Gardens by the Bay, Singapore: Bukan Sekedar Kebun Biasa

Gardens By The Bay Singapore

Kalau biasanya denger tentang kebun atau taman kedengerannya tempat yang membosankan, beda dengan Gardens by the Bay yang bukan sekedar kebun biasa. Kenapa bukan sekedar kebun biasa? Karena kebun ini kebun terkeren yang pernah kami kunjungi. Keren bukan cuma dari penampakan aja, tapi juga dari konsep dan ide-ide di baliknya.Jembatan Di Cloud Forest

Ada Apa di Gardens by the Bay?

Gambaran secara umum mengenai Gardens by the Bay ini adalah kebun dengan koleksi tanaman dari berbagai penjuru dunia. Namun konsep display dari tanaman-tanaman tersebut dibuat dengan sangat kreatif sehingga kebun ini jauh dari membosankan. Bukan hanya tidak membosankan tapi malah membuat pengunjungnya berdecak kagum. Seperti kami yang beberapa kali terpana begitu melihat apa yang ditampilkan di Gardens by the Bay ini.Penataan Bunga Di Flower DomeAtraksi utama di Gardens by the Bay yang juga jadi favorit kami adalah:

Cloud Forest: begitu masuk ke kubah ini kami langsung disambut oleh hembusan hawa dingin yang rupanya datang dari arah air terjun. Bayangkan, ada air terjun setinggi 35 meter di dalam gedung bertingkat. Pengunjung bisa menjelajahi masing-masing lantai dan jalan di jembatan yang menggantung tinggi. Lumayan agak bikin deg-degan buat yang takut ketinggian. Yang paling seru, di jam-jam tertentu kubah ini diberi efek kabut sehingga seolah-olah kita sedang berada di hutan yang penuh kabut.Cloud ForestFlower Dome: sebuah kubah raksasa yang dipenuhi dengan berbagai macam bunga yang berganti-ganti temanya. Namun penghuni utama di kubah ini adalah pohon Baobab raksasa yang bikin kami tercengang saking besarnya. Bunga-bunganya juga ditata sedemikian rupa sehingga kombinasi warnanya sangat cantik bila dilihat dari lantai atas.Flower DomeSupertree Grove: display tanaman dibuat secara vertikal sehingga menyerupai pohon raksasa. Kami paling suka di malam hari karena lampu-lampu di pohon tersebut akan menyala sehingga menampilkan warna yang sangat kontras dengan langit gelap di atasnya. Kesannya benar-benar seperti di dunia Avatar yang dihiasi warna biru menyala.Supertree GroveOCBC Skyway: Ini aktivitas paling seru menurut kami. Pengunjung bisa naik ke salah satu Supertree menggunakan lift, kemudian ada jembatan yang menghubungkan pohon tersebut dengan pohon lain. Sewaktu jalan, kami mengamati dan menyadari kalau jembatannya itu digantung ke ‘ranting-ranting’ pohon di sekitarnya. Makanya kadang kalau lagi banyak orang yang lewat agak kerasa goyang-goyang jembatannya. Tapi worth it banget lah pengalamannya karena dari atas sana bisa dapet angle yang berbeda ke daerah sekitarnya.Di Atas OCBC Skyway Gardens By The Bay


Spot-spot GRATIS di Gardens by the Bay

Meskipun beberapa highlight dari tempat ini merupakan tempat-tempat berbayar, namun masih banyak yang bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung umum. Beberapa di antaranya:

  • Light & Sound Show: pertunjukan musik dan cahaya di area Supertree di mana pohon-pohon raksasa yang dipasangi lampu tersebut menampilkan pertunjukan cahaya dengan diiringi lagu-lagu. Setiap malam pertunjukan ini diadakan 2 kali, yaitu pukul 19:45 dan 20:45. Cari saja angle yang paling bagus untuk bisa menikmati pertunjukkan ini. Karena areanya cukup luas, tidak akan terlalu berdesak-desakan koq.

Light Show Gratis Di Gardens By The Bay

  • Far East Organization Children’s Garden: ada banyak mainan seru untuk anak-anak seperti treehouse, suspension bridge, spider nest dan yang paling seru ada area main air. Bentuknya berupa pancuran air dengan berbagai bentuk dan anak-anak bisa lari-lari kejar-kejaran sambil basah-basahan.

Childrens Garden

  • Taman-taman tematik di antaranya Sun Pavillion yang penuh dengan berbagai kaktus raksasa. Ada juga Chinese Garden, Indian Garden, Malay Garden, dll.

Kaktus Di Sun Pavilion

Cara Menuju Gardens by the Bay

Jika menggunakan kendaraan umum, ada beberapa pilihan untuk mencapai Gardens by the Bay:

  • Naik MRT jalur Circle Line atau Downtown Line, turun di stasiun Bayfront (CE1/DT16). Ambil Exit B, ikuti underground link way. Keluar dan sebrangi Dragonfly Bridge / Meadow Bridge untuk masuk ke Gardens by the Bay.
  • Naik MRT jalur East-West Line dan turun di stasiun Tanjong Pagar (EW15). Ambil exit C dan jalan menuju halte bis 03223 di International Plaza, Anson Road. Naik bis no 400, turun di bus stop 03371 yang ada di Marina Gardens Drive.
  • Kalau sudah ada di sekitar Marina Bay, jalan kaki melalui Helix Bridge ke arah ArtScience Museum. Ikuti jalur jalan kaki yang ada di sepanjang waterfront hingga akhirnya masuk ke Gardens by the Bay.
  • Dari Marina Bay Sands, jalan menyebrangi Lions Bridge di lantai 6 (buka jam 08.00-23.00) yang langsung nyambung ke Dragonfly Bridge dan masuk ke Gardens by the Bay.

Di Atas Jembatan Di Dalam Cloud Forest

Gardens by the Bay
gardensbythebay.com.sg
Outdoor Garden:  GRATIS  (buka jam 05:00 – 02:00 setiap hari)
Flower Dome & Cloud Forest: $28 dewasa, $15 (anak-anak 3-12 tahun)
Jam buka Flower Dome & Cloud Forest: 09:00 – 21:00 (tiket terakhir dijual jam 20:00)
OCBC Skyway: $8 dewasa, $5 (anak-anak 3-12 tahun)
Jam buka OCBC Skyway: 09:00 – 21:00 (tiket terakhir dijual jam 20:00)
Children’s Garden: GRATIS (buka 10:00 – 19:00 Selasa-Jumat, 09:00 – 21:00 weekend)
MRT terdekat: Bayfront (kuning CE1/biru DT16 — exit B)

Join the discussion 4 Comments

Leave a Reply