Cara Sewa Sepeda Motor di Chiang Mai

Bikky - sewa motor di Chiang Mai

Setelah puas jalan kaki menjelajah Old City, cara terbaik berikutnya untuk menjelajah Chiang Mai adalah dengan menyewa sepeda motor. Jika kamu berencana untuk menghabiskan waktu lebih dari satu hari penuh di Chiang Mai, sewa sepeda motor akan membuat kamu berkesempatan menikmati Chiang Mai lebih banyak dan juga membantu berhemat dibandingkan ongkos songthaew/tuk-tuk.

Kami sudah beberapa kali menyewa motor di tempat yang berbeda, dan dua-duanya tidak bermasalah. Yang terakhir kami sewa motor dariย Bikky.

Berikut ini prosedur sewa motor:

  1. Ada banyak pilihan rental motor di mana saja di seluruh penjuru kota — pilih yang menurut kamu meyakinkan.
  2. Cek harga yang mereka tawarkan. Biasanya berkisar 250B per hari atau 3000B per bulan.
  3. Minta untuk test ride dulu di jalanan sekitar untuk memastikan kondisi motornya baik-baik saja. Pernah kami ditawari motor yang ternyata roda depannya bengkok. Begitu dicoba baru ketahuan kalau rodanya bengkok sehingga kami langsung tukar.
  4. Kamu harus penyerahkan paspor asli kamu sebagai jaminan.
  5. Tanda tangan surat perjanjian sewa motornya.
  6. Ambil foto motor yang kamu sewa dan tunjukkan kepada mereka, untuk bukti kalau misalnya sudah ada goresan ataupun kerusakan lain sebelum kamu bawa.
  7. Pinjam helm yang biasanya disediakan secara gratis oleh rental
  8. Bawa motor keluar rental
  9. Have fun dan JANGAN SAMPAI MENABRAK!

Tips mengendarai motor

  • Kalau sampai motornya menabrak dan ada kerusakan, kadang lebih murah untuk memperbaiki sendiri ke bengkel terdekat dibandingkan dengan melaporkan kerusakan ke rental. Cek dulu kira-kira biaya kerusakannya. Kalau memang ada waktu, betulkan sendiri, kalau tidak ada waktu, bawa kembali ke rental dan siap-siap bayar berapapun ongkos kerusakan yang diminta oleh mereka.
  • Kamu harus punya SIM untuk mengendarai motor di Thailand. Tapi kebanyakan turis asing sebenarnya tidak punya SIM motor. Ini cukup beresiko karena jika kamu menabrak seseorang dan kamu ketahuan tidak punya SIM, maka kamu akan bermasalah besar. Di luar itu, kami belum pernah diberhentikan oleh polisi dan mereka pun biasanya tidak akan memberhentikan seseorang kecuali merea curiga ada yang tidak beres. Berbeda dengan polisi Indonesia ๐Ÿ™‚
  • Selalu pakai helm.
  • Jangan takut untuk memacu kendaraan dengan cepat di jalanan yang lebar. Di Thailand, kamu dengan mudah berkendaraan dengan kecepatan 60-80km/jam karena jalanannya lebar dan mulus.
  • Tentunya ada peraturan lalu lintas di Thailand dan para pengendaranya cukup disiplin. Jika kamu muncul di depan mobil yang sedang melaju cepat, mobil tersebut tidak akan berhenti karena kamu yang seharusnya berhenti. Selalu berhenti di persimpangan dan kasih jalan.
  • Jangan melanggar lampu merah atau naik trotoar.
  • Kamu jarang sekali harus bayar parkir motor.

Join the discussion 5 Comments

  • @HEYDEERAHMA says:

    Berarti disana tidak ada pungutan untuk parkir motor ya di tempat-tempat umumnya? ๐Ÿ™‚

    • Susan Natalia Poskitt says:

      selama bbrp bulan di sini cuma nemu 1 tempat yang ada tarif parkir motornya, di salah satu mall…itu pun cuma 2 Baht (800 rupiah). Selebihnya tidak pernah ada yg tagih uang parkir motor. Mobil pun banyak yg gratis kalau cuma di pinggir jalan, bahkan mall besar pun untuk parkir mobil digratiskan selama 4-5 jam pertama.

  • waktu itu pas lagi jalan-jalan di chiang mai sewa motornya lewat hostel dengan harga yang murah. rasanya menyewa motor untuk keliling Chiang Mai adalah pilihan yang bijak untuk memudahkan perjalanan keliling kota dan ke tempat-tempat wisata di sekitar kota Chiang Mai.

  • mata hari says:

    aman kah titip paspor? banyak saya dengar kasus kehilangan paspor. belum lagi kedutaan yang menghimbau warganya tidak titip paspor asli sebagai jaminan

    • Adam says:

      sejauh ini aman. Memang beresiko kalau dapet tempat rental yang kurang baik. Makanya sebaiknya baca2 review dulu tempat sewa yang terpercaya di mana. Biasanya kalau tempat sewa yang besar dan ternama sih ga akan cari masalah.

Leave a Reply