Destinasi Luar Negeri yang Recommended untuk Solo Female Traveler

Destinasi Solo Female Traveling

Kalau kemarin kami sudah membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Solo Female Traveling berdasarkan pengalaman 10 solo female traveler Indonesia, kali ini kami mau membahas pertanyaan lain yang juga sering ditanyakan khususnya oleh yang baru pertama kali mau mencoba solo female traveling. “Destinasi mana yang recommended untuk solo female traveler?”

Meskipun jawabannya tentu saja tidak mutlak karena setiap destinasi pasti memberikan pengalaman yang berbeda-beda bagi masing-masing individu, namun setidaknya daftar berikut ini bisa jadi gambaran buat para newbie, khususnya untuk destinasi luar negeri. Pose-pose ala model di sunflower field

1. Thailand

Destinasi favorit Ina (Pink Traveler) sejauh ini, karena tempatnya memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan untuk solo female traveler. Pengelolaan pariwisata Thailand sudah bagus sehingga traveler tidak merasa kesulitan untuk menjelajahi Thailand dari selatan sampai ke utara. Makanan, transportasi dan akomodasi harganya murah dan terjangkau disamping itu masyarakatnya sudah sadar wisata sehingga traveler bisa traveling dalam jangka waktu yang lama di Thailand. Thailand juga aman untuk female solo traveler selama syarat dan ketentuannya dipatuhi ya. Memang ada beberapa scams di Thailand tapi masih bisa diantisipasi jika kita sudah searching cukup info sebelumnya.


2. Vietnam

Andika (Akid) bilang bahwa negara ini relatif jarang konflik, jadinya relatif lebih aman buat perempuan yang traveling sendirian. Banyak hal yang bisa dieksplor, nature, food, culture, people. Secara cost juga murah.Bulguksa Temple

3. Korea Selatan

Destinasi yang satu ini sepertinya sedang booming belakangan ini. Twelvi berpendapat Korea Selatan cukup recommended untuk solo female traveling karena surganya belanja — kalo lagi mendadak kesepian, yaudah mampir aja di toko terdekat. Selain itu makanannya juga enak-enak.

4. Jepang

Kadek Arini berpendapat bahwa Jepang bisa jadi pilihan destinasi solo female traveling. Alasannya, meskipun bahasa utama di sana bukan bahasa Inggris tapi masyarakat di sana sangat helpful sehingga kalau perlu bantuan tinggal tanya dan mereka akan berusaha keras membantu.Solo Female Traveler Indonesia Famega

5. Iran

Iran adalah negara dengan penduduk paling ramah versi Bijo. Dari semua negara yang pernah saya kunjungi saat solo traveling maupun group, hanya di Iran saya sering bertemu dengan orang baik dan diajak berkunjung ke rumah orang lokal, diajak nginep, dikasih makan dan diantar ke mana-mana. Sebelum berangkat ke Iran saya banyak dikasih nasehat, hati-hati ke Iran negaranya nggak aman, awas nanti ditangkep isis, awas kena rudal nyasar, awas dinikahin mut’ah (nikah kontrak). Kenyataannya sangat bertolak belakang, selama di Iran saya selalu ketemu orang baik dan merasa seperti ketemu keluarga jauh.

6. Turki

Meskipun banyak berita kurang baik belakangan ini, namun berdasarkan pengalaman pribadi, sebetulnya Turki negara yang sangat aman untuk dijelajahi. Winny juga setuju dan bilang bahwa penduduk Turki sangat ramah terhadap turis.Solo Traveling Di Turki

7. Nepal

Destinasi yang ini memang cukup menantang, tapi menurut Nuri yang pernah traveling di sini sendirian, tapi justru terbilang menarik karena di sana adalah tempat berkumpulnya banyak solo travaler jadi bisa menemukan partner jalan selama di sana.

8. New Zealand dan Australia

Mariza bilang kalau kamu punya budget yang lebih, New Zealand dan Australia bisa banget dijadiin destinasi untuk solo female traveling karena ga terlalu jauh dari Indonesia dan berdasarkan pengalaman dia sendiri, traveling di sana sendirian cukup mudah serta aman kok.Secara umum, beberapa dari mereka juga menyebutkan kalau ASEAN (negara-negara Asia Tenggara) pada dasarnya tidak mahal dan budayanya juga sangat ramah, seperti Indonesia. Ada juga yang bilang mungkin muka kita sebelas dua belas kali ya sehingga sering dianggap orang lokal. Jadinya negara-negara ASEAN cukup aman untuk dijadikan destinasi solo female traveling.

Sekian dulu rekomendasi Destinasi Luar Negeri yang Recommended untuk Solo Female Traveling berdasarkan pengalaman pribadi. Kalau ada yang mau nambahin, silakan sharing di kolom komentar beserta alasan / cerita pengalaman pribadinya ya, biar bisa sama-sama berbagi info 😉 Jangan lupa ikuti postingan seri Solo Female Traveling kami yang berikutnya!

Join the discussion One Comment

  • Hai Mba Susan!

    Saya setuju banget kalau Jepang itu super safe buat solo female traveler! Thailand juga, tapi mungkin kalau Thailand agak sedikit nggak safe untuk solo male traveler, ahahah!!

    Akhir tahun lalu, saya backpacking sendirian keliling 18 negara di Eropa, boleh lihat di blog post berikut kalau mau lihat detailnya.

    Berdasarkan pengalaman saya, paling safe itu di Finlandia! Nggak disangka, orang sana ternyata super friendly and helpful. Memang sih mereka quiet banget dan bukan tipe yang ngajak ngomong duluan, jadi sekilas keliatan distant and ‘judes’ – I would say. Tapi once kita ajak mereka ngomong, mereka generally ramah dan sopan banget, terus kalau ngasih info biasanya nggak setengah-setengah (alias niat banget!)… Jadi selain safe, saya merasa dihargai dan dibantu banget 🙂

    Cheers,
    Misha

Leave a Reply