17 Cafe Terbaik di Canggu (mulai dari Kerobokan sampai Echo Beach)

By October 12, 2018Wisata Kuliner Bali
Cafe Di Canggu

Kami sudah mencoba banyak cafe di Canggu dan memutuskan untuk menuliskan review tentang cafe-cafe tersebut supaya kamu bisa pilih sendiri mana cafe-cafe yang bagus dan mana cafe-cafe yang kamu tidak perlu buang waktu untuk ke sana.

Sekedar catatan tentang Instagram. Jangan menggunakan Instagram untuk menilai kualitas dari sebuah cafe karena dari hasil pengalaman kami tidak menemukan adanya korelasi antara sebuah feed Instagram yang keren dari sebuah cafe dengan kualitas makanan yang disajikan. Beberapa cafe yang Instagramnya terlihat kurang menarik justru makanan dan kopinya enak banget sedangkan beberapa cafe dengan feed Instagram yang fantastik menyajikan makanan yang mengecewakan. 

1. Satu-Satu Coffee Company

Satu Satu Canggu InteriorBerlokasi kira-kira di pertengahan Jalan Pantai Berawa, Satu-Satu adalah sebuah cafe modern populer yang menyajikan tipikal makanan cafe Canggu dan kopi di sebuah bangunan bernuansa semen dan bata dengan area open air yang cukup besar di depannya. Satu Satu Canggu CoffeeKopinya seperti yang diharapkan — excellent. Makanan yang disajikan di sini merupakan perpaduan menu mix bowl, healthy plate dan bahkan ada juga menu pasta. Kami tidak mencoba makanannya di sini, tapi kelihatannya sih lumayan enak dan layak dicoba.

Satu-Satu Coffee Company
Jalan Pantai Berawa, Canggu
Jam buka: 08:00 – 16:30
Instagram: @satusatucoffeecompany
Coffee: Rp25.000 (sudah termasuk pajak!)
WiFi: 10down/25up (diukur waktu cafe penuh, bisa lebih cepat kalau sedang kosong)

2. Hungry Bird

Hungry Bird Canggu InteriorKetika kami masuk ke cafe ini, kerasanya seperti masuk ke internet cafe dan bukan seperti tempat yang menyajikan makanan dan kopi. Alasannya adalah karena hampir setiap meja dipakai oleh setidaknya satu orang, kadang 2 orang, dan semuanya menggunakan laptop. Dan saat custumer antri sampai ke luar pintu dan celingak-celinguk mencari meja yang kosong, mereka yang menggunakan laptop tetap anteng saja. Hungry Bird Canggu CoffeeSalah satu alasan kenapa tempat ini populer di kalangan para digital nomad adalah karena koneksi internet di sini sangat cepat. Namun kopi di sini juga sangat enak, kata Adam salah satu kopi paling enak di Bali hingga saat ini.

Makanan yang tersedia di sini cukup standar, ada burger, sandwich, nasi, mie dan beberapa variasi pancake. Rupanya ini bukan salah satu cafe yang mengikuti tren menu bowl! Phew 😉

Servis di sini agak datar dan kami tidak melihat satupun staff yang senyum. Mungkin mereka frustrasi dengan keadaan meja yang penuh semua gara-gara diduduki oleh para tamu yang membawa laptop. Hungry Bird Canggu Coffee MachineApapun kondisinya, kopi di sini sangat enak dan internetnya sangat cepat. Silakan mampir ke sini kalau kamu seorang digital nomad atau kamu cuma pengin ngopi sebentar. Dan datang ke sini agak pagian kalau kamu mau mendapatkan tempat duduk yang enak.

Hungry Bird
Jalan Raya Semat 86, Canggu
Instagram: @hungrybirdcoffee
Jam buka: 08:00 – 17:00, Minggu tutup
Coffee: Rp25.000 (sudah termasuk pajak!)
WiFi: 30down/50up (diukur waktu cafe penuh, bisa lebih cepat kalau sedang kosong)

3. The Moose Espresso Bar

The Moose Espresso Bar Kerobokan Interior 2Berlokasi sama dengan MyWarung® di Jalan Batu Belig, The Moose Espresso Bar dipromosikan sebagai tempat untuk menikmati kopi enak dengan suasana warung. Sejujurnya tempat ini terasa seperti cafe biasa dan harganya bahkan cukup tinggi dibanding kebanyakan cafe di Bali pada umumnya. Untungnya mereka punya paket sarapan yang akhirnya kami pilih.The Moose Espresso Bar Kerobokan FoodUntuk tempat yang ingin dikenal sebagai tempat kopi, mereka gagal menunjukkannya. Hampir semua bagian cangkir kopi Adam tertutupi oleh lapisan susu yang tumpah. Entah bagaimana, mungkin seseorang membuat kopi yang parah dan malas membersihkan pinggirannya sebelum disajikan. Rasa kopinya sih enak sehingga Adam segera lupa tentang kopi yang tumpah tersebut, meskipun berkali-kali dia ngomel kalau tangannya jadi lengket tiap kali pegang gelasnya. The Moose Espresso Bar Kerobokan InteriorPaket sarapan yang mereka tawarkan lumayan juga value-nya. Secangkir kopi, breakfast (eggs, pancakes, smashed avo), fruit juice dan fruit platter semuanya seharga Rp80.000++. Piring buahnya kecil banget sih, tapi cukup lah. Pancake-nya kering, cukup simple meski rasanya enak. Kami kurang menikmatinya.

Saat kami di sana, WiFi-nya tidak jalan. Jadi kami tidak merekomendasikan tempat ini untuk buka laptop. The Moose Espresso Bar sebenarnya adalah sebuah cafe yang bagus, namun dengan kompetisi yang sangat ketat belakangan ini, mereka harus memperbaiki beberapa hal supaya bisa tetap relevan dalam scene cafe bagus di Canggu.

The Moose Espresso Bar
Jalan Batu Belig 8A, Kerobokan
Instagram: @themooseespressobar
Jam buka: 08:00 – 01:00
Coffee: Rp32.000 (tambah pajak 15.5%)
WiFi: Tidak jalan

4. Livingstone Cafe Bakery

Livingstone Kerobokan InteriorBegitu masuk Livingstone, kami langsung diinterogasi oleh staff tentang berapa jumlah orang, mau duduk di dalam atau di luar, kemudian langsung diantar ke meja. Kalau kamu mau duduk di mana pun kamu mau, abaikan saja staff yang menyambut di pintu tersebut. Sebetulnya ini adalah usaha untuk memberikan servis yang bagus terhadap customer, namun sayang pelaksanaannya agak bikin kami merasa kurang nyaman karena mereka membuntuti terus sampai kami duduk dan bahkan bertanya beberapa kali apakah kami sudah siap untuk memesan.

Space di cafe ini sangat luas dan ada banyak spot untuk duduk sambil buka laptop. Sayangnya koneksi WiFi di sini lumayan lambat, meskipun cukup lah kalau cuma untuk cek email atau browsing-browsing. Livingstone Kerobokan DrinksFlat white yang kami coba di sini sangat enak, layak untuk ke sini kalau memang sedang berada di sekitar area sini. Selain kopi, kami juga sempat mencoba minuman dingin Energiser yang sangat menyegarkan. Daun mint dan jahenya banyak sehingga lumayan bikin mata melek. Sebuah cafe yang bagus, namun buat kami agak terasa seperti dibuat kebarat-baratan secara palsu.

Livingstone Cafe and Bakery
Jalan Petitenget 88x, Kerobokan
Instagram: @livingstonebakery
Jam buka: 07:00 – 22:00
Coffee: Rp35.000 (tambah pajak 16.5%)
WiFi: 2down/2up (sepertinya speed-nya dibatasi)

5. The Avocado Factory

Avocado Factory Canggu CoconutSebuah konsep fantastik untuk para generasi Instagram! Buat mereka yang suka alpukat, tempat ini adalah tempat yang kamu idam-idamkan. Semua menu di sini menggunakan alpukat sebagai bahan yang ditonjolkan, namun mereka bukan cuma sekedar menu alpukat biasa. Avocado Factory Canggu Nasi CampurKami sempat mencoba Avo chocolate mousse, avo burger yang luar biasa dan nasi campur dengan alpukat. Burgernya sangat enak, rotinya lembut, bacon-nya tasty dan alpukatnya pas. Avocado Factory Canggu Chocolate MousseKopi di sini juga sangat enak dan worth it didatangi kalau cuma mau ngopi. Kami tidak bisa connect ke jaringan WiFi-nya karena ada prosedur sign-in yang ribet. Jadinya kami tidak tahu seberapa cepat wifinya. Di luar masalah WiFi, cafe ini sangat luar biasa! Avocado Factory Canggu Coffee Avocado Factory Canggu Interior Avocado Factory Canggu Shake Avocado Factory Canggu Burger Avocado Factory Canggu Bowl

The Avocado Factory
Jalan Tanah Barak 52, Canggu
Instagram: @theavocadofactory
Jam buka: 07:00 – 23:30
Coffee: Rp30.000 (tambah pajak 15.5%)
WiFi: waktu kami coba tidak jalan

6. Vida Cafe

Cafe Vida Canggu ExteriorKalau kamu tertarik dengan makanan organik dan superfood, maka Vida adalah tempat yang pasti kamu suka. Di menunya ada berbagai pilihan bowl, salad, pancake dan burger yang siap menyambut kehadiran kamu dan semuanya terdengar sangat menggiurkan. Cafe Vida Canggu WrapKami mencoba French toast dan burrito, dua-duanya lumayan enak namun tidak sempurna. Burrito-nya sangat tawar tapi sangat sehat. French toast-nya dikasih terlalu banyak fig paste, namun selain itu bisa dibilang cukup enak sih. Cafe Vida Canggu French ToastKopi di sini juga tergolong enak banget dan layak untuk didatangi untuk sekedar ngopi. Cafe Vida Canggu CoffeeCafe ini lumayan penuh dan WiFi-nya standar saja. Sebetulnya bukan tempat yang enak buat kerja namun kami lihat ada saja yang buka laptop di sini. Vida Cafe adalah tempat yang sangat bagus untuk breakfast, lunch dan dinner, namun sebagai catatan saja kalau cafe ini tergolong cafe yang lumayan mahal di Canggu. Cafe Vida Canggu Interior

Vida Cafe
Jalan Pantai Batu Bolong 38A, Canggu
Instagram: @cafe_vida_bali
Jam buka: 07:00 – 22:30
Coffee: Rp32.000 (tambah 15.5%)
WiFi: 6down/6up

7. Copenhagen

Copenhagen Canggu ExteriorCopenhagen adalah cafe yang sedikit berbeda dengan kebanyakan cafe lainnya di Canggu. Menunya kecil saja, area tempat duduknya juga tidak terlalu banyak dan lokasinya tidak terlalu dekat dengan area di mana kebanyakan para turis menginap.Copenhagen Canggu DrinksKopi di sini sangat enak dan juga sangat strong. Tapi tidak pahit sih. Cuma strong. Waktu kami di sana, mereka sedang ada deal paket cinnamon scroll dan kopi cuma seharga Rp35.000 saja. Cocok banget untuk menghabiskan waktu sambil ngopi/ngeteh sore.Copenhagen Canggu InteriorSebuah tempat kecil yang funky, jauh dari hingar bingar dekat pantai. Kami sangat suka tempat ini!

Copenhagen
Jalan Padang Linjong 71a, Canggu
Instagram: @copenhagencanggu
Jam buka: 07:00 – 16:00
Coffee: Rp25.000 (tambah 15.5%)
WiFi: 13down/18up

8. Milu

Milu Canggu InteriorDengan suksesnya Nook di Umalas, grup yang sama membuka sebuah tempat yang lebih besar di daerah Canggu dan tempatnya cantik banget! Milu Canggu ExteriorSebuah bangunan yang sejuk dengan deck besar mengarah ke sawah menyambut para pengunjung yang masuk, bikin betah nongkrong berjam-jam bersama teman-teman sambil minum kopi dan makan smoothie bowls.Milu Canggu FoodMenunya tipikal menu di cafe-cafe Canggu: breakfast, bowls dan burger. Smoothie bowl-nya sangat enak, namun kami agak sedikit kecewa dengan kopinya. Ok sih, tapi di-steam terlalu lama dan jauh di bawah standar Bali belakangan ini. Kami sempat datang lagi ke sini untuk dinner dan kami mencoba ribs serta beberapa tapas. Semuanya memuaskan. Milu Canggu DrinkDi cafe ini enak banget kalau mau buka laptop dan WiFi-nya juga lumayan kencang walaupun waktu kami di sana cafenya hampir penuh. Pokoknya Milu favorit banget deh di area ini.Milu Canggu Interior 2

Milu
Jalan Pantai Berawa, Canggu
Instagram: @milubynook
Jam buka: 08:00 – 23:00
Coffee: Rp28.000 (tambah pajak 16%)
WiFi: 10down/20up (waktu diukur cafenya sedang setengah penuh)

9. Ruko Cafe

Ruko Cafe Canggu ExteriorBerlokasi di jalanan menuju ke Pantai Berawa, cafe yang kecil ini rupanya populer di kalangan warga serta pengunjung yang menginap di sekitar sini. Setiap kali kami lewat sana selalu ramai banget dengan orang-orang yang minum kopi sambil makan menu bowl atau burger.Ruko Cafe Canggu DrinksKopi di sini sangat strong dan enak. Pokoknya worth it banget deh ke sini. Kami belum sempat mencoba makanannya, tapi kalau lihat dari pesanan orang-orang sih kelihatannya enak. Ruko Cafe Canggu Interior 2Pengunjung di sini terlihat lebih dewasa dibandingkan dengan para pengunjung di area Echo Beach dan agak berbeda dengan kebanyakan cafe di Canggu lainnya, di sini pengunjungnya merupakan kombinasi tamu bule dan non-bule. Ruko Cafe Canggu InteriorDi cafe ini tidak terlalu banyak meja yang tersedia dan waktu kami di sana WiFi-nya sedang rusak. Staff sudah berusaha memperbaiki dengan mereset modem tapi tetap tidak jalan. Jadi sepertinya tempat ini kurang cocok untuk buka laptop.

Ruko Cafe
Jalan Pantai Berawa 99, Canggu
Instagram: @rukocafe
Jam buka: 07:00 – 16:30
Coffee: Rp30.000 (no added tax!)
WiFi: tidak jalan (waktu dicoba kedua kalinya kami dapat koneksi 20down/40up yang putus-putus — mungkin jaringannya bermasalah)

10. Cinta Cafe

Cinta Cafe Canggu ViewDengan pemandangan sawah yang sebetulnya biasa-biasa aja serta menu standar breakfast, bowls dan burger, Cinta (dilafalkan: chinta) adalah sebuah cafe funky kecil yang agak serupa dengan beberapa cafe lainnya di area ini.

Kopi enak, makanan barat enak, pemandangan ok dan internet yang cepat. Sebetulnya itu sudah semua yang kamu butuhkan kalau kamu mau sarapan yang santai, ngopi buru-buru ataupun menghabiskan sore hari sambil buka laptop. Tempat ini memiliki atmosfer yang sangat santai. Cinta Cafe Canggu CoffeeKami sangat menikmati kopi di sini dan juga senang dengan betapa kencangnya WiFi di sini. Lebih bagus lagi, di sini tidak terasa berdesakan. Kamu bisa datang ke sini untuk buka laptop selama berjam-jam dan tentunya pesan secangkir kopi lagi. Psst…jangan pesan Charcoal Chai! Bagus buat foto Instagram, tapi rasanya tidak enak. Layak dikunjungi kalau kamu sedang ada di daerah Canggu. Cinta Cafe Canggu Ricefield

Cinta Cafe
Jalan Pantai Berawa 69, Canggu
Instagram: @cafecinta
Jam buka: 08:00 – 22:00
Coffee: Rp30.000 (tambah pajak 15.5%)
WiFi: 21down/40up (diukur waktu lumayan banyak customer)

