Pantai di Balikpapan

By June 5, 2012July 7th, 2017Indonesia

Setelah mengenal karakteristik umum kota Balikpapan, kali ini kita akan membahas tentang pantai-pantai di Balikpapan. Letaknya yang berada di pinggir laut, yaitu Selat Makassar, menjadikan kota Balikpapan memiliki beberapa spot untuk bersantai melihat hamparan laut dan merasakan sejuknya semilir angin laut. Ada beberapa pantai yang terdapat di Balikpapan, antara lain Pantai Manggar, Pantai Lamaru, Pantai Kemala, dan Pantai Melawai. Dua pantai yang berada di pusat kota Balikpapan dan mudah dijangkau oleh transportasi umum, yaitu Pantai Kemala dan Pantai Melawai.

Pantai Kemala Balikpapan

Pantai ini terletak di pusat kota Balikpapan, yaitu di Jalan Sudirman. Untuk menjangkau tempat ini, dapat menggunakan transportasi umum yaitu angkot nomer 03 warna putih-biru muda dengan rute Terminal Batu Ampar – Pelabuhan Semayang. Petunjuk untuk mencapai lokasi ini adalah turun di RS Bhayangkara, karena jalan masuk ke pantai ini bersebelahan dengan rumah sakit tersebut. Tarif angkot rata-rata di Balikpapan adalah Rp 3.000,00. Masuk ke Pantai Kemala dikenakan biaya masuk sebesar Rp 1.000,00 saja. Sebelum masuk ke kawasan ini, harap memperhatikan larangan untuk membawa masuk makanan dan minuman ke dalam, yang terdapat di papan pengumuman dekat loket masuk. Namun tak perlu khawatir kelaparan, karena di kawasan ini ada beberapa booth makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Misalnya, roti bakar dengan harga mulai Rp 7.000,00 dan minuman botol mulai Rp 5.000,00.

Find a hotel on Agoda. Best price guarantee!

Pintu masuk Pantai Kemala Balikpapan

Pintu masuk Pantai Kemala Balikpapan

Resto di Pantai Kemala

Resto di Pantai Kemala

Saat itu sekitar pukul tiga sore, dan matahari masih bersinar dengan teriknya. Pantai Kemala dipenuhi dengan banyak orang yang sedang bersantai, bermain-main di pasir pantai, dan juga berenang di laut. Posisi Pantai Kemala yang berada di pusat kota Balikpapan membuat beberapa gedung bangunan terlihat jelas dari pantai ini. Sekilas, pantai ini mengingatkan akan Pantai Kuta di Denpasar Bali, dengan pasir putihnya yang lembut terasa di kaki, ombak yang tenang dan beberapa pohon kelapa di pinggir pantai. Sayangnya, keindahan pantai ini sedikit terusak dengan masih dijumpainya beberapa sampah di pasir pantai dan air laut.

Pantai Kemala Balikpapan

Pantai Kemala Balikpapan

Balikpapan Pantai Kemala

Balikpapan Pantai Kemala

Selain bersantai di pinggir pantai dan bermain air laut, aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Kemala adalah bermain banana boat dan flying fox dengan tarif Rp 25.000,00.  Namun sayang hari itu Flying Fox sedang tidak beroperasi, tapi saya mencoba aktivitas Banana Boat. Memang tidak ada loket khusus untuk permainan ini, namun di salah satu bagian pantai terlihat perahu karet yang digeletakkan di atas pasir pantai. Menurut info seorang teman, biasanya permainan ini dimulai sekitar pukul empat sore. Jika kita melihat beberapa orang yang sedang membenahi pelampung, speed boat, dan perahu karet berbentuk pisang alias banana boat, maka kita bisa menghampiri mereka dan ’mendaftarkan’ diri untuk ikut bermain. Tidak ada tiket yang dibutuhkan, membayarnya pun boleh belakangan setelah bermain. Jika sudah ada enam orang, maka banana boat siap dimainkan! Dengan ditarik menggunakan tambang oleh sebuah speed boat, banana boat akan membawa enam orang berpelampung diatasnya mengelilingi laut di Pantai Kemala sekitar 15 menit. Awalnya speed boat melaju pelan, namun lama kelamaan, wuuusss…. banana boat melaju kencang sesuai tarikan speed boat di depannya. Puncaknya, banana boat akan digulingkan dan peserta diceburkan ke bagian laut yang tidak terlalu dalam. Cukup memacu adrenaline bagi yang jarang atau tidak pernah bermain di laut, namun menyenangkan. Jika hanya ingin berkeliling dan takut diceburkan ke dalam laut, bisa memberitahu ke petugasnya dan kita akan dipindahkan ke speed boat sebelum si perahu pisang dibalik.

