Profil Traveler: Trinity

Di Moon Valley, Atacama Desert, Chile

Dikenal dengan julukannya sebagai The Naked Traveler, Trinity baru saja pulang dari jalan-jalan keliling dunia selama 1 tahun. Buku kumpulan cerita travelingnya ditelurkan pertama kali tahun 2007 dan sampai saat ini masih terus bertambah. Hobi jalan-jalannya dilakukan sejak dia masih kerja kantoran, hingga ‘pindah kapal’ ke pekerjaan yang berkaitan dengan traveling dan sekarang dia jadi freelance travel writer. Yuk simak tips-tips traveling dari Trinity!


Nama: Trinity

Twitter: @TrinityTraveler
URL (blog): Β naked-traveler.com

Kota Asal: Lahir di Sukabumi, pernah tinggal di 5 propinsi Indonesia + 1 di LN πŸ™‚

Domisili:Β Jakarta

Ceritakan sedikit tentang Trinity
Punya travel blog pertama & terpopuler di Indonesia sejak th 2005, udah nerbitin 8 buku travel yang semuanya best seller, including serial The Naked Traveler, menang award Indonesia’s Leading Travel Writer oleh Indonesia Travel & Tourism, 2x jadi participating author di Ubud Writers & Readers Festival, and so on and so on πŸ™‚ #narsis

Bersama Tony Wheeler, founder Lonely Planet di Ubud Writers & Readers Festival

Bersama Tony Wheeler, founder Lonely Planet di Ubud Writers & Readers Festival

Sekarang lagi sibuk apa sih?
Nulis buku The Naked Traveler 5 & mengurus ibu.

Kapan kamu mulai tertarik dengan dunia traveling dan apakah ada trigger yang membuat kamu ingin lebih berkecimpung di dunia traveling?
Sejak kecil kebiasaan diajak jalan-jalan ama keluarga, udah gede jadi tuman jalan-jalan sendiri. I’m living my dream now! Bisa hidup dari hobi jalan-jalan.

Dari sekian banyak pengalaman travelingnya, ceritakan tentang pengalaman paling berkesan waktu travelling itu di mana & kenapa?
Tidak ada traveling yg tidak berkesan. Yang paling berkesan ya ditulis di blog/buku. Baca aja deh blog/buku2 gue ya? πŸ™‚Β  Tapi kalo dipaksa harus jawab, ya paling berkesan #TNTrtw kemarin. Setahun keliling dunia ke 22 negara itu pengalaman baru banget, sampe skrg masih ga percaya I did it.

Trinity di Machu Picchu, Peru

Trinity di Machu Picchu, Peru

Aspek apa yang paling kamu suka saat traveling?
Being in strange places with strange people, setiap waktu ada pengalaman baru. It’s the best feeling!


Belum lama ini kan Trinity baru menyelesaikan RTW (keliling dunia selama 1 tahun), boleh share beberapa tips buat yang berminat untuk melakukan RTW juga.
Sebagai WNI kendala terbesar kita adalah visa, jadi rute bener-bener harus diperhitungkan karena visa ada expire-nya. Ga usah terlalu mikirin itinerary detil karena lama tinggal itu tergantung berapa lama visa dapat.
Soal duit, jangan membayangkan harus punya 1 milyar untuk RTW. Ingat, semakin slow kita berjalan maka semakin murah. Traveling jadi mahal itu karena kita punya keterbatasan waktu sehingga harus naik alat transportasi yg cepat dan setiap hari digeber pergi ke banyak tempat. Dengan jalan slow, masak sendiri, mengurangi/berhenti minum alkohol/merokok, doyan nawar, pasti jauh lebih murah. Biaya hidup pas RTW bisa jadi sama dengan pengeluaran sehari-hari di Jakarta kok. Jadi bedanya ya tempatnya aja.

Mencoba blowgun ditemani seorang kepala suku di hutan Amazon

Mencoba blowgun ditemani seorang kepala suku di hutan Amazon

Dalam RTW tsb Trinity ditemani oleh seorang sahabat (Yasmin). Pernah ada masalah atau mungkin ada perselisihan (baik kecil maupun besar) selama 1 tahun traveling bareng?
Ga pernah sama sekali. Yasmin sahabat sejak kuliah, tiap tahun pasti traveling bareng jadi udah saling ngerti. Kalo ada yang ga bener kita ga pernah saling menyalahkan satu sama lain, kalo sial ya diketawain aja, kalo salah 1 lagi bete ya diemin aja. Kita juga ga selalu bareng ke mana-mana kok karena minatnya beda dan itu gak apa-apa. Soal selera cowok juga beda banget, jadi ga pernah berantem.

Dari pengalaman tersebut mungkin bisa bagi-bagi tips untuk memilih travel partner yang baik supaya perjalanannya nyaman?
Lebih baik jalan sendiri daripada jalan sama orang yang salah. Persahabatan itu bisa diukur dari traveling bareng! Tipsnya bisa dicontoh di atas.

Di Moon Valley, Atacama Desert, Chile

Di Moon Valley, Atacama Desert, Chile

Sharing tips untuk mendanai RTW dong
Selain punya tabungan, juga kerja jadi kontributor di majalah-majalah. Intinya selama ada koneksi internet, gue bisa kerja cari tambahan. Lagian, royalti buku kan terus masuk meski lg tidur jg – makanya beli ya buku-buku gue! #teteppromosi. Sebagai pemegang paspor RI & ga punya visa kerja, kita ga bisa kerja di luar negeri.

3 lessons learned from RTW
1. Cewek pemegang paspor RI juga bisa RTW setahun!
2. Setahun itu cepat bgt berlalu! Gue sekarang ga takut untuk traveling 2 th, 5 th, 10 th, bahkan selamanya. The only limitation to reach your dream is yourself.
3. Cowok-cowok Latin itu HOT! *slurp*

Secara pribadi, Trinity suka traveling dengan gaya apa? (Planned/unplanned, backpack/luggage, solo/group)
Ga ada preferensi, selama bisa traveling ya hayu aja! The great affair is to move!

Bersama anak-anak di Cali, Kolombia

Bersama anak-anak di Cali, Kolombia

Apakah masih ada tujuan wisata impian yang bener2 pengen kamu datangin? Kalau ada, ke mana & kenapa pengen ke sana?
Di dunia ini ada sekitar 200 negara, gue baru ke 64 negara, jadi sisanya ya destinasi impian gue. Masih banyak ya!

Sebutkan lima barang yang wajib kamu bawa setiap kali travelling selain uang & paspor.
Smartphone, kartu ATM/kartu kredit, kaca mata item, bikini, universal adaptor.

Sebagai ucapan terima kasih atas kesediaannya dijadiin profil traveler bulan Mei, silahkan boleh promosi apa saja πŸ™‚
Terus beli buku-buku gue yaa untuk modal gue jalan-jalan nih, kan ntar jadi buku lagi! Baca blog naked-traveler.com, follow twitter & instagram @trinitytraveler, like di Facebook https://www.facebook.com/TrinityTraveler, nonton video2 perjalanan gue di http://www.youtube.com/user/thenakedtraveler. Tambahan, para cowok single yg mau jadi pacar gue, hubungi gue ya! #eaa


Terima kasih Trinity. Pastikan check out her blog and follow her on twitter dan Instagram!

Join the discussion 4 Comments

Leave a Reply