Cara Sewa Mobil untuk Melakukan Road Trip Keliling Negara-negara Balkan

By February 14, 2019 Balkans
Mobil Sewaan Untuk Road Trip Di Balkans

Sungguh sebuah petualangan seru. Baru-baru ini kami melakukan road trip keliling begara-negara Balkan selama 39 hari dengan menyewa mobil dan road trip tersebut merupakan salah satu road trip terbaik! Banyak sekali hal yang bisa dilihat dan dilakukan, jalanannya lumayan mulus dan tidak pernah ada masalah sedikitpun saat menyeberangi perbatasan ataupun masalah dengan kendaraan itu sendiri. Begini kira-kira perjalanan kami.

Kami mengambil mobil sewaan di Sofia (Bulgaria) lalu kami mengendarai mobil tersebut melewati Macedonia, Kosovo, Albania, Montenegro, Bosnia & Herzegovina, Kroasia, Slovenia, Serbia dan Romania, kemudian kami mengembalikan mobil tersebut ke Sofia.Balkans Roadtrip RouteAlasan mengapa kami ambil mobil dari Sofia, mengembalikan mobil di Sofia serta mengenai rute yang kami jalani, akan kami jelaskan berikutnya. Beberapa hal penting yang ingin kami bicarakan adalah mengenai vignette, border crossings, mengendarai mobil di atas salju dan es, asuransi, jalan tol, parkir di mana di kota besar, serta banyak hal lainnya. Road trip keliling Balkan ini adalah sebuah pengalaman baru bagi kami dan ada banyak hal yang bisa dipelajari serta dibagikan dari perjalanan tersebut.

Perusahaan Sewa Mobil Terbaik untuk Road Trip di Balkan

Permasalahan utama dalam memilih car rental company untuk road trip keliling Balkan adalah memastikan kalau mobilnya bisa dibawa ke semua negara-negara Balkan yang mau kamu kunjungi. Kebanyakan car rental company tidak memperbolehkan hal tersebut dan sebagian rental company hanya memperbolehkan mobilnya dibawa ke beberapa negara tertentu saja. Silakan cek sendiri satu per satu semua perusahaan besar yang menyewakan mobil, atau kalian bisa menggunakan car rental company yang kami pakai — Val & Kar di Sofia adalah perusahaan car rental yang paling bagus untuk digunakan karena mereka memperbolehkan mobil dibawa ke seluruh negara Balkan, serta kualitas mobil sewaannya dan customer service-nya sangat bagus.Meskipun mungkin kamu diperbolehkan membawa mobil sewaan ke negara tertentu, ada banyak sekali dokumen yang harus disiapkan sebelum melewati border, salah satunya adalah asuransi. Semua syarat dokumen tersebut sudah disiapkan dengan sangat rapih dan lengkap oleh Val & Kar. Pokoknya mantap banget deh servisnya.

Lebih bagus lagi, mereka bisa kasih harga spesial untuk kamu kalau kamu kontak mereka secara langsung lewat email.

Cara Menyeberangi Perbatasan Tiap Negara di Balkan dengan Menggunakan Mobil Sewaan

Crossing border adalah hal yang seringkali dikhawatirkan oleh kebanyakan orang ketika mereka menyewa mobil. Tapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan kalau perusahaan car rentalnya sudah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan. Sebelum berangkat, Val & Kar memberikan kami sebuah booklet kecil berisi semua surat-surat yang diperlukan untuk melewati perbatasan. Kita cuma tinggal kasihkan booklet tersebut kepada petugas perbatasan, beserta dengan paspor, semuanya beres dalam 5 menit. (Catatan: Pastikan setelah pemeriksaan semua surat-surat tersebut dikembalikan dengan lengkap oleh petugas perbatasan).Dokumen Dibutuhkan Untuk Balkans Road Trip Dan Sewa MobileAda satu pengecualian — ketika memasuki Kosovo, kita diharuskan membayar asuransi tambahan sebesar €15 untuk 1 minggu. Di border saat akan masuk Kosovo tunjukkan semua dokumen yang diperlukan, kemudian petugas akan meminta kamu untuk jalan ke belakang sekitar 100 meter ke arah bangunan kecil di mana kamu bisa beli asuransi. Kembali ke loket pemeriksaan dan tunjukkan asuransi yang sudah kamu beli, beres deh, tinggal masuk ke Kosovo.Asuransi Kosovo

Apa itu “Vignette”?

