26 Coffee Shop Baru di Bandung 2017


Update: Coffee Shop Baru di Bandung 2018 sudah published! Klik di sini!
Sudah pernah baca daftar tempat ngopi yang recommended di Bandung?  Meskipun umur artikel tersebut sudah cukup lawas, menurut kami daftar tersebut masih cukup relevan karena banyak tempat ngopi di daftar tersebut yang masih bertahan dan recommended. Namun tentunya perkembangan coffee shop di Bandung tidak berhenti di sana karena setiap tahun makin bertambah jumlah coffee shop di Bandung.

Saking banyaknya coffee shop baru di Bandung, tahun lalu kami bikin daftar 21 Coffee Shop Baru di Bandung 2016. Itu yang sempat kami kunjungi selama tahun 2016. Seiring dengan bergantinya tahun, tentunya bertambah pula daftar coffee shop di Bandung yang recommended.

Tempat Ngopi Di BandungPenasaran dengan coffee shop di Bandung rekomendasi kami? Simak daftarnya berikut ini ya. Mudah-mudahan bisa jadi pedoman ngopi di tahun 2017 ini kalau main-main ke Bandung. PS: Daftar ini akan selalu di-update hingga akhir tahun 2017. Daftar ini kami susun berdasarkan kronologis waktu kunjungan, yang paling baru kami kunjungi akan berada di paling atas. Jadi jangan bingung kalau nomornya geser-geser 😉

1. Mimiti @ Sumur Bandung (lokasi baru)

Outdoor MimitiTentunya banyak yang masih ingat dengan nama Mimiti Coffee di daerah Setiabudi karena tempat tersebut sempat populer di kalangan instagrammer dan sering dipakai sebagai lokasi photoshoot produk. Sayangnya tempat tersebut sudah tutup. Eits…tapi jangan kecewa dulu karena mereka ternyata pindah ke lokasi baru yang lebih luas dan berkolaborasi dengan bisnis penyedia makanan & space di komplek tersebut. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Sumur Bandung 14
Jam buka: Senin-Kamis 8:00 – 20:00, Jumat-Sabtu buka sampai 21:00
Harga kopi: Rp32.000

2. Call Me Bro

Call Me Bro Cafe BandungDari luar tidak terlihat seperti coffee shop modern yang belakangan ini bermunculan di Bandung, alasannya adalah karena coffee shop ini ada di dalam restoran. Tapi jangan menilai dari penampakannya karena ternyata kopi dan makanan di sini enak banget. Suasananya sangat santai karena bangunannya semi terbuka dan cukup luas. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Lengkong Besar 6-8
Jam buka: setiap hari 09:00 – 23:00
Harga kopi: Rp25.000

3. Kiputih Satu

Kiputih Satu Bandung DiluarSebetulnya sudah agak lama dengar nama Kiputih Satu. Namun baru sempat ke sana di akhir tahun 2017 (saking banyaknya coffee shop baru yang menarik di Bandung). Kiputih Satu ini lebih berbentuk cafe yang rumahan banget. Suasananya santai karena teras belakangnya terbuka dan ada pemandangan hijau di sekitar lembah Dago. Baik makanan ataupun minumannya sangat recommended. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Kiputih 1a, Ciumbuleuit
Jam buka: 07:30 – 20:00, Jumat & Sabtu buka sampai 22:00
Harga kopi: Rp25.000

4. Armor Leuit

Armor Leuit Bandung KonterDulu sempat kecewa waktu dengar Armor Kopi yang ada di depan Tahura tutup. Namun setelah buka Armor Kopi Garden, rupanya mereka mempersiapkan satu tempat baru yang lebih luas dengan lokasi yang tidak jauh dari lokasi originalnya. Masih berpegang teguh pada prinsip manual brew, kopi yang disajikan di sini tidak menggunakan mesin espresso. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Bukit Pakar Utara 10
Jam buka: 08:00 – 22:00
Harga kopi: Rp21.000

5. Daily Breu

Daily Breu CoffeeSebuah family-owned coffee shop yang turut meramaikan ranah coffee shop di Bandung. Berlokasi di area yang non-mainstream untuk cafe, Daily Breu ini menempel pada toko roti yang sepertinya sudah buka terlebih dahulu. Memiliki karakter tersendiri karena tidak ultra modern seperti kebanyakan coffee shop baru lainnya. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Rontgen 9
Jam buka: 09:00 – 22:00
Harga kopi: Rp24.000

6. Eiger Coffee Cihampelas

Eiger Coffee BandungSuka dengan Eiger Coffee di Dago, tentunya kami penasaran dengan Eiger Coffee yang ternyata juga buka di atas Eiger Store di Jalan Cihampelas. Rupanya Eiger Coffee Cihampelas juga tidak mengecewakan. Bagian indoornya mungkin agak kecil tapi mereka punya area teras yang semi-outdoor dan cukup menyenangkan tempatnya. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Cihampelas 22
Jam buka: 08:00 – 21:00
Harga kopi: Rp28.000

7. Grind Joe

Grind Joe Coffee MachineMungkin belum pernah dengar nama ini? Sebuah coffee shop yang tergolong lumayan baru, lokasinya nempel di lobby Moxy Hotel di Jalan Juanda. Kopinya enak banget, interiornya modern dan fresh. Salah satu hal yang bikin coffee shop ini beda, cup yang mereka pakai customized dan teksturnya enak banget dipegangnya. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.


Lokasi: Jalan Dago 69
Jam buka: 07:00 – 21:00
Harga kopi: Rp28.000

8. Budaraa

Budaraa Bandung DalamBuat yang sudah pernah ke Kozi Lab di Gudang Utara, pasti sudah kenal dengan racikan kopi di Budaraa karena ini adalah proyek coffee shop kedua mereka. Kali ini mereka memilih tempat yang jauh dari keramaian kota untuk membuka BnB sekaligus tempat ngopi. Kualitas kopi tidak perlu dipertanyakan lagi, sedangkan atmosfernya juga sangat nyaman banget. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Bukit Dago Utara II No.11
Jam buka: 08:00 – 21:00
Harga kopi: Rp25.000 (magic), Rp18.000 (kopi pisang susu)


9. Roempi

Roempi Bandung SeatingDari penampakan dan atmosfernya, memang Roempi ini tidak terlalu terasa seperti coffee shop. Namun kopinya jangan dianggap remeh karena enak dan murah. Bisa jadi kopi paling murah di Bandung yang merupakan specialty coffee dan dibikin pake mesin. Selain tempat ngopi, Roempi ini punya banyak sekali menu makanan. Favorit kami adalah Nasi Goreng Cikur. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Anggrek 27
Jam buka: 10:00 – 23:00 (Jumat & Sabtu buka sampai tengah malam)
Harga kopi: Rp16.000

10. Kopi Barli

Kopi Barli Bandung Dalam 2Cari tempat nongkrong yang agak beda dikit? Cobain deh Kopi Barli. Di sini bentuknya semacam rumah besar yang dalamnya ada galeri seni sekaligus coffee shop. Suasananya santai banget, kayak namu ke rumah teman. Di bagian belakang ada kebun buatan yang dijadikan seating area dan kalau bosan bisa main bilyar juga. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Professor Doktor Sutami No. 91
Jam buka: 07:00 – 22:00 (Jumat & Sabtu buka sampai 23:00)
Harga kopi: Rp30.000

11. Cupola

Cupola Bandung DalamLokasi coffee shop ini cukup bagus, dekat Jalan Riau yang jadi pusat keramaian khususnya saat weekend. Fit out tempatnya pun cukup modern dan tempat duduknya juga lumayan banyak pilihan. Sayangnya masih ada beberapa hal yang ‘missed’ dan perlu diperbaiki. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Cendana No.3
Jam buka: Selasa-Sabtu 12:00 – 23:00, Minggu & Senin 12:00 – 21:00
Harga kopi: Rp20.000


12. Ambrogio Pattiserie

Ambrogio Patisserie BandungDari namanya, bisa ditebak kalau tempat ini spesialis pastry. Namun rupanya di sini bukan cuma sedia pastry saja melainkan merupakan sebuah cafe besar yang sedia full menu mulai dari coffee, cake, pastry hingga makanan berat. Bangunannya besar 2 lantai dan banyak area yang bisa dipilih baik yang indoor maupun outdoor. Kalau hari minggu siap-siap ramai, tapi servisnya cukup tanggap koq. Review selengkapnya bisa dilihat di sini. 

