Camino Via De La Plata / Sanabres Day 34: Ponte Ulla – Santiago de Compostela (FINALE)

By November 16, 2017 December 3rd, 2017 Camino de Santiago de Compostela
Day 34 Suburb Di Sekitar Santiago De Compostela

Hari ini hari terakhir dan sisa jarak yang harus ditempuh sekitar 21.7 km menuju Santiago de Compostela. Bangun pagi suasana sekitar sangat berkabut dan dingin. Kami baru mulai jalan sekitar jam 9 sesudah sarapan dan berharap ada sedikit matahari.

Secara keseluruhan cuaca hari ini mendung, kadang ada sedikit warna biru di langit tapi sebagian besar kelabu dan hawanya dingin sekali. Beberapa kali terasa tetesan hujan yang tipis namun tidak perlu sampai pakai jas hujan.

Jalur hari ini lewat hutan dan beberapa desa kecil, naik turun bukit. Pace kami agak lambat karena memang moodnya gloomy sekali.Day 34 Hari Terakhir CaminoSekitar 3 km menjelang Santiago de Compostela, kami melewati sebuah jembatan yang ada banyak barang & bunga kering di pagarnya. Rupanya di bawah jembatan itu lokasi kecelakaan kereta api 4 tahun lalu saat belok terlalu cepat yang menelan korban hingga 79 orang.

Rute masuk ke Santiago de Compostela kali ini lebih menyenangkan dibandingkan rute masuk Camino Frances tahun 2013 lalu. Kali ini kami masuk lewat area pinggiran dan langsung masuk ke area kota tuanya. Saat mendekati kota, ada seorang bapak yang keluar dari cafe dan bertepuk tangan serta mengacungkan dua jempol kepada kami. Oh…hati langsung hangat disambut seperti itu.Day 34 Kota Tua Santiago De CompostelaMasuk ke kota tua, kami langsung menuju ke Cathedral de Santiago, yang merupakan titik berkumpulnya para peziarah. Waktu itu kami tiba sekitar jam 4 sore dan tidak terlalu banyak pilgrim di sana. Ada beberapa orang yang sedang duduk-duduk dan kami saling mengucapkan selamat. Beberapa orang terlihat sedang mengabadikan momen penting ini dengan kamera.

Day 34 Tiba Di Santiago De CompostelaTerima kasih banyak sudah rajin mengikuti perjalanan Camino kami kali ini selama 34 hari. Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan ada yang terinspirasi. Silakan tanya-tanya aja langsung kalo ada yang minat mau jalan Camino. Ke depannya kami berusaha tulis lebih banyak lagi postingan tentang Camino ini. Buen Camino!

Yang dapat 5 kartu pos Camino terakhir dari Santiago de Compostela: @superriotio, @apreginaa, @sparklingsanz, @mariachristina1812, @stephruslee.
Mohon maaf yang belum kebagian, mudah-mudahan bisa bagi-bagi kartu pos lagi di destinasi lain.

Leave a Reply