[FAQ]: Tentang Sewa Mobil di Luar Negeri

Tentang Sewa Mobil Di Luar Negeri

Sebagai traveler independen, kami suka menemukan berbagai cara traveling di dalam negara-negara yang kami kunjungi. Beberapa kali kami jalan kaki melintasi Spanyol menggunakan rute Camino de Santiago, naik bis ataupun kereta api saat menjelajahi Eropa dan antar negara di Amerika Selatan, serta naik motor keliling Thailand dan Laos. Namun selain itu kami juga sudah beberapa kali sewa mobil di beberapa negara termasuk Meksiko, Chile, Australia, New Zealand, Switzerland, Iceland dan Norwegia.

Menyewa mobil di luar negeri sebetulnya cukup mudah, namun kami sering mendapatkan banyak pertanyaan tentang hal ini. Oleh karena itu kami akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) tentang sewa mobil di luar negeri.Ambil Mobil Di Bandara Iceland

Apakah orang Indonesia bisa nyetir di luar negeri?

Tentu saja! Aturan dasarnya adalah orang Indonesia boleh nyetir di luar negeri selama punya SIM mobil Indonesia yang valid.

SIM internasional atau SIM Indonesia?

Meskipun di beberapa negara kamu bisa sewa mobil dengan cuma menggunakan SIM Indonesia, beberapa perusahaan rental ada yang minta untuk menunjukkan SIM internasional. Amannya sih, lebih baik punya SIM internasional buat jaga-jaga kalau diminta.

Apa itu SIM Internasional?

Pada dasarnya SIM internasional adalah terjemahan dari SIM Indonesia kamu. Untuk membuat SIM internasional kamu tidak perlu menjalani tes lagi. Tinggal urus saja proses pembuatannya.Nyetir Campervan Ga Susah Koq

Di mana buat SIM Internasional?

SIM Internasional bisa dibuat di Satpas Korlantas atau di Polda di daerah masing-masing.

Syarat kelengkapan dokumen untuk pembuatan SIM Internasional:

1. KTP asli dan fotokopi
2. Paspor asli dan fotokopi
3. SIM yang masih berlaku
4. Satu lembar materai Rp6.000
5. Pas Foto 4×6 sebanyak tiga lembar terbaru (latar belakang biru)

Harga pembuatan SIM Internasional baru Rp250.000 sedangkan untuk perpanjangan Rp225.000. Masa berlaku SIM Internasional adalah 3 tahun. Tergantung tempat pembuatannya, kalau sedang tidak banyak antrian kadang 15 menit pun SIM Internasional langsung jadi.

Setir kiri/kanan?

Banyak negara di dunia yang menjalankan aturan mengemudi di sebelah kanan jalan, sedangkan di Indonesia kita biasa menyetir di sebelah kiri jalan. Masalah? Tentu tidak! Awalnya mungkin kagok saja, namun setelah sehari dua hari pasti akan cepat terbiasa. Banyak banget yang mengkhawatirkan masalah ini padahal hal ini sama sekali tidak jadi masalah. Masalah yang lebih besar biasanya berkaitan dengan kondisi jalan atau cuaca, tidak ada hubungannya dengan setir di sisi kiri/kanan.Setir Kiri Di Mobil Luar

Takut menyetir di luar negeri karena aturan ketat?

Aturan mengemudi mobil di sebagian besar negara maju memang jauh lebih ketat dibandingkan di Indonesia. Kalau ada speed limit, kamu harus mematuhi batas kecepatan tersebut. Kalau melanggar, kemungkinan besar kamu akan tertangkap kamera dan dikirimi surat denda (tilang). Kalau kamu parkir secara ilegal (di tempat yang tidak semestinya), hampir dipastikan kamu akan kena tilang. Kalau kamu melanggar aturan dan menabrak kendaraan lain, kamu harus membayar semua ganti ruginya. Intinya, karena aturan di luar negeri sangat ketat, makanya jangan sampai melanggar aturan tersebut!Sewa Mobil Di Swiss

Asuransi/tidak?

Kebanyakan perusahaan sewa mobil menawarkan asuransi dasar (basic insurance) secara gratis di dalam harga dasar sewa mobilnya. Asuransi dasar ini biasanya mengcover biaya perbaikan kalau misalnya kamu mengalami kecelakaan dan menabrak mobil lain ataupun kecelakaan tunggal saat mengendarai mobil sewaan tersebut. Asuransi dasar ini biasanya sepaket dengan yang namanya “excess atau deductible” (akan dijelaskan di bawah ini).

Full insurance coverage adalah sebuah fitur tambahan (add-on) yang bisa ditambahkan ke dalam harga dasar sewa mobil dan harganya sangat mahal, bisa sekitar $30 per hari, tergantung perusahaan rentalnya. Terserah kamu mau ambil full insurance atau tidak. Kalau kami sih biasanya tidak ambil yang full insurance.

Penting banget buat baca baik-baik asuransi dasar apa saja yang termasuk di dalam harga dasar sewa mobil. Ada 3 jenis tipe asuransi: Collision Damage Waiver (CDW), Theft Waiver (TW) and Third Party Liability Protection (TL). Di beberapa negara mungkin mereka menggunakan istilah yang berbeda, tapi 3 tipe inilah yang paling sering kita lihat.

CDW – Asuransi untuk mobil sewaan kamu kalau misalnya terjadi tabrakan, tergores atau kaca depan rusak, dll.

TW – Asuransi untuk kehilangan mobil.

TL – Asuransi untuk kerusakan yang kamu buat terhadap properti orang lain saat mengendarai mobil sewaan.

Kami sarankan agar kamu pastikan semua poin-poin tersebut termasuk dalam biaya dasar sewa mobil (cari di bagian informasi penting di bawah kategori ‘insurance’!). Kalau salah satu dari poin tersebut tidak termasuk dalam basic rental price, artinya kamu tidak akan tercover.Informasi Penting Di Website Holiday Auto

Apakah yang dimaksud dengan “excess/deductible”?

Excess, atau kadang sering juga menggunakan istilah ‘deductible’, adalah sejumlah batas nilai uang yang sampai di titik itu tidak ditanggung oleh asuransi. Misalnya, kamu punya asuransi dasar yang sudah termasuk di dalam harga sewa dan excess-nya $3000, artinya kamu akan harus bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada mobil sampai ke nilai $3000. Kerusakan yang nilainya di atas $3000 akan ditanggung oleh asuransi dasar.

Kalau kamu bayar asuransi penuh, excess-nya mungkin cuma $100, yang artinya kamu cuma perlu bertanggung jawab atas nilai kerusakan di bawah $100.Jalanan Bersalju Di Iceland

Apakah perlu menaruh deposit?

Ya. Biasanya begini prosedurnya berdasarkan pengalaman kami. Kalau sewa lewat Holiday Autos kamu akan harus membayar penuh biaya sewanya saat booking in advance, namun semuanya bisa direfund kalau kamu cancel sebelum mengambil mobilnya.

Waktu kamu mau ambil mobil, kebanyakan perusahaan sewa mobil akan meminta kamu untuk memberikan kartu kredit kamu. Yang biasanya mereka lakukan adalah ‘pre-auth’ dan memblok sejumlah uang sesuai nilai excess/deductible dari kartu kredit kamu. Kadang mereka cuma memblok sejumlah persentase kecil dari excess/deductible. Ini artinya, kalau kamu menggunakan cuma asuransi dasar yang termasuk dalam harga sewa mobil, kamu akan butuh kartu kredit yang limitnya besar sekali, $3000 atau bahkan lebih!

Jumlah tepatnya dari excess/deductible bisa dilihat di website Holiday Autos di kotak informasi penting bagian ‘insurance’. Dari sana bisa dilihat kadang jumlah yang mereka blok di kartu kredit jauh lebih kecil dibanding excess/deductible. Namun kadang hampir sama. Intinya, siapkan kartu kredit berlimit besar! 😉Sewa Mobil Di San Pedro De Atacama

Bagaimana perusahaan rental mobil tahu kalau saya membuat baret atau penyok di mobil sewaan?

Sebelum kamu mengambil mobil sewaan, kamu diminta untuk memeriksa kondisi mobil bersama staff perusahaan untuk memastikan tidak ada kerusakan saat disewa. Kalau ada kerusakan, bahkan kalau ada goresan kecil, penyok atau kaca mobil retak kecil akibat kena batu, semuanya harus ditulis dalam catatan dan ditandatangani bersama, oleh kita sebagai penyewa dan juga oleh perusahaan sewa mobil.

Kadang mereka memeriksa mobil dengan sangat cepat dan tidak menuliskan setiap goresan atau penyok, namun kami sarankan untuk memeriksa sendiri dengan teliti dan mencatat dengan sedetail-detailnya kerusakan yang ada pada mobil sebelum kita sewa agar pada saat kita kembalikan nanti kita tidak dituduh membuat kerusakan-kerusakan tersebut.Cek Kerusakan Mobil

Apakah mobil sewaan bisa dipakai untuk jarak tidak terbatas (unlimited distance)?

Kadang bisa, kadang tidak bisa. Tergantung dari syarat yang tertera waktu sewa mobil. Kalau kamu berencana untuk mengendarai mobil jarak jauh, pastikan cari mobil sewaan dengan unlimited kilometers.

Apakah semua mobil memiliki transmisi otomatis?

Di Eropa, mobil-mobil sewaan murah selalu manual. Kalau kamu ga bisa nyetir mobil manual, pastikan jenis transmisi mobilnya sebelum kamu booking.Mobil Transmisi Otomatis Atau Manual

Tips mendapatkan sewa mobil murah

Sebelum memutuskan mau sewa mobil dari mana, kami sarankan untuk memeriksa lokasi airport serta pusat kota (downtown) serta menghitung biaya transportasi umum dari dan ke pusat kota/bandara untuk mencari tahu mana opsi yang paling murah.