11. Secret Spot

Secret Spot Canggu InteriorKalau dulu tempat ini merupakan sebuah spot rahasia, sekarang bukan rahasia lagi. Secret Spot ini memiliki reputasi bagus sebagai cafe yang menyajikan healthy raw food, vegan fare dan berbagai variasi menu. Kalau kamu tertarik dengan healthy food, kamu akan suka tempat ini. Secret Spot Canggu CoffeeKami sangat suka fit out dari vegetarian cafe berukuran mungil ini, terutama bagian atasnya di mana kamu bisa memilih untuk duduk di dalam ataupun di luar. Duduk santai di sofa atau meja kecil dan enjoy yourself. Tempat ini sangat menyenangkan. Secret Spot Canggu Interior 2Minuman yang kami pesan sangat memuaskan dan kami sangat merekomendasikan untuk datang ke sini kalau kamu sedang butuh asupan kafein. Selain itu kalau perut kamu agak kurang enak gara-gara kebanyakan makan nasi goreng, burger dan pancake dari tempat makan lainnya, kamu bisa mampir ke sini untuk makan clean food. Harga di sini sedikit lebih rendah dari rata-rata tempat sejenis.

Secret Spot
Jalan Pantai Berawa 44, Canggu
Instagram: @secretspotbali
Jam buka: 08:00 – 22:00
Coffee: Rp27.000 (tidak ada pajak!)
WiFi: 28down/37up (tidak banyak yang pakai laptop, jadi mungkin koneksi akan selalu lancar)

12. The Shady Shack

Shady Shack Canggu Exterior 2Berlokasi di sebuah jalanan kecil menuju ke Echo Beach, The Shady Shack bisa dibilang cafe paling hip di Bali saat ini. Selalu penuh setiap hari dari pagi sampai malam dan agak sulit kalau datang bersama grup besar. Servis di sini agak lambat dan kurang perhatian.Shady Shack Canggu Cacao BowlKalau kamu tertarik dengan makanan raw, vegan, vegetarian, gluten free, dairy free, The Shady Shack adalah tempat yang tepat untuk kamu. Kami tidak punya batasan dietary dan biasanya pilih yang kelihatannya paling enak di menu, namun di Shady Shack kami agak kesulitan mencerna makanan yang disajikan. Menunya sangat besar dan berkisar antara bowls, breakfast, kale dan buah. Memang menarik sih menunya, tapi sangat terbatas untuk kalangan tertentu karena tidak semua orang suka makanan seperti itu. Shady Shack Canggu Nori BowlWaktu itu kami datang bersama grup besar dan pesan banyak sekali makanan yang berbeda. Sayangnya kebanyakan dari kami kecewa dengan makanannya, khususnya karena kurang rasa. Tapi semua makanannya sehat! Jadi kalau kamu lagi butuh makan makanan sehat, kamu mungkin suka tempat ini. Shady Shack Canggu CoffeeUntuk kalangan penggiat Instagram, tempat ini adalah surga. Presentasi makanan sangat cantik, bahan-bahan bersih dan banyak warna. Pokoknya idaman para Instagrammer deh. Tapi buat kami yang lebih mementingkan rasa dibanding penampilan, rasanya jauh dari penampakannya.

Harga di sini sangat tinggi, tapi kamu membayar untuk kesegaran dan kualitas bahan-bahan yang ditawarkan. Karena tempat ini sangat ramai, sepertinya kurang cocok untuk buka laptop dan duduk berjam-jam. Nikmati saja makanan di sini. Kopinya sih enak banget. Shady Shack Canggu ExteriorKami kurang suka dengan tempat ini karena rasa makanannya menurut kami kurang nampol. Namun tentu saja tidak semua orang setuju dengan opini ini. Yang pasti The Shady Shack sangat populer, terutama di kalangan orang-orang yang sadar kesehatan.

The Shady Shack
Jalan Tanah Barak 53, Canggu
Instagram: @theshadyshack
Jam buka: 07:30 – 22:30
Coffee: Rp32.000
WiFi: 13down/14up

13. Motion Cafe

Motion Cafe Canggu ExteriorMotion Cafe adalah sebuah tempat khusus di Canggu yang menawarkan menu ultra modern berisi healthy food, vegetarian meals dan ada pengecualian untuk burger dengan daging asli. Melihat adanya menu all-day homemade granolas, protein waffles, paleo plates dan banyak salad, terlihat jelas siapa target marketnya.

