Naik Kereta Cepat dari Taichung ke Kaohsiung

By August 31, 2017 February 17th, 2018 Taiwan
Naik Kereta Cepat Di Taiwan

Deretan sawah hijau, desa kecil dan pemandangan pegunungan tak berhenti-hentinya menghiasi kaca jendela saat kamu berada di dalam kereta yang ngebut antara 2 kota besar di Taiwan, dari Taichung ke Kaohsiung di ujung selatan. Kami pribadi sih sangat suka naik kereta untuk  berpindah dari satu kota ke kota lainnya. Kalo ada pilihan kereta dan harganya tidak terlalu mahal, biasanya kami lebih pilih kereta.

Pada dasarnya ada 2 jenis kereta yang bolak-balik antara Taichung dan Kaohsiung. Ada yang cepat, ada yang lambat. Kami sempat naik kereta yang lambat dari Taipei ke Taichung. Yang lambat harganya lebih murah. Waktu dari Taipei sih kami naik yang lambat karena tiket kereta cepat sudah habis semua.Beli Tiket HSR Di MesinSebagai gambaran, dari Taichung ke Kaohsiung jaraknya sekitar 200 km. Kalau naik kereta cepat cuma makan waktu 1 jam sedangkan kereta yang lambat makan waktu lebih dari 3 jam. Kereta lambat berangkatnya dari Taichung Main Station dan berhenti di Kaohsiung Main Station. Harganya lebih murah antara Rp 27.000 sampai Rp 67.000 dibandingkan tiket kereta cepat. Cek detailnya di sini.Stasiun HSR Di TaichungTips beli tiket kereta cepat di Taiwan


Tapi kalau dihitung waktunya, sebenernya tiket kereta cepat ga mahal-mahal banget koq karena malah bisa menghemat banyak waktu. Jadi mending ambil kereta cepat dibanding kereta lambat. Kemarin ini kami dapat tiket kereta cepat (HSR — High Speed Rail) seharga NT$630 (Rp 278.000) dan itu adalah harga diskon karena kami belinya beberapa hari sebelumnya. (TIPS: beli tiket HSR lebih awal bisa dapat lebih murah dibanding mendadak pas hari H!!) Tiket untuk kereta HSR bisa dibeli langsung di stasiun kereta utama di Taichung atau bahkan di stasiun kereta utama Taipei kalau sudah tau tanggal berangkatnya dan mau beli lebih awal. Kalau mau beli di hari H juga bisa sih, tapi kesediaan kursi tidak terjamin, kadang kalau berangkat berdua atau ramai-ramai bisa saja harus terpisah duduknya karena dapat kursinya yang sisa-sisa. Jadi kalau mau aman tempat duduknya dan lebih murah, mending beli lebih awal.Kereta HSR berangkat dari stasiun khusus kereta cepat di pinggiran kota Taichung. Dari stasiun kereta utama di Taichung kamu harus naik kereta lokal dulu yang ke arah Xinwuri. Cuma 10 menit koq. Turun di Xinwuri, nanti sudah ada jalur jalan kaki dan petunjuk ke arah Taichung HSR station. Cek jadwal kereta cepat HSR di sini, masukkan Taichung sebagai destinasi awal dan Zuoying sebagai destinasi akhir.

Info Praktis Naik Kereta Cepat dari Taichung ke Kaohsiung

  • Dari stasiun Xinwuri jalan kaki ke stasiun HSR.
  • Di stasiun HSR masukkan tiket ke mesin untuk lewat gate atau pengecekan oleh petugas
  • Naik ke platform yang telah ditentukan dan berdiri di area sesuai nomor gerbongnya. (beda gerbong beda lagi tangga naiknya, oleh karena itu cek tiket baik-baik)
  • Begitu kereta datang, masuk ke gerbong sesuai tiket, cari tempat duduk yang sudah ditentukan. FYI, ternyata di HSR ini ada kelas bisnis juga. Kemarin ini sih kosong banget karena kelas yang standar juga sudah sangat bagus fasilitasnya.
  • Fasilitas di HSR Taiwan: vending machine jual minuman, breastfeeding room, toilet, charging room (buat charging handphone).
  • Kecepatan paling tinggi yang kami perhatikan selama perjalanan: 296.3 km/jam!!

Kereta yang menuju Kaohsiung akan berhenti di stasiun Zuoying, yang lagi-lagi berada di pinggiran kota Kaohsiung. Dari sini, kamu bisa sambung dengan subway ke tujuan kamu. Kami naik subway ke Formosa Boulevard karena hotel kami pas banget di sebelah stasiun ini. Centre Hotel yang kami pilih lokasinya strategis banget di pusat kota dan muraaaah banget (cuma Rp 200.000!). Cek harganya sekarang di Booking.comStasiun Zuoying Di Pinggiran KaohsiungJadi, sekarang sudah tau ya kalau dari Taichung mau ke Kaohsiung paling enak naik kereta cepat. FYI aja sih, kereta lambat berangkatnya dari Taichung Main Station dan berhenti di Kaohsiung Main Station. Semoga info yang kami bagikan ini berguna. Silakan kalau ada komentar atau pertanyaan.

Leave a Reply