Bintan Mangrove Discovery Tour: Mengeksplor Sisi Liar Bintan

Bintang Mangrove Discovery Tour

Sebagaimana halnya yang ada di banyak pulau dengan iklim tropis, Bintan adalah rumah bagi hutan bakau  luas yang terbentang sepanjang sisi sungai. Kondisi ini menciptakan banyak kesempatan bagus untuk petualangan menyusuri sungai. Kami sudah mencoba tur menyusur sungai baik di siang hari ataupun di malam hari dan keduanya memberikan pengalaman yang sama sekali berbeda namun sama-sama seru.

Di Bintan ada banyak tur operator yang menawarkan paket mangrove tour. Kami menggunakan operator yang ada di Sungai Sebung dan bisa dibooking dari tour desk di resort ataupun dari Information Centre di Plaza Lagoi.Guide Di Bintan Mangrove Discovery Tour

Mangrove Tur di Siang Hari

Tur di siang hari adalah versi yang paling populer dari Mangrove Discovery Tour karena di siang hari kita bisa lihat lebih banyak hal. Waktu itu kami menjalani tur ini saat mendung dan baru saja hujan sambil berharap cuaca tidak bertambah buruk. Kami langsung ngebut menyusuri sungai menggunakan perahu dan tidak lupa pakai life jacket sebagai syarat keamanan. Begitu memasuki area sungai yang lebih sempit, kami baru malambat karena di sana lebih banyak hal yang bisa dilihat.

Dengan ditemani penjelasan yang sangat informatif dari sang pemandu, kami mulai menyadari kalau tidak semua bakau itu sama bentuknya. Hal pertama yang terlihat adalah bentuk akar bakau berbeda-beda, ada yang tumbuh ke atas dengan bentuk seperti snorkel kecil dan ada juga yang seperti kaki, mencengkram tanah di antara lumpur dan air.Hutan Bakau Di BintanSemakin mengarah ke pedalaman hutan bakau, semakin banyak wildlife yang terlihat. Kami agak kurang beruntung karena waktu itu sedikit hujan dan tidak terlalu banyak binatang yang tampak. Tapi kami sempat melihat dengan jarak yang sangat dekat seekor ular mangrove warna kuning & hitam yang lumayan berbahaya bagi manusia karena berbisa. Lagi nongkrong gitu aja di atas sebuah ranting pohon waktu kami lewat di bawahnya. Keren!Mangrove SnakeKami juga sempat lihat seekor ular lain yang kalau ga salah jenisnya mangrove pit viper, tapi agak tertutup dedaunan meskipun jaraknya tidak terlalu jauh. Ular jenis ini juga berbahaya, tapi kami tidak takut sama sekali karena tour guide kami sudah sangat paham tentang situasi di hutan bakau ini.

Katanya sih di mangrove tur ini juga sering terlihat berbagai jenis monyet dan burung, tapi lagi-lagi semuanya tergantung cuaca dan tingkah lalu hewan itu sendiri.Rumah Arang Di Hutan BakauTerlepas apakah kita melihat banyak binatang atau cuma sedikit, tur ini merupakan aktivitas yang seru untuk dilakukan saat di Bintan.


Mangrove Tur di Malam Hari

Tur hutan bakau di malam hari sangat berbeda dengan tur hutan bakau di siang hari karena tentu saja di malam hari kita tidak bisa melihat binatang liar dan semua pepohonan yang ada di pinggir sungai diselimuti kegelapan. Dan benar-benar gelap. Namun kondisi kurang cahaya ini justru memungkinkan kita melihat makhluk yang bersinar dalam kegelapan — kunang-kunang.Mangrove Fireflies TourDan bukan cuma satu atau dua kunang-kunang, tapi ratusan. Mereka biasanya ngumpul di sekitar pohon bakau yang tumbuhnya agak dalam di hutan bakau dan jauh dari keramaian aktivitas manusia. Pengemudi perahu dan pemandu tur kami matanya sangat tajam dan dengan mudah melihat segerombolan kunang-kunang dari kejauhan. Begitu ada pohon yang terlihat dikelilingi banyak kunang-kunang, kami melambatkan perahu dan mencoba mendekatkan diri dengan pepohonan tersebut. Kami berusaha mengambil foto tapi gagal. Kamera kami tidak sanggup menangkap cahaya di kondisi yang sangat gelap tersebut sehingga tidak ada foto yang bagus.Mangrove Discover Tour Siang HariTapi yang sangat keren dari tur ini adalah sebenarnya ini aktivitas yang sangat romantis yang bisa dilakukan oleh pasangan. Selain itu anak-anak juga pasti suka banget diajak melihat banyak sekali hewan yang bersinar di tengah kegelapan hutan bakau di malam hari. Seru!

Setelah kurang lebih 30 menit menyusuri sungai dan berhenti di beberapa spot yang banyak kunang-kunangnya, perahu kami kembali ngebut untuk balik ke titik keberangkatan.Bintan Mangrove TourKeduanya baik tur di siang hari ataupun di malam hari dari Mangrove Discovery Tour ini menarik untuk dilakukan. Tergantung berapa banyak waktu yang kamu punya, tergantung cuaca dan tergantung apakah kamu tertarik untuk melihat kunang-kunang atau tidak. Aktivitas ini bukan adventure sehari penuh, jadi bisa dikombinasikan dengan kegiatan lain di Bintan, misalnya main watersport di resort atau makan malam di Pujasera yang lokasinya tidak jauh dari sana. Pengalaman yang seru untuk seluruh keluarga.

Leave a Reply