10 Destinasi Hits di Asia Tenggara

By January 25, 2019 Miscellaneous
10 Destinasi Hits Di Asia Tenggara

Bicara soal jalan-jalan di Asia Tenggara biasanya memang jadi topik hangat di kalangan para pejalan Indonesia, khususnya bagi mereka yang baru terkena gigitan virus traveling. Selain unsur-unsur budayanya yang bersilangan dan punya banyak kesamaan dengan negara sendiri, faktor lokasi juga sangat berpengaruh karena sebagian besar dari negara-negara tersebut sangat mudah dikunjungi dari Indonesia.

Kenapa pilih jalan-jalan ke negara-negara di Asia Tenggara? Kalo bule biasanya bakal jawab kalau Asia itu eksotik, dan banyak dari mereka yang berasal dari negara-negara dingin suka menghindari musim dingin dengan kabur ke Asia untuk menikmati cuaca yang tropis. Kalo buat kita orang Indonesia, selain yang tadi disebut tentang lokasinya yang dekat sehingga mudah dijangkau, juga biaya hidupnya yang masih setara bahkan ada juga yang lebih murah dari Indonesia. Jadi, jalan-jalan ke luar negeri itu ga selalu berati jalan-jalan ke negara mahal toh?

Anyway, kalau misalnya cuma punya waktu terbatas dan cuma bisa mengunjungi satu dua tempat saja di setiap negara, kira-kira tempat mana saja ya yang jadi highlight di Asia Tenggara? Berikut ini kami sharing pengalaman kami mengunjungi sebagian besar negara-negara di Asia Tenggara. Ada 2-3 negara lagi yang belum sempat kami kunjungi, semoga bisa segera terkunjungi semuanya.

Singapura

Marina Bay Destinasi Hits Di SingapuraMungkin jawabannya klise, tapi menurut kami area Marina Bay masih jadi spot paling keceh di Singapura. Area terus menerus berkembang. Kalau dulu ke sana cuma buat foto bareng Merlion, sekarang bisa jalan keliling marina sambil menikmati bangunan-bangunan keren seperti Marina Bay Sands serta Double Helix Bridge. Kalau malem cakep banget pemandangan di sana, bisa jalan-jalan santai sambil menikmati semilir angin berhembus, nontonin boat cruise yang hilir mudik dan juga mengagumi city night lights di sana.

Malaysia

Melaka Destinasi Hits Di MalaysiaMeskipun kotanya kecil, kami sangat suka Melaka. Area historiknya tidak terlalu besar sehingga ke mana-mana bisa dijangkau dengan jalan kaki. Bangunan gereja Christ Church berwarna merah jadi ikon kota tua Melaka yang ramai dikunjungi turis. Selain itu juga promenade di sepanjang sungai sangat cantik untuk disusuri baik dengan jalan kaki maupun naik boat. Satu lagi favorit kami di Melaka adalah Jonker Street yang kalau malam berubah jadi Jonker Walk Night Market. Ahh…pokoknya bisa kalap kalau ke sana.

Biar jalan-jalan ke Malaysianya lebih lancar, pastikan kamu punya paket data biar bisa browsing tempat-tempat wisata atau tempat makan yang enak. Opsi yang paling praktis adalah tinggal beli paket roaming di Traveloka karena kamu ga perlu ganti-ganti simcard, tinggal pakai nomor dengan provider Indonesia saja dan jangan lupa aktifkan mode overseas internetnya. Beli paketnya cuma dengan buka aplikasi Traveloka, masuk ke menu International Data Plan kemudian pilih Malaysian Roaming Packages. Harganya mulai dari Rp45.000-Rp600.000.

Thailand

Chiang Mai MurahKalau kebanyakan orang ditanya soal destinasi hits Thailand mungkin jawabannya adalah Bangkok karena keramaian ibukotanya atau Phuket dengan area pantainya, kami punya jawaban sendiri. Destinasi favorit kami di Thailand adalah Chiang Mai. Kami sangat suka Chiang Mai karena atmosfernya yang jauh lebih santai dan menyenangkan dibandingkan Bangkok ataupun area pantai. Di Chiang Mai hawanya lebih sejuk, ada banyak coffee shop berstandar tinggi dan kuliner Thailand Utara pun sangat menarik untuk diulik.

Laos

Luang Prabang Destinasi Hits Di LaosBeberapa tahun yang lalu kami sempat menyusuri Laos dari utara sampai selatan selama 4 bulan. Dari pengalaman tersebut kami sangat suka Luang Prabang dan memang sudah beberapa kali ke sana. Kota ini sangat menyenangkan untuk dieksplor dengan jalan kaki, naik sepeda ataupun naik boat mengunjungi gua raksasa di pinggir Sungai Mekong. Di pinggiran kota ada beberapa spot wisata alam seperti Kuang Si dan Tad Sae Waterfall, 2 air terjun berundak yang sangat cantik dan menyegarkan. Setiap malamnya jalanan utama Luang Prabang ditutup dari kendaraan dan berubah menjadi pasar malam yang meriah.

