Villa Monyet, Batu Karas – Tempat bersantai di tepi pantai

By July 4, 2012 Indonesia 9 Comments

Dalam setiap perjalanan, saya suka mencoba penginapan yang berbeda-beda kalaupun kembali ke kota yang sama. Batu Karas menjadi pengecualian. Sudah dua kali saya ke sana, sudah dua kali pula saya menginap di Villa Monyet. Jika ada kali ketiga, bisa dipastikan saya akan menginap di tempat yang sama. Mau tahu kenapa? Baca terus ya.

Villa Monyet bungalow

Villa Monyet bungalow

Lokasi Villa Monyet

Dininabobokan oleh bunyi debur ombak adalah salah satu kenikmatan tiada tara bagi saya. Pengalaman ini saya rasakan di Villa Monyet karena letaknya persis di seberang jalan dari pantai Batu Karas. Bukan, bukan di bagian pantai yang ramai dan banyak hotel. Kalau kita dari arah Pangandaran dan ketemu pantai Batu Karas di pertigaan, belok kanan adalah bagian pantai yang ramai. Untuk ke Villa Monyet, kamu belok kiri.

Hingga terakhir saya ke sana, awal tahun 2012, lokasi itu masih cukup sepi dan sedikit penginapan yang berdiri. Walaupun begitu, Villa Monyet nggak jauh dari keramaian. Warung terdekat dan deretan rumah makan bisa dicapai cuma dengan naik motor beberapa menit, begitu juga pantai tempat belajar surfing.

Beach at the front of Villa Monyet, Batu Karas

Beach at the front of Villa Monyet, Batu Karas

Kamar di Villa Monyet

Villa Monyet terdiri dari satu rumah induk dan tiga bungalow kecil (dan mungkin akan bertambah lagi). Rumah induk adalah tempat tinggal keluarga pemilik plus dua kamar yang disewakan. Semua bangunan di Villa Monyet berdinding beton namun beratapkan rumbia dan banyak area terbuka, sehingga nuansanya terasa alami.

Pertama kali ke sana, saya dan lima teman menginap di kamar yang besar. Tiga orang dari kami menyeret kasur ekstra ke balkon yang juga luas, lalu tidur di situ sampai pagi. Sangat nyaman karena saat itu angin sepoi-sepoi, tidak ada nyamuk, dan sinar matahari menyapa dengan ramah di pagi hari.

Villa Monyet - Rumah Induk

Villa Monyet – Rumah Induk

Kali kedua menginap di sana, saya tidur di bungalow halaman depan. Kamarnya memuat double bed dan bisa ditambah satu atau dua kasur ekstra. Jarak antar bungalow dekat tapi tidak ada jalan penghubung. Kita harus jalan memutar untuk mencapai bungalow satunya. Sepertinya bungalow-bungalow ini memang dirancang untuk tamu dalam grup-grup kecil, apalagi mengingat bahwa lebih banyak bule yang menginap di sini.

Hampir setiap kamar dilengkapi kamar mandi dengan shower. Sirkulasi udara terjaga baik karena kamar mandinya sedikit terbuka. Tenang, nggak bakal ada yang ngintip kok, kecuali mungkin monyet yang lagi manjat pohon kelapa. Untuk info harga dan lainnya, kamu bisa lihat di website Villa Monyet. Pemesanan kamar bisa lewat email, telepon, atau SMS. Saya sendiri waktu itu menggunakan email, telepon, dan SMS, sekedar untuk memastikan pemesanan diterima dengan baik karena kadang sinyal ponsel dan koneksi internet di sana kurang bagus.

Big room @ Villa Monyet, Batu Karas

Big room @ Villa Monyet, Batu Karas

Servis dan suasana di Villa Monyet

Di penginapan ala rumahan seperti Villa Monyet biasanya servis lebih ramah dan pemiliknya turun tangan langsung. Pemilik sekaligus pengelola Villa Monyet adalah Marianne, wanita Australia, dan pasangannya, Kang Nana, kerap berbaur dengan kami di common area sekedar untuk mengobrol. Dua anak mereka, yang masih kecil dan akrab dengan alam layaknya anak-anak lokal, pun kerap nimbrung dengan tamu-tamu vila.

