dulu, tapi lebih bagus klo ada ide di mana Anda mau nginap. Musim ramai itu biasanya waktu liburan untuk orang Eropa. Juni/Juli/Agustus. Desember juga.

  • Agung says:

    Dear Mas Adam,

    Thanks banget atas informasinya…lengkap banget,,,seperti yang saya baca diatas,mengenai transfer fee yang terlihat “MAHALLL”.
    Kebetulan tanggal 12 (siang)-14 (siang) agustus 2015 nanti saya kesana. Sekarang sudah beli tiketnya,masalahnya adalah…saya baru tau hari jumat (14 Agustus) libur disana.saya telat baca blog mas adam, (baru tau kalo disana libur hari jumat).hehe

    Ada saran tempat menginap dan biaya transportasi yang masuk budget ga mas. range budget 6-10jt untuk akomodasi (hotel &transportasi).saya sempat mencari2 di agoda :
    The Sun Siyam Iru Fushi Resort 8.7
    Vilu Reef Beach & Spa Resort 8.4
    Olhuveli Beach & Spa Resort 8.1
    Holiday Inn Resort Kandooma Maldives 8.5
    Ada yang bagus dan murah,tp transfer fee-nya ugal2an harganya @_@. Mohon pencerahan mengakali biaya transportasi dan “hari jumat” nya.tks

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Pertama-tama, jangan pilih hotel yang jauh dari bandara. Pasti hotel itu perlu naik pesawat kecil (sea plane). Kalau anda pikir boat transfer itu MAHAL, sea plane jauh lebih mahal. πŸ™‚

      Jadi, hapuskan Sun Siyam & Vilu Reef.

      Setiap resor yang lain pasti akan charge biaya transportasi yang mahal banget untuk speedboat. Tapi, kalau anda mau menginap di resort, anda harus bayar banyak untuk aktivitas, transportasi dan makanan (jangan lupa bawa *banyak* indomie). Itu kenapa kami menginap di pulau lokal. πŸ™‚ Di sana semua lebih murah, tapi anda harus punya lebih banyak waktu untuk tunggu ferry lokal dll. Juga, liburan transportasi untuk hari jumat hanya untuk transportasi lokal. Untuk transportasi mahal, gpp! πŸ™‚

      Saya rekomen Holiday Inn Kandooma kalau anda harus nginap di resort. Kalau tidak, coba sebuah hotel di Maafushi (pulau lokal). Anda masih harus pake charter speed boat, tapi akomodasi lebih hemat. Yang ini bagus – http://www.agoda.com/id-id/beachwood-hotel-maafushi-maldives/hotel/maldives-islands-mv.html?cid=1516304

      Kalau mau lebih hemat lagi, coba yang ini – http://www.agoda.com/id-id/ocean-vista-guest-house/hotel/maldives-islands-mv.html?cid=1516304 – kami menginap di sini dan untuk harganya, hotel ini top banget. Tentu, hotel ini bisa atur transportasi juga.

      So… 1. Anda harus bayar transportasi mahal.
      2. Untuk budget anda, mungkin bisa ambil resort seperti Holiday Inn kalau ada special deals. Kalau masih terlalu mahal, ambil hotel di Maafushi yang masih bagus.
      3. Enjoy yourself! πŸ™‚

  • Sonya says:

    wow…..wow….wowwwww
    cuma kata itu yang keluar dari mulut saya πŸ™‚ , akhirnya dapat web ini atau artikel ini dari seseorang yang bisa menerjemahkan liburan di maldives dengan biaya biaya yang lumayan murah untuk daerah pariwisata sekelas maldives …. keren ….*jempol

    terima kasih ya untuk penulis / pemilik blog ini dari sharing jalan jalan nya. selama membaca artikel ini , saya cuma melongo ….menganga aja…..
    udah kebayang indahnya ini negara…. πŸ™‚
    salam kenal ya…. saya ibu rt dengan 2 anak kecil, lagi browsing ttg maldives dan sampailah saya disini πŸ™‚ .

    info ini sangat berguna sekali untuk saya dan keluarga. tapi masalahnya saya adalah keluarga dengan 2 anak berumur 5 dan 11 tahun . apa bisa ya kami liburan disana dengan anak anak? hehehe
    gimana kalo membawa anak anak ke pulau ini ? riskan kah?
    apa menu lainnya ada selain ikan atw seafood?
    misal seperti ayam dan sapi?
    karena suami saya tidak makan ikan samasekali, saya dan 2 anak saya ga masalah makan ikan πŸ˜€

    apa ada makanan familiar lain yang bisa kami temui disana? fastfood mungkin?

    oya , apa bisa saya hub anda via email?
    kalo ga keberatan , mohon kontak saya di email saya.

    pingin sekali chatting panjang lebar mengenai pulau ini πŸ™‚ …
    tks byk πŸ™‚

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Sonya,

      Bisa liburan dengan anak2 dan negara ini aman.

      Ada banyak makanan selain seafood… dan mereka juga punya ayam dll. πŸ™‚

      Mereka juga punya fast food, tapi biasanya hanya di pulau Male. Di luar pulau yang besar itu, jarang bisa temu fast food. And besides, coba masakan lokal! Enak juga! πŸ™‚ Kecuali kalau mau pizza… Ada pizza juga di beberapa pulau dan resort besar.

      Kalau mau rekomendasi hotel, silakan tanya lagi. πŸ™‚

  • Wah perjalanan yang luar biasa.siapa yang tidak ingin kesana,pasti pada ingin kesana kan yah.indah sekali yah.masih bermimpi jika bisa kesana karena budget nya πŸ™
    makasih infonya kakak πŸ™‚
    semoga bisa kesana segera.aamiin

  • Rubierto Rochzky says:

    Woooooww excited banget bacanya, aku pengen liburan murah juga ke maldives tapi tetap tidak mengesampingkan unsur elegannya, suci serta terlihat mahal biar keliatan spektakuler..
    Sayangnya mbak susan gak nampilin foto2 yg kaya jembatan ditengah2 laut itu dipulau mana yah?? khan pasti cucok banget foto disitu dengan latar belakang laut …
    Mbak susan tempat yg paling paling recommended di maldives itu dimana please, dalam waktu dekat aku mau kesana, dan tiket termurah dr jkt apa yah?? bales loh mbak πŸ˜‰

    • Susan Natalia Poskitt says:

      halo….sayangnya liburan murah ala pergidulu memang tidak seelegan yang kamu harapkan. kami memang tidak menginap di resort pinggir laut, makanya ga ada foto-foto jembatan kayak gitu πŸ˜‰ Kalau mau nginap di sana at least 5 juta semalam, belum masuk budget kami. Kami terbang dari Singapura, jadi tidak tahu tiket murah dari Jakarta pake airlines apa. Tempat paling recommended sudah dijelaskan panjang lebar di artikel tsb, di luar itu kami tidak tahu πŸ™‚

  • Deckin says:

    keren, jadi terobsesi nih. pengen kesana .
    boleh minta emailnya mba?
    saya pengen banyak tanya nih…
    hihihihihi

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Tanya di sini aja, biar bisa share ke semuanya πŸ™‚

      • Deckin says:

        mengutip tulisan mba susan soa aktifitas, “Piknik ke pulau resort – 150 USD dan katanya bisa menikmati fasilitas disana senilai 100 USD”

        apakah biaya one day tour ke resort sebesar 150 USD itu sudah termasuk harga untuk menikmati fasilitas, atau ada tambahan sebesar 100 USD lagi untuk bisa menggunakan fasilitas..??

