5 Makanan Unik di Bintan

5 Makanan Unik Di Bintan

Salah satu hal yang kami sangat suka lakukan saat traveling adalah makan makanan enak sebanyak mungkin, sekaligus mengeksplor ranah kuliner lokal di mana kadang kamu menemukan makanan yang sedikit berbeda. Dan di Bintan, ada banyak contoh bagus dari pengalaman makan yang tidak terduga. Dalam trip kami ke Bintan belum lama ini, kami sempat mencicipi makanan unik sebagai berikut:

1. Gong Gong

Gonggong Khas BintanKalau kamu suka seafood, kamu mungkin akan suka rasa dan tekstur dari gong gong, meskipun penampakannya agak mengerikan buat sebagian orang. Gong gong adalah nama yang diberikan untuk sejenis siput laut yang banyak di daerah sini dan bisa dimakan. Dimasak dengan cara direbus kemudian disajikan di atas piring beserta beberapa buah tusuk gigi. Masukkan tusuk gigi ke dalam cangkang, congkel siputnya keluar kemudian makan. Menariknya, rasa dan tekstur dari gong gong ini agak mirip dengan sotong. Jadi kalau kamu suka makanan laut dan khususnya cumi atau sotong, kemungkinan kamu akan suka gong gong.

Lokasi: Kelong Seafood Restaurant (Nirwana Gardens), Rimba Jaya (Tanjung Pinang) dan restoran seafood lainnya di seluruh pulau Bintan.

2. Otak-otak khas Pinang

Otak Otak Pinang Di KawalOtak-otak adalah jajanan pinggir jalan yang bisa ditemukan di beberapa tempat di seluruh Indonesia dan masing-masing daerah punya variasinya sendiri. Begitu juga dengan Bintan yang punya versi otak-otak sendiri, dikenal dengan istilah ‘otak-otak khas Pinang’.

Otak-otak ini pada dasarnya terbuat dari daging ikan giling, tepung sagu dan bumbu-bumbu yang kemudian dimasak dalam bungkusan daun pisang. Versi Bintan ini sedikit berbeda karena ada beberapa hal yang dimodifikasi dari resep otak-otak pada umumnya.Otak Otak PinangHal pertama yang terlihat berbeda adalah warna dari otak-otak khas Pinang. Warnanya agak merah yang menunjukkan kalau adonannya menggunakan cabe. Dan memang rasanya lumayan pedas. Otak-otak di Bintan biasanya dibuat menggunakan tambahan parutan kelapa. Dan yang terakhir, otak-otak Bintan dimasaknya menggunakan daun kelapa dan bukan daun pisang seperti yang dipakai untuk otak-otak biasa.

Perbedaan inilah yang membuat jajanan khas Bintan ini layak dicari karena lumayan berbeda dari versi otak-otak lainnya di Indonesia.

Lokasi: ada di mana-mana, tapi yang terkenal ada di daerah Kawal.

3. Pizzeria Casa Italia

Pizza Di Pizzeria Casa Italia BintanPizzeria Casa Italia ada di pesisir timur Bintan yang biasa dikenal dengan Pantai Trikora. Yang sangat menarik tentang tempat ini adalah karena pizzeria ini dibuat dan dioperasikan oleh seorang Italia asli. Hebat banget ada orang Italia asli yang tinggal di tempat terpencil seperti itu. Kami memesan beberapa jenis pizza dan duduk di meja dekat pantai di bawah pohon kelapa sambil menikmati enaknya pizza tersebut.

Pizzanya punya base tipis, sama seperti style pizza yang asli di Italia dan toppingnya juga menggunakan bahan yang berkualitas.Pulau Di Depan Pizzeria Casa ItaliaHal lain yang kami perhatikan adalah pantai di depan pizzeria ini sangat cantik, dengan pasir putih dan deretan pohon kelapa di sepanjang sisinya. Tidak jauh dari bibir pantai ada sebuah pulau kecil yang bisa dijangkau dengan jalan kaki (kalau lagi surut) atau berenang. Tentunya lebih baik berenang dulu sebelum makan pizza 😉

Lokasi: Pantai Trikora (sebelah selatan Gua Maria).

4. Kopi

Kopi Susu Khas BintanKopi sangat populer di Bintan dan kita bisa lihat banyak sekali kedai kopi tradisional di seluruh penjuru kota. Setiap kami lewat kota-kota di Bintan selalu ada banyak kedai kopi. Kebanyakan kedai kopi tersebut menawarkan hal yang serupa: kopi Hainan yang dituang menggunakan teko berleher panjang dan disajikan berupa kopi hitam ataupun menggunakan susu kental manis.

Kami sangat suka kedai kopi seperti ini karena belakangan ini di kota-kota besar di Indonesia sudah jarang terlihat kedai kopi tradisional akibat tergeser oleh coffee shop yang fokus menyajikan kopi berbasis espresso dan manual brew. Namun di Bintan tradisi kedai kopi kuno seperti ini masih hidup.Kedai Kopi Di BintanSebagai teman minum kopi, kadang ada sepiring cemilan di atas piring berupa kue atau biskuit. Dan kalau kamu beruntung, kadang ada kedai kopi yang menyediakan wifi. Kalau kamu suka kedai kopi kuno, kamu akan suka kedai-kedai kopi yang ada di Bintan.

Lokasi: di mana-mana, tapi paling banyak di kota-kota besarnya.

5. Sop Ikan

Sup Ikan KeladiKarena kebanyakan penduduk Bintan tinggal di sepanjang garis pantai, tidak heran kalau di pulau ini banyak ikan yang dimakan. Dan karena ikan merupakan bagian besar dari makanan di Bintan, ada banyak menu makanan ikan yang unik yang bisa kamu temukan di pulau ini.

Kami sempat makan lumayan banyak menu ikan di Bintan, tapi ada satu yang menurut kami enak dan unik, yaitu Sop Ikan di Akau. Sup ini berisi banyak potongan ikan tanpa tulang yang empuk, kulit ikan, tahu dan sayuran hijau. Sup ini dimakan dengan nasi dengan cara menyendokkan ikan dan kuahnya ke atas nasi sebelum memasukkan kombinasi keduanya ke dalam mulut. Enak banget!Sup Ikan Keladi Di Akau BintanSalah satu hal yang paling bagus tentang sup ini adalah rasanya yang sangat segar. Tidak terasa hanyir sama sekali seperti yang dibayangkan. Mungkin karena jenis ikan yang mereka gunakan dan juga kesegaran dari bahan-bahan lainnya. Pokoknya mesti dicoba!

Lokasi: Akau dan Melaka Square (Tanjung Pinang)

Leave a Reply