Tips Traveling Aman untuk Wanita

Apakah aman jika wanita traveling tanpa didampingi laki-laki? Dalam hal ini si wanita bisa saja traveling sendirian maupun berdua dengan teman wanita atau juga dalam kelompok yang isinya wanita semua. Intinya tidak ada laki-laki yang konon katanya pelindung wanita. Sebenarnya mungkin fungsi laki-laki saat traveling bukan hanya melindungi saat ada bahaya, namun juga katanya laki-laki lebih bagus dalam orientasi jalan & baca peta sehingga jarang tersesat. Katanya loh….belum tentu berlaku bagi setiap orang ๐Ÿ˜‰

Traveling Aman untuk Wanita

Traveling Aman untuk Wanita

Namun seiring dengan emansipasi wanita, kata siapa wanita tidak bisa aman bepergian tanpa laki-laki? Kami coba kumpulkan tips traveling aman untuk wanita dari para wanita yang suka traveling. Mudah-mudahan dapat memberikan semangat bagi para wanita yang mau berkecimpung di dunia traveling tanpa perlu selalu mengandalkan laki-laki. Bagaimana caranya kita sebagai wanita bisa independen dan menjaga diri saat traveling? Yuk simak Tips Traveling untuk Wanita dari para woman travelers berikut ini!

Bawa Senjata

Maksudnya bukan pistol atau senjata api lainnya. Saya selalu bawaย pepper sprayย atau pisau lipat kecil setiap traveling ke tempat/negara yg katanya ga aman (spt Amerika Latin), atau saat pergi malam hari, atau kapan dan di manapun saat merasa butuh proteksi. Meski akhirnya nggak pernah terpakai – amit2 jangan sampe – tapi dengan mengantonginya aja secara psikologis udah bikin kita lebih percaya diri dan berani. Asal diingat aja kalo naik pesawat jangan dibawa ke kabin karena pasti diambil petugas.

Trinity (@trinitytraveler)
naked-traveler.com

Tips ala @SwankyTraveler berkenaan dengan fashion

Pakai barang2 fashion yang nyaman untuk bergerak cepat (misal: lari) saat sedang traveling. Pada saat kita merasa keadaan kurang aman, kita bisa dengan cepat bergerak ke area lain tanpa hambatan dari benda2 yang kita pakai.

Jadi, hindari memakai:

  1. Sepatu hak tinggi, selain repot juga sakit kan utk dipakai jalan lama
  2. Rok mini super ketat, selain mengundang perhatian juga susah bergerak cepat/lari

Amalla Vesta (@SwankyTraveler)
theswankytraveler.com

Hati-hati keluar di malam hari

Tips dari kita sih kalo cuma cewek-cewek, hati-hati kalo kegiatan yang dilakukan pada saat malam hari. Kalau di negara-negara tertentu, keluar malam memang ga bermasalah seperti di Singapura. Tapi, ada destinasi tertentu yang mungkin kurang aman buat cewek keluyuran di malam hari, seperti di negera-negara Timur Tengah. Jadi, sewaktu beli tiket (bus, pesawa, kereta, feri), perhitungkan waktu tiba di destinasi. Kalaupun mau keluar malam, pastikan keadaan aman, ajak teman cowok, atau ajak teman lokal. Ga perlu takut keluar malam, tapi waspada boleh loh.

Indohoy (@indohoy)
www.indohoy.com

Selalu gunakan common sense

Artinya apa? Ya gunakan akal sehat aja.ย  Misalnya, jangan cari masalah dengan berjalan sendirian tengah malam di jalan kecil yang terilhat gelap atau sepi. Selalu usahakan untuk berada di keramaian, di tempat yang terang dan banyak orang. Jangan meladeni orang-orang yang sok akrab ngajakin ngobrol biarpun orangnya terlihat baik. You never know, right? Kalo ketemu yang seperti ini, menghindar saja dengan halus. Faktor keamanan pada umumnya berlaku universal, meskipun tidak selalu sama ‘aturan main’ di satu tempat dengan di tempat yang lain.

Venus (@venustweets)
venus-to-mars.com

Bekali diri dengan informasi

Saya adalah seorang flashpacker yang senang berpetualang, baik itu bepergian sendirian, dengan pasangan, teman-teman baru, sahabat-sahabat atau keluarga dekat. Satu tip yang saya sarankan dalam bepergian untuk wanita adalah, bekali diri kita dengan semua informasi lokasi tujuan wisata. Mulai dari informasi penginapan, transportasi, makanan & minuman, teman-teman atau saudara-saudara yang tinggal di lokasi sekitar, termasuk informasi mengenai rumah sakit, kantor polisi, KBRI hingga rute perjalanan yang akan kita lalui.

Sehingga apabila misalnya diperjalanan ada kendala atau masalah, bisa di antisipasi sebelumnya dan bisa dihadapi dengan tenang dalam memecahkan persoalan nya, karena informasi yang kita siapkan mengenai perjalanan kita sudah lengkap. Happy flashpacking!


Deedee Caniago (@deedeecaniago)
deedeecaniago.blogspot.com

Kalo jalan, pasang muka pede

Saat traveling sendirian, apalagi untuk perempuan, penting banget nih untuk selalu pasang muka pede kemanapun kita pergi. Meskipun nyasar atau bingung, jangan tunjukkan wajah bingung atau takut. Selalu jalan dengan wajah penuh percaya diri. Dijamin nggak bakal digangguin orang.

Sebaliknya, kalau kita menunjukkan wajah bingung/takut, itu akan menjadi sasaran empuk bagi orang-orang iseng maupun orang yang berniat jahat. Ketauan banget kalo kita itu turis!

Saya selalu traveling sendirian dan sejauh ini belum pernah diganggu orang. Pernah suatu hari di Pulau Phi Phi, aku lagi berdiri malam-malam menghadap ke pantai, ada cowok setengah mabuk menyapa dari belakang, “Hey.. are you alone?”. Dengan wajah jutek, aku menjawab, “What do you want?!!”. Cowok itu langsung ngeloyor pergi.


So, girls.. selalu pede dan jangan ragu-ragu untuk pasang tampang judes/jutek ketika ada orang yang coba-coba gangguin kamu!

Nila Tanzil (@nilatanzil)
www.nilatanzil.com

Once a month “red-alert” problem

Always, and I mean it, ALWAYS bring at least two woman pads or tampons during your travels. One pad to use when youโ€™re on your first day and the second to show to a non-English speaking local on where to buy them. Haha. I had the unfortunate experience trying to describe to a local in Tarzan language on what a pad looks like. She thought it was a TISSUE!!!

Zarah (@Jardness)
ignorantbrat.blogspot.com

Pelajari jenis scam yang ada

Pelajari scam-scam apa saja yang biasanya terjadi di kota tujuan sebelum keberangkatan, info nya banyak di internet dan buku panduan wisata, misalnya di La Ramblas Barcelona banyak yg pura-pura mengagetkan wisatawan bahwa di jaket atau bajunya ada kotoran burung, padahal orang tsb dan kawanannya sedang berusaha mencopet Anda. Dengan mempelajari jenis-jenis scam tersebut, kita pun otomatis akan alert.

Untuk para wanita yang suka aksesoris, lebih baik simpan di rumah selama traveling, walaupun palsu sekalipun, jika bling-bling terlalu menyolok, bisa membahayakan diri sendiri.

Fabiola Lawalata (@jalan2liburan)
www.jalan2liburan.comย 

Minum Pil KB

Tips ini memang terdengar aneh buat perempuan Indonesia ya, karena buat kita, seks itu tabu dan kalau bisa dihindari untuk dibahas. Ceritanya, seorang perempuan Jerman yang sedang nebeng di tempatku pada suatu malam meminum pil KB sambil menjelaskan kalau dia sudah lama tidak melakukan rutinitas minum pil KB. Lalu jadilah pertanyaan buatku, kenapa dia harus minum pil KB padahal tidak sedang dalam relationship. Penjelasan dia sangat masuk akal dan menarik.

Di dalam perjalanan, sendirian, kita ngga pernah tahu apa yang dihadapi. Salah satu kemungkinan terburuk adalah diperkosa. Diperkosa itu sudah menimbulkan trauma yang luar biasa, apalagi kalau sampai hamil dari perkosaan tersebut. Minum pil KB adalah bentuk sedia payung sebelum hujan.

Alderina (@alderina)
alderinagracia.com

Ikuti kata hati

Maksudnya kalau ngerasa ada yang ga sreg, coba dipikirin lagi. Kadang-kadang lebih baik turuti kata hati daripada menyesal kemudian. Waktu saya ikut CS gathering di Bangkok tahun 2010 yang lalu, saya kumpul-kumpul dengan 10 traveler dari berbagai negara. Dari acara ngobrol-ngobrol biasa sampai akhirnya bar-hopping. Dari acara bar-hopping, ada cowok asal Rusia yang ngajak buat lanjut ke apartemennya. Walaupun kurang yakin, semua orang setuju kemudian kami cari 2 taksi. Kebetulan saya 1 taksi dengan cewek Thai dan Filipina yang keduanya sudah saya kenal karena pernah hosting saya, ditambah si cowok Rusia.

Entah kenapa di jalan kami bertiga ngerasa ga enak hingga akhirnya salah satu dari kami bilang mau pulang saja karena ga enak badan. Saya dan teman yang satu lagi juga dengan semangat bilang mau pulang aja deh. Akhirnya taksi berhenti di pinggir jalan dan kami bertiga turun. Kami tidak bisa menjelaskan kenapa, tapi kami bertiga sama-sama merasa ga enak kalau harus ikut ke apartemen dia walaupun bukan cuma kita bertiga melainkan ada teman-teman lain di taksi lain. Ternyata oh ternyata….teman-teman di taksi lain juga entah kenapa bail out. Katanya mereka berubah rencana dan ga jadi ikut ke tempat si cowok Rusia itu.

Susan (@pergidulu)
www.pergidulu.com

Adakah yang mau bagi-bagi tips traveling aman lainnya? Silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini ๐Ÿ™‚

Join the discussion 7 Comments

  • kogni says:

    agak aneh sih jawaban cewek Jerman soal oral contraception pill, menurut aku dia lagi nggak mood jawab aja deh. Setauku, cewek2 bule selalu ngosumsi oral pills deh buat ngatur hormon.. gak hanya buat sexual active. Aku juga sering ngosumsi itu kalau hidup di luar, karena petugas farmasinya gak rese’.. dan ngosumsi pills itu bikin hormon ku lebih terkendali.. gak ngalamin PMS-ing… dan lebih teratur, kita tau kapan bulan depan haid datangnya.. misal malam, tiap2 tanggal segini pasti dapet… gitu sih, apalagi produk farmasi Jerman.. sangat terkenal.. lebih ama dan no side effect deh…

    • Alderina says:

      Iya sih kayanya dia emang bete ditanya hal personal begitu. Hahaha.

      Tapi terlepas dari dia mood dan ngga mood, jawaban dia cukup menarik dan menurut aku masuk akal sebagai bagian pencegahan kejadian apa-apa di jalan ๐Ÿ˜€

      • kogni says:

        hihi, jadi dia agak bete ya.. Kalo aku harap sih, pills ini disosialisasikan pada wanita2 Indo baik sudah bekeluarga apa masih single. Karena kalau udah ngosumsi ini, menurutku.. datang bulan gak perlu nungging2 lagi nahan sakit, ditambah datangnya bisa diatur jadi kita bisa siap2, dan yang paling aku suka nggak ngalami PMS, waktu aku ngosumsi ini,- emosi aku stabil banget.. nggak ngalamin Up and Down tiba-tiba.. nggak marah-marah terkontrol. Cuman yang aku baca, kalau lagi ngosumsi ini jangan merokok..

        Sedihnya di Indo, kalau kita beli ini dan masih single selalu dicurigai ๐Ÿ™

  • kogni says:

    Banyak lho manfaatnya, yang paling terkenal oral contraceptive pills merek Yasmin. Produk Jerman. Katanya, pills ini bisa mengurangi tumbuhnya sel kanker, juga berpengaruh ke kulit…

    sayang di Indo, harga pills ini mahal banget. Padahal, temen belanda aku beli pill ini per 6 bulan dengan hanya 5 euro untuk setengah tahun, kalau di SG.. dulu.. kira2 28 SGD per 28 hari.. (mahal sih..tapi belinya nggak merasa bersalah), kalau di Indo bakal ditanya2in deh… apakah udah menikah apa belum.. ๐Ÿ˜

  • yusmei says:

    Setuju dengan berjalan-jalan dengan muka pede. Dan yang gak kalah penting adalah coba berpikir positif bahwa banyak orang baik di luar sana, Tapi tanpa menanggalkan kewaspadaan.
    Salam kenal Susan dan Adam ๐Ÿ™‚

  • Berkaitan sama fashion juga sih mungkin. Intinya jangan mencolok – bahkan jangan terlihat (terlalu) seperti turis.
    Karena kalau sendirian dan terlihat bingung bolak – balik peta atau garuk – garuk kepala. wah ikan teri bagi kucing kelaperan banget.
    Waktu itu aku pernah Mbak emang agak kesel juga sama Pattaya yang ujannya nggak berhenti – henti, jadi kebingungan cari songthaew (baht bus) menuju terminal Pattaya dari tempatku berhenti, jadi aku sambil berteduh garuk – garuk kepala celingak – celinguk, mana persis berdiri di gerbang RED DISTRICT pula. Terus ada mas – mas Thailand deketin sok ramah, nawarin nemenin dan anterin. Tapi aku kabur aja langsung dan cari cara sendiri. Dalam hati mencak – mencak sendiri kok biasanya cool jadi panikan pas lagi sendirian. Hehe..
    Intinya sih jangan terlalu mencolok jadi turisnya :p
    Gitu aja mbak susan,

    Salam,
    @anilaalatas

Leave a Reply