Rekomendasi Makanan di Laos

By October 19, 2012 January 22nd, 2016 Makanan Laos
Makanan di Laos - Pho

Bingung mau makan apa di Laos? Jangan khawatir tidak ada makanan yang cocok disana. Berbagai jenis makanan dari makanan Asia sampai makanan Barat bisa jadi pilihan. Untuk yang vegetarian maupun yang hanya makan makanan halal, mudah sekali mendapatkan makanan vegetarian dan halal. Berikut ini kami bagikan info mengenai beberapa jenis makanan di Laos yang kami ditemui.

Makanan di Laos - Pork and Vegetables in coconut milk

Makanan di Laos – Pork and Vegetables in coconut milk

Makanan di Laos: Larb

Makanan di Laos yang sangat khas ini memiliki banyak ejaan lain, seperti: laap, larp, laab, lahb. Bahan utama dari makanan ini adalah daging cincang yang dicampur dengan kecap ikan, sari jeruk nipis dan daun-daunan segar seperti daun mint. Dagingnya bisa pilih: ayam, babi, sapi, bebek, kalkun atau ikan. Kebanyakan rasanya pedas karena dicampur cabai rawit, tapi jika tidak suka pedas bisa minta dibuat yang tidak (terlalu) pedas. Rasanya asam asam pedas segar gitu deh. Harganya biasanya mahal karena mengandung banyak daging, sekitar 30000-40000 kip.

Larb di Laos

Larb di Laos

Banana Pancake

Hampir sama dengan di Bali, di Laos juga banyak cafe atau warung-warung yang menyajikan fruit pancake, cocok untuk disantap saat sarapan pagi. Karena pisang sangat mudah didapat, maka kebanyakan menyajikan Banana Pancake. Namun kami juga pernah mencoba Mango Pancake.

Makanan di Laos - Banana Pancake

Makanan di Laos – Banana Pancake

Setelah mencoba Banana Pancake di berbagai tempat di Laos, kami menemukan ada 2 jenis Banana Pancake. Jenis pertama adalah potongan pisang dicampur di adonan, sedangkan jenis kedua adalah potongan pisang diletakkan di atas pancake polos. Itu bukan pilihan, namun tergantung kebiasaan di tempat itu saja.


Makanan di Laos - Banana Pancake with Honey

Makanan di Laos – Banana Pancake with Honey

Pancake biasanya disajikan dengan madu yang ditempatkan terpisah. Atau variasi Banana Pancake adalah banana choco pancake yang ditambah saus coklat di atasnya. Harga berkisar antara 10000-20000 kip.

Banana Choco Pancake

Banana Choco Pancake

Mango Pancake

Mango Pancake

Selain fruit Pancake, Laos juga punya yang namanya Laos Pancake. Ini belum tentu bisa didapat dimana-mana. Kebetulan yang punya cafe kreatif bikin pancake ala Laos. Bahannya dari ketan yang dibentuk bulat pipih kemudian dibalur telur sebelum digoreng. Disantap dengan sambal khas Laos, asam-manis-pedas.

Laos Pancake

Laos Pancake

Baguette

Sempat berada di bawah kekuasaan Perancis saat dimasukkan ke dalam kelompok French Indochina di akhir abad 19 sampai dengan awal abad 20, pengaruh Perancis masih terlihat dari papan-papan keterangan bangunan yang mencantumkan bahasa Perancis selain bahasa Laos sendiri tentunya.

Omelette Baguette

Omelette Baguette

Pengaruh Perancis di dunia kuliner Laos adalah baguette, yang biasa juga dikenal sebagai Roti Perancis. Roti panjang dengan kulit yang garing ini mudah didapatkan di berbagai tempat di Laos. Variasinya yang beragam membuat Baguette ini menjadi pilihan yang sah-sah saja untuk sarapan, makan siang maupun makan malam.

Baguette with Omelette

Baguette with Omelette

Dari yang manis-manis seperti nutella, selai kacang, selai buah, pisang sampai yang gurih seperti telur, daging asap, tuna, daging ayam bisa dipadu padankan dengan Baguette ini. Tergantung isiannya, baguette bisa dimakan terpisah atau bisa juga isiannya diselipkan ke tengah-tengah baguette yang telah dibelah dua. Harga berkisar antara 10000-15000 kip.

Baguette with bacon & egg

Baguette with bacon & egg

Stir-fried Vegetables

Makanan jenis ini sangat mudah didapatkan di segala penjuru Laos. Intinya, tumis sayuran. Bisa juga dicampur dengan pilihan daging standar seperti ayam, sapi atau babi. Jenis sayurannya tidak bisa ditebak, biasanya tergantung stok yang ada di dapur masing-masing. Hehehehe…. Harga berkisar 15000-25000

Masakan Laos - Stir-fried Vegetables

Masakan Laos – Stir-fried Vegetables

Pho

Ya, makanan ini memang mirip (atau memang sama) dengan ‘pho’ yang terkenal di Vietnam. Intinya itu semangkuk mie dengan kuah bening dengan irisan daging di atasnya. Yang khas dari pho ini adalah mie yang digunakan bukan mie kuning yang mengandung telur, tapi mie dari bahan (tepung) beras. Banyak sekali warung-warung kecil yang menyediakan pho di Laos. Harga semangkuk pho rata-rata 10000 kip.

Masakan Laos - Pho

Masakan Laos – Pho

Yang ala Barat

Bagi yang bosan dengan makanan Asia, orang Laos cukup kreatif koq mengkombinasikan menu Barat dengan menu Asia. Ada Pizza Baguette yang idenya membuat pizza dengan base yang digunakan adalah baguette. Di suatu cafe bernuansa Barat, kami menemukan Crispy Coated Chicken yang mirip dengan Chicken Cordon Bleu, namun isinya bukan ham dan keju, melainkan irisan tomat dan keju.

Pizza Baguette

Pizza Baguette

Crispy Coated Chicken

Crispy Coated Chicken

Risotto di Luang Nam Tha

Risotto di Luang Nam Tha

Spaghetti Bolognaise ala Laos

Spaghetti Bolognaise ala Laos

Last but not least, selalu ada nasi goreng atau mie goreng, makanan paling simple namun cukup memuaskan kebutuhan perut orang Indonesia.

Lao Fried Rice

Lao Fried Rice

Fried Noodle wrapped in egg

Fried Noodle wrapped in egg

Menarik kan pilihan makanan di Laos? Jadi tidak perlu ragu-ragu lagi untuk berkunjung ke Laos. Butuh penginapan murah di Laos?  Cek dulu di sini, harga dijamin memuaskan!

Join the discussion 5 Comments

Leave a Reply