Tree Top Walk di MacRitchie Reservoir, Singapore

Tree Top Walk MacRitchie Reservoir

Dulu….tahun 2011 waktu pertama kalinya kami traveling bareng buat probation (cieeeh) kami sempat berkunjung ke MacRitchie Reservoir. Sayang belum lama kami di sana hujan turun, jadinya belum sempet ngubek sampai jauh.

Denger-denger katanya di MacRitchie Reservoir ada jembatan gantung di tengah hutan. Karena penasaran kami ingat-ingat terus sampai akhirnya bulan Oktober 2016 kemarin kami berhasil menginjakkan kaki di Tree Top Walk MacRitchie Reservoir.Selfie Wajib Di Atas Jembatan Tree Top Walk

Apa itu Tree Top Walk MacRitchie Reservoir?

Pada dasarnya Tree Top Walk itu adalah salah satu rute hiking yang jadi highlight di MacRitchie Reservoir dikarenakan adanya sebuah jembatan gantung (suspension bridge) yang menghubungkan 2 titik tertinggi di area tersebut. Karena posisinya cukup tinggi, dari atas jembatan bisa didapatkan pemandangan bird’s eye view untuk mengamati tanaman, hewan ataupun hutan-hutan di sekitarnya.Pemandangan Dari Atas Jembatan GantungJembatannya sendiri memiliki panjang 250 meter dan jarak terjauh dari tanah sekitar 25 meter. Dan kalau sudah sampai area jembatan, ada aturan tidak boleh balik ke arah kedatangan. Maksudnya supaya pengunjung bergerak ke satu arah yang sama.

Maklum, jembatannya lumayan sempit. Kalau sampai macet di tengah jembatan repot juga, mengingat ada kapasitas maksimalnya. Jangan dilanggar ya, ada petugas yang jaga di sana.Jembatan Gantung Tree Top Walk Singapore 1Jembatan ini cukup populer karena mungkin keren koq bisa ada jembatan gantung di tengah-tengah hutan. Hutannya sendiri katanya bukan hutan perawan melainkan pernah gundul dan sekarang sudah berhasil ditumbuhkan lagi.

Dengan adanya jembatan ini membantu para peneliti mengamati tanaman dan hewan di area ini, tapi kalau buat pengunjung umum sih tentu tak ketinggalan….wajib selfie di sini! 🙂Banyak Boardwalk Di Jalur Tree Top Walk Singapore

Cara ke Tree Top Walk MacRitchie Reservoir

Untuk menuju ke Tree Top Walk ada beberapa pilihan:


  • kalau punya waktu banyak, bisa jalan dari pintu masuk MacRitchie Reservoir utama. Jaraknya sekitar 4.5 km atau 1.5-2 jam sekali jalan.
  • kemarin kami ambil jalur singkatnya, yaitu mulai dari Venus Entrance. Dari sini jaraknya ‘cuma’ 2.5 km atau 45 menit – 1 jam sekali  jalan.

Jangan khawatir karena jalur jalan kakinya tidak ekstrim koq. Sebagian tanah, sebagian boardwalk (kayak di Australia — my favourite!) bahkan sebagian lagi jalanan beraspal. Jadi sebenernya tidak susah, cuma memang banyak naik turun dan agak lama jalannya. Ya hitung-hitung sekalian olahraga lah jalan-jalan ke sana.Jalur Jalan Kaki Ke Tree Top WalkUntuk ke pintu masuk MacRitchie Reservoir bisa naik bis nomor 52, 74, 93, 157,130, 132, 156, 157, 162, 162M, 165, 166, 167, 852, 855, 980 dan turun di halte bis no 51071.  Atau kalau mau naik MRT turun di stasiun Caldecott (jalur kuning – CC17) kemudian disambung jalan kaki sekitar 800 meter sampai ke pintu masuk MacRitchie Reservoir.

Sedangkan kalau mau ke Venus Entrance cuma bisa dijangkau dengan bis karena tidak ada stasiun MRT di sekitarnya. Naiklah bis nomor 52, 132, 163, 166, 167, 855 atau 980 dan turun di depan ESSO station sebelum persimpangan jalan antara Venus Drive, Upper Thomson Road dan Sin Ming Avenue.Venus Entrance Untuk Ke Tree Top Walk

Tips jalan-jalan ke Tree Top Walk MacRitchie Reservoir

Beberapa hal yang perlu diingat kalau mau menuju ke Tree Top Walk:

  • pakai alas kaki yang nyaman karena lumayan juga jalur yang paling singkat setidaknya 5 km PP.
  • bawa botol air minum dan isi seperlunya. Kemarin kami sempat panik karena bawa botol air minum tapi isinya cuma sedikit. Untungnya di Ranger Station ada keran air minum gratis.
  • di Ranger Station juga ada toilet, jadi ga usah khawatir kalau kebelet pipis.
  • di area hutan ada banyak monyet. Di beberapa papan peringatan ditulis kalau pengunjung dilarang bawa kantung plastik. Dari beberapa kasus katanya monyet sangat tertarik merebut barang bawaan pengunjung dan kantong plastik bisa jadi berbahaya kalau sampai dikonsumsi mereka.
  • jangan berusaha kasih makan monyet karena akan mengganggu kebiasaan hidup mereka sehingga mengakibatkan ketergantungan pada manusia.
  • beberapa monyet cukup agresif bila jaraknya cukup dekat, jadi usahakan menghindar kalau ada monyet di sekitar kita.
  • jangan buang sampah di hutan. Kami sempat melihat ada petugas yang kerjaannya bolak-balik jalur hiking cuma buat mungut sampah. Dan memang sampahnya dikit banget, itu pun ukurannya kecil-kecil. Salut! Jangan sampe ada yang berpikir “kalo ga ada sampah yang harus dipungut mereka makan gaji buta dong”. Plis deh!
  • siapkan waktu sekitar 2-3 jam total kalau mau hiking dengan jalur Tree Top Walk ini dari Venus Entrance.

Boardwalk Di Jalur Tree Top WalkJadi, sekarang sudah bisa masukin Tree Top Walk ke itinerary Singapore kamu dong? 😉

Tree Top Walk
601 Island Club Road
Jam buka: Selasa-Jumat 09:00 – 17:00, Sabtu/Minggu/Hari Libur 08:30 – 17:00, Senin tutup kecuali hari libur
Tiket masuk: GRATIS

Join the discussion One Comment

Leave a Reply