Aktivitas Wisata di Pai, Thailand Utara

By September 1, 2019 Thailand
Pai Wisata Seru Thailand

Mohon maaf artikel ini keluarnya telat banget. Udah lama nulis draft-nya tapi kemudian terkubur dalam-dalam. Mudah-mudahan masih relevan infonya karena memang tempat-tempat yang disebutkan ini ga kan pernah pindah ke mana-mana. Anyway….Pai ini bisa dibilang kota hippie saking santainya atmosfer di sini. Kalo lagi jalan-jalan ke Chiang Mai, boleh lah luangkan waktu beberapa hari buat ke sini.

Dari ke kota Chiang Mai ke Pai sekitar 3 jam naik bus dari Chiang Mai Arcade Bus Station. Jadwalnya keberangkatannya tiap jam, jadi ga perlu booking tiket dulu lah, langsung datang aja dan tanya bus ke Pai nongkrongnya di platform berapa.Jalan Jalan Ke Pai CanyonKota Pai sendiri sangat relaxing, ada banyak guesthouse house dan cafe. Setiap sore sampai malam ada pasar malam yang kebanyakan jual pernak-pernik buatan tangan dan juga berbagai cemilan khas Thailand. Buat keliling-keliling Pai ada banyak rental motor. Kalo ga sewa motor mungkin agak terbatas cuma bisa keliling jalan kaki di pusat kota aja karena sebagian besar spot wisata alam ada di luar kotanya.

Apa aja yang bisa dinikmati di Pai? Simak daftarnya berikut ini:

1. Pai Canyon

Di area ini ada semacam tebing dengan lembah yang lumayan dalam. Pemandangannya sangat cantik terutama menjelang sunset. Lokasi Pai Canyon ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, cuma sekitar 8km dari pusat kota atau 10-15 menitan naik motor. Untuk mengunjungi Pai Canyon tidak dikenai biaya alias GRATIS.Pai Canyon Thailand

2. World War II Memorial Bridge

Jembatan tua yang dibangun sekitar tahun 1930. Lokasinya ada di pinggir jalan utama, sekitar 10 km dari pusat kotam tidak jauh setelah Pai Canyon. Jadi kalau mau ke Pai Canyon sekalian aja mampir ke sini.

3. Walking Street Market

Walking Street Market ini pasar malam yang ada di pusat kota Pai setiap sorenya, dimulai dari jam 6 sore menjelang gelap sampai malam hari sekitar jam 9-10 malam. Disebut walking street karena saat pasar malam berlangsung, tidak ada kendaraan yang boleh lewat alias khusus pejalan kaki saja. Suasana pasar malam sangat menyenangkan dan banyak suvenir buatan lokal yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Selain suvenir juga ada banyak gerobak jajanan dan banyak cafe serta bar di kiri kanan jalannya.Pai Night Market

4. Waterfalls : Mai Yen, Mor Paeng, Pam Bok

Ada beberapa air terjun yang bisa dikunjungi di sekitar Pai. Jaraknya sekitar 10 km di luar kota Pai, tapi arahnya beda-beda. Jadi kalau waktunya terbatas pilih aja salah satu air terjun yang mau dikunjungi. Buat ke air terjun tersebut mesti trekking dulu ya. Dan tergantung musimnya, kadang airnya sedikit. Jadi, tanya-tanya dulu aja sama warga lokal tentang situasi debit airnya.


5. Tham Lod (Lod Cave)

Tham Lod ini sebetulnya agak jauh dari Pai, jaraknya sekitar 50 km atau 1 jam perjalanan menggunakan motor. Tapi Pai enak buat dijadikan base untuk mengunjungi gua ini, daripada menginap di Soppong (desa terdekat dari Tham Lod) yang tidak banyak pilihan akomodasinya. Tham Lod ini seru banget karena merupakan underground river yang bisa dijelajahi menggunakan rakit. Ada banyak kamar-kamar gua yang penuh dengan formasi stalaktit dan stalagmit.

Kami agak lupa biayanya, kalo ga salah 400 THB untuk satu rakit yang bisa diisi maksimal 3 orang. Mungkin sekarang sudah sedikit naik harganya. Bisa sewa senter juga di konter tiket karena di dalam gua gelap banget.Pai Tham Lod Cave

6. Santichon Chinese Village

Ini tuh semacam kota wisata di Cibubur jaman dulu. Temanya Chinese Village gitu. Jadi dibikin model kastil dan rumah-rumah tradisional, isinya toko-toko, tempat makan, serta ada beberapa ajang permainan juga. Cocok buat yang suka foto-foto. Meskipun terasa sekali kalau ini wisata buatan, tapi area di sekelilingnya masih sangat alami dan menyenangkan atmosfernya. Masuknya GRATIS, cuma bayar saat mau melakukan aktivitas-aktivitas seperti foto menggunakan kostum tradisional, dll.Pai Chinese Village

7. Tha Pai Hot Springs

Sumber air panas alami yang suhunya lumayan panas, bentuknya kolam-kolam alami. Cuma buat masuknya katanya lumayan mahal, kalo ga salah 300 THB buat foreigner dan 50 THB buat lokal. Kami waktu itu udah menuju ke sana tapi ga jadi masuk karena males bayar.

Jadi, kalau sudah ada rencana ke Chiang Mai, jangan lupa sediakan waktu beberapa hari buat ke Pai ya. Ga akan nyesel dan pasti pengen balik lagi ke sini deh!

Leave a Reply