Chinatown Complex Food Centre, Singapore

Chinatown Complex Food Centre Singapore

Mampir ke sini sebetulnya tidak ada ekspektasi yang terlalu tinggi. Dari depan bangunannya terlihat lumayan tua, mirip dengan Pasar Baru di Bandung gitu deh. Bagian bawahnya diisi oleh kios-kios yang berjualan baju-baju murah, mulai dari baju anak, baju tidur, baju wanita dan produk lainnya yang segala ada. Kami masuk dari lantai bawah melewati beberapa kios pakaian kemudian mencari tangga menuju ke lantai 2.

Di lantai 2 terlihat banyak sekali deretan kios yang berjejer rapi. Bentuk floor plan-nya tidak rapih kotak, ada area-area dengan ruang duduk yang lebih leluasa, ada juga deretan kios yang koridornya agak sempit sehingga tidak ada tempat duduk sama sekali di tengah-tengahnya.Dessert StationSetelah beberapa menit berputar-putar, kami masih agak bingung mau makan apa. Sampai akhirnya kami melihat ada antrean panjang yang mencapai area tangga, padahal di sana tidak ada kios apa-apa. Karena penasaran, kami telusuri dari mana antrean ini berasal. Lumayan panjang berkelok-kelok melewati beberapa koridor, akhirnya antrean terlihat berhenti di sebuah kios Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle. Ah rupanya ini salah satu hawker stall yang mendapat rating Michelin Star beberapa waktu yang lalu.Hong Kong Soya Sauce Chicken Michelin StarKalau biasanya Michelin star diberikan kepada restoran-restoran fine dining, di Singapore kalau tidak salah ada 2 hawker stall yang mendapat rating ini. Ini salah satunya. Tidak heran antriannya puanjaaaaaaanggg banget. Katanya bisa sampai 2 jam sebelum dapat giliran pesan. Bahkan katanya lagi, antrean  sudah mulai sebelum kiosnya buka pagi-pagi. Ya ampun….sampai segitunya ya.Antrian Hong Kong Soya Sauce ChickenKarena waktu itu kami sedang lapar dan malas antre 2 jam untuk makan, kami tidak mencoba soya sauce chicken-nya. Kami sempat mengintip ayam kecap yang jadi jagoannya. Memang terlihat sangat menggiurkan dan harganya murah banget!! Cuma $2 padahal pakai daging ayam yang lumayan banyak  potongannya.

Anyway, akhirnya kami makan di 335 Hong Kong Roasted Meat yang ternyata enak banget! Dagingnya sangat juicy dan saus kecapnya juga terasa sekali meresap ke daging yang agak hangus — menambah keharuman dan tekstur garing. Harganya $3.5 untuk satu piring nasi dengan daging dan extra kuah. Tidak terlalu mahal kan. Dan yang penting tidak perlu antri.Roasted Meat Enak Di ChinatownDari sana kami masih sempat mencicipi dessert di Dessert Station — kios yang spesialis menjual berbagai dessert, baik yang panas ataupun yang dingin. Kami memilih bubur ketan hitam panas dengan 1 scoop es krim vanilla di atasnya ($2.5), dan satu lagi mango with pomelo ($2.5) yang manis asam segar.Dessert Di Chinatown ComplexKalau melihat suasana di sana, Chinatown Complex Food Centre ini memang food court-nya orang-orang lokal. Banyak warga sekitar yang nongkrong di sini sambil baca koran atau sekedar ngobrol-ngobrol dengan teman-teman. Sangat menarik untuk people-watching dan merasakan esensi kehidupan sehari-hari di area Chinatown.

Jadi, kalau sedang berada di daerah Chinatown, jangan lupa mampir ke sini ya 🙂

Chinatown Complex Food Centre
 335 Smith St, Chinatown Complex
Jam buka: setiap hari 08:00 – 22:00
MRT terdekat: Chinatown (ungu NE4 / biru DT19)

Leave a Reply