Makan Ketan Bakar & Colenak di Lembang

Ketan Bakar Colenak

Jalan-jalan ke Lembang kayaknya belum lengkap kalau belum nyemil ketan bakar & colenak yang banyak dijual di pinggir Jalan Raya Lembang. Biasanya yang jualannya berjejer rapat di sebelah kiri jalan dekat pasar buah Lembang sampai ke dekat Restoran Mandarin.

Kalau mau jujur kami juga kurang tahu yang paling enak yang mana karena kami sudah pernah tanya teman-teman jawabannya semua beda-beda. Ada yang bilang yang di depan Restoran Pulau Mas, ada yang bilang depan Fuji Film, dll. Dan sebenarnya sih katanya ketannya sama saja tapi toppingnya yang beda-beda.Ketan Bakar LembangKebetulan yang kemarin kami coba ketan bakarnya langsung dikasih 3 jenis topping: serundeng (kelapa parut kering), sambal kacang dan sambal oncom. Ketannya sih ya begitu aja, garing di luar, agak lembek di dalam. Sambal oncomnya enak.

Selain ketan bakar, sekalian kami juga mencoba beberapa jajanan lainnya. Adam yang dulunya pernah satu kali nyoba peuyeum dan ga suka akhirnya berhasil saya rayu buat nyoba colenak. Colenak ini tape yang sudah matang dan ditaruh di atas panggangan arang, setelah itu dikasih kelapa parut yang sudah dicampur gula merah. Kata Adam lumayan kali rasa fermentasi di peuyeum yang biasanya sangat kuat agak tertutupi oleh kelapa gulanya.Colenak Di LembangKarena Adam suka pisang bakar, kami juga pesan pisang bakar yang ditaburi coklat, keju dan susu kental manis. Rasanya ya standar manis karena toppingnya sih. Sedangkan untuk pisang agak terlalu keras menurut selera kami. Biasanya kami lebih suka pisang yang lebih empuk dan teksturnya lembut. Tapi memang itu sebenarnya tergantung jenis pisangnya sih dan sepertinya di Lembang mereka pakai pisang jenis yang sama semua untuk jenis hidangan ini (kalau tidak salah pisang tanduk).

Untuk minuman kami pesan sekoteng. Tadinya pengen bajigur tapi sayang katanya itu dari sachet. Kalau bikin sendiri sih pasti lebih enak dan original. Sekotengnya standar isi kolang-kaling, pacar cina, roti tawar dan biskuit kepingan. Pakai air jahe dan susu. Jahenya agak kuat sehingga terasa banget pedes dan panasnya. Tapi enak sih buat menemani malam yang dingin di Lembang.Sekoteng Di LembangSelain ketan bakar, colenak, sekoteng dan pisang keju, biasanya di kedai-kedai pinggir jalan tersebut juga sedia indomie rebus, telor 1/2 mateng, susu murni, bandrek, bajigur dan kopi.

Ada yang mau berbagi pengalaman makan ketan bakar & colenak di Lembang? 🙂
Jajanan Di Lembang

Ketan bakar & colenak Lembang
Sepanjang Jalan Raya Lembang (kebanyakan) di sebelah kiri dekat pasar
Jam buka: dari pagi sampai malam
Ketan bakar: Rp8.000
Colenak: Rp 8000
Pisang bakar: Rp15.000
Sekoteng: Rp10.000

Leave a Reply