Citumang – Tempat Wisata Wajib Dikunjungi Dekat Pangandaran

By September 18, 2016Tempat Wisata Pangandaran
Citumang Pangandaran Kolam Renang

Citumang merupakan tempat wisata dekat Pangandaran yang saat ini sedang booming. Di sini ada beberapa air terjun cantik yang sangat menggoda kamu untuk berenang. Aktivitas berenang ini bisa dilakukan secara independen ataupun melalui tur.

Di bagian pertama dari Citumang ada beberapa air terjun kecil di mana kamu bisa berenang secara independen, namun kamu diharuskan memakai life jacket yang bisa kamu sewa dengan harga Rp20.000. Ada tali tambang di mana kamu bisa berpegangan, ada spot-spot bagus untuk berfoto dan kamu juga bisa lompat dari atas air terjun kecil kalau kamu mau. Banyak orang juga suka bergelantungan ala Tarzan pada tali sebelum melompat ke dalam air.Citumang Pangandaran Tempat RenangDi sebelah gua ada area dengan beberapa tempat untuk berteduh yang bisa dipergunakan oleh pengunjung untuk duduk-duduk, piknik, dll. Tapi di akhir pekan tempat ini selalu penuh — pokoknya susah banget deh dapat tempat kosong untuk duduk. Lebih lanjut lagi ke sebelah atas ada kolam renang untuk anak-anak yang juga sangat ramai saat weekend.

Untuk menuju Green Valley kamu harus terus berjalan melewati kolam renang anak-anak dan lanjut ke arah hutan. Jalurnya menanjak curam, udaranya panas dan lembap. Setelah sekitar 5 menit kamu akan mencapai puncak dan mulai turun. Jika habis hujan jalurnya jadi sangat berlumpur dan licin — hati-hati!Citumang Pangandaran Bagian Green ValleyApakah worth it berjalan melewati hutan ke seberang sana? Tentu! Di Green Valley ada air terjun yang lebih besar dan area berenang yang menyenangkan. Namun area berenangnya agak sulit diakses karena dikelilingi bebatuan licin. Bulan Agustus 2016 ada seorang pengunjung yang tewas di tempat ini karena tersedot oleh aliran arus bawah yang sangat kuat. Di bawah sana memang ada aliran air kencang menuju gua di dasar sungai. Jika sampai terhisap oleh pusaran air tersebut maka tidak akan bisa keluar hidup-hidup.Citumang Pangandaran Track Green ValleyArea Green Valley ini sangat bagus untuk selfie dan kalau kamu sudah bayar tiket masuk sekalian saja ke sini meskipun jalurnya agak sulit.

Kalau kamu mau ambil paket tur di area Citumang ini kamu bisa tanya-tanya dulu di konter yang ada di area parkir sebelum memutuskan untuk membeli tiket untuk guided tour. Harga tur sudah termasuk makan siang, guide, pelampung, tiket masuk, tur ke dalam gua serta body rafting di sungai. Cara ini sebenarnya cara terbaik untuk bisa menikmati Citumang, hanya saja memang perlu mengeluarkan uang lebih (dibandingkan kalau independen tanpa tur).Citumang Pangandaran CurugCitumang adalah sebuah tempat wisata dekat Pangandaran yang sangat menyenangkan, terutama bagi kamu yang suka berenang ataupun selfie.

Cara Menuju Citumang

  • Ada 2 area parkir di Citumang, tergantung mau parkir di mana maka tempat belok dari jalanan utamanya juga berbeda.
  • Jika datang dari Pangandaran, lanjut terus sekitar 14 km ke arah Batu Karas dan cari papan petunjuk jalan ke Citumang. Kalau kamu kelewatan tanda pertama (yang akan membawa kamu ke parkiran pertama), ada satu tanda lagi sekitar 1 km setelahnya, yang akan membawa kamu ke parkiran kedua. Belok kanan di sini. Jika kamu melihat belokan ke Batu Hiu, artinya kamu sudah terlalu jauh kelewat belokannya.

Citumang Pangandaran Turnoff


  • Ikuti jalan hingga kamu menemukan tanda petunjuk lainnya. Belok di sini. Dari sini masih ada beberapa belokan lainnya dan semuanya ada tanda petunjuk yang jelas.

Citumang Pangandaran Cara Menuju

  • Tergantung di mana kamu parkir, kira-kira dari tempat parkiran kamu masih harus jalan kaki lagi sekitar 5 menit untuk sampai ke loket tiket.

Citumang
Desa Bojong, Pariri
Tiket: Rp19.000
Sewa pelampung: Rp20.000
Harga tour: Rp100.000
Jam buka: 0700 – 1630

Leave a Reply