Cinque Terre: 5 desa indah di pesisir pantai Italia (Day 30 #EuropeDulu)

By October 20, 2013Europe
Pemandangan dari puncak bukit di Monterosso

Berlokasi di pesisir pantai Italia, Cinque Terra yang secara literal berarti 5 daratan (The Five Lands) menawarkan suasana pedesaan yang dipadu dengan birunya laut. Sesuai dengan namanya, ada 5 desa di pinggir tebing sepanjang pesisir pantai itu, yakni Monterosso al Mare, Vernazza, Corniglia, Manarola dan Riomaggiore. Selain pemandangan rumah-rumah berwarna cerah di sisi tebing serta laut biru, bukit-bukit di sekelilingnya juga merupakan bagian dari Cinque Terra National Park serta diakui sebagai salah satu UNESCO World Heritage Site.

Pantai di desa Monterosso - Cinque Terre

Pantai di desa Monterosso – Cinque Terre

What to do

Karena Cinque Terra ada di pinggir laut, tentu saja aktivitasnya tidak jauh dari aktivitas pantai. Namun tidak semua desa memiliki pantai berpasir dimana orang-orang bisa sunbathing atau berenang langsung dari bibir pantai. Monterosso memiliki pantai yang paling ideal untuk berjemur dan bermain pasir, Vernazza berbatu-batu walaupun ada bagian berpasirnya, Manarola dan Riomaggiore lebih berupa teluk dan banyak perahu-perahu kecil.

Buat yang tidak suka basah-basahan tapi lebih suka kegiatan alam, banyak sekali jalur trekking yang ada di sekitar Cinque Terre. Dari yang cuma 30 menit sampai 9 jam. Tapi kalau malas berkeringat, santai-santai saja di cafe-cafe kecil di desa-desa tersebut. Makan gelato sambil belanja suvenir juga pasti menyenangkan!

Vernaza - Cinque Terre

Vernaza – Cinque Terre

How to get there

Waktu mengunjungi Cinque Terre di bulan Agustus 2013 kemarin, kami berangkat dari Pisa dengan menggunakan kereta api menuju La Spezia. Dari sana kami beli tiket paket Cinque Terre seharga 10 Euro yang termasuk transportasi kereta ke mana saja di area Cinque Terra dalam satu hari serta tiket masuk National Park.

Kami memutuskan untuk mengunjungi desa yang terjauh dulu, yakni Monterosso dan berencana untuk jalan kaki melewat beberapa desa-desa lainnya menuju Riomaggiore dan naik kereta kembali ke La Spezia. Kenyataannya kami tidak jadi jalan kaki antar desa karena ada jalanan penghubung yang tertimbun longsor. Namun kami sempat naik bukit sejauh 2-3 km di Monterosso menuju satu view point dekat bangunan gereja tua. Lumayan capek karena rutenya non-stop menanjak dan saat itu panas terik. Namun usaha kami terbayar dengan keindahan pemandangan dari atas bukit ke seluruh bagian Cinque Terra.

Pemandangan dari puncak bukit di Monterosso

Pemandangan dari puncak bukit di Monterosso

Karena kami cuma punya waktu satu hari, kami tidak sempat mengeksplor masing-masing desa secara extensive, namun kami sempat mampir di semua desa. Di Corniglia kami tidak sempat ke desanya yang terletak di atas bukit karena kami harus mengejar jadwal kereta ke desa berikutnya serta harus memperhitungkan jadwal kereta pulang ke Pisa. Kami tidak menginap di Cinque Terra karena kami dengar harga akomodasinya cukup tinggi. Namun kami sempat bertemu backpacker yang menginap di sana dan katanya ada juga akomodasi yang terjangkau. Coba cek akomodasi murah lewat Hostelworld.

Menjelang sunset di Riomaggiore

Menjelang sunset di Riomaggiore

Join the discussion 2 Comments

  • shaa says:

    Ahh… bagian Cinque Terre yang paling saya suka adalah rumah warna-warninya yang di atas tebing *.*

  • lischantik says:

    Dari foto-foto tersebut, terlihat pemandangannya indah banget,membuat saya bermimpi untuk mengunjunginya.
    Bagai mana dengan makanan + minuman di sana? Apakah mudah menemukan makanan+minuman yang halal? Terima kasih

    Twitter : lischantik

Leave a Reply