Lokasi: Jalan Banda 26
Jam buka: 10:00 – 22:00 
Harga kopi: Rp24.000 (tambah pajak 15.5%)

13. Next 8 Coffee and Food

Pojok Instagrammable Di Next8Jangan tertipu dengan penampilan luarnya. Kelihatannya agak gelap dan kurang meyakinkan. Tapi begitu masuk ke dalam ternyata tempatnya lumayan cozy. Di salah satu pojokannya ada spot yang comfy buat nongkrong lama sekaligus instagrammable. Selain kopi dan minuman non-kopi, di sini juga ada makanan mulai dari cemilan sampai makanan berat. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi:Jalan Cendana No.8
Jam buka: 10:00 – 22:00 
Harga kopi: Rp21.000

14. Boyle’s Coffee

Konter Utama Boyle's CoffeeMenambah daftar coffee shop yang lokasinya di Setrasari, Boyle’s Coffee ini sepertinya franchise dari Korea dan ada cabangnya juga di beberapa negara lain. Specialty di sini adalah ‘Dutch Coffee’ yang dibuat dengan metode drip. Atmosfernya tidak se-cozy coffee shop yang biasa dipake buat nongkrong-nongkrong cantik, tapi waktu kami ke sana ada banyak pengunjung yang sepertinya menjadikan tempat ini sebagai meeting point. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi:Kompleks Surya Setra Blok C No. 2
Jam buka: 08:00 – 22:00 
Harga kopi: Rp32.000

15. Lula Bakery & Coffee

Lula Bakery & Coffee BandungMasih ingat Glosis Cafe yang dulu sempat jadi tempat makan steak nomor satu di Bandung? Nah sekarang mereka merambah ke dunia kopi dengan membuka coffee di shop di sebelah Glosis Cafe yang ada di Jalan Citarum. Kopinya agak mahal dan tehnya pun tidak istimewa karena cuma teh celup impor yang disajikan bersama secangkir air panas. Tapi tempatnya lumayan cozy buat nongkrong sambil makan roti atau kalau mau makanan berat tinggal pesan dari sebelah. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi:Jalan Citarum No.12
Jam buka: 07:00 – 22:30 
Harga kopi: Rp35.000

16. Woodlane

Woodlane Coffee BandungSebuah konter kecil yang menyajikan kopi yang cukup enak. Sayangnya mereka belum menemukan tempat yang permanen dan sudah beberapa kali pindah lokasi. Di lokasi terbarunya yang sekarang, Woodlane bergabung di lokasi yang menjual es krim Suave. Tempatnya cukup enak buat nongkrong, tapi kalau mau cari kopinya, baru buka sore-sore. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Anggrek 36
Jam buka: 16:00 – 22:00 (Jumat & Sabtu sampai 23:00)
Harga kopi: Rp17.000

17. Pillow Talk Coffee & Comfy

Lesehan Di Pinggir JendelaLebih cocok disebut cafe dibanding coffee shop karena memang kopinya juga tidak terlalu istimewa dan ada banyak menu makanan & minuman lain yang tersedia di sini. Tempatnya enak banget karena seperti rumah besar yang ada banyak areanya, baik indoor maupun outdoor. Bolehlah kalau mau janjian ketemuan sama teman-teman sambil nongkrong di sini. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Haji Hasan 12
Jam buka: 09:00 – 22:00 (Jumat & Sabtu sampai 23:00)
Harga kopi: Rp28.000 (tambah pajak 15.5%)

