Nasi Ayam Kedewatan Ubud Bali

By January 8, 2013Food
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Bali memang salah satu surganya kuliner makanan lokal. Jalan-jalan ke Ubud tentu tidak lengkap kalau belum mencicipi Nasi Ayam Kedewatan. Sebenarnya banyak warung-warung yang menjual Nasi Ayam di jalan Kedewatan, Ubud, namun menurut informasi orang lokal warung Nasi Ayam Kedewatan yang paling ramai dikunjungi adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku.

Bagian depan Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Bagian depan Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Apa itu Nasi Ayam Kedewatan?

Begitu masuk ke warung Nasi Ayam Ibu Mangku, saya menuju ke rak kecil di dekat kasir dimana terdapat 6 piring yang masing-masing berisi: potongan ayam yang cukup besar (dada, paha), ayam suir yang dicampur dengan jeroan (ati, ampela), telur pindang, sate lilit ayam, tumis kacang panjang yang dicampur parutan kelapa, dan yang terakhir adalah sambal.

Karena saya tidak suka pedas, maka saya pesan Nasi Ayam Kedewatan campur yang tanpa sambal. Menurut staf yang melayani pesanan, biasanya memang Nasi Ayam campur berisi masing-masing sedikit dari isi piring-piring tersebut, namun beberapa bisa dipesan terpisah, misalnya jika ingin tambah sate lilitnya atau telurnya.

Begitu pesanan datang, ada tambahan kerupuk kulit ayam garing dan kacang tanah goreng yang memang membuat tekstur makanan jadi beragam. Saya lupa memberitahu untuk jangan memberi saya jeroan, namun untungnya ayam yang disajikan adalah potongan dada ayam yang disuir-suir lebih kecil. Bagi yang tidak suka atau malah suka jeroan, tinggal pesan saja sesuai selera.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Sebelumnya saya sudah tanya kepada staf apakah komponen Nasi Ayam Kedewatan tersebut pedas, dan dia jawab tidak. Katanya yang pedas adalah sambalnya. Namun karena saya pada dasarnya tidak suka pedas sama sekali, ya buat saya Nasi Ayam tersebut cukup pedas. Tapi buat yang penyuka pedas, pasti ga masalah dan malah enak banget. Walaupun sedikit kepedasan, tapi saya sangat menikmati perpaduan rasa dan tekstur dari masing-masing komponen Nasi Ayam Kedewatan tersebut.

Sepiring Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku dihargai Rp 17.000,- dan untuk minuman es lemon teh harganya hanya Rp 5.000,- saja.

Lokasi Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini berlokasi di Jalan Raya Kedewatan No. 18, Ubud, Gianyar, Bali. No Telepon: 0361-974795. Warung Nasi ini buka dari jam 08.00 Р18.00. Tempatnya cukup besar, ada meja biasa dan ada juga meja dengan model lesehan.

Cari penginapan di Ubud? Cek harga lewat Agoda saja!

Join the discussion One Comment

  • Maria says:

    Nasi ini emang kelewatan enaknya cuman pertama liat penjual menyajikan rada ilfil soalnya pake tangan gitu ambilnya tapi pas dimakan enak banget plus es teh manis..nyam nyam juara deh!

Leave a Reply