        • Susan Natalia Poskitt says:

          Maksudnya dengan bayar 150 USD bisa menikmati fasilitas senilai 100 USD di sana, misal dengan makan atau minum di restonya. Tapi itu tidak mutlak segitu ya nilainya. Kami hanya diceritakan saja oleh staff hotel kami. Coba cek dan ricek lagi sebelum booking/ ambil paket. terima kasih πŸ™‚

  • Anto says:

    Wahhh,, tulisan yang bagus dan cukup detail. Saya belum menikah, tapi sejak dulu kalau menikah nanti ingin bulan madu ke Maladewa, tentu dengan bayangan di benak saya adalah santai di resort-resort yang aduhai itu. Entah nanti nikah dengan siapa dan kapan.

    Terima kasih atas informasinya Mbak. Kapan-kapan mungkin saya tanya-tanya.

    Salam.

  • Tika says:

    hi mbak susan…wah senang sekali mendapatkan info tentang pulau Maldives…saya dan suami berencana untuk traveling ke Maldives. jadi pencerahan nih…senangnya. harus planning nih…mksh yaa mbak atas informasinya

  • Mohammad Ilham Fuadi says:

    Terima kasih banyak informasinya Mbak, InsyaAllah ada plan kesana taun ini habis nikah di Agustus 2015 besok.
    Sekarang searching PR dulu (cari-cari Flight murah + penginapan) hehehe..

  • Zeeah says:

    Mau tanya donk klo nginep 3 malam di maldives , sebaiknya rutenya gmn ya? Klo ke holiday inn itu kena fee transfer airport jg ga ya? Saya naik tigerair krn dpt tiket promo. Kira2 rute yg saya tempu gmn ya ? Ga hrs resort mahal. Tp pengennya bisa menikmati pantai indahnya. Seperti ke maafushi itu. Cuma saya dtgnha hari jumat plgnya senin. Mohon pencerahannya

    • Adam says:

      Ahhh gitu… Well, sebaiknya nginap satu malam di Male (karena Jumat tidak ada ferry umum ke Maafushi atau pulau lain) dan dua malam di Maafushi (Sabtu, minggu). Tentu, harus cek waktu keberangkatan dari bandara hari senin karen kalau pagi pagi, pasti tidak waktu untuk balik dari Maafushi ke bandara. Untuk kami, Ocean Visa bagus sekali di Maafushi – ratenya sangat variable, jadi cek ratenya di sini dulu.

  • Hellen says:

    Halo Susan and Adam~

    Thank you for your precious article.. Very helpful buat kita yang belum pernah kesana n mau jalan sendiri without pake tour..
    Kalo boleh tanya, apa ada musim2 tertentu yg harus dihindari? misalnya kalau lagi musim hujan? Bulan apa paling tepat utk kesana?
    May i have your contact? line? or another messenger? mau banyak tanya nih.. heheheh..
    Again, many many thanks for your information~?

    • Adam says:

      Hi Hellen,

      Musim yang paling safe di Maldives itu bulan Januari sampai bulan April. Tapi… Cuacanya di Maldives sangat unpredictable dan berbeda dengan cuacanya di Indonesia. Jadi, kami rekomendasikan langsung booking aja dan jangan kuatir tentang cuaca.

    • Adam says:

      ohya, lupa. Kalau ada pertanyaan lain, lebih gampang kalau tampilkan di sini supaya semua orang bisa baca jawabanya.

  • edgar says:

    waahh. keren postingannya mbak. tapi saya kan udh coba searching paket wisata yg nginap di resortnya. trus selain pulau maafushi yg punya view bagus dan penginapan terjangkau tau gak mbak? hehe

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Kami baru pernah ke Maafushi dan Gulhi (dua-duanya sudah diceritakan di artikel). Jadi ga tau ttg yang lainnya. maaf ya πŸ™‚

  • ami says:

    Sudah dengar Maldives sepuluh tahun yang lalu,masyaAllah yang begitu indah terimakasih sudah berbagi cerita semoga kami pun bisa berkunjung kesana jua.

  • Mimi says:

    Halo Mrs. Susan,
    mau tanya seputar Maldives nih hehhe kmrn saya ditawarin paket tour ke Maldives. itinerary sbb:

    Day 1: Terbang dari Singapura pada pukul 09.30 [GMT+8]. Penerbangan antara Singapura – Maladewa akan memakan waktu sekitar 4.5 jam. Karena perbedaan waktu selama 3 jam, anda akan tiba di Maladewa [GMT+5] sekitar jam 11 pagi.
    Anda akan di jemput oleh pihak hotel UI INN untuk check in dan istirahat sebentar. Di hari ini, anda akan melakukan tur keliling kota Male, ibu kota Maladewa dan salah satu ibu kota terkecil di dunia. Lalu anda juga akan melakukan kunjungan ke Safari Yacht untuk bersantai – santai.

    Day 2: Setelah sarapan pagi, anda akan melakukan aktivitas sepanjang hari. Anda akan di antar untuk melakukan snorkelling, mengunjungi sandbank, picnic island dan di akhiri oleh trip sight hunting lumba lumba sebelum kembali ke pulau Hulhumale.

    Day 3: adalah hari bebas. Anda bisa bersantai santai di pantai yang terdapat di belakang hotel UI INN atau menggambil salah satu aktivitas yang di tawarkan hotelnya sendiri seperti kunjungan dan makan siang buffet ke salah satu resort 5* (pagi – sore), atau kunjungan ke pulau lokal lainnya untuk melihat cara hidup orang orang lokal maladewa, diving, kunjungan ke villa mengapung atau aktivitas watersports seperti jet-ski, banana boat dll. Aktivitas yang di ambil di hari ke 3, bayar langsung ke hotelnya masing – masing. Pada malam hari, BBQ ramai – ramai untuk menutup trip acara.