18. Yumaju Coffee

Yumaju Coffee BandungSo far Yumaju ini bisa dibilang coffee shop baru yang paling populer. Desainnya ultra stylish dan modern. Kebanyakan pengunjungnya mahasiswa yang butuh kerja pakai laptop sambil diskusi atau ada juga yang ngopi sambil rapat proyek. Kopinya cukup strong dengan tekstur susu serta temperatur yang sempurna. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Maulana Yusuf 10
Jam buka: 07:00 – 22:00 
Harga kopi: Rp25.000

19. Abraham and Smith

Kalau bosan dengan suasana ngopi yang kaku di coffee shop trendy, mampir deh ke sini. Konsep ‘ngopi di gudang’ benar-benar diusung tanpa berusaha membuat tempat ini berkesan hipster. Cappuccino yang dibuat oleh mamang barista di sini mantap meskipun bikinnya manual, tidak pakai espresso mesin, cuma pakai kompor kecil buat manasin susunya. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Gudang Selatan 22 (gedung A, sebelum Kozi Lab)
Jam buka: 10:00 – 23:00 
Harga kopi: Rp18.000

20. Barleu Coffeeshop

Barleu Coffee Bandung Jalan AnggrekTerlihat nyempil di area parkiran sebuah spot hangout, Barleu Coffeeshop ini meski kecil tapi memiliki karakter yang menarik. Baristanya sangat attentive dan kopinya cenderung strong karena pakai 2 shot. Selain kopi, banyak juga minuman non-kopi dan berbagai cemilan seperti pisang goreng keju, singkong goreng, dll. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Anggrek 55
Jam buka: 10:00 – tengah malam 
Harga kopi: Rp25.000 (tambah pajak 12.75%)

21. Ruckerpark Coffee Culture

So far menurut kami ini coffee shop yang paling “laptop-friendly” karena di sini ada beberapa meja panjang yang sengaja disediain colokan listrik masing-masing satu (supaya ga usah rebutan). Kopinya mantap dan suasananya juga menyenangkan. Tidak terasa sesak sama sekali karena bangunannya besar. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Dr. Cipto No.24
Jam buka: 09:00 – 23:00 (Jumat & Sabtu buka sampai tengah malam, Jumat buka jam 13:00)
Harga kopi: Rp33.000

22. Aditi Coffee House and Space

Lokasi coffee shop ini agak jauh dari keramaian pusat kota Bandung, tapi waktu kami ke sana rupanya tempat ini cukup ramai juga. Desain minimalis modern, interiornya menyenangkan dan cukup banyak space yang tersedia. Kopinya strong dan croissant-nya enak. Ada makanan berat juga. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan K.H. Ahmad Dahlan No.5
Jam buka: 08:00 – 22:00 
Harga kopi: Rp27.000 (tambah pajak 15.5%)

23. Kamar Tujuh Coffee

Kamar Tujuh CoffeeCoffee shop mungil yang nyempil di pojok sebuah hotel tua. Meskipun bangunan dan interiornya terlihat bernuansa kolonial, atmosfernya terasa modern. Kopinya mantap, servisnya ramah dan suasananya santai. Cocok banget buat yang mau kerja laptopan ataupun kongkow bareng teman ditemani secangkir kopi/teh dan sepotong kue. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Cilamaya No. 1
Jam buka: 08:00 – 21:00 
Harga kopi: Rp26.000

24. Sejiwa Coffee

Cafe besar 2 lantai yang cukup trendy. Menyajikan variasi menu makanan & minuman yang sangat beragam mulai dari cake, makanan berat, kopi hingga non-kopi. Cocok untuk nongkrong-nongkrong cantik bersama teman karena banyak spot menarik untuk berfoto. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Progo 15
Jam buka: 07:00 – 23:00 
Harga kopi: Rp28.000 (tambah pajak 15.5%)

25. Contrast Coffee

Contrast Coffee BandungSalah satu coffee shop favorit kami baik dari kopinya maupun atmosfer tempatnya. Staffnya sangat ramah dan ada banyak pilihan area duduk baik yang smoking ataupun non-smoking. Tidak ada makanan berat tapi ada beberapa makanan kecil untuk ganjal perut. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Jalan Anggrek 46
Jam buka: 08:00 – 22:00 
Harga kopi: Rp28.000


26. General.co

General Co Hyper SquareBerlokasi di komplek Paskal Hyper Square, tempat ini lebih cocok disebut cafe dibanding coffee shop karena selain kopi, di sini juga ada banyak pilihan cemilan maupun makanan berat. Hampir keseluruhan areanya semi outdoor sehingga tempat ini enak untuk nongkrong-nongkrong sampai tengah malam. Review selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Paskal Hypersquare
Jam buka: 10:00 – tengah malam 
Harga kopi: Rp19.000

Sekarang ga bingung lagi nyari tempat ngopi di Bandung kan? Silakan dipilih-pilih aja sesuai selera. Btw, karena sekarang sudah masuk tahun 2018, jangan lupa ikuti daftar coffee shop di Bandung tahun 2018 ya 😉

Join the discussion 20 Comments

  • Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba! Thank you, kak! Apalagi setelah baca detail per postnya jadi lebih mengerucut deh mana yang bener-bener harus didatengin duluan dan jadi tempat garap. Ditunggu juga yang belum kak hehehe ???

  • TWulandari says:

    Kamar tujuh dan Contrast emang daebak Mbak! Di Kamar tujuh udah ada manual pula, awal ke sana masih belum ada. Kalo di Contrast pertama kali pesan v60 plus dikasih tester yg japanesse juga, bahagia! Btw udah pernah ke Celestial coffee belum Mbak? Itu juga enak menurutku.

  • cathadita says:

    Saya bikin versi Jogja nih, mbak. Belum banyak, jadi kalau ada rekomendasi yang lain boleh direply. Nanti saya coba saat singgah ke sana.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Wah di Jogja juga gila2in sekarang coffee shop-nya. Bahkan banyak yang menurut kami lebih bagus dibandingkan coffee shop Bandung. Kami juga sudah bikin list coffee shop Jogja, tapi daftarnya beda semua sama daftar kamu punya 😉

  • Dede says:

    Mbak, kapan2 Dateng ke kedai kopi saya ya. Cuma kedai kecil di smoking area foodcourt btc mall dan sederhana aja sih. Tp lumayan buat nyicipin kopi Nusantara. Kita ada 35 jenis biji yg bisa dicoba. Sayang agak kurang keren buat difoto slnya kebanyakan Kopi hitam.

  • Hana says:

    Suka banget reviewnya dan langsung ada poin2 utama reviewnya lokasi, jam buka, dan harga. Kalau boleh sekalian toilet dan tempat sholat gitu hehe ?

  • Sharon Loh says:

    Semuanya asing! Hahahaha. Duh udah lama ga ke Bandung nih.
    Btw yang paling menarik untukku Kiputih Satu. Bayangin ngopi di ijo ijo nya Dago, adeuhhh adem.

  • Amelia says:

    Senaang hampir semua udh disambangin dan bbrp memang favorit

  • Fia says:

    wihh makasih banget nih! sebenernya aku lagi coffee touring di bandung nih, dan walaupun udah nemu 83 tempat untuk dikunjungi, ternyata masih banyak lagi yang belum dicatet :’) I can’t wait to write about all this hehe, thanks!

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Wow…83 coffee places?! Cool. Yeah…Bandung coffee scene is always growing, can never catch up because everyday there’a always a new coffee shop 🙁

  • Fariz Ardiansyah says:

    penulis artikel ini siapa ya?
    saya ingin menyertakan nama penulis sebagai sumber tugas akhir saya, karena saya ingin menggunakan artikel ini.
    terimakasih

  • Amelia says:

    Oiyaa udh nyoba oldbens yg cabang di jl diponegoro kah?

  • Fathia Uqim says:

    asik banget! aku udah ke beberapa di atas.

Leave a Reply