Bermain Banana Boat berkeliling laut

Bermain Banana Boat berkeliling laut

Anak-anak bermain pasir pantai

Anak-anak bermain pasir pantai

Beberapa remaja bercengkerama di pinggir pantai

Beberapa remaja bercengkerama di pinggir pantai di Balikpapan

Pantai Melawai Balikpapan

Pantai Melawai Balikpapan

Pantai Melawai Balikpapan

Kawasan ini tidak jauh dari Pantai Kemala, yaitu sekitar sepuluh menit berjalan kaki. Jika malas berjalan kaki, dapat naik angkutan umum nomor 03 yang satu rute dengan Pantai Kemala. Datang ke Pantai Melawai sebaiknya menjelang senja, yaitu di atas pukul lima sore, karena kawasan ini baru ramai mulai sekitar jam-jam tersebut sampai malam hari. Tidak ada biaya masuk di kawasan ini, kita hanya perlu datang dan duduk di bawah beralaskan terpal dekat meja-meja rendah yang telah disediakan. Tempat ini adalah tempat yang asyik untuk bercengkerama santai bersama teman dan kerabat sambil menikmati makanan dan melihat pemandangan laut. Dengan kata lain, kawasan Melawai ini seperti kawasan food court dengan view langsung menghadap laut. Tapi jangan bayangkan food court dengan menu-menu fast food ala barat, yang ada adalah gerobak beraneka macam makanan Indonesia mulai dari makanan berat (nasi dengan aneka lauk seperti ayam goreng, ikan bakar, sate ayam, dll) sampai berbagai jajanan dan minuman-minuman segar.

Find a hotel on Agoda. Best price guarantee!

Kawasan Melawai Balikpapan ramai dengan gerobak penjual makanan

Kawasan Melawai Balikpapan ramai dengan gerobak penjual makanan

Hidangan khas di sini adalah pisang gapit. Apa itu pisang gapit? Pisang gapit adalah pisang kepok — yang biasa digunakan untuk pisang goreng — yang dibakar dan dilumuri saus gula merah dan diberi topping macam-macam. Diberi nama pisang gapit karena saat dibakar di atas arang, pisangnya digapit alias dijepit dengan menggunakan alat penjepit. Harga makanan ini hanya Rp 7.000,00 dan saat itu saya mencoba pisang gapit dengan topping keju dan cokelat. Rasanya? Perpaduan rasa pisang dengan saus gula merah memberi sensasi rasa manis di lidah, juga tambahan keju yang gurih dan taburan cokelatnya menambah semarak rasa pisang gapit ini. Tekstur pisangnya sendiri terasa empuk saat dimakan, tapi tidak lembek.

Pisang Gapit Cokelat Keju di Pantai Melawai

Pisang Gapit Cokelat Keju di Pantai Melawai

Sop Buah di Pantai Melawai

Sop Buah di Pantai Melawai

Selain pisang gapit, masih banyak jajanan lain yang bisa dinikmati sambil menikmati pemandangan laut dan kapal. Misalnya, jagung bakar seharga Rp 5.000,00 dan sop buah seharga Rp 10.000,00.

Pantai di Balikpapan sangatlah indah

Pantai-pantai di Balikpapan sangatlah indah. Walaupun ada sedikit sampah di beberapa bagian pantai, tapi tidak mengurangi pesona pantai tersebut. Saat berkunjung ke Balikpapan, jangan lupa mampir ke panti-pantai tersebut.

Find a hotel on Agoda. Best price guarantee!

Dinoy is a guest writer for Pergi Dulu. You can follow her on twitter @dinoynovita and read her blog at http://travelerwannabe04.blogspot.com/

Join the discussion 3 Comments

Leave a Reply