Profil Travel Blogger: Fabiola Lawalata (@Jalan2Liburan)

Budapest, Hungary for our 4th Wedding Anniversary

Profil Travel Blogger bulan September ini sedikit terlambat karena kami saat ini sedang menjalani #CaminoDulu (jalan kaki dari St. Jean Pied de Port Perancis sampai ke Santiago de Compostela di Spanyol dengan jarak sekitar 780km). Setelah menemukan tempat yang punya koneksi wifi ngebut, akhirnya kami berhasil menampilkan profil travel blogger yang sudah wara-wiri di dunia travel blogging ini. Silahkan kenali lebih jauh Febbie & Yvan, sosok di balik akun @jalan2liburan! 🙂


Nama: Fabiola Lawalata

Twitter:  @Jalan2liburan

URL: www.jalan2liburan.com

Kota Asal: Jakarta untuk Febbie & Antwerpen untuk Yvan

Domisili: Antwerpen

Ceritakan sedikit tentang Febbie. Sekarang lagi sibuk apa sih?
I’m an early retired person…hahahhaa. So now I’m enjoying to be a housewife dan rutin menulis travel article untuk beberapa media di Indonesia, sisanya sibuk traveling dong ah 🙂

Taj Mahal, India on the Valentine Day

Taj Mahal, India on the Valentine Day

Ceritakan tentang pengalaman pertama kali travelling.
Pertama kali ke luar kota palingan sih ya sekitar Lembang dan Bandung gitu kali yah, agak blur dan gak terlalu ingat mengenai pengalaman pertama kali itu. Tapi yang paling exciting waktu pertama kali naik pesawat ke Amsterdam sekitar umum 10 tahunan di tahun 80an (ya ketauan umurnya deh 😉 )

Asli itu semangat gak terkira, saya cerita ke temen-temen SD kalau saya mau ke Amsterdam, terus jaman dulu itu Garuda masih ke Eropa kan dan transit di Bandara Abu Dhabi yang keren banget, sekarang keknya ngeliat bandara itu lagi udah biasaa bangeth… hahaha.

Kalau pengalaman traveling pertama Yvan adalah waktu dia berusia 14 hari, yupp 14 hari! Karena saat itu orang tuanya harus melakukan business trip ke Spanyol dan gak mungkin ninggalin bayi Yvan, jadi ikutlah diboyong dirinya naik mobil dari Belgia ke Spanyol Utara 🙂

Budapest, Hungary for our 4th Wedding Anniversary

Budapest, Hungary for our 4th Wedding Anniversary

Rencana travelling berikutnya ke mana?
Bulan Oktober kita punya tiket ke Cinque Terre, Italia, untuk weekend hideaway dan gara-gara virus dari Pergi Dulu juga nih, jadilah kita bakalan ke Georgia dan Armenia pas di wedding anniversary nanti. Kebetulan Georgia dan Armenia sudah lama ada di destinasi impiannya  Yvan, so let’s make it come true.

Kabarnya kamu sudah mengunjungi 60 negara dengan memegang paspor hijau. Banyak keluhan mengenai sulitnya mengajukan visa negara tertentu bagi pemegang paspor hijau. Ada tips atau pengalaman yang bisa diceritakan berkaitan dengan hal tersebut?
Aduhh malu ah, jumlah negara yang masih petite dibandingin temen2 traveler yang lain. Sebenarnya ngitung jumlah negara yang sudah dikunjungi adalah kepuasan kita berdua sendiri aja lho, bukan buat pamer atau apa.

Balik lagi ke pertanyaan mengenai visa untuk WNI pemegang paspor hijau, hmmm… iya sih awalnya ngeselin memang tapi apa boleh dikata, kenyataannya memang menyedihkan. Saya mencoba positive thinking aja dengan berpikiran pada saat saya berada di kedutaan mereka untuk mengajukan permohonan visa, pada saat itulah pertualangan traveling saya dimulai, dengan pikiran seperti itu puji Tuhan sampai sekarang lancar-lancar aja.

Yang paling penting kan syarat-syarat dokumen wajib dilengkapi dan paham banget dengan itinerary mengenai rencana kita ke negara itu, jadi saat interview lebih menyakinkan pihak kedutaan.

Petra Heritage Site, Jordan for our 3rd Wedding Anniversary

Petra Heritage Site, Jordan for our 3rd Wedding Anniversary

Yang menarik, justru di kedutaan saya banyak ketemu orang-orang yang juga menarik, seperti staf di kedutaan Serbia di Brussels yang ternyata bisa bahasa Indonesia lancar, karena staf tersebut pernah dinas di kedutaan Serbia di Menteng, Jakarta. Lancar deh visa saya langsung keluar dalam hitungan 20 menit.

Ada juga cerita waktu di kedutaan USA di Brussels, saat deg-degan interview dengan salah satu staff berperawakkan dingin dan tak bersahabat, saat orang itu membuka lembaran dokumen yang saya ajukan, kemudian dia menemukan wedding certificate saya yang dikeluarkan oleh catatan sipil di Bali, dia langsung bilang kalau dia cinta Bali dan punya kenangan indah saat liburan disana. Ah syukurlah, visa pun lancar 🙂

5th Wedding Anniversary in Bali

5th Wedding Anniversary in Bali

Kapan mulai ngeblog?
Untuk Jalan2Liburan sendiri sebenernya baru Juli 2012 yang lalu, masih baru sih emang domain ini, namun pada dasarnya saya seneng nulis udah lama sih yah, dari diary jaman ABG terus notes2 di Friendster, lalu Multiply sampai akhirnya semua website tersebut tutup.

Setelah menikah dan lumayan makin banyak traveling, daripada memori nya menguap begitu aja, mulailah saya kumpulkan cerita-cerita perjalanan kami di suatu blog gratisan dan pada Juli 2012 itulah saya memutuskan untuk memiliki Jalan2Liburan ini.

Apa alasan kamu ngeblog?
Sesungguhnya blog ini saya buat karena alasan pribadi, supaya cerita perjalanan saya dan suami gak menghilang begitu saja, namanya juga manusia punya kapasitas memori di otak yang terbatas, sedangkan perjalanan yang kita lakukan ya bisa dibilang lumayan sering, kadang tuh ya malah sering ngak ngeh kalau perjalanan ke India ternyata baru tahun lalu atau Flores dan Wakatobi ada di liburan kita yang berbarengan di awal tahun ini, berasanya udah lama dan kadang suka terbalik-balik urutan kemana dan dimananya.

Selain itu karena saat ini saya dan suami belum dikaruniai anak, saya mau suatu saat nanti anak saya bisa membaca diary perjalanan ibu ayah nya semasa dia belum lahir. Inilah 2 alasan utama mengapa saya memutuskan utk membuat blog ini. Menjadi bonus luar biasa jika ternyata banyak pembaca yang sedang mencari informasi mengenai suatu destinasi, dan mesin pencari Google menibakan mereka di blog saya, syukur2 mereka pun mendapatkan apa yang ingin mereka cari.

in Forks, the city of Twilight Saga

in Forks, the city of Twilight Saga

Cara traveling kamu backpacking, flashpacking atau luxury travel? Why?
Backpacking mah gak juga, malah kalau dihitung baru 2 kali traveling pake backpack yaitu saat ke Latin Amerika selama 2 bulan dan Flores Overland serta Wakatobi awal tahun ini yang juga dengan durasi 2 bulan. Sisanya seringnya malah koper tuh, saya paling gak tahan ama baju yang lecek atau baju yang itu lagi-itu lagi, berasa cranky aja gitu bawaannya, nah yg kek gini nih yg bikin Yvan bete banget hahah

But basically, either luggage or backpack buat kami berdua hanya sarana dan media untuk mempermudah aja kok, kan gak mungkin tuh turun naik bis di Nikaragua sambil gerek2 koper, atau hop on off pakai kapal dengan gotong2 koper, tentunya backpack lebih efisien dan mudah.

Apa tujuan wisata impian kamu dan kenapa pengen ke sana?
Duh banyak banget lah ya kalau wisata impian, semua pelosok dunia ini rasanya pengen didatangi semua.

Tapi memang kami masing-masing memiliki daftar nama destinasi yang pengen banget kita datangin in the earliest time, dan supaya lebih adil what is first, tiap tahunnya dibagi jatah tersebut, ex: tahun ini jatah saya pengen traveling ke Indonesia (Wakatobi & Flores), maka Yvan harus fair dengan pilihan saya. Dan untuk tahun depan jatah Yvan memilih destinasi yang ingin dia datangi, maka saya pun harus mengikuti pilihannya. Bakal kemana kita tahun depan? Snap..snappp coming soon:)

Sebutkan lima barang yang wajib kamu bawa setiap kali travelling
Febbie :
-Dokumen lengkap perjalanan kita berdua, kamera, iPhone, good mood, suami.

Yvan :
-Uang, kacamata minus, peta lengkap, journal book, istri


Terima kasih Febbie! Jangan lupa mampir ke blog dia dan follow her on twitter!

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply