12 Dessert & Cake Unik di Jepang

By September 5, 2017 February 24th, 2018 Jepang
Dessert & Cake Unik Di Jepang

Sebagai seorang yang suka manis-manis alias sweet tooth, Adam selalu semangat cari cake atau dessert ke manapun kami traveling. Juli – Agustus 2017 kemarin kami ke Jepang selama 10 hari dengan mengunjungi 3 kota di Golden Route — Tokyo, Kyoto & Osaka. Karena ini pertama kalinya kami ke ketiga kota tersebut, kami sangat semangat pengin tahu makanan yang ada di sana, khususnya dessert dan cake.

Dessert dan cake apa saja yang berhasil kami cicipi dalam 10 hari di Jepang? Simak daftarnya berikut ini:

1. Good Town Doughnuts

Good Town DoughnutSnack pertama yang kami coba di Tokyo: Donat! Kami nemu ini dari foursquare sih. Keliatannya lagi trendy banget. Pas ke sana memang banyak yang beli donat sambil foto-foto (lama) di depannya. Karena baru makan siang, kami cuma coba 1 donat aja. Yang paling unik karena jarang nemu rasa seperti itu (tapi mungkin di Amerika lumayan populer kombinasi ini) — Bacon & Maple Syrup (non-halal). Teksturnya agak mirip Krispy Kreme, agak berat dan tidak seringan JCo. Tapi kombinasi rasanya sih mantap, gurih-gurih manis plus kriuk-kriuk crispy bacon-nya.

Harga: 440 Yen
Lokasi: 6-12-6 Jingumae, Shibuya, Tokyo

2. Dolci Silkream

Dolci SilkreamPenampakannya mungkin terlihat seperti ice cream cone biasa, tapi tekstur es krimnya lembut, creamy dan rasanya milky banget. Serasa makan es krim rasa susu kental manis 😉 Selain es krimnya, wafer cone-nya juga istimewa. Teksturnya renyah dan crumbly banget begitu digigit. Kalau makan ini harus cepat karena es krimnya lumayan cepat lumer. Tapi rasanya enyaaakk banget!

Harga: 515 Yen
Lokasi: Dolci Cafe Silkream, Shibuya

3. Matcha Souffle Pancake + Tonkatsu Sandwich di Hoshino

Matcha Souffle PancakeAlasan ke sini sebenarnya bukan cuma buat ngopi, tapi pengen coba souffle pancake yang penampakannya menggiurkan itu. Kami pernah coba souffle pancake di Kaohsiung (Taiwan), tapi memang sepertinya ini Japanese style, jadi wajib dicoba di Jepang. Kami pesan Matcha Souffle Pancake, adonan pancake-nya hijau karena dicampur mathca, toppingnya pakai 1 scoop es krim matcha, 1 scoop whip cream, 2 butir mochi dan sejumput ogura (red bean) paste plus taburan bubuk matcha lagi. Begitu dipotong, pancake-nya empuk banget.Tonkatsu SandwichSelain matcha souffle pancake, kami juga tergoda dengan Tonkatsu Sandwich-nya (non-halal). Idenya sih sederhana, roti isi pork katsu. Tapi crumb dari katsunya renyah banget dan dagingnya pun masih juicy. Ditambah lagi soy sauce serta salad kol dan mayonaise, jadi tambah enak komnbinasi rasanya.

Harga: 2.280 Yen untuk 1 cappuccino, 1 pancake & 1 sandwich
Lokasi: Hoshino Coffee, Shinjuku

4. Dominique Ansel

What A MelonNama ini tentunya tidak asing lagi. Setelah menghebohkan dunia dengan kreasi Cronut-nya, kali ini Dominique Ansel bikin heboh dengan seasonal item tahun ini: What-A-Melon dan Corn Ice Cream. Tadinya pengen coba dua-duanya, tapi karena cake yang lainnya juga banyak yang menarik, akhirnya kami pilih What-A-Melon dan 1 cake yang dikasih nama Paris-Tokyo.

