Ada Apa di Pesisir Timur Bintan?

Pemandangan Pantai Di Bintan Spa Villa

Kalau kamu berencana untuk keliling Pulau Bintan, kamu wajib memasukkan pesisir timur Bintan ke dalam itinerary kamu karena di sini sangat tenang dan merupakan bagian yang cantik dari Pulau Bintan serta punya atmosfer yang berbeda dibandingkan bagian lainnya di Pulau Bintan. Pesisir pantai yang sangat panjang, berhiaskan pasir putih, kampung nelayan yang damai serta banyak hal lainnya yang bisa dilihat dan dilakukan.

Kampung Panglong

Panglong Village BintanDi ujung paling utara dari pesisir timur Bintan ada sebuah kampung nelayan yang dikenal dengan nama Kampung Panglong, sebuah gambaran menarik untuk melihat bagaimana kehidupan orang laut pada masa kini. Kampung nelayan yang santai ini dibangun di atas dermaga dan berjejer ke arah laut di mana para nelayan pergi mencari ikan setiap harinya sebagai mata pencaharian.

Berjalan mengelilingi kampung kecil ini merupakan cara yang sangat bagus untuk berinteraksi dengan warga lokal dan melihat bagaimana mereka hidup sehari-harinya. Mempesona sekaligus mengingatkan kita untuk selalu rendah hati.

Pantai Trikora

Pantai Trikora BintanBergerak ke arah selatan pesisir timur dari Kampung Panglong, kita mulai memasuki area yang dikenal dengan nama Pantai Trikora. Di sini pantainya putih cerah, airnya biru dan atmorfer kehidupannya pun sama santainya dengan Kampung Panglong.

Yang bagus dari pesisir Pantai Trikora ini adalah kamu bisa jalan pelan-pelan dengan santai sambil mampir di kampung-kampung yang ada di sepanjang jalan atau berhenti kapan pun kamu mau kalau lihat ada pantai lokal yang bagus dan ingin main air sebentar.

Pembuat Perahu

Pembuat Perahu Di Bintan TimurKalau kamu datang dari arah utara untuk menjelajahi pesisir timur Bintan, salah satu hal menarik yang bisa dikunjungi adalah bapak pembuat perahu yang membuat perahu sesuai pesanan. Dia membuat perahu di kebun depan rumahnya yang berlokasi di Pantai Trikora sektor 4. Tradisi membuat perahu kayu ini sudah diasah selama bertahun-tahun hingga bapak ini terlihat sangat santai mengerjakan pesanan perahunya dan bisa modifikasi sesuai permintaan.

Kami lumayan lama mengamati bapak ini menyerut dan membentuk kayu, memasang paku serta menjepit beberapa bagian badan perahu untuk membuat perahu sesuai yang diinginkan. Kebetulan juga bapak pembuat perahu ini punya beberapa saung di pinggir pantai yang bisa disewa.

Saung-saung di Pantai Trikora

Saung Saung Di Pantai Trikora BintanDi Pantai Trikora sektor 4 tepat di depan pembuat perahu ada sederet saung yang berjejer di sepanjang garis pantai. Saung-saung ini merupakan platform beratap dengan sisi terbuka dan menghadap ke arah laut, biasanya digunakan untuk leyeh-leyeh saat main-main di pantai seharian. Kami melihat orang-orang menggunakan saung ini untuk piknik, menyimpan barang-barang saat main di pantai, dan bisa juga dipakai untuk tidur sejenak sambil ngadem dari teriknya matahari. Tempat yang menyenangkan untuk tidur siang!

Saung-saung ini bisa disewa dari masing-masing pemiliknya dengan harga Rp50.000 seharian dan mereka juga bisa menyediakan makanan atau minuman kalau kamu merasa lapar atau haus.

Grotto Santa Maria

Jalan Salib Grotto Santa Maria BintanGrotto Santa Maria atau biasa dikenal juga dengan istilah Gua Maria adalah sebuah situs religius umat Katolik yang dikunjungi oleh para peziarah dari seluruh penjuru Indonesia, namun juga sangat dikenal terutama di antara paroki lokal khususnya saat akhir pekan. Jalan masuk ke situs ini diawali dengan Jalan Salib, sebuah jalur jalan kaki melewati hutan di mana terdapat diorama kisah penyaliban Yesus Kristus. Jalan Salib itu sendiri sangat menarik, namun di ujungnya ternyata masih ada sebuah kapel yang unik.

