Harliman Boulangerie, Bandung: Ternyata Pastrynya Enak!

By December 19, 2016Wisata Kuliner Bandung
Harliman Boulangerie

Kami jarang makan pastries yang enak di Bandung. Padahal kami sudah berusaha keras mencari. Kami mencoba banyak sekali croissants, pain au chocolates dan almond croissants sampai tidak ingat lagi kapan terakhir kali ketemu yang enak. Selain itu memang jarang yang jual pastries di Bandung.

Oleh karena itu begitu mendengar tentang Harliman Boulangerie, kami memutuskan untuk mencoba pastry shop yang baru itu meskipun harapan kami tidak terlalu tinggi. Sebelumnya kami sudah stalking foto-foto yang dipajang para instagrammer mengenai Harliman ini dan kami menduga kalau pastries-nya kering serta flakey, seperti kebanyakan pastries yang kami pernah coba di Bandung.Croissant Di Harliman BoulangerieTapi begitu kami ke sana dan mencoba pastries mereka, kami lumayan kaget karena ternyata tidak kering ataupun flakey. Selain itu juga tidak padat ataupun berat seperti roti. Teksturnya pas dan bisa dibilang tidak terlalu jauh dibandingkan pastry yang kami makan di negara penciptanya di Perancis. They were that good.Cake Dan Tart Di HarlimanPain au chocolate-nya juara! Bagian luarnya hanya sedikit kaku, namun begitu digigit langsung melesak ke dalam, bukannya hancur berantakan. Bagian dalamnya empuk dan terlebih lagi sedikit chewy.

Almond croissant-nya padat, seperti yang sudah kami duga. Tapi surprisingly ada sedikit unsur renyah saat digigit dan kami sangat suka itu.

Itulah intinya. Mencapai keseimbangan antara terlalu kering dan terlalu berat seperti roti adalah hal yang amat sangat sulit dalam membuat pastry yang sempurna. Di Harliman mereka sudah menemukan rahasia keseimbangan tersebut sehingga berhasil menyajikan produk pastries yang bisa kami bilang paling baik di Bandung. It’s a big call, we know.Satu saran yang kami berikan. JANGAN MEMANASKAN CROISSANT. Mereka menawarkan opsi ini di Harliman, tapi kami khawatir kalau dipanaskan malah membuat kulit pastry-nya terlalu kering sehingga flakey (hancur berserakan) saat digigit. Karena bisa jadi pastry-nya sudah dibuat oleh chef dengan sempurna, tapi begitu dipanaskan oleh staff toko terlalu lama sehingga malah merusak kesempurnaan tersebut.

Yang terakhir, sedikit komentar tentang kopinya. Kami tidak terlalu menikmati kopi di sini. Jadi kalau kamu mau ngopi, lebih baik cari tempat lain saja untuk mendapatkan kopi yang lebih baik. Selain kopi dan pastry, di sini juga ada menu makanan berat yang menurut kami standar. Sepertinya tempat ini memang dirancang sebagai toko pastry, bukan cafe atau coffee shop. Meskipun bentuknya ruko, di sini tersedia beberapa meja kursi yang lumayan enak buat nongkrong.Kesimpulannya, Harliman worth a visit kalau kamu suka pastries. Tempat ini jadi rekomendasi pilihan kami untuk pastry shop di Bandung.

Harliman Boulangerie
Jalan Batununggal Indah Raya no. 164, Bandung
Jam Buka: setiap hari 09:00 – 21:00

Join the discussion 6 Comments

Leave a Reply