Ketika di Iceland, kami sebenarnya tidak butuh mobil di 3 hari pertama karena kami cuma mau muter-muter di sekitar pusat kota Reykjavik saja, cukup dengan jalan kaki. Tadinya kami mau naik bis dari bandara dan baru sewa mobil di pusat kota 3 hari kemudian. Namun setelah membandingkan biayanya, kami menyadari kalau sewa mobil di airport jauh lebih murah meskipun mobilnya bakal dianggurin selama 3 hari pertama di pinggir jalan di Reykjavik.

Alasannya adalah karena ongkos bis dari bandara ke pusat kota sangat mahal. Dikali 2 orang dan dikali 2 untuk perjalanan pulang pergi, hasilnya ratusan dolar lebih mahal dibandingkan sewa mobil dari bandara sejak mendarat di Iceland di hari pertama. Jadi akhirnya kami sewa mobil dari bandara, nyetir ke pusat kota, diparkir di jalanan dekat hostel selama 3 hari, baru kemudian dipakai road trip keliling Iceland dan dikembalikan lagi ke bandara sehingga tidak perlu naik bis yang mahal itu. Lebih hemat!Sewa Mobil Di Iceland

Apakah sewa mobil sekali jalan lebih mahal?

Kadang kita mau sewa mobil di satu kota dan dikembalikan di kota lain. Biasanya perusahaan rental charge harga mahal untuk kemudahan ini. Namun kadang charge-nya bisa tidak terlalu mahal kalau memang lokasi drop-off nya tidak terlalu jauh antara satu spot pick up dengan spot drop off. Contohnya misalnya kita bisa sewa mobil dari downtown dan mengembalikannya di bandara. Untuk kasus seperti itu biasanya tidak ada charge tambahan dan kita bisa menghemat biasa transportasi umum dari/ke bandara.

Situs terbaik untuk sewa mobil?

Kami sangat menyarankan agar kamu tidak booking langsung dari website rental mobilnya. Berdasarkan pengalaman kami, di kebanyakan kasus biasanya lebih murah kalau booking lewat car rental agent. Kami menggunakan Holiday Autos 99% dari semua pengalaman sewa mobil kami karena mereka memberikan harga yang bagus. Coba cek Holiday Autos dan juga cek website car rental company yang kalian incar. Kamu akan menemukan kalau harga di Holiday Autos hampir selalu lebih murah.Sewa Mobil Di Norwegia

Demikian pertanyaan-pertanyaan yang sering kami dapat soal sewa mobil di luar negeri. Buat yang nungguin postingan soal sewa mobil untuk road trip di Balkan, tungguin ya. Yang itu akan ada banyak info spesifik karena so far dari hasil riset sana-sini kami cuma nemu 1 perusahaan sewa mobil yang memperbolehkan mobil sewaannya dibawa keliling ke semua negara-negara Balkan. Sementara itu, semoga informasi umum soal sewa mobil di luar negeri cukup memberikan pencerahan buat yang masih awam.

Join the discussion 4 Comments

  • Hania says:

    Mbak, salam kenal ya. Aku mau nanya2 utk booking rental car di web holiday autos. Pas aku cek-cek & bandingkan emang sih murah drpd web pihak ke-3 yg lain. Yg aku tanyakan pas aku browsing2 dia ada opsi asuransinya dari Allianz nah tp pas mau diseriusin klik2 mobilnya, masukin negara asal kita kok opsi asuransi tambahanya jadi gak ada ya?
    Apakah nanti saat ambil mobilnya di counter bisa nambah asuransi utk exccess tsb?
    Dan kl mau ambil asuransi tambahan gitu minimalnya apa saja ya yg wajib?
    Thankyou mbak.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Halo…untuk asuransi ga perlu beli saat booking online sih. Biasanya hampir selalu mereka akan menawarkan asuransi (kalo mmg belum beli) saat kita mau ambil mobilnya. Tgt kondisi negaranya sih, kadang kalo kira2 ga akan bermasalah ambil yang basic insurance aja. Tapi kalau beresiko tinggi bisa tambah asuransi lainnya.

      • Hania says:

        Thank you jawabanya mbak ?. Sewa mobilnya di Jerman buat ke Austria & Swiss, pengen road trip alps.
        Kl basic saja udah tercover berarti ya mbak? Dan udah cek asuransi travel yg cover mobil rental.

  • Dada Sathilla says:

    Thanks infonya Kak, bermanfaat sekali untuk planning my next trip. rencananya pengen sewa mobil juga di negara2 Skandinavia. Selama ini kalau traveling ke Eropa biasanya aku pakai bus dan kereta. Kl emang lebih hemat naik mobil pasti kucoba hehe.

Leave a Reply