Cara Tetap Eksis Saat Jalan-jalan ke Luar Negeri

By November 8, 2017 November 22nd, 2017 Miscellaneous
Java Mifi Router Dan Java SIM

Saat jalan-jalan ke luar negeri seringkali kami tidak punya akses internet kecuali waktu ada di dalam hotel atau cafe. Sebenarnya bukan masalah besar sih, cuma kadang suka gemes aja waktu butuh koneksi internet tapi ga tersedia. Misalnya waktu nyari rute transportasi umum di Tokyo, cari tempat makan di Singapura atau cari pintu masuk ke taman yang super luas di Barcelona. Kan kadang ada hal-hal yang kelewat dicari infonya sebelum jalan keluar hotel atau cafe.

Jadinya waktu trip ke Malaysia bulan September lalu, kami penasaran coba sebuah sistem baru yang sepertinya lumayan populer digunakan akhir-akhir ini — sebuah router wifi!

Pada dasarnya ada 2 cara yang bisa dipilih untuk penggunaan router ini:

  • Beli router sendiri di Indonesia kemudian beli SIM card lokal waktu tiba di negara tujuan.
  • Sewa router wifi sebelum meninggalkan Indonesia, lengkap dengan SIM card yang sudah terpasang dan siap digunakan. Routernya bisa dikirim ataupun diambil di tempat yang sudah disepakati.

Kemarin kami coba cara yang kedua 😉Susan Pake Java SIM

Router Wifi

Kami menggunakan Java Mifi — bisa cek website-nya di sini. Mereka mengirimkan routernya sehari sebelum kami berangkat meninggalkan Indonesia. Dan karena kami tinggalnya di Bandung, menurut kami servis pengirimannya sangat membantu.

Cara Kerja Router Wifi

Jadi, gimana cara kerja router wifi ini? Sederhana banget. Begitu kamu sampai di negara tujuan, nyalakan router dan kemudian router akan otomatis terhubung dengan jaringan 4G di negara tersebut. Router ini akan terasa lebih berguna lagi kalau kamu traveling ke beberapa negara sekaligus karena router akan otomatis terhubung ke jaringan  di negara manapun kamu berada. Dengan catatan kamu sudah beli paket yang sesuai sebelum meninggalkan Indonesia.

Begitu router wifi terhubung dengan jaringan 4G lokal, kamu bisa menghubungkan hingga 5 gadget (handphone ataupun laptop) ke router tersebut. Jadi serasa sambil kerja di cafe ataupun di rumah tapi dengan koneksi broadband yang lancar. Sesederhana itu koq.

Waktu kami coba router wifi ini, kami tidak perlu sering recharge karena baterenya kuat untuk digunakan seharian penuh.

Berapa banyak data yang diberikan?

Kami mendapat paket data untuk digunakan di Malaysia secara UNLIMITED dengan kebijakan penggunaan harian berkisar antara 500mb dan 1gb. Selama di sana kami tidak pernah mencapai batas harian tersebut dan selalu dapat koneksi full speed. Katanya kalau kena batas harian, kecepatannya akan menurun. Tapi masih bisa dipakai untuk Whatsapp dan update media sosial sih.

Harganya berapa?

Harga dari sewa router ini dihitung per hari dan tergantung negara mana yang akan kamu kunjungi. Menurut kami harganya sangat murah apalagi kalau kamu traveling dalam kelompok atau bersama beberapa orang. Berikut ini adalah contoh harga untuk router 4G di beberapa negara (Catatan: harga router 3G bisa lebih murah):

  • Singapura: Rp70.000/hari
  • Malaysia: Rp70.000/hari
  • Jepang: Rp70.000/hari
  • Thailand: Rp70.000/hari
  • Eropa: Rp110.000/hari

Mereka juga sering promo sehingga harga sewanya bisa lebih murah dari itu. Jadi bisa dilihat kalau sewa router adalah salah satu cara yang paling bagus untuk tetap eksis saat traveling ke luar negeri, apalagi kalau jalan bareng beberapa orang. Tapi kalau kamu solo traveling, gimana donk share cost-nya? Jangan khawatir, kami punya solusi lain 😉Java Mifi Untuk Internet Di Luar Negeri

SIM Card Luar Negeri

Kami juga sempat mencoba SIM card dari Java Sim. Buat yang traveling sendirian, cara ini lebih hemat dibanding sewa router. Sebagai perbandingan, harga SIM card untuk Malaysia Rp250.000, sedangkan harga sewa router untuk Malaysia Rp560.000. Bedanya, kalau sewa router biayanya bisa dibagi sampai maksimal 5 orang. Tapi kalau jalan sendiri kan ga bisa dibagi dengan siapa-siapa.

Kami sangat suka opsi SIM card ini karena penggunaannya simple, seperti pakai handphone biasa saja. Sebelum meninggalkan Indonesia, pesan SIM card dari Java Sim untuk dibawa dan dipasang nanti begitu tiba di negara tujuan.

Begitu mendarat di Malaysia, kami ganti simcard Indonesia kami dengan Java Sim dan secara otomatis terhubung dengan jaringan lokal. Tidak perlu pakai apa-apa lagi. Kekurangannya ya satu simcard cuma bisa dipakai di 1 handphone dan tidak bisa sharing koneksinya.

Untuk Java Sim di Malaysia ada pilihan penggunaan aktif untuk 5 hari dan 8 hari. Jadi hitungannya bukan harian seperti sewa router. Harga Java sim untuk 5 hari di beberapa negara sebagai berikut:

  • Singapura: Rp250.000
  • Malaysia: Rp250.000
  • Jepang: Rp250.000
  • Thailand: Rp165.000

Java Sim Untuk Internet Murah Di Luar NegeriNah jadi sekarang sudah ada pencerahannya kan. 2 pilihan cara untuk tetap eksis terhubung dengan internet saat jalan-jalan ke luar negeri. Silakan pilih sendiri mau sewa router lewat Java Mifi atau beli SIM card lewat Java sim.

Ada yang mau tanya-tanya? Silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar 🙂

Join the discussion 8 Comments

Leave a Reply