Gerejanya agak kecil, namun sangat rapih dan terawat. Susasana di sana sangat tenang dan damai. Bangunan luarnya dicat warna pink dan putih serta terdapat pula beberapa patung tokoh religius di jendela dan beberapa salib di atap menaranya. Sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi.Grotto Santa Maria BintanTidak jauh dari gereja itu terdapat Gua Maria-nya, di dalamnya ada patung Bunda Maria yang berdiri di atas bola dunia. Di altar di depannya terlihat bunga dan lilin yang ditinggalkan oleh pengunjung yang datang sebagai lambang doa. Sebuah akhir dari perjalanan singkat menyenangkan yang bisa dinikmati baik oleh umat Katolik ataupun yang bukan Katolik.


Pizzeria Casa Italia

Pizza Di Pizzeria Casa Italia BintanSalah satu hal yang agak tidak biasa di Pantai Trikora adalah adanya Pizzeria Casa Italia, sebuah tempat makan pizza Italia otentik yang berada di depan pantai pasir putih yang cantik. Pizza di sini dibuat oleh seorang ibu asal Italia yang pindah ke sini bersama suaminya bertahun-tahun yang lalu.

Kami sudah coba pizzanya dan bisa bilang kalau memang pizzanya ala Italia banget. Kami memesan beberapa traditional style thin crust pizza yang langsung habis dalam sekejap. Kalau kamu suka pedas, cobain deh Pizza Cabai-nya. Kalau tidak suka pedas, pizza bawangnya juga enak banget. Sederhana tapi nikmat.


Bintan Spa Villa

Dermaga Bintan Spa VillaBergerak terus ke selatan dan menjauhi Pantai Trikora, kamu akan tiba di Bintan Spa Villa di area Teluk Bakau, sebuah resort pinggir pantai yang punya kamar-kamar bagus dengan harga yang bagus. Kami beruntung bisa menginap di salah satu kamar yang berada di atas air dan memiliki balkon yang menghadap laut serta ada jacuzzi-nya. Sungguh sebuah kebahagiaan!Jacuzzi Di Bintan Spa VillaKamar-kamar di sini memiliki pesona tradisional buat mereka yang  menikmati area lokal di sekitarnya. Namun meskipun ada rasa tradisional, kamar-kamar di sini sangat modern dan mewah, terutama kalau kamu bisa menikmati outdoor spa bath sambil memandangi laut.

Kalau kamu roadtrip ke pesisir timur Bintan dan butuh tempat menginap, kami sangat merekomendasikan tempat ini. Lebih bagus lagi kalau menginap lebih dari satu malam supaya bisa santai-santai di daerah sini.

Teluk Bakau Bay View Seafood Restaurant

Tepat di sebelah Bintan Spa Villa ada Teluk Bakau Bay View Seafood Restaurant, salah satu tempat makan seafood favorit kami di Bintan. Tempatnya sederhana namun mereka menyajikan seafood segar dengan atmosfer restoran dan harga yang sulit dikalahkan oleh tempat seafood lainnya.

Kami pesta makan seafood di sini dan totalnya masih tergolong sangat murah. Sepiring remis harganya cuma Rp30.000 dan sepiring udang goreng mentega Rp90.000. Segar, murah dan sangat enak. Kalau kamu sedang tidak ingin makan seafood, di sini juga ada pilihan menu non-seafood seperti ayam goreng, nasi goreng dan berbagai tumis sayuran.Telok Bakau Bay View Seafood RestaurantKami makan di bangunan utama dari restoran, namun selain itu tersedia juga saung-saung di dekat pantai yang bisa dipakai kalau kamu mau makan di sana. Kami sempat melihat beberapa pengunjung yang makan di saung-saung tersebut di malam hari. Tapi sepertinya lebih enak di siang hari kalau mau makan di saung karena pemandangan pantai di sini sangat cantik.

Kami sangat terkesan dengan pesisir Timur Bintan karena di sana sangat santai, alamnya cantik dan pengunjung bisa berinteraksi dengan warga lokal. Kalau kamu memang sudah berencana jalan-jalan ke Bintan, coba masukkan pesisir Timur Bintan ke dalam jadwal kamu meskipun cuma untuk satu hari day trip. It’s worth it! ­čśë

Leave a Reply