Goa Sunyaragi, Cirebon

By March 2, 2016Tempat Wisata Cirebon
Goa Sunyaragi, Cirebon

Goa Sunyaragi adalah sebuah tamansari yang dibangun tahun 1703 sebagai tempat untuk meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Yang menarik dari tempat ini adalah sebagian besar permukaan tembok bangunannya dipenuhi oleh batu-batu koral sehingga menjadikan bangunan tersebut terlihat misterius dan beda dari tempat-tempat lainnya.

Batu koral tersebut konon berasal dari pantai selatan Jawa, sedangkan saat itu belum ada moda transportasi mekanik yang memadai, masih menggunakan kuda dan kerbau. Karena itulah banyak yang percaya kalau Goa Sunyaragi ini dibangun dengan bantuan kekuatan spiritual khusus. Goa Sunyaragi, CirebonKebanyakan pengunjung yang datang ke Goa Sunyaragi biasanya suka berfoto selfie, menjelajahi lorong-lorong sempit di dalam gua ataupun duduk-duduk santai menikmati keunikan bangunan yang sudah ada lebih dari 3 abad yang lalu.

Kalau perlu pemandu untuk menjelaskan beberapa lokasi penting, ada banyak pemandu yang tersedia. Bahkan sebenarnya ada tulisan di konter tiket yang mengharuskan kelompok lebih dari 5 orang wajib menggunakan pemandu yang nantinya akan menjelaskan mengenai sejarah serta cerita-cerita unik yang berkaitan dengan taman air tersebut. Lumayan jadi menambah info dan pengetahuan.Goa Sunyaragi, CirebonKarena keunikannya, Goa Sunyaragi jadi tempat yang wajib dikunjungi saat di Cirebon. Sediakan waktu sekitar 30 menit untuk menjelajahi tempat ini.

Goa Sunyaragi
Jalan Brigjen Dharsono, Cirebon
Jam buka: 08.00-17.30
Harga tiket masuk: Rp. 10.000
Harga parkir: Rp. 5.000
Harga pemandu: Rp. 40.000-50.000 (harga nego)

Goa Sunyaragi, Cirebon
Date Published: 04/30/2016
7 / 10 stars

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply