7 Kuliner Lokal yang Enak di Jambi

By November 30, 2015Food
Kuliner enak di Jambi

Jambi memang bukan kota yang terkenal untuk berwisata. Bahkan nih, banyak orang ternyata gak tau kalau Jambi itu ada di pulau Sumatra! Ckck. Dibalik ke-tidak-populer-an nya, sebenarnya Jambi menyimpan banyak banget makanan unik yang enak-enak! Sharon Loh pemilik blog sharontravelogue.com yang memang asalnya dari Jambi ini akan membagikan pengetahuannya tentang kuliner lokal yang enak di Jambi. Yuk, simak dan cicip satu per satu! Siapa tahu bisa jadi panduan kuliner saat berkunjung ke Jambi.

1. Kopi AAA

Kopi AAA ini sekilas emang keliatan biasa banget, tapi ternyata kopi AAA sudah ada dari jaman dulu banget dan memang sudah menjadi kebangganan orang Jambi loh. Kopinya wangi dan pahit. Intense banget pokoknya.Kopi AAA itu katanya campuran antara kopi robusta dan kopi ekselsa (atau kopi liberica). Ini yang bikin kopi AAA itu khas, rasa robusta yang strong bercampur dengan liberica yang bright + fruity (plus katanya rendah caffeine).

Konon katanya di Indonesia jarang ada kopi ekselsa, tapi di Jambi ada 3 desa yang membudidayakan kopi ini. Kopi AAA banyak ditemui di kopitiam lokal. (Iya, di Jambi ada banyak kopitiam lokal yang mirip dengan kopitiam jadul di Singapore). Biasanya, di kopitiam kopitiam tersebut Kopi AAA dikonsumsi barengan dengan telur setengah matang, cakue goreng atau kaya toast. Yum. Kopitiam favorit aku:

  • Bogor Baru. Yang terkenal disini itu kaya toast, kaya french toast, burgo, dan baksonya. Aneh deh di kopitiam ada jual bakso.
  • Kopitiam di Gang Ria
  • Kedai Kopi HokiKopi AAA- kopi lokal khas Jambi

2.Mie Celor

Banyak banget yang mengira Mie Celor itu makanan khas dari Jambi. Tapi ternyata, ada yang bilang Mie Celor itu dari Palembang. Mie Celor ini mie kuning basah yang disiram pakai kuah. Setelah mencoba dua-duanya, ternyata Mie Celor Jambi dan Palembang agak beda. Mie Celor di Palembang menggunakan udang kering dan santan untuk kaldunya sehingga aromanya lebih tajam. Kadang kaldunya juga lebih kental seperti sagu. Sedangkan yang di Jambi cuma pakai santan aja. Rasanya lebih mild. Cocok banget untuk ditambahin cabe dan kecap manis! Mie Celor yang enak itu ada di Kopitiam Ahok dan di jajanan SD Xaverius 1. Numero uno.Mie Celor khas Jambi


3. Pempek

Memang sih, pempek asalnya dari Palembang. Tapi di Jambi ada banyak banget tempat makan pempek yang katanya sih, awalnya dibawa oleh orang yang ngungsi dari Palembang. Pempek legendaris di Jambi itu di Pempek Asiong. Kalau makan di Pempek Asiong, kita tinggal duduk dan pegawainya langsung menyajikan beberapa piring pempek layaknya di rumah makan padang 😉 Ada satu piring pempek goreng campur (bulat, lenjer, balok, dll), satu piring pempek keriting rebus, satu piring pempek kulit, satu piring pempek panggang, dan satu piring otak-otak. Cocolannya pake cuka dong 😉 Dan yang unik di Pempek Asiong ini dibanding tempat pempek lainnya, di cukanya dikasih potongan timur segar. Makan pempeknya juga makan aja sepuasnya seperti di RM Padang pada umumnya. Kalo udah selesai, baru minta dihitungin.Pempek - salah satu kuliner lokal di Jambi

4. Mie Pangsit

Ini nih kuliner lokal kebanggaan orang Jambi. Mie Pangsit. Sekilas, mie ini keliatan seperti Mie Ayam biasa atau Mie Yamien. Tapi tekstur dan rasanya beda banget! Mie-nya kenyal dan tipis, disajikan dengan potongan daging babi (kebanyakan sih non – halal, tapi ada juga kok yang jual Mie Pangsit Ayam ;)). Kuahnya ada sayuran, bakso-baksoan dan daging cincang. Dan yang juara nih, sambelnya! Sambelnya kental, manis dan asin. Gak afdol pokoknya kalau makan mie pangsit ga pake sambel. Beberapa tempat makan mie pangsit yang recommended: Mie Pasar Hongkong, Mie Akheng, Mie Ting An, dan Mie Gang Ria.Mie Pangsit Jambi

5. Nasi Gemuk

Duh kedengerannya serem ya? Nasinya bikin gemuk apa gimana? #panik

Nasi gemuk itu mirip dengan nasi uduk, guys. Tapi topping nya aja yang beda. Nasi Gemuk Jambi itu pake telor rebus, daging sapi suwir + saos sapinya yang manis, emping dan lagi lagi sambel manis khas Jambi. Biasanya sih, Nasi Gemuk ini dimakan waktu sarapan pagi. Salah satu tempat makan Nasi Gemuk favoritku yaitu di Rm. Chef Min2. Endeus!Nasi Gemuk - kuliner lokal yang enak di Jambi

6. Kwetiau

Di Jambi, ada banyak banget tempat makan yang hanya menjual Mie / Bihun / Kwetiau – baik siram maupun goreng. Yang biasanya dipesan orang sih mie siram atau kwetiau siram. Kamu harus cobain ini! Kwetiaunya digoreng dengan telor, lalu disiram kaldu yang gurih dan kental. Disajikan dengan sayuran dan bakso-baksoan. Beberapa rekomendasi tempat kwetiaw favoritku: RM. Lestari (Halal tapi enak banget!), Kwetiau Aliang, Kwetiau RM 71.

Sedikit tambahan info, kwetiau di Jambi itu dibuat dari tepung beras. Bentuknya jauh lebih tebal daripada kwetiau yang biasanya ada di Jakarta. Terus biasanya, kwetiaunya digoreng dulu dengan telur. Kemudian disiram dengan kuah kental yang ada daging, bakso, pangsit-pangsitan, sayur, dll. Biasanya, kuahnya ada aroma minyak wijen. Kemudian selain pakai sambal khas, orang di Jambi suka makan kwetiau pakai O Cho (literally cuka hitam). Beda dengan cuka pempek. Yang ini Chinese Black Vinegar.Kwetiau di Jambi

7. Kue Kojo

Nah, kopi sudah, makanan beratnya sudah. Sekarang yang terakhir ada jajanan pasar. Kue ini wajib banget kamu cobain kalau lagi ke Jambi (atau Palembang)! Kuenya terbuat dari pandan dan santan, jadi aromanya kuat banget. Rasanya manis sekaligus gurih. Teksturnya mirip setengah kue setengah agar-agar. Unik kan? 😉 Kalau mau cari Kue Kojo bisa ke Kue Tradisional Talang Banjar (iya, ini nama tempat, bukan nama kue ;)) atau ke Pasar Hongkong. Selamat berburu Kue Kojo! Kue Kojo - Jajanan Pasar di Jambi

Masih banyak lagi nih makanan-makanan yang bisa direkomendasikan di Jambi. Ayo siapa yang sudah pernah ke Jambi dan cicip makanan-makanannya? Apa favoritmu?

Join the discussion 8 Comments

  • Dewa Tyas says:

    Pindang Ikan Patin & Ikan Baung dari Warung Pindang Bi`Cik jangan sampai loloss kalau main ke Jambi, kemarin sempat ke sana pas TourDeSumatra. Hehehe.

  • Bookmark ah… Ada rencana mau ke jambi soalnya.. 😀

  • Wah kebanyakan kalau makanan khas suatu daerah sumatera kok dikaitkan dengan makanan khas Palembang ya kak? kayak Kemplang, katanya asli Palembang tapi ada yang mengatakan kalau itu dari Lampung,,, nah ini ada Mie Celor yang juga mengalami nasib yang sama,,, btw Nasi Gemuk dan Mie Pangsit tapi yang halal sepertinya menarik untuk di coba

  • anthony says:

    Kenapa makanan dari jambi selalu dikait-kaitkan dengan palembang? Karena Jambi itu dulunya bagian dari Sumatera Selatan, yang mana ibukotanya palembang. Jadi sejak pemekaran jambi menjadi propinsi sendiri, tentunya adat dan kebudayaan Palembang ada yang sudah melekat bagi warga Jambi sendiri. Termasuk pempek, mi celor, kue kojo, mie pangsit, nasi gemuk (di palembang namanya juga nasi gemuk). Kalau soal kwetiau, meskipun di palembang juga ada beberapa kwetiau yg enak, tapi menurut saya sih kuetiau jambi lebih enak. Top banget kalo kwetiau jambi mah! kwetiau medan aja kalah uhui.. Kalo mie pangsit masih debateable lah secara aslinya kan dari tiongkok banget wkwk

    anyway, good info

  • Dendi says:

    Tempoyak mana kak ? hehe jangan sampe gak di publikasikan hehe :D, btw blognya kren, pakai boostrap ya ?

Leave a Reply