Myanmar

Bagan Destinasi Hits Di MyanmarHampir sama dengan negara-negara tetangganya, daya tarik Myanmar ada di kuil-kuilnya. Mulai dari kuil kuno yang terbuat dari batu bata polos tanpa cat hingga kuil megah dengan stupa berlapis emas. Kalau mau puas wisata temple di Myanmar, tempat yang paling pas adalah di Bagan, di mana kota tuanya dipenuhi dengan kuil-kuil tua di seluruh penjuru. Eksplornya pun mudah, bisa dengan sewa sepeda listrik ataupun naik delman. Bonusnya lagi, kalau sedang musimnya (Oktober – April, dan tergantung cuaca), pemandangan langit kota tua Bagan dipercantik dengan balon-balon udara warna-warni yang berterbangan mengangkut penumpang setiap paginya.

Kamboja

Angkor Wat Destinasi Hits Di KambojaSepertinya tidak bisa dipungkiri kalau destinasi paling hits di Kamboja adalah Angkor Wat. Serunya Angkor Wat adalah spot ini bukan cuma berupa 1 objek wisata bangunan (temple), melainkan berupa komplek yang sangat luas. Bahkan saking luasnya mereka sampai menjual tiket masuk mulai dari 1 hari, 3 hari bahkan ada yang untuk 7 hari. Karena areanya luas, pengunjung lumayan terbagi sehingga tidak terlalu numplek di satu tempat, kecuali saat sunrise atau sunset yang memang ada beberapa spot populernya.

Vietnam

Keliling Trang An Naik BoatKalau bicara soal Vietnam kemungkinan besar orang akan jawab “Ha Long Bay” untuk destinasi paling populer di Vietnam. Tapi kalau boleh menyebut destinasi lain, kami rekomendasikan Ninh Binh province yang sepertinya belum sepopuler Ha Long Bay. Di propinsi tersebut ada beberapa spot yang masih sangat eksotik dan alami, di antaranya Trang An dan Van Long Nature Reserve, di mana keduanya sempat dijadikan lokasi syuting film Kong Skull Island.

Filipina

Puerto Princesa Underground River Di FilipinaBanyak yang bilang kalau Filipina agak mirip dengan Indonesia, mulai dari wisata alamnya yang berupa pantai karena banyak pulau-pulau tropis, hingga macetnya Manila yang mirip Jakarta. Tapi ada satu destinasi menarik di Filipina yang juga masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Puerto Princesa Subterranean River merupakan sebuah sungai bawah tanah sepanjang 8 km yang sebagian areanya bisa dijelajahi menggunakan perahu dengan cara masuk ke dalam gua yang gelap. Selama perjalanan kita bisa menikmati formasi batu kapur yang menyerupai bentuk-bentuk tertentu.

Brunei Darussalam

Kami ga bisa cerita banyak soal Brunei Darussalam karena memang belum penah ke sana. Mudah-mudahan bisa ada kesempatan ke sana ya, konon katanya ibu kota Brunei Darussalam merupakan salah satu kota paling bersih di Asia Tenggara. Dengar dari mereka yang sudah pernah berkunjung ke sana, salah satu destinasi paling hits di Brunei Darussalam yang tidak boleh dilewatkan adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien yang terlihat sangat cantik menghiasi ibu kota Bandar Seri Begawan.

Timor Leste

Negara yang dulunya dikenal dengan nama Timor Timur dan juga merupakan bagian dari NKRI ini rupanya menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi hits di Timor Leste adalah Patung Kristus Raja (Cristo Rei) yang tingginya hampir menyaingi patung Christ the Redeemer di Rio de Janeiro, Brazil. Selain berfungsi sebagai tempat beribadah, karena lokasinya ada di atas bukit, pemandangan di sekitarnya juga sangat cantik. Mudah-mudahan kami juga bisa segera ke sini deh. Aminnn?

Sudah 10 negara Asia Tenggara dibahas, kenapa Indonesia tidak dimasukkan? Karena artikel ini ditujukan buat orang-orang Indonesia yang tertarik untuk menjelajahi negara-negara lainnya di area Asia Tenggara. Lagipula….haduhh…banyak banget kalo harus masukin destinasi hits di Indonesia, ya kan? Secara dari alam dan budaya Indonesia banyak banget yang bisa dijadikan destinasi wisata. Jadi, untuk kali ini kita bahas destinasi hits di Asia Tenggara di luar Indonesia saja. Selamat menjelajahi destinasi hits di Asia Tenggara!!

Join the discussion 4 Comments

  • dita says:

    Malaysia selalu jadi favorit saya entah kenapa.
    Melaka juga salah satu kota yang favorit dikunjungi karena bisa foto-foto kota lama. Cuma kalo pas weekend dan musim liburan, males banget ke sana soalnya ruamenya minta ampun macam cendol keabisan santan. hihhihihi

    • Susan Natalia Poskitt says:

      howalah…rame banget ya kalo wiken? Tapi kayaknya skrg di mana2 mmr rame ya kalo weekend. Jangankan destinasi luar negeri, destinasi domestik aja rame kalo weekend 😐

  • Desy zulfiani says:

    Dari semua itu cm Malaysia yg udah kesana ke 3 kotanya KL penang dan melaka,,, want to meet u kaka…

Leave a Reply