What-A-Melon ini adalah es krim semangka yang disajikan pakai sepotong buah semangka segar dan untuk detailnya masih ditambah coklat yang dibentuk menyerupai biji semangka. Es krimnya agak asin untuk menyeimbangkan rasa manis dari semangkanya. Bahkan dikasih lagi sebotol kecil sea salt tapi kami sih ga ditaburin garam lagi.Paris TokyoParis-Tokyo merupakan cake dengan elemen utama matcha dan passionfruit. Tapi sebagaimana produk-produk Dominique Ansel lainnya, cake-cake di sini dibuat sangat complicated dan detail. Bicara tentang harga, memang agak mahal untuk sepotong kue ataupun es krim, tapi menurut kami worth it untuk dicoba karena produknya berkelas banget.

Harga: 1.783 Yen untuk 1 ice cream & 1 cake
Lokasi: Dominique Ansel Omotesando, Shibuya, Tokyo. (cabang lain: Ginza)

5. Japanese Ice Ouca

Japanese Ice OucaBanyak yang jual es krim di Jepang, apa istimewanya Japanese Ice Ouca ini? Di sini rasa es krimnya aneh-aneh. Selain matcha yang udah jadi standar es krim di Jepang, ada rasa fried dough cookies, pumpkin, banana, tomato, melon, suika hyouka (yang entah rasa apa), soy bean & brown sugar.

Akhirnya kami pilih kombinasi 3 rasa: brown sugar & roasted green tea; cherry blossom & red bean serta suika hyouka (yang kayaknya sih rasa semangka…haha!). Uniknya, di sini dikasih salted seaweed yang katanya untuk dimakan setelah makan es krim. Rasanya…asiiiinn!! Tapi jangan khawatir, di sini juga disediain teh panas gratis (self-service).

Harga: 400 Yen untuk 1 cup 3 rasa
Lokasi: Ebisu, Shibuya, Tokyo

6. Suzukien Asakusa

Suzukien AsakusaIni menurut kami salah satu dessert yang paling menarik meskipun bentuknya cuma es krim. Yang bikin menarik adalah mereka punya es krim matcha dengan 7 level intensitas yang berbeda. Dari level 1 yang ringan hingga yang paling pekat dan premium di level 7. Karena penasaran tentu saja kami coba yang level 7. Warna hijaunya pekat banget. Begitu dijilat memang ada sedikit rasa pahit, tapi masih tertutup dengan keseluruhan rasa manis es krimnya koq.

Selain rasa matcha, ada juga beberapa rasa lain yang juga unik, di antaranya hojicha (roasted green tea), brown rice tea, Japanese black tea dan black sesame. Intensitas dari masing-masing gelato sangat tinggi sehingga rasanya mantap. Recommended banget!

Harga: 680 Yen untuk 2 scoop (1 premium Matcha + 1 Black Sesame)
Lokasi: Suzukien Asakusa, Tokyo

7. Shirotae

Shirotae TokyoBuat penggemar cake, bisa coba mampir ke sini. Di Shirotae ini ada berbagai cake unik. Kami sempat coba 2 macam: white cheese cake dan creme caramel cake. Ngga tau namanya apa sih, itu kami asal aja ngasih nama berdasarkan rasa dari cake tersebut. Cake di sini ukurannya ga terlalu besar jadi ga bikin eneg. Komposisinya ga terlalu rumit tapi taste-nya pas. Kalau mau makan di tempat juga bisa tapi waktu itu kami take-away karena masih kenyang. Dus untuk take-awaynya dikasih bungkusan isi semacam dry ice supaya cake-nya tetap segar. Very high quality cakes!


Harga: 610 Yen untuk 2 cake
Lokasi: Shirotae Akasaka, Tokyo (cabang lain: Roppongi)

8. Tokyo Banana

Tokyo BananaBagi sebagian orang, mungkin ini sudah biasa banget. Tapi buat yang pertama kali ke Jepang khususnya Tokyo, bolehlah coba snack khas Tokyo ini. Bentuknya seperti pisang, terbuat dari bolu yang teksturnya halus dan lembut banget. Di dalamnya isi vla/custard rasa pisang. Saat ini sudah banyak juga variasinya, ada yang bolunya kombinasi coklat, dll. Tokyo Banana ini mudah didapatkan di berbagai toko oleh-oleh di pasar ataupun kios-kios di stasiun kereta.

Harga: 483 Yen untuk 1 pak isi 4
Lokasi: di stasiun Shinkansen, Tokyo

9. Matcha Parfait Saryo Tsujiri

Matcha ParfaitBuat nyoba dessert ini perjuangan banget, sampe harus bolak-balik ke sini karena malem pertama ke sini keburu tutup (mereka last order 1.5 jam sebelum cafenya beneran tutup). Besoknya sengaja ke sini siang-siang….wuih…antrinya sampe ke jalanan padahal cafenya ada di lantai 2 dan 3. Tapi majunya lumayan cepet koq.

Matcha Parfait ini pada dasarnya adalah sebuah gelas tinggi yang diisi dengan berbagai elemen mulai dari es krim matcha, mochi, matcha jelly, matcha whipped cream, bean paste, agar jelly cube, matcha syrup, dll.  Ada beberapa pilihan parfait dan kami pilih yang paling komplit, ada 11 elemen di dalamnya — namanya Tokusen Tsujiri Parfait.

Matcha Parfait ini lumayan trendy di Jepang, tapi seperti di Saryo Tsujiri ini yang paling rame karena mereka memang specialty-nya jualan matcha dan berbagai produk green tea lainnya. Kalo ga salah di Tokyo juga ada dan di Kyoto ada beberapa cabang.

Harga: 1383 Yen
Lokasi: Saryo Tsujiri Gion Honten, Kyoto

10. Nicotto & mam Donut

Nicotto And Mum DonatLagi-lagi nemu donat ini dari foursquare. Penampakannya lumayan cantik & menggoda. Pilihan rasanya sih cukup simple: mocha, coconut, peanut, chocolate & honey lemon. Kami pilih yang strawberry serta green tea with white chocolate. Donatnya lumayan empuk dan ga terlalu berat.

Sayangnya kalau mau duduk di sini harus beli minum masing-masing 1 per orang. Padahal waktu itu tempatnya lagi kosong juga. Jadinya kami makan di pinggir jalan aja soalnya waktu itu lagi kenyang dan males dipaksa minum cuma gara-gara pengen icip donatnya.

Harga: 190-220 Yen (tergantung rasa)
Lokasi: Kurumayacho Street, Kyoto

11. Melon-Pan Ice Cream

Melon Pan Ice CreamWaktu jalan-jalan di Dotonbori Night Market ga sengaja liat ada truck makanan yang antriannya panjang banget. Setelah diselidiki, ternyata mereka jualan es krim yang dibalut pakai roti. Rotinya memiliki bentuk seperti melon, bulat dan ada tekstur kasar di luarnya. Makanya dinamakan Melon-pan atau alias roti melon.

Keistimewaan melon-pan ice cream ini menurut kami memang ada di rotinya yang freshly baked. Antriannya panjang gara-gara nunggu rotinya mateng. Makanya pas rotinya diisi es krim, masih kerasa hangat rotinya. Tekstur luarnya garing crumbly tapi dalamnya lembut banget. Yang paling standar adalah diisi es krim vanilla, tapi ada beberapa variasi es krim lainnya yang harganya jauh lebih mahal.


Harga: 400 Yen untuk melon-pan isi vanilla ice cream
Lokasi: Dotonbori night market, Osaka

12. Pikachu McFlurry (seasonal)

McFlurry PikachuYang ini gampang-gampang susah nemunya. Gampang karena ada di McDonalds di seluruh Jepang. Susah karena katanya limited dan cuma tersedia sampai September 2017 aja. Pikachu McFlurry ini mengambil tema Choco Banana. Jadi McFlurry-nya dicampur bubuk coklat dan ditambah beberapa potongan frozen banana juga. Rasanya gimana? Ga usah ditanya lagi. Kombinasi rasa coklat + pisang itu udah paling mantap.

Harga: 290 Yen
Lokasi: McDonalds Jepang

Nah, sekarang lumayan ada ide kan kalo lagi jalan-jalan di Jepang dan pengen makan yang manis-manis? Tinggal pilih aja yang sesuai selera. Simak juga video yang sudah kami buat tentang Dessert in Tokyo!

Leave a Reply