Harga di sini tergolong standar untuk rata-rata cafe di Canggu dan cafe ini seringkali penuh karena mereka menawarkan kombinasi yang bagus antara sensible healthy food, good flavour dan harga yang reasonable. Namun dengan semakin banyaknya health food cafes, kita harus berhati-hati dalam memilih apa yang dipesan supaya jangan sampai memilih sesuatu yang kurang berasa — seperti banana coconut bread tawar yang kami pesan. Motion Cafe Canggu Coffee And CakeKopi di sini sangat enak, seperti yang diharapkan di Indonesia belakangan ini. Pokoknya tidak ada alasan untuk menyajikan kopi yang tidak enak.

Meskipun ini adalah cafe yang agak kecil, banyak orang yang ke sini dengan membawa laptop dan menggunakan koneksi WiFi-nya yang cepat. Sebuah pilihan sehat yang bagus di Canggu.Motion Cafe Canggu Interior

Motion Cafe
Jalan Batu Bolong 69b, Canggu
Instagram: @motioncafe
Jam buka: 07:00 – 22:00
Coffee: Rp30.000 (sudah termasuk pajak!)
WiFi: 12down/42up

14. Parachute

Parachute Canggu ExteriorSebuah cafe lainnya untuk penggiat Instagram crowd (yang tentunya kami juga mengaku sebagai bagian darinya), Parachute mendapatkan reputasinya dari sebuah canopi yang sangat fotogenik yang terbuat dari sebuah parasut bekas Australian Army. Jadi apakah tempat ini salah satu tempat yang mengutamakan style dibandingkan substansi? Dalam banyak hal, jawabannya ya.

Mari kita mulai dengan kopinya. Kopinya enak banget, salah satu yang terenak di Bali. Mereka menyajikan kopi dari 1/15, Jakarta-based roaster dan tempat tersebut masih jadi salah satu yang terbaik di Jakarta.Parachute Canggu CoffeeSekarang mari kita bicara soal makanannya. Katanya sih tempat ini dikelola oleh seorang mantan 3 Michelin star chef. Kalau memang betul demikian, kami tidak mengerti kenapa bisa begitu makanannya. Tidak masuk akal.

Kami memesan pork belly on English muffin, tapi yang keluar adalah seperti  bacon and egg McMuffin… tidak mungkin menyebut potongan daging seperti itu sebagai pork belly. Yang ada cuma 2 lembar tipis bacon. Dan muffin-nya agak sedikit kurang matang menurut kami — agak padat dan masih agak terasa seperti adonan. Rasanya sih lumayan enak, tapi sangat mengecewakan.

Kalau kalian mau membandingkan, silakan cek Instagram mereka. Menu yang kami pesan di Instagram mereka terlihat menggunakan muffin yang besar dan fluffy, potongan tebal pork belly dan telur yang dimasak dengan cantik. Terlihat bedanya kan? Parachute Canggu Food Parachute Canggu InstagramCoconut & granola parfait yang kami pesan juga sama mengecewakan karena granolanya soggy (agak basah). Mungkin karena terlalu lama disimpan di kulkas sehingga bagian-bagian yang seharusnya crunchy telah menyerap moisture di dalam kulkas. Rasanya sih ok.

Satu lagi yang kami coba, cream filled donutnya sangat enak. Beda banget dengan 2 makanan lainnya yang kami pesan. Aneh banget.Parachute Canggu InteriorMungkin kami sedang kurang beruntung saja dan mungkin menu lunch atau dinnernya lebih enak. Namun gara-gara ini kami jadi tidak percaya dengan Instagram hype. Kami bisa merekomendasikan untuk ke sini buat ngopi dan mungkin ngemil donat. Itu saja.

Parachute
Jalan Subak Sari 13 No. 4-8, Canggu
Instagram: @parachutebali
Jam buka: 08:00 – midnight
Coffee: Rp35.000 (tambah pajak 15.5%)
WiFi: 11down/12up

15. Machinery

Machinery Canggu ExteriorBerlokasi cukup jauh dari pantai dan membuat orang-orang mikir dua kali buat mampir, Machinery adalah sebuah cafe yang tidak terlalu ramai dan didatangi oleh segelintir orang, sebagian dengan bawa laptop. Machinery Canggu CoffeeMeja di sini memang cocok untuk buka laptop dan koneksi WiFi-nya juga lumayan kencang. Harga kopinya tergolong rata-rata dan kualitasnya bagus. Machinery Canggu FoodKami sempat mencoba pork wrap yang ternyata enak banget. Hal yang sangat kami suka tentang tempat ini adalah mereka tidak berusaha untuk mencari sensasi di Instagram dan tidak berusaha untuk menjadi “one hit wonder” seperti kebanyakan cafe lainnya di Canggu. Tempat ini memiliki substansi dan menyajikan kopi enak, makanan enak, tidak pretentious dan tidak mengejar penghargaan di Instagram. Yay!  Machinery Canggu Interior

Machinery
Jalan Pantai Batu Bolong 35, Canggu
Instagram: @machinerycafebali
Jam buka: 07:30 – 20:00
Coffee: Rp32.000 (tidak ada tambahan pajak!)
WiFi: 14down/11up (saat diukur banyak orang yang sedang pakai laptop)

16. Nüde

Nude Canggu ExteriorCafe besar ini sangat populer karena punya outdoor seating yang luas, cocok untuk para pengunjung yang mau nongkrong sambil makan pilihan makanan gluten free, big breakfast, burger dan bowls. Menunya cukup standar dan terlihat kalau mereka mengejar substansi dan bukan style semata. Dengan kata lain, jangan ke sini kalau kamu mencari makanan yang instagrammable — datanglah ke sini untuk makanan yang enak. Nude Canggu DrinksSayangnya kopi yang disajikan di sini biasa-biasa saja, jauh dibandingkan dengan yang terbaik di Canggu. Tapi kalau kamu mencari tempat untuk buka laptop, ada banyak space dan internetnya pun cukup stabil meski agak lambat karena banyak orang yang menggunakannya. Jadi secangkir kopi sambil browsing-browsing menggunakan laptop masih ok lah meskipun kopinya bukan yang terbaik. Nude Canggu FoodKami coba rosti stack yang ternyata enak banget. Menu lainnya juga kelihatannya banyak yang menarik. Memang makanannya tidak instagrammable dalam ukuran yang ultra-modern, namun kamu masih bisa mendapatkan foto yang bagus tanpa harus mengorbankan rasa seperti saat kamu pesan makanan cuma gara-gara penampakannya bagus.

Kami suka Nüde!

Nüde
Jalan Raya Pantai Berawa 33, Canggu
Instagram: @nudeincanggu
Jam buka: 07:00 – 22:00
Coffee: Rp28.000 (tambah pajak 15.5%)
WiFi: 2.3down/1.4up (diukur saat cafe sedang penuh)

17. Gypsy

Gypsy Canggu ExteriorGypsy sepertinya merupakan anomali kalau kita bicara tentang cafe-cafe di Canggu bagian sini. Mereka menolak mementingkan style dibanding substansi dan berusaha sepenuhnya untuk menyajikan makanan enak. Jadi meskipun fokus mereka adalah rasa, kamu tetap bisa mendapatkan beberapa foto Instagram di sini.Gypsy Canggu FoodPilihan menu sarapan di sini tidak terlalu banyak, namun pilihan makanan jadi lebih banyak kalau sudah di atas jam 12 siang karena mereka menyajikan beberapa pilihan burger dan sandwich yang terlihat enak. Kami mencoba French toast, mille crepes dan hash browns. Lumayan mengejutkan karena semuanya enak. Gypsy Canggu BowlKopi di sini luar biasa enak, WiFi-nya kencang dan ada beberapa meja yang cocok kalau mau buka laptop. Karena cafe ini agak kecil, lebih baik batasi waktu kamu kalau mau laptopan. Gypsy adalah salah satu cafe favorit kami di area Echo Beach. Gypsy Canggu Coffee Gypsy Canggu Interior

Gypsy
Jalan Batu Mejan, Gang Catu 1, Canggu
Instagram: @wearegypsy
Jam buka: 08:00 – 22:00
Coffee: Rp28.000 (tambah pajak 15.5%)
WiFi: 25down/31up

Nah….lumayan kan sekarang ada banyak pilihan kalau mau cari tempat ngopi atau makan di daerah Canggu. Areanya lumayan luas pula, dari Kerobokan sampai ke Echo Beach, daerah yang sedang populer belakangan ini. Cafe mana yang paling bikin kamu penasaran pengen coba? 🙂

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply