Crémelin Pattiserie et Cafe, Bandung

By August 5, 2016Wisata Kuliner Bandung
Cremelin Bandung

Saat kami sedang di Bandung biasanya kami suka keliling-keliling mencari tempat baru untuk makan atau sekedar minum kopi. Dan Bandung memang tidak pernah kehabisan tempat-tempat seperti itu. Masalahnya banyak tempat baru yang menurut kami kurang lengkap. Kami suka tempat yang menyajikan makanan enak dan kopi yang enak. Kedengarannya sederhana, tapi tidak banyak yang sesuai dengan harapan kami. Cremelin Patisserie et Cafe adalah salah satu cafe yang cocok dengan selera kami.

Buka di awal tahun 2016, Cremelin kedengarannya seperti nama tempat di Moskow (Rusia), bukan Bandung. *Oh itu Kremlin….ok lanjut*. Kami sempat mencoba beberapa makanan & minumannya (bayar sendiri, bukan sebagai undangan makan gratis seperti food blogger pada umumnya). Awalnya kami tidak punya ekspektasi terlalu tinggi, namun ternyata hasilnya jauh di atas harapan karena rupanya mereka tahu ‘how to cook’.Tunisian ShakshukaKami pesan baked eggs (Tunisian Shakshuka) dan sesuai dengan harapan — tomato basenya enak, telurnya memiliki tingkat kematangan yang pas (putih telurnya baru mau matang, tidak terlalu encer ataupun terlalu matang) dan ada beberapa potong chorizo. Jauh lebih baik dari kebanyakan baked egg yang pernah kami makan di Indonesia.Russian Tefteli di Cremelin BandungBerikutnya ada Russian Tefteli yang merupakan hal baru buat kami. Karena belum pernah makan menu ini sebelumnya jadi kami tidak punya ekspektasi apa-apa. Ternyata makanannya berupa 3 bola daging, hampir seperti bitterballen tapi lebih enak, beberapa potong roti buatan sendiri dan saus krim yang seperti jenis saus di Rusia atau bergaya Eropa — ada banyak jamur, potongan bawang bombay dan krim. Kami suka sekali saat menemukan bahwa mereka menambahkan balsamic vinegar di atas saladnya. Jauh lebih enak dari salad yang polos tanpa dressing. Rupanya mereka tahu cara membuat salad jadi menyenangkan untuk dimakan.


Untuk urusan kopi, mereka menggunakan mesin Kees van Der Westen yang super funky dan biji kopi lokal dari Jakarta Roastery. Kalau kamu mencari kopi manual brew seperti aeropress, mereka menyajikan campuran biji hasil roasting di Malaysia tapi bijinya diimpor dari El Salvador dan Brazil — salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Hal ini menambah keragaman coffee scene di Bandung karena kebanyakan coffee shop lainnya menggunakan biji kopi lokal.La Manssion di Cremelin BandungYang terakhir adalah mengenai cake. Kami sangat suka cake yang ada di sini. Rupanya pemiliknya sempat belajar di La Cordon Bleu dan memang terlihat dari hasilnya. Fantastic flavours dan great execution. Salah satu yang sempat kami coba adalah La Manssion — kombinasi dahsyat dari markisa dan mangga. Yang kami suka dari cake ini adalah tidak terlalu manis. Salah satu masalah dari kebanyakan cake yang kami coba di Bandung adalah mereka mengandalkan rasa manis sebagai daya tarik utama. Namun di Cremelin mereka berusaha untuk mencampur rasa asam dan memastikan rasanya seimbang.Interior Cremelin BandungSecara keseluruhan kami sangat suka Cremelin. Tempatnya juga cukup nyaman buat yang kerja pakai laptop karena di sana ada free wifi dan mejanya enak buat kerja. Desain interiornya sederhana dan ambience-nya cerah. Bangunannya ada 2 lantai. Kalau ditanya kekurangannya, mungkin area parkirnya agak sulit karena lokasinya yang berupa ruko sehingga cuma ada 1-2 spot parkir mobil di depan cafe. Kalau penuh terpaksa parkir di pinggir.

Cremelin Pattiserie et Cafe
Jalan Abdul Rivai 3A, Bandung
Jam buka: Selasa – Minggu jam 7.30-22.00
Harga: Makanan berat Rp 45.000- Rp 50.000; Minuman Rp 20.000-Rp 30.000,-; Cake sekitar Rp 30.000,-

 

Leave a Reply