Ayutthaya atau Sukhothai – kota mana yang lebih bagus?

By October 3, 2012 September 29th, 2014 Thailand
Wat Phra Si Sanpet - Ayutthaya

Ayutthaya dan Sukhothai, kedua kota ini memiliki arti sejarah tersendiri bagi negeri Gajah Putih. Sukhothai adalah ibukota Thailand (dahulu bernama Siam) pertama yang didirikan oleh Raja Ramkhamhaeng di abad 13. Sedangkan Ayutthaya merupakan ibukota Siam yang kedua, sempat menjadi kota terbesar di dunia di tahun 1700 berkat jalur strategis yang dilalui oleh para pedagang dari seluruh dunia, namun dibakar habis di tahun 1767 akibat invasi dari Burma. Dengan restorasi di beberapa bagian, saat ini kedua kota tersebut masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site.

Bang Pa In Summer Palace

Bang Pa In Summer Palace

How to get there

Ayutthaya: Cara paling mudah dan murah untuk mencapai Ayutthaya dari Bangkok adalah dengan naik kereta api kelas 3 dari Stasiun KA Hualamphong. Biayanya cuma 15 baht (sekitar Rp 4.500,-) dan perjalanannya kurang lebih 2-2.5 jam.

Sukhothai: Dari Bangkok cara yang paling mudah adalah dengan naik bis dari Terminal Mo Chit. Disana ada beberapa perusahaan bis yang memiliki rute langsung Bangkok-Sukhothai. Pilih saja mau yang kelas berapa. Perjalanannya memakan waktu 6-7 jam.

How to get around

Karena karakter kedua kota hampir sama, yaitu temple maupun reruntuhan temple tersebar di seluruh penjuru kota, jika memilih untuk menjelajah dengan jalan kaki mungkin agak kurang nyaman. Beberapa pilihan adalah:


  • Sewa sepeda: lebih murah, lebih santai, tapi kadang melelahkan juga karena cuaca yang panas. 40-50 baht per hari.
  • Sewa motor: biaya sewa lebih mahal dari sepeda dan harus isi bensin, tapi lebih cepat.
  • Sewa tuktuk: lebih nyaman, biasanya lebih mahal (200-300 Baht per jam), lebih cocok untuk minimal 2 orang supaya bisa share biaya.
  • Naik songthaew: ini semacam angkot yang hilir mudik, biayanya sekitar 10-20 baht, tapi harus ngerti jalur. Biasanya campur jalan kaki karena tidak semua jalur dilalui songthew.

What to see

Ada banyak sekali temple maupun sisa-sisa temple di kedua kota tersebut. Disini hanya dibahas beberapa temple yang biasanya dijadikan ‘prioritas utama’ untuk dikunjungi.

Ayutthaya

Wat Ratchaburana: Beberapa pilar-pilar masih berdiri tegak mengelilingi kompleks candi, namun sebagian sudah rusak. Ada bangunan yang masih bisa diakses dengan tangga yang cukup curam. Di dalamnya masih ada ruangan-ruangan yang utuh.

Wat Phra Si Sanpet : Kompleks candi terbesar di Ayutthaya dengan 3 stupa besar yang berjajar di depan pintu masuk.

Wat Phra Mahathat: Candinya sendiri sudah lumayan parah hancur akibat serangan Burma, namun yang menarik perhatian adalah ukiran kepala Buddha di batang pohon yang ada di dekat candi. Jangan lupa kalau mau foto di depan pohon tersebut harus berlutut/jongkok, tidak boleh berdiri, untuk menunjukkan respek.

Wat Lokayasutharam: Di belakang candi, ada patung reclining Buddha ukuran besar yang terletak di pinggir jalan. Biasanya dipakaikan kain kuning/orange jika ada acara keagamaan.

Wat Ratchaburana - Ayutthaya

Wat Ratchaburana – Ayutthaya

Wat Phra Si Sanpet - Ayutthaya

Wat Phra Si Sanpet – Ayutthaya

Wat Phra Mahathat - Ayutthaya

Wat Phra Mahathat – Ayutthaya

Wat Lokayasutharam - Ayutthaya

Wat Lokayasutharam – Ayutthaya

Sukhothai

Wat Phra Si Rattana Mahathat: Biasa dikenal juga dengan nama Wat Yai. Ada patung Buddha di depan menara dengan gaya arsitektur Khmer. Kompleks candi ini termasuk wilayah Si Satchanalai Historic Park, tepatnya di dekat Jembatan Naresuan.

Wat Si Chum: Patung Buddha dengan posisi duduk yang sangat besar terletak di dalam sisa bangunan.

Wat Chang Lom: Candi dengan stupa bentuk lonceng dan 32 patung gajah di sekeliling bagian dasarnya.

Wat Saphan Hin: ‘Saphan’ artinya jembatan dan ‘hin’ artinya batu. Menarik karena candi ini letaknya di atas bukit, dan untuk mencapai puncak kita harus meniti bebatuan yang menyerupai jembatan.

Wat Phra Si Rattana Mahathat - Sukhothai

Wat Phra Si Rattana Mahathat – Sukhothai

Wat Si Chum - Sukhothai

Wat Si Chum – Sukhothai

Wat Chang Lom - Sukhothai

Wat Chang Lom – Sukhothai

Wat Saphan Hin - Sukhothai

Wat Saphan Hin – Sukhothai

Aktivitas Lain-lain

Ayutthaya: Sebagian besar candi terletak di ‘pulau’ yang dikelilingi sungai, tapi di bagian luar ‘pulau’ juga ada beberapa candi yang tersebar. Bisa dinikmati dengan naik perahu. Selain itu candi, ada juga beberapa museum serta pemukiman asing yang bisa dikunjungi. Ada Dutch, Japanese, serta Portuguese settlement. 40 menit dari Ayutthaya dengan naik songthew, ada yang namanya Bang Pa-In. Ini merupakan kompleks kerajaan yang salah satu bangunannya merupakan Istana Musim Panas.

Sukhothai: Kebanyakan candi di Sukhothai terletak di wilayah kota tua. Lokasinya kurang lebih 9 km dari daerah yang disebut kota baru. Biasanya, pengunjung yang mampir ke Sukhothai akan sekalian mampir ke kota tetangganya Si Satchanalai (55 km dari kota baru) yang memiliki Historic Park dengan candi beserta reruntuhannya.

Setelah membanding-bandingkan, kedua kota (Ayutthaya dan Sukhothai) memiliki karakteristik yang hampir sama, yakni menawarkan wisata candi. Masing-masing candi memiliki pesonanya sendiri dan masing-masing orang memiliki selera sendiri mengenai candi mana yang disukai. Jadi, tidak ada jawaban untuk pertanyaan kota mana yang lebih bagus. Silahkan diatur saja sesuai dengan jadwal perjalanan. Jika memang punya waktu terbatas di dekat Bangkok, mampirlah ke Ayutthaya. Jika punya waktu senggang, berencana ke Chiang Mai dengan ย bis, mungkin bisa mampir dulu 1-2 hari di Sukhothai ๐Ÿ™‚

Butuh informasi penginapan di Ayutthaya dengan harga murah, cek harga dulu di sini!

Join the discussion 6 Comments

  • DebbZ says:

    Wahhh bagus nih bisa jadi referensi kalo pengen jalan2 ke Thailand. Aku paling suka patung kepala Buddha yang terbelit akar pohon. Keren ! ๐Ÿ˜€

  • mbak susan, infonya nice banget sedikit for youth info kalau mau ke ayutayya jangan pakai taksi saat ke ayuthayya mahal mbak susan lebih baik naik bus atau kereta.

  • Devi says:

    Mba Susan, mau tanya dong. Cara ke Bang Pa In Summer Palace dengan naik songthew itu gimana ya ? Songthew ada rute-nya atau harus di carter seperti tuk-tuk ? Kalau kita naik sepeda motor sendiri saja bisa gak ?
    Thanks.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Song thew nya udah ada jurusannya koq. Tanya2 aja terminal song thew ayutthaya dmn, terus tanya yg jurusannya ke Bang Pa-In. Murah & gampang koq. Bisa aja kalau memang udah ada motor sewaan.

Leave a Reply