AirBnB – Alternatif akomodasi nyaman dan murah saat traveling

By January 7, 2014Miscellaneous
AirBnB Porto

Salah satu masalah yang paling besar saat kita traveling adalah akomodasi. Duit habis berapa? Hotel bagus tidak? Kamar nyaman tidak? Ada restoran murah dekat hotel kah? Dan situasi ini adalah situasi yang kami hadapi waktu kami traveling ke Eropa baru-baru ini.

Trip kami ke Eropa adalah untuk jangka waktu 4 bulan, jadi kami berusaha keras untuk mencari akomodasi yang nyaman dan murah serta yang ada fasilitas untuk memasak (untuk menekan budget). Biasanya pilihan yang terlihat jelas adalah hostel karena murah dan biasanya ada communal kitchen. Tetapi waktu kami melakukan riset, kami menyadari bahwa menyewa apartment bisa lebih murah daripada menginap di hostel!

AirBnB adalah salah satu website di mana para pemilik rumah bisa menyewakan sebuah kamar atau keseluruhan apartment dari harga yang murah sampai yang mahal. Di banyak kota di Eropa, satu apartment pribadi dengan dapur, satu kamar tidur, kamar mandi dan lokasi yang bagus harganya setara dengan harga dua ranjang di sebuah hostel. Contoh: hostel yang paling murah di Paris di hostelworld.com harganya €27.30 untuk 2 orang namun  skornya hanya 43%. AirBnB yang kami pilih harganya €32.25. Nyaman, lokasi bagus, ada dapur dan wifi gratis.

Berikut ini adalah beberapa AirBnB yang paling kami suka sewaktu trip di Eropa tahun lalu. Dan jangan lupa. Kalau kamu belum signup untuk AirBnB, anda bisa dapatkan diskon sebesar $20 kalau signup lewat PergiDulu.

Paris

AirBnB di Paris

AirBnB di Paris

Paris adalah salah satu kota yang paling mahal di Eropa dan untuk kebanyakan orang, penting sekali menemukan akomodasi yang murah dan nyaman. Kami sudah cek harga dorm di beberapa hostel tapi kami tidak puas. Untuk menghemat budget, kami cari AirBnB apartment pribadi dengan dapur, kulkas dan wifi gratis. Apartmen ini cocok dengan gaya kami dan memungkinkan kami untuk memasak, cuci baju dan “live like a local”. Lokasinya juga dekat dengan dua metro lines. Harga: €32.25 per malam.

Klik untuk lihat apartmen ini

 


Budapest

AirBnB Budapest - Nyaman!

AirBnB Budapest – Nyaman!

Budapest termasuk kota yang murah dan memakai AirBnB di sini bukanlah untuk menghemat uang, tetapi untuk mendapat kenyamanan dengan harga bagus. Apartment ini punya wifi gratis, kasur untuk 4 orang, dapur yang dilengkapi microwave & oven, meja untuk 4 orang, dll. Apartment ini bisa dibilang lengkap, kekurangannya adalah mereka tidak punya mesin cuci. Lokasi lumayan strategis juga, dekat dengan sungai dan pusat kota. Apartment ini terhitung murah. Harga:  €25.50 per malam.

Klik untuk lihat apartmen ini

 

Istanbul

AirBnB Istanbul

AirBnB Istanbul

Akomodasi di Istanbul cukup murah, tetapi kalau mau kebebasan total lebih baik sewa apartment. Tidak ada alasan untuk tidak sewa AirBnB karena dengan AirBnB apartment di sini bisa dapat harga murah! Kami dapat apartment kecil dan bagus sekali dengan wifi gratis, keamanan super ketat (pemiliknya sepertinya agak paranoid sehingga memasang gembok berlapis-lapis di pintunya), dapur kecil dan kulkas kecil . Apartment ini punya fasilitas yang cukup lengkap. Lokasi dekat Taksim, dekat supermarket dan beberapa restoran lokal yang enak dan murah. Harga:  €18.34 per malam.

AirBnB dekat Taksim

AirBnB dekat Taksim

Klik untuk lihat apartmen ini

 

Porto

AirBnB Porto

AirBnB Porto

Portugal dan khususnya Porto sangat mengejutkan bagi kami. Orang-orang Portugal ramah dan bersahabat, makanannya murah dan enak, aktivitas keren dan cuacanya bagus sekali. Lebih keren lagi, kami dapat apartment keren seperti kamar hotel mewah. LED screen besar sekali dengan TV kabel, internet kira-kira 20mbit (super ngebut), bersih dan rapih serta lokasinya di tengah daerah turis. Harga: €37.35 per malam.

Klik untuk lihat apartmen ini

 

AirBnB adalah pilihan yang keren untuk akomodasi waktu traveling di Eropa. Tapi tidak usah tunggu sampai kamu mengunjungi Eropa –  kamu bisa pakai AirBnB sebagai alternatif pilihan akomodasi di negara- negara di lain. Cek harga apartment di kota-kota di Asia juga. Pasti nyaman dan reasonably priced.

Join the discussion 5 Comments

  • Nice post! Tapi belum pernah nyobain AirBnB

    • Susan says:

      Kayaknya kalo traveling solo masih lbh ekonomis nginep di dorm atau single room. Enaknya AirBnB itu berasa kayak di rumah sendiri soalnya minimal ada dapur dan kamar mandi sendiri. Berasa lebih mewah. Kadang harga akom di AirBnB bisa jauh lebih murah dari harga double room hotel dan lebih nyaman. Coba deh sekali2 kalo ke negara2 modern.

  • Yolanda alvionita says:

    Hi kk
    Aku baru mau nyoba nih pake AirBnb, tapi agak bingung. Kalo kita udah bayar nih melalui CC, kita menghubungi yg punyak apartment gmn yah? Soalnya kan waktu baru mesen cumak ada send email doank untuk contac personnya? Boleh di share donk, apa orang yg punyak apartment itu di tempatnya ketemu kita atau gmn?
    Lalu tipas” mencari apartment yg dekat dengan transportasi setempat?
    Terima kasih
    Maaf agak sedikit udik karna baru nyoba juga ?

    • Adam says:

      ga ada aturan khusus sih…biasanya tgt host-nya ada yang udah pro-aktif nyediain info cara ngasih kunci atau misalnya dia bilang nanti kalau udah sampe kabarin ya (nanti dia samperin buat ngasih kunci). jadi beda2 sih tergantung pemiliknya. Ga usah panik karena harusnya mereka udah punya prosedur. Kalau bingung tanya aja langsung ke host nanti prosedurnya gimana. Tipsnya ubek2 di website-nya aja kan mereka ada filter. Misalnya lokasinya pengen sekitar mana, abis itu buka lokasi individual dan cek lagi, apakah memang itu lokasi yang kamu mau. Karena kadang kalau cuma ngandelin nama kota atau nama area kurang jelas, harus bener2 liat pin lokasinya ada di mana. Good luck! 🙂

Leave a Reply