AirBnB: Itu Apa Sih?

By November 19, 2015Miscellaneous

Jika kalian telah mengikuti cerita perjalanan kami dari dulu, kalian pasti tahu kalau kami suka menggunakan AirBnB, khususnya saat traveling ke tempat-tempat mahal seperti Eropa. Kami bahkan sudah pernah menuliskan salah satu pengalaman kami menggunakan AirBnB di Paris sebagai salah satu alternatif akomodasi murah. Tapi tidak semua orang tahu apa itu AirBnB dan bagaimana cara kerjanya. Maka dari ini sekarang kami akan menjelaskannya. Info penting dulu, Anda bisa dapat potongan harga US$25 lewat Pergi Dulu untuk digunakan saat booking pertama nanti.

Apa Itu AirBnB?

AirBnB adalah sebuah online marketplace bagi orang-orang yang ingin menyewa dan menyewakan kamar pribadi, apartemen ataupun rumahnya. Biasanya, orang-orang menyewakan rumahnya secara harian seperti kamar hotel. Bagi pemilik kamar, apartemen ataupun rumah, ini bisa jadi penghasilan tambahan. Dan bagi pengguna/tamu, ini bisa jadi salah satu alternatif untuk mendapatkan local experience dan akomodasi yang lebih murah dibandingkan menginap di hotel.AirBnB Ronda

Apakah kamar yang disewakan kamar privat atau sharing dengan orang lain?

Sistem AirBnB sangat fleksibel. Pemilik akomodasi bisa menyewakan sebuah kamar seperti sistem BnB tradisional, ataupun menyewakan seluruh rumah/apartemen. Ketika kamu mencari kamar untuk AirBnB, kamu diberikan pilihan untuk memfilter hasil pencarian akomodasi jika memang kamu lebih memilih untuk menyewa seluruh apartemen. Demikian juga sebaliknya. Jika kamu memilih untuk menyewa hanya sebuah kamar di rumah seseorang, biasanya lebih murah karena harus berbagi fasilitas/ruang dengan pemiliknya.

Jika saya menyewa seluruh apartemen/rumah dari seseorang, bagaimana prosedur check-in nya?

Setelah kamu booking akomodasi berupa keseluruhan rumah/unit apartemen di AirBnB, pemiliknya akan menghubungi kamu untuk memberikan instruksi mengenai prosedur check-in nya. Biasanya pemilik akomodasi akan menunggu di dalam apartemen hingga kamu datang. Kamu cuma tinggal mengetuk pintu dan mereka akan membukakan pintu serta memberikan kunci sambil memberikan tur singkat mengenai fitur-fitur yang ada di rumah/apartemen tersebut. Kadang-kadang juga kamu akan diminta untuk sms dulu sebelum tiba (melalui fungsi message di dalam aplikasi AirBnB) supaya mereka bisa memperkirakan jam berapa kamu akan tiba. Berdasarkan pengalaman kami pribadi beberapa kali menggunakan AirBnB sih tidak pernah ada masalah untuk check-in.AirBnB Sevilla


Apakah AirBnB lebih murah dari hotel?

Kadang-kadang. Biasanya kami tidak membandingkan harganya secara langsung antara kamar hotel dengan AirBnB karena memang ada beberapa faktor yang membedakan. Area AirBnB biasanya ada di daerah lokal dan belum tentu selalu ada di daerah turis, jadinya lebih besar kemungkinan untuk merasakan local experience. Biasanya akomodasi AirBnB punya fasilitas memasak seperti dapur, mesin cuci serta lebih luas dibandingkan kamar hotel. Jadi kadang worth it bayar sedikit lebih mahal untuk AirBnB dibandingkan kamar hotel biasa. Apalagi kalau berniat tinggal agak lama (bukan cuma 1-2 hari). Namun kadang AirBnB juga bisa lebih murah dibandingkan hotel, apalagi jika hanya menyewa sebuah kamar di rumah orang (sharing).

Di negara mana paling rekomended untuk menggunakan AirBnB?

Kami biasanya menggunakan AirBnB di negara-negara yang mahal seperti Eropa. Kenapa? Karena biasanya di negara-negara yang murah seperti Thailand atau Vietnam, akomodasi hotelnya sudah cukup murah. Namun untuk Singapura yang cukup mahal untuk ukuran Asia Tenggara, AirBnB menambah alternatif pilihan akomodasi seperti yang kami ceritakan di postingan sebelumnya.AirBnB Madrid

Bisakah saya juga menyewakan kamar/apartemen/rumah saya sebagai AirBnB?

YA! Saat ini di Indonesia sudah mulai ada banyak yang menyewakan tempatnya melalui AirBnB. Bahkan kami tahu beberapa teman kami yang mendapatkan penghasilkan tambahan dengan melakukan ini. Yang perlu dilakukan hanyakah daftar melalui Pergi Dulu dan kamu masih akan dapat potongan harga US$25 ketika melakukan bookingan pertama. Suatu cara yang bagus untuk mendapatkan uang tambahan terutama jika kamu punya kamar lebih di rumah kamu! Detail mengenai cara menyewakan rumah/kamar melalui AirBnB akan kami bahas dalam postingan berikutnya segera.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah ini akan menjadi masa depan dunia travel atau hanya trend sesaat saja? Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom komentar.

Join the discussion 4 Comments

Leave a Reply