Makansutra Gluttons Bay, Singapore: Makan dengan pemandangan Marina Bay

Makansutra Gluttons Bay

Apa keistimewaan dari Makansutra Gluttons Bay ini? Kalau biasanya food centre atau hawker centre lokasinya di gedung tua dan agak sumpek, Makansutra Gluttons Bay ini lokasinya premium. Berlokasi di salah satu sisi Marina Bay, Makansutra Gluttons Bay merupakan food court dengan suasana outdoor di pinggir perairan paling terkenal di Singapore.

Bentuknya memanjang 1 deret dengan hanya diisi oleh 12 konter, memang terlihat kalau Makansutra Gluttons Bay ini teratur dan terorganisir dibandingkan food court lainnya. Bisa dilihat dari bentuk konter makanan, display makanan dan papan menu yang seragam. Bahkan semua konter punya papan berisi sekilas info sejarah makanan tersebut, yang seragam pula formatnya.Konter Makanan Di MakansutraKonon katanya konter-konter yang bisa berjualan di sini dipilih secara ketat oleh komunitas Makansutra sebagai penggagas (dan mungkin pengelola) food court ini. Cuma kami ga yakin juga apakah konter-konter ini dirotasi setiap bulan atau tidak. Karena menurut kami kalau cuma 12 sepertinya kurang representatif. Apalagi waktu itu kami lihat makanannya bukan semuanya khas Singapore. Beberapa konter yang kami lihat: Thai food, Filipino food, carrot cake, satay, mee goreng, peking duck.

Kemarin kami sempat mencoba carrot cake yang merupakan salah satu makanan khas Singapore. Ada yang putih ada yang hitam. Yang hitam pakai dark soy sauce. Rasanya agak mirip kwetiaw tapi lebih tebal kotak-kotak teksturnya. Harganya $4.5 per porsi, tidal terlalu mahal sih, tapi mungkin kalau di food court biasa bisa lebih murah.Fried Carrot CakeTempat duduk di sini ada 2 baris meja bulat di bawah payung-payung besar dan deretan meja panjang di belakang. Ingat, karena open air walaupun ada atap payung tetap saja tidak enak kalau sedang hujan. Kami sempat ke sini 2 kali. Yang pertama saat akhir pekan dan ramai banget sehingga sulit cari tempat duduk. Kedua kalinya hari biasa dan memang terasa semakin malam semakin ramai, apalagi setelah jam pulang kantor.Makansutra Gluttons Bay Food CentreMakansutra Gluttons Bay ini baru buka sore hari menjelang sunset hingga sekitar jam 2 pagi. Jadi memang cocok buat nongkrong sambil menikmati lampu-lampu di sepanjang Marina Bay. Dari sini tidak dekat banget kalau mau jalan kaki ke Marina Bay Sands atau ke Merlion, tinggal menyusuri promenade saja.

Makansutra Gluttons Bay
#01-15, 8 Raffles Ave, Singapore
Jam buka: setiap hari 17:00 – 02:00
MRT terdekat: City Hall (hijau EW13 / merah NS25); Promenade (kuning CC4 / biru DT15)
Carrot cake: $4.50
Chicken wings: $1.50/piece

Leave a Reply