Cara Keliling Taroko Gorge (Hualien) secara Independen — tanpa ikut tur!

By February 1, 2018Taiwan
Taroko Gorge Hualien

Taroko Gorge merupakan salah satu taman nasional yang paling terkenal di Taiwan. Kota yang biasa dijadikan base untuk mengeksplor Taroko Gorge adalah Hualien, bisa dicapai dengan naik kereta lokal dari Taipei selama 2 jam 20 menit. Masalahnya adalah dari Hualien bagaimana cara ke Taroko National Park? Karena banyak sekali titik menarik di taman nasional ini dan areanya juga sangat luas.

Awalnya kami berencana untuk sewa motor supaya lebih fleksibel keliling-kelilingnya. Namun sempat browsing-browsing tentang sewa motor di sana katanya aturannya lebih ketat terutama untuk turis asing. Dan kebetulan saat itu Adam tidak punya SIM internasional untuk motor. Jadinya daripada bermasalah dengan polisi, akhirnya kami mencari cara lain.Shakadang Trail Taroko GorgeUntungnya ternyata ada semacam bis hop-on-hop-off yang bisa mengantar pengunjung keliling Taroko Gorge. Bis ini berangkat di jam-jam tertentu dari halaman stasiun kereta api Hualien, kemudian mampir dulu ke sebuah stasiun kereta api lain sebelum masuk area Taroko National Park dan berhenti di titik-titik utama taman nasional.

Berapa harga tiket bis-nya?

Tiket bis dijual dalam bentuk 1-Day Pass (NT250) atau 2-Day Pass (NT400). FYI, karena area Taroko sangat luas, sebetulnya 1 hari bisa tidak cukup kalau memang mau ekspor banyak tempat. Jadi kalau punya waktu banyak sih lebih enak beli yang 2-Day Pass.Tiket Taroko Gorge Bus

Belinya di mana?

Tiket bis Taroko ini bisa dibeli di dalam area parkir Stasiun kereta api Hualien. Cari platform bis nomor 1133A, tidak jauh dari sana ada bangunan kecil, di dalamnya jual tiket ini. Biasanya kalau sudah dekat jam keberangkatan pasti kelihatan banyak orang berkerumun.

Naik bisnya dari mana?

Bis berangkat dari halaman Stasiun kereta Hualien, cari platform untuk bis nomor 1133A. Bisnya warna orange dan ada tulisan nomor 1133A di depannya.Bus Taroko Gorge

Lihat jadwal bis dari mana?

Ada banyak website yang mencantumkan jadwal bis Taroko. Salah satunya bisa dilihat di sini. Namun berdasarkan pengalaman kami kemarin kadang jadwal kedatangan bis di titik-titik tertentu tidak selalu tepat waktu. Yang pasti asal jangan sampe telat berangkat di titik awalnya dan jangan sampai kelewatan jadwal bis yang terakhir (soalnya kalau sampe kelewat bis terakhir, kamu akan terjebak di dalam taman nasional sampe besok harinya).Shakadang Trail Taiwan

Apakah ada yang jual makanan di dalam Taroko National Park?

Untuk makanan tersedia di beberapa titik perhentian bis. Kami sempat makan siang di Tian Xiang di kedai kecil dekat halte bis. Tapi selain di sana juga kami sempat lihat ada beberapa penjual makanan di titik pemberhentian lainnya. Jadi tidak perlu khawatir tentang makanan. Cuma kalau mau aman sih boleh bawa bekal saja terutama kalau bawa anak-anak supaya tidak rewel karena khawatir bis datangnya terlambat.Gerbang Menuju Tian Feng Pagoda

Bisa lihat apa saja di Taroko National Park dalam 1 hari?

Ini kami laporkan berdasarkan pengalaman kami pribadi ya. Kami berangkat lumayan pagi (kalau tidak salah ambil bis yang jam 7 pagi) dan keluar dari Taroko sekitar jam 4-5 sore.

  • Shakadang Trail – Trail ini kayaknya spot yang cukup populer dan paling dekat dengan entrance. Highlight-nya jembatan merah besar yang di kiri kanannya ada banyak patung kiln. Dari ini ada rute hiking sekitar 5 km di sisi tebing dipahat menjorok ke dalam. Di sepanjang jalan ada pemandangan cantik bunga liar dan aliran air jernih di bawahnya.

Shakadang Trail

  • Yanzikou (Swallows’ Grotto) – Ini juga pemberhentian yang cukup populer. Jalurnya berupa terowongan beratap tinggi yang dibentuk dari gunung batu, di seberangnya ada tebing dengan banyak lubang sarang burung walet. Di bagian bawah ada aliran sungai yang sanget sempit.

Swallow's Grotto

  • Tian Xiang – Spot ini seringkali disebut lunch stop karena di sini ada banyak warung yang jualan makanan dan di sini ada terminal bis yang merupakan pemberhentian terakhir rute bis yang dari Hualien Train Station.

Tian Xiang Taroko


  • Tian Feng Pagoda (Xiangde Temple) – Tidak jauh dari Tian Xiang, jalan sedikit ke arah bawah ada pagoda megah yang terlihat menjulang di antara hijaunya pepohonan. Bisa naik ke sana tapi waktu itu kami cuma lihat dari bawah saja.

Tian Feng Pagoda

  • Eternal Spring Shrine – Kuil ini sepertinya sering dijadikan ikon dari Taroko Gorge National Park. Memang kelihatan spektakuler karena di bawah kuil ada aliran air terjun. Sayangnya waktu kami ke sana akses ke kuilnya sedang ditutup sehingga pengunjung cuma bisa lihat dari kejauhan.

Eternal Spring ShrineOverall, menurut kami Taroko Gorge National Park recommended untuk dikunjungi khususnya bagi yang suka trekking atau wisata alam. Jalan-jalan ke sini selama 1-2 hari bisa jadi variasi itinerary kalau bosan cuma jalan-jalan di kota besarnya saja.

Join the discussion 5 Comments

Leave a Reply