Cara Beli Kartu SIM di Thailand

SIM card Thailand

Ada 3 provider telekomunikasi besar di Thailand ditambah dengan beberapa provider kecil yang menjual ulang ketiga jaringan telekomunikasi dengan brand sendiri. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang 3 pemain besar telkom di Thailand: AIS, DTAC dan TrueMove.

Kami sudah pernah pakai AIS dan DTAC dan keduanya memiliki coverage yang luas, cukup cepat dan bisa diandalkan. Dalam kunjungan kami yang terakhir ke Thailand kami memilih untuk menggunakan AIS karena mereka punya jaringan WiFi hotspot yang bisa digunakan secara gratis yang tersedia dalam pre-paid mobile plan yang lebih mahal.

Harus beli SIM Card yang mana di Thailand?

Untuk kebanyakan orang, solusi paling mudah untuk membeli SIM card di Thailand adalah dengan membeli tourist SIM. Tourist SIM dari AIS sangat mudah digunakan dengan isi data 500mb dan bisa digunakan selama 7 hari. Jika butuh data lebih banyak, kamu bisa lihat plan lainnya di sini.

Jika kamu mengunjungi Thailand lebih dari 7 hari, kamu harus membeli SIM card biasa dan kemudian isi ulang dengan salah satu plan yang mereka tawarkan. Ada banyak plan yang bisa kamu pilih, tapi menurut kami plan dari AIS cukup bagus. Plan tersebut berisi berbagai pilihan data allowance dan limit waktu. Plan yang bagus adalah yang menawarkan 1GB untuk 30 days dengan harga 299B. Info selengkapnya bisa dilihat di sini. (jika link rusak, google saja dengan kunci “AIS netsim always package”)

Di mana beli SIM Card di Thailand

Tempat yang paling mudah untuk membeli simcard di Thailand adalah di bandara. Tapi waktu itu kami kena charge 100B lebih mahal saat beli simcard di sana. Pilihan yang lebih baik adalah tunggu sampai kamu tiba di kota, jalan ke toko HP terdekat dan tanyakan apakah mereka jual tourist SIM. Toko HP seperti ada banyak di mana-mana. Selain itu yang paling gampang, 7-11 juga biasanya jual tourist SIM.

Kami juga pernah lihat TrueMove SIM card dijual di 7-11 dan kelihatannya lumayan bagus juga paket yang ditawarkannya. 199B untuk 1GB.

Apakah butuh ID untuk beli SIM Card?

Ya. Kamu harus bawa paspor karena staff biasanya akan memfotocopi dan menyimpan copy ID kamu.

Bagaimana cara isi ulang SIM Card

Jika kamu kehabisan data dan butuh isi ulang pulsa, tempat paling mudah untuk isi ulang adalah 7-11. Kadang-kadang staffnya bisa bantu kamu beli paket data, tapi jangan terlalu mengandalkan mereka karena kadang mereka juga sibuk melayani pelanggan. Jika ragu-ragu tentang cara beli paket, kamu bisa cek website MaoMao, cari paket yang kamu mau dan ikuti instruksinya. Website MaoMao bisa dilihat di sini.

Bisakah saya tether telepon dan share data?

Ya, data sharing/tethering diperbolehkan di Thailand dan tidak ada biaya tambahan.

Demikian sharing info dari kami. Sangat mudah untuk beli SIM card di Thailand. Tentu saja provider lain juga ada yang memberikan penawaran serupa, namun berdasarkan pengalaman kami AIS sudah cukup bagus.

Leave a Reply