Villa Monyet juga menawarkan paket wisata seperti melihat matahari terbenam dari atas bukit, bodyrafting di Green Canyon, dan lain-lain. Namun kebetulan waktu itu kami sudah memesan paket bodyrafting dengan operator lain. Niat melihat matahari terbenam pun urung karena keasyikan tidur di hammock..!

Villa Monyet balcony

Villa Monyet balcony

Makanan di Villa Monyet

Harga kamar di Villa Monyet sudah termasuk sarapan yang disajikan di pondok makan halaman samping. Pilihannya jaffle, pancake, atau roti buatan mereka sendiri. Terus terang rotinya terlalu keras bagi saya, tapi menu selain itu cukup enak. Di pondok itu juga ada dapur, dan waktu itu kami diizinkan memasak mi instan sendiri. Kurang homey apalagi, coba?

Villa Monyet barbeque dinner

Villa Monyet barbeque dinner

Makan malam khas Villa Monyet adalah barbecue yang harus dipesan sejak pagi. Nasi, ikan bakar, sayuran, dan lauk pauk lainnya disajikan di atas daun pisang yang tersusun memanjang. Sambal dan kerupuk tak lupa melengkapi santapan yang sangat Indonesia itu. Semua ‘peserta’ duduk berjajar menyantap makanan dengan tangan, termasuk tamu-tamu bule! Makanannya lezat, suasana akrab, dan penyajiannya seru!

Bisa dibilang, semua hal tentang Villa Monyet itu unik. Dari lokasi, bangunan, hingga makan malamnya pun unik. Semua itu tentunya bisa diduga sejak kita mendengar namanya yang juga unik! Harganya berubah-ubah sepanjang tahun, jadi kalau mau dapat harga spesial kami punya special deals dengan Agoda. Cek harga hotel dekat Batu Karas.

Kontak:

Nana (08226 0000 079) atau Ian (08786 1356 168)

Email: villamonyet@y7mail.com

Vira is a guest writer for Pergi Dulu. You can follow her on twitter @indohoy and read her blog at http://indohoy.com/

9 Comments

  • Tiplek says:

    Hari pertama di Batukaras menginap di Riversider. Hari kedua coba pindah ke Villa Monyet. Guess what? I looooove this place! Untuk harga yg sama (weekend 500rb), kualitas yg didapat beda jauh meskipun keduanya tipe penginapan alami. Di Villa Monyet, interior kamarnya bagus, stylish, bersih, luas. Bangunan sama-sama atap rumbia tapi di Villa Monyet bikinannya lebih rapi. Pancurannya kuat dan kamar mandinya besar. Ada personal touch bunga di kamar. Tidak perlu AC karena hawa laut cukup segar dan tidak lembab.

  • Tiplek says:

    Hari pertama di Batukaras menginap di Riversider. Hari kedua coba pindah ke Villa Monyet. Guess what? I looooove this place! Untuk harga yg sama (weekend 500rb), kualitas yg didapat beda jauh meskipun keduanya tipe penginapan alami. Di Villa Monyet, interior kamarnya bagus, stylish, bersih, luas. Bangunan sama-sama atap rumbia tapi di Villa Monyet bikinannya lebih rapi. Pancurannya kuat dan kamar mandinya besar. Ada personal touch bunga di kamar. Tidak perlu AC karena hawa laut cukup segar dan tidak lembab.

  • nana says:

    Terma kasih semuanya atas comment-nya. Saya senang kalau anda semua menikmati liburannya. Berenang ataupun untuk bersantai. Kita sekarang memasang air panas di setiap kamar mandi, jadi kalau habis berenang bisa memanjakan diri dengan hot shower. Kita juga banyak menambah Tanaman berbunga supaya lebih terasa asri . Terima kasih dari kami dan let’s keep the world green.

  • jonathan says:

    ada paket apa aja disana?dan harganya berapa?thanks

  • Tuk september 2014 berapa harganya per satu hari.terima lasih

  • Tarif harganya
    Tuk tahon ini

Leave a Reply

CommentLuv badge

%d bloggers like this: