10 Kuliner Bandung Enak yang Paling Dicari

Nasi Cikur Warung Inul

Bandung memang surganya kuliner, dari jajanan kecil sampai makanan di cafe maupun restoran. Berdasarkan pengalaman teman-teman non-Bandung yang sering main ke Bandung untuk cari tempat makan enak, kami membuat daftar makanan yang seringkali mereka cari saat mengunjungi Bandung. Tentunya ada banyak sekali makanan enak di Bandung, namun kami pilih 10 Kuliner Bandung yang enak dan paling dicari. Semoga bisa jadi panduan saat mau wisata kuliner di Bandung!

1. Batagor Bandung

Batagor ini sebenarnya merupakan singkatan dari ‘baso tahu goreng’. Batagor bandung ini yang pasti digoreng (ya iyalah) dan faktor enak biasanya dari olahan daging ikan, tahu dan sambalnya. Maklum, di Bandung banyak produsen tahu yang enak, makanya banyak batagor yang enak pula tahunya. Sambalnya biasanya berupa saus kacang dan kecap manis. Beberapa batagor yang terkenal di Bandung di antaranya: Batagor Abun (Jalan Lengkong Besar), Batagor Riri (Jalan Burangrang), Batagor Kingsley (Jalan Veteran) dan Batagor Sukajadi (Jalan Pasirkaliki), dan Batagor H. Isan (Jalan Bojongloa).

Batagor Bandung

2. Yamien Bandung

Yamien ini kuliner Bandung enak yang selalu saya kangenin kalau sedang tidak di Bandung. Definisi yamien bandung menurut saya adalah mie kuning yang direbus, ditiriskan kemudian diaduk-aduk dengan minyak dan kecap di dalam mangkok. Taburannya biasanya berupa daging ayam suwir ataupun cincang dan daun bawang, kadang ada juga yang pakai bawang goreng. Kuahnya bisa ditambah bakso, pangsit ataupun baso tahu. Yang agak tricky, kadang yamien ada yang pakai minyak babi untuk adukan mie-nya. Beberapa Yamien Bandung kesukaan kami: Mie Encek (Jalan Guntur), Bakmi Menara (TKI III), Mie Apin / Rainbow (Jalan Sukajadi) dan Mie Linggarjati (Jalan Balonggede). Beberapa tempat yamien enak lainnya yang terkenal: Mie Naripan, Bakmi Aloi (khas Palembang – non halal), Mie Rica Jalan Kejaksaan (non-halal).

Yamien Bandung

3. Nasi Kuning Pasirkoja

Kalau biasanya nasi kuning banyak dicari untuk menu sarapan, Nasi kuning Pasirkoja ini malah baru jualan di malam hari sampai sekitar jam 1-2 pagi. Menariknya, ada 2 tempat nasi kuning enak yang sama-sama jualan di Jalan Pasirkoja. NKP Kiri baru buka sekitar jam 9 malam, lokasinya dekat sekali dengan persimpangan Jalan Terusan Pasirkoja dan Jalan Kopo, di sebelah kiri (searah). Sayuran yang bisa dipilih: rendang, tahu, telur balado & telur rendang serta sambal oncom. NKP Kanan buka sedikit lebih awal yakni sekitar 8.30 malam, lokasi di sebelah kanan Jalan Pasirkoja sebelum persimpangan dengan Astana Anyar. Di sini bisa pilih mau pakai nasi uduk atau nasi kuning, Sayurannya pun lebih banyak pilihannya: rendang, telur, tahu, sayur waluh (labu siam), kentang kotak, soun goreng, tempe, dan sambal. Bonusnya di sini ada kentang kering.Nasi Kuning Pasirkoja (kiri)

4. Perkedel Bondon

Agak malu menyebut nama perkedel ini keras-keras, namun memang begitulah nama populernya. Konon diberi nama itu karena jualannya malam-malam saat para bondon bekerja. Lokasi makanan Bandung enak ini di Stasiun Hall, masuk dari Jalan Otista, di salah satu warung nasi yang kalau malam di atas jam 10.30 sudah ramai antriannya. Biasanya mereka mulai menggoreng jam 11 malam. Pokoknya begitu datang harus langsung ambil nomor antrian. Yang bikin perkedel ini enak adalah kombinasi tekstur garing di luar dan lembut di dalam. Terakhir beli harganya Rp 8.000,- untuk 5 butir. Jangan kaget kalau orang-orang beli berpuluh-puluh butir karena memang sekali kunyah ga akan bisa berhenti.Perkedel Bondon

5. Nasi Kalong

Banyak yang bilang kalau Nasi Kalong ini kuliner Bandung yang over-rated, entah karena banyak foto artis yang pernah datang berkunjung ke sana atau karena tempat makan yang satu ini kadang antrinya bisa mengular sampai ke jalanan. Menurut kami, sejujurnya nasi kalong ini walaupun agak mahal tapi memang enak. Yang jadi daya tarik katanya sih nasi hitamnya, yang sebetulnya tidak ada rasa khusus. Justru side dishesnya yang bikin kombinasinya enak. Sayur yang paling dicari adalah buncis bakar. Sebenarnya tumis buncis biasa, namun saat menumis sampai agak hangus-hangus sedikit jadi wangi. Selain tahu tempe bacem juga banyak daging berbumbu seperti honey crispy chicken dan gorengan lainnya. Lokasi Nasi Kalong ini di Jalan Riau (R.E. Martadinata) 102, buka sekitar jam 7 malam sampai jam 3 pagi.

Nasi Kalong

6. Martabak Bandung

Di luar Bandung sering dikenal dengan nama Martabak Bandung atau Martabak Terang Bulan. Tapi sebagai orang Bandung sih saya menyebutnya Martabak Manis saja. Dari awalnya isi gula dan kacang, saat ini variasi martabak Bandung sudah sangat beragam mulai dari adonannya yang pakai pandan, kopi, green tea hingga isiannya yang pakai toblerone, nutella, kitkat, dll. Beberapa tempat makan martabak yang terkenal di Bandung: Martabak San Fransisco (Jalan Burangrang), Martabak Canada (Kebon Kawung), Martabak Nikmat (Andir), Martabak Good (Cibadak) dan Martabak Mr. Black dengan adonan coklat/kopinya di Abdurrahman Saleh.

Martabak Coklat Mr. Black

7. Kupat Tahu Gempol

Sebenarnya kupat tahu ada banyak tersebar di seluruh penjuru Bandung. Kuliner Bandung enak ini tipenya ada yang pakai saus kacang ada yang lebih berkuah. Yang cukup terkenal di Bandung salah satunya Kupat Tahu Gempol yang berlokasi di Pasar Gempol, Jalan Gempol Wetan. Saus kacangnya sangat halus teksturnya dan rasa kacangnya sangat kental. Kerupuk pink yang garingnya juga pas banget untuk menyeimbangkan tekstur keseluruhan makanan tersebut. 1 porsinya dibandrol Rp 15.000,-, buka dari pagi hingga kurang lebih jam 11 siang saja.

Kupat Tahu Gempol

8. Ambokueh (non-halal)

Makanan Hokkien ini terbuat dari kue berbahan tepung beras yang diiris-iris kemudian dicampur dengan irisan lapcheong (sosis babi), ngohiong (olahan daging babi dan ikan/udang), tahu goreng, telur kecap, cakue (kadang-kadang) dan timun. Setelah itu disiram dengan kuah kental dan sedikit cuka. Saat ini penjual ambokueh sudah agak jarang, namun makanan enak Bandung ini masih bisa ditemukan di Jalan Kebonjati, GOR Pajajaran dan Setiabudi Supermarket (di sebelah konter Mie Anugrah di lantai yang ada Periplus).

Ambokueh Kebonjati

9. Nasi Tutug Oncom

Asalnya dari Tasikmalaya, Nasi Tutug Oncom ini banyak ditemukan di rumah makan khas Sunda. Perpaduan nasi yang dicampur oncom saja sudah nikmat, apalagi ditambah ayam goreng, tahu tempe, lalapan dan sambel. Salah satu tempat makan yang recommended untuk makan Nasi Tutug Oncom di Bandung adalah di Sangrai, depan FO Heritage, masuk dari Jalan Banda. Di sana ayam gorengnya bisa diganti burung puyuh yang memang specialty menu di Sangrai.

Nasi Tutug Oncom


10. Nasi Cikur

Dari namanya saja sudah jelas makanan Sunda karena cikur adalah bahasa Sunda dari kencur. Sebenarnya sederhana saja nasi cikur ini adalah nasi yang dicampur dengan bumbu-bumbu dapur dengan komponen utamanya cikur. Nasi cikur bisa dipadukan dengan tumis sayur, ayam goreng/bakar, gepuk, lalapan dan sambal. Salah satu warung di Bandung yang menu spesialnya nasi cikur adalah Warung Inul di daerah Dago Resort. Sudah 2 kali pindah tempat, lokasi terakhirnya saat ini dekat Marbella Suite Hotel di area Dago Resort. Buka setiap hari jam 7.00 – 21.00.


Nasi Cikur Warung Inul

Sementara 10 dulu ya daftar makanan enak yang paling dicari Bandung. Nanti kapan-kapan kami tambah lagi. Selamat menikmati wisata kuliner enak di Bandung!

Join the discussion 8 Comments

Leave a Reply