    Day 4: Setelah sarapan dan bersantai santai sebentar, anda akan di antarkan ke airport pada waktunya untuk penerbangan kembali ke Singapura.

    Paket sudah termasuk :
    – Tiket pesawat bolak balik Singapura – Maladewa – Singapura dan hand carry 10KG.
    – Penginapan 3 malam di UI INN, Hulhumale dengan WIFI
    – 7 aktivitas yang sudah tertera di atas : Male City Tour, Safari Yacht Visit, Sandbank Trip, Picnic Island tour, Snorkelling Trip, Dolphin Sight Hunting Trip dan BBQ Dinner.
    – Harga tiket masuk ke Picnic Island.
    – Makan pagi, siang, malam.
    – Antar jemput Bandara – Hotel dan Hotel – semua lokasi aktivitas termasuk sewa boat untuk di hari ke 2.

    Pertanyaan saya:
    1. Menurut Mrs. Susan worth it ngga ya itinerary tour itu dengan budget 7million something?
    2. Apa Mrs. Susan ada info mengenai UI Inn Maldives?
    3. Mrs. Susan pasti tau kan kalo Maldives dipenuhi resort2 5* dengan pantai2 yang menakjubkan. Nah apakah pantai2 milik resort 5* (such as four season, conrad, taj exotica, shangri-la and w retreat) itu bisa dikunjungi meskipun kita ngga menginap disana? yah at least bisa dpt foto scenery nya deh sama itung2 check-in di instagram gitu hehehehhe
    Please share infonya ya Mrs. Susan πŸ™‚
    Your sharing experience is very helpful so far. Thank you in advance.

    Best,
    Mimi

    • Adam says:

      Tergantung. Kalau Anda mau diurusin tripnya dan ada pemandu dan Anda sendiri sangat takut ke Maldives, paket ini worth it. Tapi, kamu bisa lebih murah kalau sendiri.

      UI Inn ada di sini – http://www.agoda.com/id-id/ui-inn/hotel/male-city-and-airport-mv.html?cid=1516304 – dan harga $58 untuk 2 orang termasuk sarapan. Hotel itu di lumayan dan sangat standard untuk Hulhumale (pulau yang masih kosong, suburban dan tidak terasa seperti Maldives).

      Bisa kunjungi banyak resort di Maldives walaupun Anda tidak menginap di sana. Tapi… Anda harus bayar fee untuk day trip ke sana. Tergantung resort dan tergantung apa yang termasuk paket itu dan apa yang tidak. Tapi biasanya lumayan mahal ($150).

      Kira2 mau nginap berapa malam di Maldives? Mungkin kami bisa bantu Anda dengan itin lebih menyenangkan kalau lebih 4 malam.

  • amank says:

    Hallo bu susan,

    Tulisannya keren sekali untuk yg pengen ke maldives,
    Saya juga berpikir untuk ke maldive untuk malam tahun baru (kalo dapet cuti), kemaren di pulau Maafushi dan Gulhi ketemu ama plankton biru yg terkenal itu ngga bu?

    Trims info nya,

    Amank

  • dwi areva says:

    haaaiii mba susan n mas adaaamm.. para pencerah dunia traveling??.. salaamm kenal?.. mba n maass sayaa mau tanya.. kira kiraa klo bawa anak kecil (6 n 9Y) rempong ga yaah?! ehhmmm.. enjoy ga yah mreka kira kira?! scara aku n suami ga bisa meninggalkan mreka pergi jauh jauh happii hhaappii sendiri.. pingin bgt ajak mreka.. tolong kasih gambaraann donk mba n mas adam???… trus kira kira perjalanan naik ferii nya ituh brapa lama dr bandara ke pulau pulau nya?! thk uuu??

    • Adam says:

      Hi Dwi. Maaf ya… kami tidak ada pengalaman liburan bersama anak2… dan pasti pengalaman Anda tergantung anak2 Anda. Tapi, seharusnya sih tidak ada masalah. Untuk ferrynya, tergantung ke pulau mana. Cek jadwal di situs offical dulu ya…

  • zanurin says:

    hi susan.. sy dr malaysia..
    seronok membaca kisah percutian kamu di maldives.. sy merancang utk ke maldives pada januari 2016 secara solo.. slalu sy travel ala2 backpacker.. sy prnah trbaca ade juga org lokal yg menawarkn rumh mereka utk disewa kpd pelancong, jd kosnya lebih murah.. bole ke kalau kite prgi ke maafushi island tnpa booking mana2 hotel.. just walk in saja atau mncari rumah lokal utk menginap.. sbb sy mempunyai bajet yg sedikit.. boleh juga di balas pd emel sy.. penglipurlara_9882@yahoo.com

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Hai Zanurin. Kami tidak tahu soal rumah penduduk yang disewakan. Hotel di Maafushi banyak yang low budget koq πŸ™‚

  • Arini says:

    Aduh.. langsung baper melting baca postingan ini.. semoga taun depan bisa kesana πŸ˜€

  • zanurin says:

    tq susan.. tp sy mau tnya.. prlu ke hotel sn dibooking melalui online.. atau boleh saja walk in sesampai di maafushi island..

  • shintya says:

    mbaa, aku lagi cari-cari info untuk honeymoon di maldives
    tapi kayaknya ribet gitu ya transportnya huhu
    cuma pantainya itu cantiiiikkk bangetttttt,
    makasih ya mba sharingnya, jadi nambah ilmu hehe :*

  • irvan says:

    mba susan saya boleh tanya kan.
    Kalau selain guestgouse maksudnya kaya koskosan gth ada ga d sanah. Soalnya saya berencana mau kerja d sana. Dan pada waktu mba d sana kira” banyak penduduk WNI ga mba?

  • Faiz says:

    Hai mbak susan mas adam
    Saya tanggal 8 besok rencana ke maldives modal nekat dengan panduan blog ini
    Tiket sudah siap
    Yang mau saya tanyakan mengenai transport dari bandara ke maafushi dengan very apakah bisa langsung? Atau harus bagaimana
    Dan flight pulang saya dari maldives ke sgp pada pukul 12.00 LT,transport apa yang harus saya pake buat bisa ke airport tepat waktu

    Tolong infonya mas

  • once says:

    Tkb Mbak Susan..Salam kenal
    Saya juga ada rencana mau kesana..dan terbantu dengan cerita serta ulasan mbak Susan

  • agus says:

    Seru bgt nehh Mbak blognya
    Mumpung lg dpt cuti
    Py point big air asia byk
    Apakah Ada teman2 yg mau ke Maldive September ini supaya budget bisa lebih murah. Thanks you

  • yance says:

    Lam kenal ya susan…aduhhhh ngilerrr mau kesiniii…bagusss banget yaaa lautnya..semoga aja bisa sampe kesini suatu hari nanti

  • aghnia ilman says:

    hai mbak salam kenal, aku mau nanya2 informasi ttg maldives untuk honeymoon bulan feb 2016. karena masih kurang info yg aku tau. boleh minta contactnya lewat email mbak ke aghnia.ilman@gmail.com thanks ya mbak

  • Raymond says:

    double thumb up for both of you !

  • chaca says:

    siang mbk susan saya mau tanya nih , tiket pesawat dari indonesia menuju singapore , setelah mendarat di singapore harus menuju mana lg ya mbk supaya bisa nyampek Maldives ? saya masih kurang jelas , huhu πŸ™ boleh di jelaskan lagi mbk . terimakasih

    • Adam says:

      Halo Chaca. Jadwal penerbangan ke Maldives berubah sewaktu-waktu… tapi, bisa terbang langsung dari Singapore ke Maldives pakai beberapa airline seperti Singapore Airlines atau Tiger.

      Oleh karena itu, kami baru bikin trip ke Maldives supaya liburan ke Maldives tidak repot. πŸ™‚

  • christina says:

    dear Mbak Susan

    jadi minimal harus berapa hari disana ….soalnya cutiku gak banyak nih
    Dan total budget kira2 berapa yang harus disiapkan ? sebab kayanya menarik buanget sharingnya ……..
    Makasih ya

    • Susan Natalia Poskitt says:

      bebas aja mau berapa lama terserah kamu πŸ™‚
      Budgetnya juga bisa diatur terserah kamu πŸ™‚
      Kalau budget terbatas bisa intip di blogpost kan udah dikasih tau semua untuk akom, transportasi, flight, makan, dll.
      Kalau punya budget lebih dan mau menginap di resort, bisa kami bantu juga bookingnya.

  • Ana says:

    Hello Kak Susan, thanks banget atas sharing info nya tentang Maldives ! ^^
    Kak, aku mau nanya nih, kalau mau honeymoon kesana tapi tanpa jasa biro tour n travel gitu kaya kakak ribet ga sih?
    Kalo misal, dalam serangkaian hari aku disana lebih banyak di pulau lokal trus aku pengen stay 1-2 malam di resort gitu bisa ga kak?
    Maksudnya bukan ikut paketan full resort selama disana.
    Jadi misal, rencana disana 6 hari 5 malam, trus selama 1-2 malam aku stay di resort, trus sisanya stay di pulau lokal, apakah memungkinkan dan ga ribet?
    Aku tunggu jawabannya ya kak, thank yoouuuu !!! ^^

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Bisa aja kalau mau mixed resort & pulau lokal πŸ™‚
      Kalau mau bisa lewat kami bikin paket honeymoon by request. tinggal kasih tau aja budget dan tanggal berangkatnya.
      Kalau tertarik, sila lsg kontak via email aja ya.

  • salomo says:

    mau tanya dong mba…kebetulan saya sudah beli tiket pp ke male,..cman masih bingung cari penginapan murah yg dekat dengan pantai,kebetulan saya travel sendiri,untuk bagian imigrasi disana gmna mba sulit kah atau bagaimana?cukup kah alasan kita bilang mau liburan sembari nunjukin voucher hotel dr booking online?untuk masyarakat disna ramah kah atau bagaimana?terimakasih

    sorry bnya nanya mba

    • Adam says:

      Halo Salomo. Bisanya kami pilih hotel dari Agoda dan hotel ini bagus banget –> http://www.agoda.com/id-id/ocean-vista-guest-house/hotel/maldives-islands-mv.html?cid=1516304

      Tapi, harga hotel di sana sering naik/turun jadi harus browsing dulu. Coba AirBnB juga.

      Imigrasi tidak sulit, tidak butuh voucher hotel. Gampang karena free visa.

      Masyarakatnya lumayan ramah. Tidak usah khwatir.

      • salomo says:

        kebetulan saya sudah browsing,sepertinya sya tertarik

        boleh dijelasin gak yah mba cara transportasinya mulai dari bandaranya sampai ke ocean vista ini?saya tiba dibandara male 11.10…dan pulangnya ke indo jam 11.55 untuk jadwal ferry baiknya ambil jam brapa yah supaya gak kelamaan sampai penginapan dan ga ketinggalan pesawat pulang ehehehehe…apakah pihak hotel yg antar jemput?trus apakah ocean itu daerah pantai?dari ocean vista ke mafushi itu apakah naik ferry lagi?

        maaf sekali lagi bnyak nanya2

  • andreas says:

    malam sist

    boleh nanya?boleh yah πŸ™‚

    kalau pesen ferry ke ocean vista itu lewat online atau on the spot?link tidak bisa ke buka

  • Nana says:

    Nabung dulu lah ya kesana… Siapa yanag mau ngajak kesana ya..

  • ruez says:

    hallo salam knal Mba Susan & Mas Adam ,…

    abis baca sharing nya luar biasa banget jadi pengen kesana , hahahahaa

    someday kdu ksna πŸ™‚

  • Sabariah says:

    Mbak Susan, kalau bawa anak yang udah dewasa dan 12 tahunan, kan harus cari kamar yang paling hemat nih ceritanya πŸ™‚ kalau saya lihat rate yang di atas lumayan juga ya harganya untuk ukuran saya, ada guest house lain yang bisa di recommend untuk keluarga mbak

  • Zulkeple says:

    Hello Susan,
    Satu info yang menarik untuk dijadikan oanduan. Saya memang bercadang untuk ke Maldives pada bulan September 2016. Masalah saya ialah saya agak sukar untuk menjamah makanan yang asing menunya. Didalam pengetahuan Puan, adakah pihak hotel membenarkan pelancong membawa peralatan ringkas memasak seperti rice cooker dan mini stove serta membawa makanan mentah seperti ikan sardin, ikan bilis atgau pun ikan masin?

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Halo…kami kurang paham aturan masing-masing hotel. Namun kami sarankan tidak bawa makanan sendiri & peralatannya. Di sana ada banyak ikan rumah makan-nya.

  • Helmi fachrurrozi says:

    Hallo mbak susan. Sebelumnya terima kasih untuk smua panduan yg sudah tertera di artikel ini.

    Saya dan calon istri saya ad rencana trip honeymoon bulan april tepat dua hari setelah hari pernikahan kami.

    Saya berangkat dari KL – male tgl 26 april. Saya ud pesan voucher hotel di ocean vista utk tgl 27-30april.

    Saya ad beberapa pertanyaan yg mudah-mudahan bs membantu saya trip nanti.

    1. Kan saya nyampe di male tgl 26 malam, worthed ny nginap di hulhumale atau di male kira-kira?

    2. Utk jadwal ferry yg ad di situs resmi itu ad kemungkinan berubah ga?

    3. Di ocean vista ad ga paket2 utk wisata laut seperti snorkeling, diving, dsb?

    4. Di male, utk mencapai dermaga menuju maafushi naik apa? Adakah taksi di sana dan apakah sopir taksi disana paham bahasa inggris?

    5. kalo mau keliling maafushi menggunakan apa mbak? Apa bisa hanya sekedar jalan kaki?

    Mohon infonya ya mbak. Terima kasih atas semua info di artikelnya.

    Salam πŸ™‚

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Hi Helmi,
      1. terserah sih. Male lumayan menarik. Hulhumale agak sepi.
      2. Bisa jadi. kadang tergantung cuaca, kadang bisa nambah/kurang. Maklum…transportasi lokal πŸ™‚
      3. ada…tanya aja lsg sama staff-nya.
      4. naik taksi. bisa bahasa inggris, at least basic.
      5. jalan kaki aja

      Have fun!

  • Susan says:

    Berdoa dan berharap bisa kesana bersama org yg disayang taon depan….

  • Citra says:

    Pengen bangettt kesanaa.. walopun sama kayak mba Susan, gak bisa berenang hehhe..
    Artikel nya super helpful banget.. ternyata kalo di itung2 biaya disana sebenarnya murah banget secara nilai tukar nya masih 800 rupiah/1rufiyaa.. cuma mmg harus pinter2 cari tempat nginap dan tempat makan yg trjangkau..
    Makasih banget lah utk Mba Susan udah share pengalaman liburan hemat ke Maldives ?

    Btw, gimana cara share via facebook ya artikel ini?
    Gak ada link ‘share’ gitu?

  • NITA says:

    KEEEWREEEEEN GILAAAAAK….MUPEEENK PINGIIN KE MALDIVES….TENGKIUUW BERAATS BWT INPO NYAH YG CIHUUY MAKE BINGIITS !!! :* :* :*

  • Lina Marlianti says:

    Lengkap banget sharing nya. bookmark dulu n nabung dulu aaah biar bisa ke sana haha

  • Eko Suharti says:

    Hi Mba, Salam Kenal yaa
    suka banget baca blog nya terutama Maldives.
    Mba mau minta saran neh, aku kan udah booking tiket buat ke maldives bulab mei 16, dan pesawat kami sampai di bandara ibrahim nasir pukul 19.30, minta saran mba sebaiknya aku nginep dimana ya mba?pengenya siy di male aja yang dkt bandara, dan tidak terlalu repot karena sampainya sudah malam dan besok paginya kami akan ke maafushi. kalau malam itu masih ada transport dari bandara ke hotel di male ga mba?apa harus naik shutlle yang disediakan hotel?saya ingin dengan low cost mba, mohon saran dan masukanya

  • Budi says:

    Bookmark dulu. Rekomended banget untuk keluarga muslim yg ingin berlibur ke madlives. Artikel yg sangat bermanfaat. Terima kasih.

  • Nana says:

    really need info nih, ferry itu beroperasi sampai malam nggak ya? saya ada rencana ke maldives tapi sampai sana sekitar jam 9 malam, kira – kira kalau ke male jam segitu masih ada ferry nggak? atau kalau harus menginap di hulhumale, masih ada bus nggak ya?
    Thanks Anyway, saya tunggu jawabannya πŸ˜€

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Ferry dari bandara ke Male sepertinya masih ada jika masih ada pesawat yang baru datang.
      Jadwal bis di hulhumale juga sepertinya masih ada selama masih ada pesawat.
      Alternatif terburuk kalau sampai tidak ada bis lagi, minta jemput hotel. Biasanya hampir semua hotel di Hulhumale menawarkan penjemputan dari bandara dengan fee tambahan.

      • Nana says:

        Makasih infonya πŸ˜€
        BTW, ferry Male – Gulhi – Maafushi – Guraidho itu tiap hari berangkat bolak balik nggak ya? Soalnya saya berencana 3 malam disana, malam pertama menginap di Hulhumale krn sampainya malam, hari kedua kalau bisa menginap di Guraidho, besoknya pindah ke Maafushi trus besoknya lagi kembali ke Male & ke bandara. Memungkinkan nggak ya perjalanan gitu?

        • Susan Natalia Poskitt says:

          cek jadwalnya langsung di website ferry-nya ya. dari sana atur2 sendiri enaknya gmn sesuai jadwal itu πŸ™‚

  • Indah says:

    Yaampuun mbaaa..aku iriii banget liat fotonyaaa,, ya Allah baguss itu yaaa pantaiinyaaa… beniing amaat airnyaaa huhuhu iriiii..adoooohhh nabung ah nabung. btw ada bulan2 tertentu gak sih yang gak rame2 banget, low season-nya gitulah, ngaruh gak tuh sama harga tiket pesawat yaa hahahaha…

    • Susan Natalia Poskitt says:

      sama aja sih low/high seasonnya kayak destinasi lain. Intinya kalau mau hemat hindari christmas/new year, sama summer holiday (pertengahan tahun). kalo harga tiket sih untung2an, tgt promo yg ada. ga ada kamusnya tiap bulan apa ada tiket promo, harus rajin2 cek tiket πŸ™‚

  • Probowati Putri says:

    Dear Susan & Adam,

    Saya dan suami berencana untuk backpacker ke Maldives selama 4 hari di awal Maret ini,
    Karena konsepnya ber ransel jadi so far kami tidak banyak opsi memilih hostel, yang penting murah πŸ˜€
    Mungkin karena hari pertama sampai di maldives jam 8 malam maka kami memilih di hulhumale (menurut blog kalian lebih murah daripada male kan ya?)
    Setelah aku cek rate UII inn di hari kita tersebut adalah IDR.510rb (exclude tax etc), nah ada solusi lain engga ya kecuali book via agoda, karena tax and service up to 21%, kalau bisa kita tekan bisa lebi lumayan, atau go show bisa dapet penginapan dengan mudah di bulan Maret?

    Kemudian ke esokan harinya kami berencana berkeliling ke pulang yang kalian rekomendasikan di atas (Gulhi, Maafushi,Guraidhoo), kami minta pertimbangan kalian untuk penginapan murah di pulau mana ya?

    Many Thanks & Cheers,
    Putri

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Halo…biasanya sih rate total lewat Agoda lebih murah daripada go show meskipun di agoda ada tax-nya.
      jadi kami ga bisa jamin juga kalau go show bisa lebih murah karena kemarin sih kami booking dulu.
      Untuk pulau lokal kami suka Maafushi. Rekomendasi penginapan murah ikuti saja yang ada di artikel kami –> http://pdu.lu/oceanvista. Di sana suasananya homy dan servisnya bagus.
      Gulhi juga ok, tapi lebih sepi. Guraidhoo belum pernah jadi tidak bisa kasih komen.

      Have fun!

      • Probowati Putri says:

        Thanks Susan infonya
        Btw meski plannya kami nginep di tempat yang biasa, aku berfikir harus tetap dibuat semenarik mungkin tripnya
        Jadi kami ingin nanya nih, pertama ada rekomendasi engga Susan/Adam spot yang viewnya bagus banget buat kita berfoto? (dimana kita tidak perlu ke resort),
        Kedua, jika memang nantinya ada budget buat tour ke resort, mungkin bisa diinfokan di hotel mana yang menyediakan tour dengan murah dan nama resortnya (soalnya aku dengar hampir semua hotel di Maafushi menyediakan tour ya)
        Ketiga, Jika kami ingin dibuatkan itinerary ke maldives oleh Susan/Adam, could you tell me how much this costs? karena umumnya trip advisor kan engga free ya? as info kami rencananya di maldives 4D3N sampai di maldives 6 Maret jam 20.50 dan pulang 9 Maret jam 20.00 by Tiger.

        Thank You & Cheers,
        Putri

        • Susan Natalia Poskitt says:

          kalian udah pesan hotel dan booking flight-nya belum?

          • Probowati Putri says:

            Flight udah booking dan hotel yang dihari pertama barusan beli via agoda hotel TLM retreat (soalnya dapet 533ribu jadi langsung ambil aja hehe)
            Yang hotel 2 malam selanjutnya rencana di maafushi tapi belum dapet dan belum bikin itinerary nanti ngapain aja πŸ™

          • Susan Natalia Poskitt says:

            Halo…for info, maafushi itu pulaunya kecil banget. Dari ujung satu ke ujung lainnya kalau jalan kaki paling 10 menit, kalo dikelilingin jalan kaki 30 menit juga udah balik lagi ke titik yang sama.
            So, paling usulan itinerari-nya:
            Hari 1 – water sport di pantai maafushi (snorkeling, berenang, catamaran, jet ski, dll)
            Hari 2 – day trip ke resort.

            Untuk akomodasinya kami rekomen –> http://www.agoda.com/id-id/ocean-vista-guest-house/hotel/maldives-islands-mv.html?cid=1516304
            Mereka servisnya bagus & dari mereka juga bisa ada paket daytrip ke resort (ada beberapa pilihan resort-nya tergantung budgetnya).

            Have fun! πŸ™‚

  • alfie says:

    hi mba thx buat blognya

    kalau dr male ke maafusi naik ferry jam berapa dan dari pelabuhan mana? saya rencana kamis dari male ke maafusi which is weekend yah. trs sampe dimaafusi ada taxi yah utk kehotel?

    thx

    • Susan Natalia Poskitt says:

      sudah dijelaskan semua di artikel. Jadwal ferry ada di website ferry. pelabuhan untuk ke maafushi ada di ujung pulau Male yang satu lagi, di sisi terjauh dari pelabuhan ferry yg dari bandara.
      Kamis ok kalau sudah sampai maafushi. asal jangan jalan dari male hari jumat karena ga ada ferry yang jalan.
      di maafushi tidak ada taksi. pulaunya dari ujung ke ujung cuma 10 menit jalan kaki.

  • isfan says:

    ??? Luar biasa tulisannya mbak Susan & mas adam..
    Insya Allah jadi nih ke maldivesnya..

  • yessy says:

    hi, mau nanya dong kemaren ke maldives kan naek tiger airways ya? how’s the flight? bumpy banget gak? lagi dilema mau naik mihin lanka or tiger yang jauh lebih murah.
    oh ya kalau dari maafushi ada ferry yg lansung ke gulhi? atau musti balik lagi ke male dulu baru ke gulhi.
    Thanks a lot yaaa

    • Susan Natalia Poskitt says:

      biasa aja flight no problem. Bumpy atau ga biasanya tergantung cuaca.
      Ferry yang ke gulhi satu rute sama yang ke maafushi dan 1 pulau lagi (lupa namanya). Jadi jadwalnya ya Male-Gulhi-Maafushi-xxx dan sebaliknya.

  • yessy says:

    satu lagi kelupaan kalau mau menginap di centara ras fushi resort, cek dari comment2 teratas dari airport naik speed boat sekitar 1 juta per pax, tapi kalau naik ferry bisa gak ya? dari airport ke male trus naek ferry lagi yg rute rasdhoo, tapi kan centara itu dipertengahan male dan rasdhoo bisa berhenti di resortnya tidak yak atau harus di pulau rasdhoonya? dan biayanya berapa kalau naik ferry….tenkyuuuukkkk

    • Susan Natalia Poskitt says:

      kalau resort biasanya ga bisa didatangi dengan ferry lokal. karena ferry lokal cuma ke pulau lokal aja, ga bisa mampir ke resort meskipun lokasinya terlewati sama ferry.
      Naik ferry lokal sih sekitar 1-2 USD, tgt rute/jalur, cek aja langsung ke website resmi ferrynya (ada di artikel).
      Saran kami kalau memang mau ke resort sih harus tanya2 dulu sama resort-nya gimana transport yang paling murahnya.
      Kalau dari resortnya kemahalan ongkos transportnya, mungkin bisa sewa speed boat dari airport, tapi kami kurang tahu harganya, harus tawar2an juga kayaknya dan memang agak mahal (namanya juga speed bot & private). Good luck!

      • Yessy says:

        Thanks for your prompt reply, oh ya dulu naik tiger dapat yg landingnya siang yaa? ini saya cek tiger cm ada satu flight landing malam ?

  • Febri says:

    Hallo kak Susan & kak Adam.
    Widih, jalan” trus yah bikin envy πŸ™
    Jdi nambah 1 tempat nih yg pengen bgt saya kunjungi (pemandangan laut), yg pertama SANTORINI & skrg MALDIVES :'(
    Gegara liat sweet couple Glenn Chelsea, saya lsg cari” MALDIVES -_-
    Saya mau tanya, kalo misalkan malam” awal di pulau lokal trus pas malam terakhir ke pulau MAHAL (Water Villa) kira” naik ferry / speedboat bisa ga yah ??
    Saya pengen ke Club Med Finolhu Villas, Dhiffushi.
    Kalo pakai sea plane pasti tekor abis, bisa kasih masukkan kah kak ??
    Thanks.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      ferry lokal ga akan ada yang bisa mampir ke pulau resort karena resort island itu pulau pribadi. jadi yang bisa mampir ke sana cuma tamu.
      speedboat bisa. Bisa tanya2 dari Male/bandara, biasanya di sana banyak speedboat yang bisa disewa. Kalau mau dari pulau lokal juga mungkin bisa tapi harus tanya2 sama warga lokal di sana dan tawar2an harga.

      Good luck!

      • Febri says:

        nah, tp masalahnya kalo ke water villa itu mesti booking dlu dr sini.
        itu jdi bengkak bgt, krn udah dimasukin harga transportnya -_-
        gmana yah solusinya, bisa kesana tanpa ada embel” biaya transport itu ??

        • Adam says:

          Banyak orang mau ke Maldives dan kunjungi villa di atas air, tapi ga mau bayar fee transportasi. Tapi, as we always say, “travel sesuai kemampuan Anda”. Kalau tidak cukup uang untuk bungalow di atas air, jangan coba do it cheap. Karena waktu di sana, harus beli makanan, minuman, aktivitas dll… In other words, villa kaya gitu mahal dan tidak ada cara untuk dapat murah. πŸ™‚

          Sorry, but that’s the truth.

          • Febri says:

            iya sih kak, emank mahal.
            tp mahal untuk kamar / makan sih ga masalah.
            yg jadi masalah yah transport itu -_-
            kalo kamar / makan / kegiatan disana ada yg all inclusive.
            tp sama jg biaya transport ny yg bisa 1 org kena 6jt -_-

          • Adam says:

            Iya, fee transportasi bisa lebih mahal juga. Dan lebih murah. Nasihat kami adalah jangan pikir tentang fee transportasi sebagai biaya terpisah. Jumlahkan semua biaya menjadi satu paket harga. Kalau ada lebih banyak waktu dan mau jalan2 kayak backpacker, coba naik ferry ke Maafushi dulu dan menginap di sana. Terus, mungkin bisa nego dengan orang lokal untuk naik speedboat mereka ke resort yang paling dekat. Tapi untuk orang yang tidak ada banyak waktu dan tidak mau repot, tidak ada pilihan. Harus bayar semua biaya.

    • alex sidharta says:

      Hi Febri, bulan april 2016 lalu saya ke Centara Ras Fushi for honeymoon. Kenapa saya pilih itu, karena speedboat nya lebih murah dibandingkan resort yang lain, karena jaraknya tidak terlalu jauh dari airport. Kalo kita pilih Resort yang semakin jauh dari airport, pasti makin mahal, bahkan ada yang harus pake seaplane kurang lebih 6jt-an per orang. Kalo belom booking, coba deh Centara, saya sangat puassss sekali. Pelayanannya jauh beda dengan orang kota atau lokal. Anda benar2 seperti raja di sana. Saya kebetulan dapat Deluxe Sunset Water Villa dan ambil paket Gold all inclusive. Kalo Sudah ke Resort, usahakan jangan 1 malam, karena Paket itu hitungan nya per couple dan Transport itu hitungannya per org, bukan per day. Mau 10 malam pun harganya sama. Minum alkohol sampe perut kembung, mini bar di kamar di refill tiap hari (ada alkohol, sparkling water, coke, energy drink lengkap deh…) Makan sepuasnya untuk 3x, dan ada 3 tea/coffee break (lengkap dengan snack) di bar nya, dan WIFI nya…duh… saya sambil berenang, foto terus whatsapp sama teman2 dan keluarga di jakarta! Super kencang sekali, dan kalo kita ke resort, gak perlu beli sim card lokal.
      Jangan sekali-sekali pake simcard kita, kebetulan saya pake indosat ooredoo, di sana ternyata ooredoo itu cukup terkenal, dan paket roamingnya 4,5 juta per hari…OMG!
      Jika ada yang bilang ke maldives sama aja dengan di indonesia, mmmm….. tunggu sampai mereka pergi, mencoba sendiri, airnya boleh sama bening dan sama asin, tapi yang pasti beda sekali !!!!
      INFRASTRUKTUR, FASILITAS, dan SERVICE!!!!!!

  • lena says:

    Hai Kak salam kenal dr aq, duh mupeng bgt pulang dr Bali, pas kebetula di pesawat bacaannya Maldives. Trs udahannya baca postingan ini. Jd makin pengeeennn kesana.
    Kak, kira2 ada yang mau open trip keaana kah. Biar brg2. Krn kok aq takut ya kl mau jln sendiri. Mgkn aq bs ikut aja yg mau brgan. Tengkyuuuu

    • Susan Natalia Poskitt says:

      halo…sempat terpikir bikin open trip sih. Tapi belum tau kapan. mungkin tahun depan kalau memang banyak yang minat. tetep ikutin berita di sini ya, siapa tau beneran bikin open trip πŸ™‚

  • tanti says:

    halo mba susan,saya ada rencana mau ke maldives kalau lebaran,disana kan mayoritas muslim,kalau pergi lebaran apa aktivitas nya ttp berjalan sprt biasa??
    trus aku mau nanya ni kalau resort resort mewah itu bisa di kunjungi non tamu alias yang gak nginap situ kan y??
    pertanyaan saya adalah bisa gak 1 hotel ber 4 dgn hrg kamar yg sy beli hrg b2..

    • Adam says:

      wah…kurang tahu ya suasana lebaran di sana kayak gimana. sepertinya sih biasa saja, tidak pengaruh terhadap hotel/resto/transport.
      resort mewah biasanya bisa dikunjungi tapi pake daily tur dari hotel. kayaknya ga bisa tiba2 nongol sendiri ke sana. lagian untuk mampir ke resort butuh sewa boat sendiri, ga ada ferry umum. Tgt hotelnya, kadang ada kebijakan maks 2 org, kalo lebih harus bayar extra. mending tanya lsg aja ke hotelnya.

      • tanti says:

        halo mas adam/mba susan terimakasih sdh di balasss
        ada pin bb/wa/line??

        aku bisa di bikinkan itinerary??
        rncana tgl 10-14july
        10 malam sampai male
        nginap skitar dkt bandara(mnt recomend)

        11malam mau ke south male atol hotel arena beach(rekomendasi transportasi pakai apa untuk smpai sini dr penginapan pertama/bisa di skip kalau tidak memungkinkan,
        dan kalau ada bisa di selipkan hari apa aja mau ke mafushii.

        12-14 mau nginap di holidayy inn kandoma(transportasi smpai disini pakai apa??trus kan aku pergi ber 2 sama 1 baby,kalau saya adalah guest hotel disini apa boleh tamu yg lain bertamu/main ke room saya(nginap secara diam diam kalau memungkinkan))

        14 holiday inn airport pakai apa??apa speed boat ke airport ada?? penerbangan tgl 14 malam..

        tidak rencana pakai transportasi hotel..

        semoga dikasih pencerahan ya,terima kashi

        • Adam says:

          Halo,
          maaf ya kami tidak bisa bantu bikinkan itinerary karena kami bukan tour agent.
          Lagipula saat ini kami sedang jalan sampai beberapa bulan ke depan sehingga tidak banyak waktu senggang.
          semua yang kami tahu sudah dibagikan di artikel, sisanya silakan googling saja sesuai keperluan. Good luck & have fun!

  • rizky ayu says:

    Tengah malem menemukan blog ini,,jadi bertambah ingin ke maldives,,semoga bisa kesana bersama keluarga,,makasih mb susan dan mas adam,,law nanti tercapai,,tak tanya banyak yah,,

  • caeca says:

    artikelnya keren bnget kak , yg tadinya gatau jadi tau deh sama Maldievs dan ternyata pulau yg sangat” indah , semoga lain kali bisa kesana kayak kak Susan sama kak Adam yah πŸ™‚
    aminamin O:) , trmaksih juga infonya kak πŸ™‚ ;p

  • Dhi says:

    Hi mbak susan dan mas adam

    Gara2 baca soal postingan maldives jadinya berubah pikiran buat rencana honeymoon yang tadinya mo keliling ke negara2 ASEAN jadi pindah haluan ke maldives

    Mbak mau tanya

    Kalau saya 2 hari pertama staynya di pulau lokal dan 2 hari berikutnya mau ke resort kira2 transportasinya gimana ya mbak? Karena kan gak ada ferry yang ke resort

    Terimakasih

    • Adam says:

      kalau mau ke resort berarti harus bayar transport fee yang ditetapkan oleh resort (nanti diatur penjemputannya sama mereka). Kalau mau urus sendiri berarti harus sewa speedboat sendiri (ga tau harganya brp — tawar aja).

    • alex sidharta says:

      Kembali ke airport lagi, meeting point resort di situ semua penjemputannya, sebelah airport ada dok kapal feri. Tapi tergantung, pake feri atau seaplane. Saya waktu itu ke Centara Ras Fushi Resort, jadi cukup dekat, pake feri saja. Balikpun semua ke airport, baru bisa ke Male City atau pulau2 yang lain. Semua resort memiliki penjemputan sendiri, biasanya sudah paket dari Resort nya. Saran saya pilih resort yang agak dekat dengan airport, jadi gak perlu pake seaplane yang harganya bikin keringat lebih asin daripada air laut…hahaha.

  • Waah, thanks infonya. Jadi semangat atur cuti buat kabur ke Maldives.

    πŸ™‚

  • novita says:

    inspiratif sekali, ak landing tanggal 4-7 Mei di Maldives, pertanyaan berarti kalo dari resort mau ke pulau lain gunakan apa ya?

  • Nisa says:

    Wuih lengkap bgt guide nya… ijin share ya mbak πŸ™‚

  • miyoko says:

    terima kasih blog nya Mba Susan dan Mas Adam!
    saya akan terbang ke Maldives sendirian tanggal 5 ini dan akan menginap sampai tanggal 10, kebetulan dapet tiket cmn 2,2 jt PP dari sgp dan penginapan dari airbnb hanya 15usd per malam, kalo ada yang kebetulan lagi solo travel kesana, feel free tp ctc me yah manatau bisa jelajah bareng πŸ™‚

  • Wirata Adidharma says:

    Hi Mbak Susan dan Mas Adam.

    Thanks buat info jalan2 ke Maldives nya.. Gak bosen2 saya baca artikel ini, sampai tidak pikir panjang langsung cari tiket murah ke Maldives, dan akhirnya saya akan ke sana tanggal 22 Oktober nanti selama 4 hari 3 malam(1 malam stay di hulhumale, 2 malam di maafushi).

    Saya mau tanya nih, saya mau lihat jadwal ferry dari link yg telah di sebutkan diatas itu, sprtny halaman ny tidak ketemu. Jadi saya search info jadwal ferry melalui google. Tapi dari sejumlah info yg saya dapat, jadwal ferry dari Male-Maafushi itu jam keberangkatan pada sore hari.

    Kira-kira ada tidak ferry Male-Maafushi yang beroperasi di pagi hari?

    Terima Kasih

  • Innoy says:

    Hi, mbak dan mas.. Kami mau brgkt bulan agustus akhir.. 28-31 tahun 2016 ini.. Kira2 kalau kami tertarik utk melihat dan berenang dengan whale shark gimana ya? Info dong..

    • Adam says:

      Booking lewat hotel kalian… Semua hotel punya banyak paket daytrip. Kalau whale shark, kami kurang tahu musim whale shark di Maldives…

  • Matt - Anselight (Bandung) says:

    Hi, Adam n Susan πŸ™‚ long time no see.. How’re u doing? Traveling around the globe I see ^^ nice to hear from u again

  • Nathania Larissa says:

    Halo mbak Susan, tlg tanya apa Mbak booking resortnya sebelum berangkat ke sana atau langsung cari di Maldivesnya? Thank you πŸ™‚

  • thiam hans says:

    hallo bu susan, saya mau tanya nih kira2 klu saya keluar dari pulau maafushinya pas di hari jumat apakah ada altenatif yang lain nya ?

  • Ferra says:

    Hi Mba,

    Minta info provider buat internetan di Maldives apa ya?
    Dan bisa beli dimana?
    Kalo beli di airport biasanya counternya sampai jam brp? Soalnya perkiraan sy tiba malam.
    Thank you πŸ˜€

  • july Send says:

    kak, aq mau tanya donk, sy akan k maldives tgl 14 sept 2016, nah tiba di sana jam 7:50 malam.
    apa ada fery yg k mafuushi atau sy harus nginap dulu d male atau hulmale.
    sy coba searching schedule tp tdk ada yg male ke maafushi setelah jam 7:50 malam.
    tolong info ya. thanks

  • Adita says:

    Dear Kak Susan,
    Aku sama suami mau ke maldives januari 2017, cuma kalo pake tiger schedule tiba di sana jam 8.50 malam, rencana kami mau ngineo di hulhulmale aja, barangkali kak susan tau, nanti bus berhentinya dimana ya?jalan disana ngebingungin ga sih ka?aku deg2an nih…aku udah cek jadwal ferry mereka tapi masih ga kebayang kak

    • Susan Natalia Poskitt says:

      bis-nya dari depan airport sampe ke beberapa titik di hulhumale. Kecil banget koq hulhumale, ga akan nyasar. Cuma 1 jalan utamanya πŸ™‚ Cek aja di google map biar tau hrs berenti dmn.

Leave a Reply