Empal Gentong H. Apud, Cirebon

By March 13, 2016Wisata Kuliner Cirebon
Empal H. Apud Cirebon depan

Saat berkunjung ke Cirebon tentunya kita tidak bisa melewatkan empal sebagai salah satu kuliner khas Cirebon. Tersedia 2 jenis empal yang terkenal di sini — empal gentong & empal asem. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi makanan khas Cirebon ini adalah Empal Gentong H. Apud di Jalan Djuanda, di mana selain makanannya enak banget, tempatnya juga bersih, luas dan ber-AC — cocok untuk ngadem sebentar dari panasnya kota Cirebon.¬†Empal H. Apud CirebonKami sempat mencoba beberapa jenis makanan di sini dan kami sangat suka tahu gejrot, empal gentong daging sapi (ini berkuah santan kuning) dan empal asem (ini yang kuahnya bening). Empal gentong dan empal asem ini bisa dimakan dengan ditemani sepiring nasi putih atau bisa juga dengan potongan lontong.

Empal gentong lebih kental dan berminyak, memiliki rasa yang dalam dan kompleks sehingga meninggalkan rasa yang menyenangkan di mulut dan di lidah.¬†Empal asem rasanya juga enak, tapi sisi enaknya berbeda dengan empal gentong. Kalau empal gentong punya rasa gurih dari santan, empal asem ini justru enak karena menggunakan belimbing wuluh, tomat dan berbagai jenis bawang. Rasanya sangat segar dan kompleks. Meskipun asam tapi tidak overpowering sehingga kami habiskan kuahnya sampai tetesan terakhir.Empal H. Apud Cirebon dalamKami pikir tempat makan ini cukup bersih dibandingkan rumah makan pada umumnya di daerah tersebut, namun kami sempat mendengar beberapa keluhan mengenai tempat solatnya — ini belum kami cek sendiri. Toiletnya agak sedikit kotor, basah & licin, tapi ga parah-parah banget sih.

Pokoknya kalau ke Cirebon wajib mampir ke sini, buka untuk makan siang dan makan malam. Tempat yang recommended untuk mencicipi masakan khas daerah Cirebon.

Kalau mau coba makan empal di tempat lain, Empal Gentong Amarta cuma berjarak beberapa pintu dari sini dan katanya reputasinya juga bagus.

Empal Gentong H. Apud
Jalan Raya Djuanda No.24, Battenbat, Tengah Tani, Cirebon

Jam buka: 0830-2100 (atau sampai habis — biasanya saat weekend habis sore-sore)
Empal gentong (daging, babat, usus atau kikil): Rp. 22.000
Empal asem (daging, babat, usus atau kikil): Rp. 22.000
Tahu gejrot: Rp. 5.000

Empal Gentong H. Apud, Cirebon
Date Published: 03/17/2016
9 / 10 stars

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply