Adhisthana: Hotel Budget Stylish yang Lagi Hits di Jogjakarta

By August 29, 2017 February 24th, 2018 Indonesia

Karena udah lama banget gak ke Jogja, kami akhirnya berencana untuk menginap di tempat-tempat yang lagi hits di sana. Sekitar 2 minggu sebelum berangkat, kami iseng tanya-tanya di IG story @pergidulu, minta rekomendasi budget hotel yang bagus di Yogyakarta. Ada beberapa nama yang beberapa kali disebutkan dalam rekomendasi para follower kami, namun yang paling banyak disebut adalah: Adhisthana.

Penasaran dong dengan review hotel yang katanya lagi hits di Jogja ini. Yuk, simak pengalaman kami menginap 1 malam di sana ๐Ÿ™‚

Bangunan Adhisthana Hotel

Biasanya kami jarang bahas bangunan hotel, tapi dalam kasus Adhisthana Hotel ini justru bangunannya yang menjadi salah satu daya tarik utama. Hotel ini sebetulnya berupa rumah besar bergaya klasik yang didandani cantik dengan dekorasi classy. Tampak depan hotel sudah menarik perhatian dengan adanya satu sisi tembok yang menampilkan jendela kayu jadul ala Potato Head di Bali. Spot ini tentu wajib diabadikan dalam foto, meskipun pada akhirnya kami ย ga sempat foto sama sekali karena selalu ada mobil yang parkir di depannya….hiks.

Begitu masuk pintu depan, langsung disambut meja resepsionis di sebelah kiri dan kursi sejenis bale-bale di depannya. Area lounge lumayan besar, ada beberapa area duduk terpisah yang dilengkapi dengan sofa empuk dan dekorasi lampu-lampu di dalam sangkar burung. Area tersebut terasa banget seperti rumah zaman dulu karena ada pilar-pilar melengkung sebagai pemisah ruangan.Lounge Di Adhisthana HotelDari area lounge ada area outdoor kecil di atas platform kayu yang juga bisa dipakai untuk nongkrong-nongkrong. Dari sana kami lanjut menuju lantai atas menggunakan tangga.Yep, walaupun ga ada lift, hotel ini cuma terdiri dari 3 lantai koq ๐Ÿ˜‰ Di lantai 2 ada area teras yang salah satu temboknya juga dihiasi dengan daun jendela jadul (eh ini jendela apa pintu ya? Soalnya ada yang agak memanjang bentuknya. Kayaknya ada yang jendela ada yang pintu deh). Kesimpulannya, keseluruhan sudut bangunan Adhisthana hotel sangat cantik dan oke banget kalau mau foto-foto ๐Ÿ™‚

Kamar di Adhisthana

Kamar di hotel ini bisa dibilang simple, tapi enak dilihat. Ada bedside table di satu sisi ranjang, dengan lampu baca di atasnya. Di pojok ruangan juga ada sebuah kursi serta meja rias dengan kaca. Tersedia juga lampu baca di sisi ranjang dan sebuah lampu berdiri di sudut kamar.

Ranjangnya besar, empuk dan terlihat bersih karena menggunakan linen putih. Sandaran ranjang dan sarung bantal cushion dipilih yang bernuansa batik supaya terasa unsur tradisionalnya. Di tembok depan ranjang terpasang TV layar datar lengkap dengan saluran internasional.Kamar Di Adhisthana Hotel JogjaUniknya, pintu kamar di Adhisthana ada 2 lapis. Pintu kayu di bagian luar dan pintu kaca di bagian dalam. Masing-masing kamar juga dilengkapi keamanan dengan kunci elektronik. Dari dalam ada gorden lagi untuk menutup pintu kacanya. Jadi kadang dari dalam suka bingung nyari pintunya di sebelah mana karena tertutup gorden ๐Ÿ˜‰Kamar mandinya cukup sederhana, satu ruangan untuk wastafel, toilet dan shower. Area showernya cuma dibatasi kaca setengahnya dan tidak punya pintu tertutup, jadinya kadang airnya nyiprat ke dekat area toilet duduk. Meja wastafelnya cukup besar dan ada kaca besar juga di atasnya. Amenities dibungkus sederhana dengan isi sabun, sikat gigi & pasta gigi, shower cap, plastik kecil dan cotton bud. Di satu pojokannya ada tempat gantung handuk dan keranjang berisi sandal hotel.Secara keseluruhan kamar di Adhisthana ini menyenangkan. Untuk ukuran budget hotel, kualitasnya sangat bagus. PS: Di Adhisthana ini juga ada dorm, jadi buat yang lagi solo traveling juga bisa nginap murah & cantik di sini.

Fasilitas di Adhisthana Hotel

Seperti kebanyakan hotel lainnya, di Adhisthana ini ada Wi-Fi gratis, tapi sayangnya waktu itu lagi ada gangguan sehingga sulit banget koneknya. Selain itu kami juga kurang suka sistem Wi-Fi yang diberikan voucher kecil berisi kode yang cuma bisa dipakai untuk 3 gadget. Soalnya seringkali dengan sistem seperti itu kalau ter-kick karena idle terlalu lama harus login lagi.

Di Adhisthana, sarapan bisa dinikmati di cafe Lawas yang berada di samping hotel. ย Kami tidak ambil kamar yang termasuk sarapan, jadinya kami tidak tahu sarapannya seperti apa. Tapi dengar dari yang sudah pernah menginap di sini sih katanya ok. Kami sempat ngintip ke lokasi cafenya dan ternyata cakep juga tempatnya. Tempatnya terang dengan dekorasinya juga bernuansa warna-warni.Satu lagu fasilitas yang kayaknya akan disukai para tamu di Adhisthana: kolam renang! Kolamnya tidak terlalu besar tapi cantik. Warnanya dari atas terlihat hijau, pas banget warnanya dengan daun-daun pohon palem yang sengaja ditanam di sekelilingnya untuk bikin adem. Serasa oasis di padang gurun gitu lho!ย Kolam Renang Di Adhisthana Hotel

Cara Nginap Gratis di Adhisthana

Nah…sekarang makin tertarik pengin nginep di Adhisthana Hotel? Kalo gratis mau ga? Heheโ€ฆ Jujur saja, kami menginap di hotel ini gratis loh! Nih kami kasih tau caranya biar bisa terus traveling tanpa keluar bujet besar bahkan gratis!

Ternyata kebiasaan traveling kami bisa mendatangkan keuntungan. Karena kami sering pakai Traveloka untuk beli tiket dan booking hotel, poin kami ternyata sudah lumayan banyak dan bisa dipakai untuk redeem hotel. Karena itulah, akhirnya kami coba me-redeem poin tersebut dan ternyata bisa sampai NGINAP GRATIS DI ADHISTHANA. Yay!!Buat kamu yang hobi traveling juga bisa hemat biaya akomodasi dengan cara ini. Caranya ga ribet koq. Pertama yang pasti harus sign up sebagai member di aplikasi Traveloka. Kemudian tinggal lakukan transaksi pembelian sebanyak-banyaknya melalui aplikasi Traveloka. Semakin sering transaksi poin akan semakin numpuk.

Cara tukar poin Traveloka untuk booking hotel juga gampang banget. Setelah pilih mau menginap di hotel mana dan tanggal berapa, lanjutkan ke opsi pembayaran. Kami pilih pembayaran lewat Indomaret, kemudian akan muncul kolom “My points”. Klik Redeem. Sistem akan mengkonfirmasi lagi jumlah poin yang akan di-redeem dan sisa yang harus dibayar. Lanjutkan dengan klik “Pay with Points”. Bookingan akan langsung terkonfirmasi dan kamu akan langsung mendapatkan email konfirmasi bookingannya.Poin yang kamu kumpulkan memiliki masa berlaku 1 tahun. Buat yang sering traveling seperti kami, tidak sulit untuk mengumpulkan poin untuk dipakai lagi sebagai benefit berupa diskon biaya penginapan ataupun transportasi. Intinya, semakin hemat biaya traveling yang kamu keluarkan, bisa semakin sering travelingnya. Nah, buat kamu yang gak terlalu sering traveling juga tetep bisa dapet banyak poin koq. Kamu bisa mulai dari membelikan tiket pesawat ataupun bookingin hotel buat keluarga atau teman. Dijamin poin kamu bakal lebih cepet numpuk, haha. Pinter kan idenya? ๐Ÿ˜‰

Anyway, kalau belum jelas mengenai cara penggunaan loyalty point Traveloka, syarat dan ketentuan, tanya & jawab, bisa cek langsung aja di website ini.

Nah, coba yuk cek point yang kamu punya dan selamat nginap (Gratis) di hotel hits! : )

Adhisthanaย 
Jalan Prawirotaman 2 no 613, Yogyakarta
(0274) 413 888
www.adhisthanahotel.com
Harga: Rp135.000/bed (dorm), Rp350.000 (Superior)

Join the discussion 8 Comments

Leave a Reply