Makanan Enak di Balikpapan

Bulan November 2012 lalu saya dapat kesempatan untuk menginap 1 malam di Balikpapan dan karena waktunya nggak banyak maka saya cuma mau fokus untuk icip-icip makanan saja. Hehehe… Berikut list makanan enak di Balikpapan yang saya coba dan kalian harus juga.

Beach House - di tepi pantai

Beach House – di tepi pantai

Sapi Lada Hitam + Roti Mantau

Makanan ini enak banget!!! Biasa sih emang yang namanya sapi lada hitam bisa kita jumpai dimana-mana, tapi sapi lada hitam disini itu rasanya nggak kepedesan dan juga nggak kemanisan serta daging sapinya empuk banget! Baru kali ini juga saya makan sapi lada hitam dipadukan dengan roti mantau. Nah, di Balikpapan roti mantau juga dijual di banyak tempat dan memiliki rasa yang beda-beda. Di restoran ini rotinya empuk sekali dan manis pas banget dimakan dengan masakan sapi lada hitamnya. Kekurangannya cuma 1 yaitu di harga… Mahal kalau untuk saya sih :D

Kombinasi yang enaakk

Kombinasi yang enaakk

Lokasi tempat makan ini ada di area Kebun Sayur, bersebrangan dengan Pasar Inpres Kebun Sayur. Kalau kalian ke Balikpapan, saya rekomendasikan banget deh mampir kesini dan cobain menu ini. Depot Simpang 4 ini ada cabang yang letaknya sebelum Kebun Sayur, cuma kayaknya seruan kalo ke dapur aslinya :D Super nyumm.. nyumm..!

Depot Simpang 4
Jl. Letjen Soeprapto no. 6, RT 30, Kebun Sayur (arah ke Kilat)
Jam buka: 10.00-14.00 & 17.00-22.00 WITA
Harga: Rp. 40.000,-

Kwetiau Tom Yum

Pertama kali liat di daftar menu saya langsung penasaran, maklum pecinta makanan Thailand :D Ada 2 macam kwetiau dengan saus Tom Yum ini yaitu digoreng atau direbus, saya pilih yang rebus. Tampilannya pas dateng sudah menggugah selera banget dan setelah dimakan emang enak punya… Isinya banyak dan rasa tomyumnya pas buat selera saya, nggak terlalu asam dan pedas. Duh, jadi pengen lagi :p

Kuah tom yum yang menyegarkan

Kuah tom yum yang menyegarkan

Depot Simpang 4
Jl. Letjen Soeprapto no. 6, RT 30, Kebun Sayur (arah ke Kilat)
Jam buka: 10.00-14.00 & 17.00-22.00 WITA
Harga: Rp. 18.000,-

Pisang Gapit

Makanan ini merupakan snack yang asik dimakan setelah menyantap 2 makanan enak di Balikpapan yang telah dibahas sebelumnya. Lokasi tempat makan pisang gapit ini berada di wilayah Kebun Sayur dan terletak disamping supermarket Giant. Tempatnya kecil tapi ramainya luar biasa!

Ini tempat jualannya! Pisang Gapit Balikpapan

Ini tempat jualannya! Pisang Gapit Balikpapan

Pisang gapit ini dibuat dari pisang yang agak kenyal trus dibakar kemudian digunting kecil-kecil. Setelah itu pisang disiram dengan saus kental mirip kolak. Kalo beruntung sih bisa dapet potongan nangka yang bikin makin sedap. Enak rasanya, tapi buat saya kalo bisa lebih manis sedikit akan lebih baik.

Penampakan pisang gapit

Penampakan pisang gapit

Harga: Rp. 8.000,-

Kepiting

Restoran yang menyajikan makanan kepiting di Balikpapan ada 4 buah yang saya tau: Restoran Kenari, Dandito, Tambora dan Torano. Kalo saya paling suka yang Dandito, tempatnya bersih dan rasa bumbu kepitingnya emang enak. Lada hitam, bawang putih dan saus Danditonya juara kelas! Nyam! Selain 3 bumbu itu mereka masih punya juga yang asam manis, saos tiram, goreng mentega dan lainnya. Kalau nggak suka kepiting Restoran Dandito juga menyediakan makanan laut lainnya. Yang paling asik adalah restoran ini cepet banget nyajiin makanannya jadi kalo dateng pas kelaperan ga akan masalah. Oya, di Dandito disediakan berbagai pilihan kepiting mulai dari yang jantan, telur dan kepiting soka. Restoran ini dekat sekali dengan bandara dan mereka sudah biasa untuk menyiapkan kepiting untuk jadi oleh-oleh.

Kepiting saus Dandito

Kepiting saus Dandito

Restoran Dandito
Jl. M. Iswahyudi, Gunung Bakaran, Balikpapan
Phone: 0542-764367
Harga: Rp. 121.000 (kepiting jantan)

Selain makanan diatas saya juga mau merekomendasikan kalian untuk ke Beach House Resto di daerah Batakan. Sebenernya makanannya sih nggak terlalu istimewa, tapi masih tergolong ok. Nah di Beach House Resto ini tempatnya juara! Dari jalan besar emang masih masuk ke dalem lagi trus meja-meja untuk makannya terletak di pinggir pantai! Untuk ukuran orang Jakarta seperti saya tempat ini sih asik bangettt.

Yang saya masih penasaran adalah Depot Miki untuk sarapan, sop singkong ceker di daerah Kebun Sayur, coto Makassar di pasar Klandasan dan Lila’s yang jualan makanan Meksiko di daerah Batakan… Ada yang sudah pernah coba makanan enak di Balikpapan lainnya?

Cari hotel murah lewat Agoda. Best price guarantee!

3 thoughts on “Makanan Enak di Balikpapan

  1. di Balikpapan cukup khas roti mantau ini, karena banyak resto yang menyediakannya sebagai oleh-oleh juga. Malah baru tau kalau di Makasar ini khas! di Makasar teman makan roti mantau itu apa?

  2. mampir deh ke PEMPEK LALA… nebeng di Cafe taman GUPAZ. area gunung pasir, depan primagama (yg deket sma1 n smp 1 tuh…)
    makglegerrrrrr… rasanya mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge