Cara Beli Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen

By January 17, 2017Travel Advice
Adam Dengue Fever Laos Butuh Asuransi Perjalanan

Belakangan ini kami sering memikirkan apa yang akan terjadi kalau kami sakit atau tertimpa kecelakaan saat traveling di luar negeri. Adam dari dulu selalu punya asurasnsi perjalanan kalau lagi jalan-jalan karena memang diajarkan seperti itu. “Pastikan kalau kamu dilindungi oleh asuransi saat traveling.” Begitu pesan mama papanya.

Sedangkan Susan jarang sekali beli asuransi perjalanan saat jalan-jalan. Dia tidak begitu mengerti pentingnya asuransi perjalanan dan cuma berharap segalanya akan berjalan dengan lancar. Dam memang sampai saat ini kami tidak pernah mengalami masalah yang signifikan saat traveling. Tapi kami tidak mau mengambil resiko ini untuk waktu ke depannya. Dari sekarang kami berdua selalu dilindungi oleh asuransi saat jalan-jalan ke luar negeri.

Sebenarnya Susan juga selalu beli asuransi saat kami jalan-jalan ke Eropa. Kenapa? Karena salah satu persyaratan dari permohonan Visa Schengen adalah harus memiliki asuransi perjalanan. Dan bukan hanya sekedar asuransi perjalanan sekenanya. Ada beberapa aturan spesifik yang perlu dipenuhi berkenaan dengan asuransi perjalanan tersebut agar memenuhi syarat permohonan Visa Schengen.

(Ini adalah saat Adam kena Dengue Fever di Laos. Sesuatu yang sangat tidak diprediksi bisa terjadi kapan saja di mana saja dan kepada siapa saja!)

Jadi, sebelum beli asuransi perjalanan untuk mengajukan Visa Schengen, pastikan dulu apakah asuransi yang akan dibeli tersebut memenuhi kriteria berikut ini!


Syarat Asuransi Perjalanan untuk Visa Schengen

  • Polis asuransi harus bisa menutup biaya berobat, perawatan di rumah sakit dan repatriasi ke Indonesia – dengan kata lain, polis harus bisa menanggung semua biaya yang dikeluarkan baik unyuk perawatan di negara tersebut sampai biaya penerbangan untuk evakuasi dari Eropa ke Indonesia saat kondisi sakit parah/kritis.
  • Polis harus memiliki tanggungan minimal €30.000 untuk menutupi biaya berobat. Saat artikel ini ditulis, ini setara dengan Rp425.000.000. Tapi nilai tukar mata uang asing berubah-ubah, oleh karena itu pastikan kalau polisnya bisa memberikan tanggungan biaya berobat setidaknya €30.000!
  • Tanggungan harus berlaku selama kamu tinggal di area Schengen.
  • Polis harus berlaku untuk semua negara-negara Schengen, bukan cuma negara yang kamu rencanakan untuk dikunjungi.
  • Perusahaan penyedia asuransi harus punya representative office di area European Union. Kami pernah menggunakan asuransi dari beberapa perusahaan penyedia asuransi yang berbeda, so far tidak pernah mengalami masalah. Menurut kami syarat yang dimaksud di sini adalah agar applicant menggunakan perusahan penyedia asuransi yang terpercaya, bukan sekedar perusahaan abal-abal yang tidak dikenal namanya. PENTING: Tidak semua asuransi dari perusahaan Indonesia diterima untuk syarat visa ini. Masalahnya, kami belum menemukan daftar lengkap perusahaan mana saja yang diterima.
  • Polis harus sudah dibayar, diterbitkan dan bisa ditunjukkan saat kamu apply Visa Schengen.
  • Polis harus dipegang sendiri saat tiba di Eropa, jaga-jaga siapa tahu petugas imigrasi perlu mengecek kelengkapan dokumen. PENTING UNTUK DIINGAT! Pastikan kamu bawa asuransi perjalanan dan dokumen pendukung penting lainnya (misalnya: bank statement) ketika kamu tiba di Eropa karena petugas imigrasi bisa saja meminta kamu untuk menunjukkan semua dokumen tersebut saat di border meskipun kamu sudah pegang Visa Schengen.

Mungkin kedengarannya agak rumit, tapi sebenarnya tidak terlalu repot kalau kamu tahu perusahaan penjual asuransi yang bagus yang mana. Sebelumnya kami pernah menggunakan asuransi ACA — tidak masalah dan bisa dipakai untuk mendapatkan Visa Schengen. Tapi waktu itu kami harus datang langsung ke kantor cabang terdekat dan membeli polis secara manual. Waktu itu tidak jelas juga apa saja yang tercover oleh asuransi tersebut. Oleh karena itu kami tidak merekomendasikan untuk memilih asuransi tersebut.

(Ini adalah foto lain saat Adam terkena Dengue Fever di Laos. Saat-saat seperti ini adalah saat yang sangat tepat untuk memiliki asuransi perjalanan.)

Adam Dengue Fever Laos Butuh Asuransi PerjalananBerdasarkan pengalaman kami, perusahaan asuransi paling baik yang kami pernah gunakan adalah WorldNomads.com. Kenapa? Karena mereka menyediakan coverage yang sangat bagus dengan harga yang fair dan semuanya bisa dilakukan secara online. Membeli polis, mengklaim uang kembali dari mereka…pokoknya semuanya.

Keuntungan utama dari WorldNomads.com adalah:

  • Valid untuk Visa Schengen.
  • US$5.000.000 medical benefit (€4.500.000). Ini akan menutup biaya berobat dan biaya rumah sakit serta ekstra US$500.000 untuk repatriation kalau kamu tidak tidak bisa traveling sendiri. Dengan kata lain, medical evacuation.
  • US$300 untuk masalah gigi misalnya gigi patah.
  • Sampai dengan US$5.000 kalau kamu sampai harus membatalkan trip sebelum berangkat untuk menutupi biaya tiket pesawat yang biasanya non-refundable, akomodasi dan tur.
  • Sampai dengan $3.500 kalau kamu sampai harus pulang lebih cepat dari trip kamu diakibatkan karena ada kerabat keluarga yang meninggal atau sait dalam kondisi kritis.
  • Sampai dengan $2.500 untuk pencurian atau kehilangan barang-barang pribadi.
  • Beli secara online, klaim secara online pula.
  • Salah satu dari perusahaan asuransi perjalanan paling terkenal di seluruh dunia.

Intinya di sini adalah untuk urusan asuransi perjalanan ini jangan cuma memilih asuransi yang paling murah. Bisa saja dengan asuransi murah tersebut aplikasi Visa Schengan kamu diterima, tapi saat kamu mau klaim mereka tidak mau bayar.

Kami menggunakan WorldNomads.com dan kami merekomendasikannya kepada teman-teman kami. Polis asuransi perjalanan untuk 2 minggu ke Eropa saat ini harganya US$54.20 (Rp720.000). Cek sendiri harganya di sini untuk trip kamu!

 

 

 

Join the discussion 2 Comments

  • rere pankoulus says:

    Hallo Ci Susan,
    kalau kita udah beli asuransi via worldnomads, polisnya gmn ya? belum kebayang hihi.. info lanjut dong 🙂 thank youuuu

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Itu polisnya udah diterjemahin di bagian “keuntungan worldnomads” sih. Kalo masih kurang jelas klik aja link yang ada tulisan worldnomads nya, itu redirect ke websitenya langsung 😉

Leave a Reply