Kepulauan Seribu – what to do and what to see

By June 27, 2012September 29th, 2014Indonesia
Kepulauan Seribu Sunrise

Sebagai warga Jakarta, saya seneng banget bisa mengetahui keberadaan Kepulauan Seribu ini pada tahun 2008 yang lalu (hehehe). Sejak itu belom pernah bosen bolak-balik kesini, bahkan pernah nyaris setiap minggu datang ke Kepulauan Seribu! Kepulauan Seribu ini masih masuk dalam wilayah Jakarta Utara dan jaraknya maksimal 3 jam menggunakan kapal kayu (nggak beda jauh kan dengan jarah tempuh ke kantor setiap harinya?). Jumlah pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu ini sih nggak sampai 1000 hanya sekitar 170an pulau, tapi kalau dilihat di peta emang buanyak banget pulau-pulau berserakan, mungkin itu sebabnya ya disebut Kepulauan Seribu? Entahlah.

Kepulauan Seribu Sunrise

Kepulauan Seribu Sunrise

Ada 3 pulau utama (versi saya) di Kepulauan Seribu ini:

Pulau Pramuka

Ini pulau favorit saya mulai dari jaman listrik di pulau ini cuma hidup 12 jam sampai sekarang sudah 24 jam. Kenapa? Pulaunya bersih dan tidak berasa terlalu padat dan pulau-pulau disekitarnya juga nggak pernah bikin liburan saya jadi gagal. Banyak penginapan disini mulai dari yang per-kamar sampe sewa satu rumah sendiri, warung makan juga tersebar di segala penjuru bahkan tinggal naik kapal 7 menit kita nyampe ke resto terapung ‘Nusa resto’

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka

Pulau Tidung

Ini pulau kedua terbaik buat saya, meskipun sempet males banget kesini karena segala orang dari penjuru Indonesia menghabiskan weekendnya ksini L Pulau ini sebenernya terdiri dari Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang hanya dihubungkan oleh jembatan panjang. Pulau Tidung Besar merupakan pulau padat penduduk sementara Pulau Tidung Kecil adalah pulau kosong yang dipakai untuk pengembangbiakkan tanaman. Listrik di pulau ini sudah 24 jam dan pulaunya ini enak banget buat dinikmatin tanpa harus repot-repot ke pulau seberang. Kita bisa naek sepeda, duduk-duduk di jembatan, snorkeling di sekitar jembatan atau main ke Pulau Tidung Kecil. Sayangnya, karena pulau ini padat penduduk maka yang namanya penginapan itu jarang banget, jadinya rumah penduduk yang disewa untuk diinapi (home-stay).

Pulau Tidung

Pulau Tidung

Pulau Kelapa (Harapan)

Pulau Kepala dan Pulau Harapan ini masih nyambung dan keduanya juga merupakan pulau penduduk dengan listrik yang sudah menyala selama 24 jam. Dari luar kita ditawarkan pemandangan air biru dan pasir putih… cantik! Tapi kalau buat saya sih cukup sekali aja ah kesini…hehe

Time for a swim?

Time for a swim?

Sisanya adalah pulau-pulau baik punya pribadi, resort yang dikelola secara professional ataupun pulau-pulau kosong yang bisa kita singgahi sesuka hati. Oh ya, karena saya kurang sreg dengan Pulau Kelapa maka semua cerita ini berdasarkan pengalaman di Pulau Pramuka dan Pulau Tidung yah.

Pada umumnya saat kita berkunjung ke Kepulauan Seribu kita akan menginap di salah satu dari 3 pulau utama itu, karena 3 pulau tersebut merupakan pulau penduduk jadi jangan khawatir akan makanan dan biasanya yang punya penginapan akan menawarkan jasa catering jadi kita tidak usah repot-repot mencari warung makan. Selayaknya perumahan warga disini juga ada warung untuk jajan makanan kecil ataupun penjaja makanan yang berkeliling, bahkan beberapa waktu lalu di Pulau Pramuka ada warnet! Fasilitas umum seperti puskesmas dan mesjid pun tersedia kok, cuma kurang mini market aja disini!


Yang perlu diingat adalah karena berkunjung ke perkampungan warga maka ada baiknya jangan berkeliaran menggunakan pakaian renang.

Pulau Pramuka from the ocean

Pulau Pramuka from the ocean

What to do in Kepulauan Seribu

Snorkeling, diving/menyelam, sun-bathing bisa bangetttt!!!

Snorkeling ini merupakan kegiatan utama saat liburan ke Kepulauan Seribu dan ada banyak lokasi untuk snorkeling disini. Di Pulau Tidung, selain kita bisa nyewa kapal kita juga bisa snorkeling di sekitaran jembatan. Sementara kalo ke Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa harus sewa kapal dan jalan-jalan ke beberapa pulau di sekitarnya untuk snorkeling.

Kegiatan menyelam bisa dilakukan di Pulau Pramuka dan Pulau Tidung. Pulau Pramuka ini merupakan salah satu tempat diadakannya ujian menyelam oleh beberapa klub menyelam di Jakarta. Sementara kalau untuk Pulau Tidung saya tidak terlalu paham, beberapa waktu lalu terlihat adanya penyewaan alat-alat selam tapi saya tidak tahu mengenai kondisi kelayakannya.

Underwater @ Kepulauan Seribu

Underwater @ Kepulauan Seribu

Nggak punya peralatan untuk menyelam atau snorkeling? Banyak yang menyewakan disini lengkap mulai dari mask, snorkel, fins, pelampung sampai tabung untuk menyelam.

Sun-bathing? Silakan melipir ke beberapa pulau kosong yang tersebar dan berjemur sesuka hati!

Coming up next, how to get there and the best islands & beaches.

Find a hotel on Agoda. Best price guarantee!

Vindhya Sabnani is a guest writer for Pergi Dulu. You can follow her on twitter @vindhyasabnani and read her blog at http://ibupenyu.wordpress.com/

Leave a Reply