Cara Membuat Travel Blog

Kamu mau punya travel blog kamu sendiri? Sebuah blog di mana kamu bisa berbagi cerita-cerita perjalanan kamu, pengalaman traveling kamu yang menarik serta membangun komunitas follower kamu? Pokoknya blog yang benar-benar unik sesuai karakter kamu.

Kabar baik! Hari ini kami akan membantu kamu bikin travel blog kamu sendiri!

Bikin travel blog sebenarnya lebih mudah daripada yang orang-orang bayangkan. Jadi duduk dan santai saja selama 20 menit ke depan, kami akan menunjukkan step-by-step cara membuat travel blog yang praktis tersebut.bikin travel blog wide

Cara Membuat Travel Blog

Ada 2 langkah utama yang diperlukan untuk memulai sebuah travel blog yang profesional. Yang pertama adalah membeli sebuah nama website (domain name) dan lokasi untuk menjalankan blog itu (web host). Langkah yang kedua adalah menginstall WordPress (software untuk blogging).

  1. Domain name and hosting
  2. Install WordPress

1) Domain Name and Hosting

Bagian paling menyenangkan dari memulai travel blog kamu sendiri adalah memilih nama. Ini adalah saat di mana kamu harus kreatif dengan memilih nama yang unik. Jika sudah menentukan nama travel blog kamu, langsung saja menuju Bluehost untuk mendaftarkannya! (Tip: Bluehost memberikan pendaftaran nama blog secara gratis!)bikinblog1

Yang tampak pertama kali di layar adalah Bluehost menanyakan program hosting mana yang kamu mau pakai. Biaya ini dibayarkan kepada Bluehost agar mereka menyimpan website kamu di komputer mereka. Setiap kali ada orang yang mampir ke site kamu, sebenarnya mereka sedang mengunduhnya dari server Bluehost. Kami merekomendasikan plan yang paling murah — itu yang kami gunakan saat pertama kali memulai Pergi Dulu!

Selanjutnya di layar kamu akan melihat sebuah box yang meminta kamu untuk memasukkan nama travel blog kamu. Kami selalu menyarankan untuk memilih nama dengan akhiran .com karena terlihat lebih profesional. Masukkan nama website kamu di kotak itu — di sini kami menggunakan contoh nama mytravelblog.combikinblog2Kamu juga harus memastikan melihat opsi hosting lain yang ditawarkan seperti “domain privacy” dan “site backup”. Kami sarankan kamu ‘untick’ (batalkan centang) semua penawaran opsi lainnya supaya biayanya tetap murah! Kami juga harus memastikan kalau kamu sudah memilih hosting yang paling murah dengan mengecek kotak “Account Plan”.bikinblog3Buat kata kunci (password) untuk akun hosting kamu dan selesai sudah! Sekarang kamu sudah punya nama website sendiri dan hosting plannya. Yay!bikinblog4

2) Install WordPress

Sekarang waktunya untuk install software WordPress ke website kamu. WordPress adalah software untuk blogging yang paling bagus dan jauh lebih bagus daripada blogspot. Langkah pertama: Log in ke website kamu.

bikinblog5

Scroll sampai ke ikon “WordPress” kemudian klik ikon tersebut.

bikinblog6

Di layar selanjutnya, klik tombol “Install”.

bikinblog7

Layar selanjutnya akan menanyakan di mana kamu mau install WordPress. Ini untuk pengguna advanced saja, jadi kami sarankan langsung saja klik “Check Domain”.

Setelah software selesai di-install, sebuah banner di bagian layar paling atas akan muncul dengan tulisan “Your Install is Complete”. Klik “View Credentials”.

bikinblog8a

Di bawah kata “Action”, klik “View”. Di sini adalah tempat di mana kamu menemukan detail login ke blog kamu. This is where you will find your login details to your blog. Catat detailnya baik-baik karena ini adalah hal yang sangat penting!

bikinblog9

Selanjutnya, klik “Admin URL” kamu (seharusnya muncul http://www.(namablogkamu).com/wp-admin/).

Sebuah layar login akan muncul seperti gambar di bawah ini. Masukkan username dan password yang sudah kamu catat dari langkah sebelumnya.

bikinblog11Selamat! Sekarang kamu sudah punya travel blog kamu sendiri! Mudah kan langkah-langkahnya?

Kabari kami ya jika kamu sudah berhasil bikin travel blog kamu sendiri, nanti kami kunjungi dan promosikan ke teman-teman kami 🙂