Kami sering banget lihat tulisan “vignette” waktu baru mulai road trip di Bulgaria. Awalnya kami ga ngerti apa artinya. Sampai akhirnya memasuki negara ke-8 baru kami tahu maksudnya. Secara singkat, vignette ini adalah sebuah metode yang digunakan sebagai alat pembayaran jalan tol. Di banyak negara di luar Balkan, kita biasanya diharuskan membeli sebuah tag kecil yang ditempelkan di bagian dalam kaca depan mobil dan alat ini akan berbunyi saat kita melewati sebuah gerbang tol. Di Balkan, kebanyakan mereka menggunakan sistem vignette atau bayar secara tunai.Vignette Di SloveniaDengan Val & Kar, vignette untuk negara Bulgaria sudah menempel di mobil. Tapi begitu kamu memasuki Slovenia, kamu harus beli vignette. Dan karena saat masuk perbatasan negara biasanya bentuknya jalan tol, kamu harus segera berhenti untuk beli vignette sebelum ketemu gerbang tol dan kena cek. TAPI INFO MENGENAI INI MEMANG SANGAT TIDAK JELAS. Kami baca banyak sekali cerita orang-orang yang kena tilang gara-gara tidak tahu menahu tentang vignette dan tertangkap saat ada pemeriksaan polisi. Itu hampir terjadi terhadap kami, untungnya kami segera sadar.

Begitu melewati gerbang tol pertama di Slovenia, kami merasa heran karena semacam gerbang tapi tidak ada petugasnya sama sekali. Jadi mobil-mobil biasanya hanya melambat sedikit kemudian melaju terus melewati gerbang tersebut tanpa harus berhenti. Setelah kejadian itu, kami menyadari kalau kami perlu mencari tau tentang cara bayar tol di negara ini. Langsung googling dan baca info tentang vignette di Slovenia, akhirnya kami langsung berhenti di pom bensin terdekat untuk beli vignette. Prosesnya sangat mudah dan tinggal ditempelkan saja di bagian dalam kaca depan mobil.

Selain Slovenia, seingat kami sebelum masuk Romania juga kami harus beli vignette.Castle Di HunedoaraApapun kasusnya, begitu ada tanda di pinggir jalan atau di atas jalan tol yang mengandung kata “vignette”, langsunglah googling buat cari tau aturan bayar tol di negara tersebut. Jangan sampe dapat ‘kejutan’ saat keluar dari negara tersebut.

Jalan Tol di Negara-negara Balkan

Sebetulnya tidak terlalu ada banyak jalan tol di Balkan, tapi ada lumayan banyak sehingga kamu perlu tau cara menggunakan jalan tol. Tiap negara punya sistem yang berbeda-beda — beberapa negara menagih biaya berdasarkan jarak yang ditempuh, beberapa menagih flat fee setiap 10 km atau jarak tertentu di konter tol secara fisik, dan sebagian lagi ada yang menggunakan sistem vignette seperti yang sudah dibahas di atas.Mobil Sewaan Di Atas Salju Di MontenegroPembayaran ini biasanya dilakukan dengan mata uang lokal, tapi beberapa negara memperbolehkan pembayaran dalam Euro meskipun nilai tukar mata uang yang dipakai sangat jelek. Beberapa juga bisa bayar pakai kartu kredit, ini yang paling gampang.

Tol yang paling mahal yang dalam perjalanan kami kemarin adalah di Kroasia — kalau tidak salah €25 untuk satu perjalanan! Mahal banget, tapi alternatifnya kalau tidak lewat tol berarti harus lewat jalanan biasa yang akan sangat makan waktu.

Semakin modern negaranya, akan semakin banyak kamu menemukan jalan tol. Jadi kamu akan banyak lewat jalan tol di Kroasia, dan sangat sedikit jalan tol di Albania. Hal ini sangat berpengaruh terhadap seberapa cepat kamu mengendarai mobil dari satu tempat ke tempat lainnya — di Albania sangat lambat, di Kroasia sangat cepat.

Mengemudi di Balkan saat Musim Dingin

Musim dingin di negara-negara Balkan bisa sangat brutal dinginnya. Kami jalan sekitar pertengahan November hingga akhir Desember, jadu kami tidak merasakan bagian terdingin dari musim dingin. Tapi masih lumayan dingin banget di beberapa tempat dan ini perlu dijadikan bahan pertimbangan saat memilih perusaan rental car. Mobil perlu menggunakan winter tyres di tanggal-tanggal tertentu di musim dingin dan tanggal tersebut berbeda-beda mulainya di tiap negara. Oleh karena itu pastikan mobil kamu diperlengkapi untuk menghadapi musim dingin kalau memang kira-kira kamu akan mengemudikan mobil tersebut dalam kondisi dingin.Jalanan Tertutup Salju Di BalkansSuhu paling dingin yang kami rasakan selama mengemudikan mobil di Balkan adalah sekitar -11ºC di atas es di daerah pegunungan di Montenegro. Mobil sewaan kami bisa menangani keadaan jalan yang tertutup es dengan baik, meskipun ada beberapa spot yang lumayan licin. Di kondisi seperti itu biasanya kami mengendarai dengan kecepatan sekitar 60km/jam.

Tidak berpengalaman mengendarai kendaraan lewat jalanan bersalju, awalnya kami takut. Namun dalam perjalanan ini kami banyak sekali melewati jalanan bersalju termasuk jalanan nanjak yang kadang bikin slip. Tidak ada masalah.Mobil Sewaan Diselimutin SaljuPengalaman salju terparah yang kami alami adalah tumpukan salju setinggi 30-40cm ketika turun salju secara non-stop selama lebih dari 24 jam di Belgarde. Butuh waktu lebih dari setengah jam untuk membersihkan atap mobil dan menggali mobil yang terkubur salju tanpa menggunakan sekop. Jadi kalau kami bisa menyetir di atas salju, kalian juga pasti bisa — pastikan saja sebelum berangkat kalau mobilnya sudah dilengkapi fitur-fitur untuk musim dingin.

Tempat Parkir di Kota-kota Besar Negara Balkan

Ini adalah salah satu kekhawatiran terbesar kami sebelum memulai perjalanan road trip di Balkan. Di mana bisa parkir di kota-kota besar seperti Belgrade atau tourist town seperti Dubrovnik? Dan ini memang pertanyaan yang wajib ditanyakan karena peraturan parkir di belahan dunia sini memang cukup ketat.

Poin pertama yang perlu diketahui adalah, kami melakukan trip ini saat musim dingin, yang artinya sedang low season. Selama trip ini kami hampir tidak pernah menemukan tourist traffic. Keberuntungan kamu akan sangat bergantung di musim apa kamu travelingnya.Icy Cobblestone Road In BalkansMeskipun sedang low season, tetap saja parkir di kota besar tidaklah mudah. Kami kasih bocoran bagaimana kami menangani masalah ini. Kami menggunakan booking.com untuk hampir semua akomodasi kami di negara-negara Balkan dan kami pilih akomodasi berdasarkan lokasi serta apakah mereka menyediakan free parking spot atau tidak.

Hal ini memang agak ribet karena di booking.com tidak ada filter untuk “FREE parking”, cuma ada “parking filter”. Jadi pertama-tama kami harus pastikan dulu apakah ada fasilitas parkir yang tersedia, kemudian baru baca masing-masing listing untuk melihat apakah ada kata “free” yang tercantum tentang parkir. Kami juga kadang saring dari komen dengan mencari kata “parking” karena kadang dari review bisa ketahuan bagaimana situasi parkirnya.

Berikut ini adalah daftar kota yang menurut kami situasi parkirnya perlu kamu khawatirkan, sekaligus kami tuliskan akomodasi yang kami pilih untuk memecahkan masalah parkir ini. Mungkin kalian bisa menginap di sana juga karena kami sudah buktikan kalau situasi parkirnya bagus!

Bulgaria

Plovdiv – $43/night

Veliko Tarnovo – €31/night

Macedonia

Skopje – €23/night (awesome!)

Lake Ohrid – €16/night

Albania

Girokaster – €15/night

Schkoder – €22/night

Montenegro

Kotor – $32/night (central, great apartment)

Bosnia & Herzegovina

Sarajevo – €21/night

Mostar – €20/night

Kroasia

Dubrovnik – €55/night (amazing!)

Zadar – €30/night

Zagreb – €32/night

Slovenia

Ljubljana – $64/night

Serbia

Subotica – €15/night

Belgrade – €24/night

Romania

Brasov – $37/night

Bucharest – €25/night

Berapa Harga Bensin di Negara-negara Balkan?

Sebetulnya harga bensin berbeda-beda antar satu negara dengan negara lainnya. Tapi sebagai gambaran, kami bayar sekitar $1.15 hingga $1.45 per liter. Selain itu kami juga diminta untuk selalu isi bensin dengan RON 95. (Hati-hati jangan sampai salah isi, kalau salah bisa merusak mesin dan malah harus ganti rugi dengan mahal.) Sebagian pembayaran kami lakukan dengan menggunakan kartu kredit, tapi beberapa pom bensin ada yang cuma terima pembayaran dengan uang tunai saja. Jadi lebih baik siapkan uang tunai kalau mau isi bensin.Cuaca Bersalju Di Balkans

Berapa Harga Sewa Mobil di Negara Balkan?

Perusahaan sewa mobil yang kamu pilih akan sangat menentukan berapa biaya yang kamu keluarkan untuk sewa mobil ini. Namun selain itu ada juga beberapa faktor penting lainnya yang juga sangat mempengaruhi harga sewa mobil, di antaranya: apakah mobilnya tua/baru, bulan apa sewa mobilnya dan juga apakah termasuk asuransi.

Kami biasanya tidak menambahkan asuransi yang ditawarkan oleh para perusahaan sewa mobil karena kami pikir tidak worth it. Namun kami mendapat penawaran bagus dari Val & Kar di mana mereka menambahkan asuransi ke dalam harga sewa secara gratis.Castle Di RomaniaUntuk 39 hari sewa mobil, kami membayar €939 yang sudah termasuk Winter Services Fees, Roadside Assistance, drop off di Sofia Airport di luar jam kerja (waktu itu hari Minggu) dan Super Cover Insurance + Theft Coverage. Menurut kami ini adalah deal yang sangat bagus untuk trip yang kami jalani. Kami bisa saja menggunakan perusahaan sewa mobil yang lebih murah, tapi mobil-mobilnya terlihat tua dan kami mendengar beberapa cerita buruk. Oleh karena itu kami memilih Val & Kar dan kami sangat puas dengan pilihan kami. Everything was perfect.

Jadi, tunggu apa lagi?

Bisa dilihat dari penjelasan di atas, meskipun ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menyewa mobil untuk road trip keliling Balkan, masalah-masalah tersebut tidaklah sulit untuk ditangani. Terlebih lagi, dengan menyewa mobil kamu akan jadi sebagian kecil orang yang menjelajahi daerah Balkan dengan cara seperti ini, yang artinya kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih otentik dan punya fleksibilitas untuk pergi ke mana pun kapan pun.

Kami sangat merekomendasikan untuk menyewa mobil di Balkan! Jadi, tunggu apa lagi?

Join the discussion 5 Comments

Leave a Reply